Review Investasi Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit merupakan platform marketplace beli reksa dana online dengan teknologi Robo Advisor

Siapa tau mau baca

TIPS: Pilih Sekuritas Yang Tepat Untuk Membuat Akun Online Trading

Untuk memulai bisnis saham, setiap individu atau instansi diharuskan memiliki akun efek yang dapat didaftarkan pada sekuritas-sekuritas di Indonesia. Akun efek ini nantinya akan...

Cara Mendaftar Dan Ikut Sekolah Pasar Modal Online

SPM Online - Kabar baik untuk para calon investor pasar modal di Indonesia, khususnya buat yang ingin belajar pasar modal tapi memiliki...

[Advertorial] 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit merupakan platform marketplace beli reksa dana online dengan teknologi Robo Advisor

Ringkasan

Review apliaksi BIBIT adalah murni sudut pandang penulis setelah menggunakan produk terkait. Perbedaan pendapat dengan pembaca lain tentu bisa saja terjadi.

Bibit – Saat ini membeli reksa dana semakin mudah tanpa harus lagi ke bank, karena reksa dana sudah dijual secara online melalui platform marketplace.

Untuk yang belu tahu, reksa dana salah satu satu instumen investasi yang menjanjikan. Jenis dan produknya yang bervariasi membuat investasi ini diminati berbagai kalangan. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang reksa dana, silakan bukan kategori reksa dana di blog ini.

- Iklan -

Bagi Anda yang bingung mencari tempat membeli reksa dana online, platform Bibit bisa jadi pilihan. Pasalnya platform ini penyedia produk reksa dana yang berbeda dari platform lainnya.

Jika Anda sudah mengenal Bareksa dan Tanamduit untuk membeli reksa dana dengan cara memilih sendiri reksa dana yang akan dibeli, berbeda dengan Bibit yang memberikan rekomendasi produk reksa dana terbaik untuk Anda.

Berkat fitur Robo Advisor yang didukung dengan Teori Modern Portfolio yang diperkenalkan oleh ekonom Harry Markowitz yang sudah terbukti dapat menjaga resiko dan memaksimalkan keuntungan Anda lewat diversifikasi.

Kelebihan Bibit

Hadir dengan teknologi investasi terkini, Bibit reksa dana memiliki banyak fitur yang sangat cocok untuk investor reksa dana, khususnya pemula. Berikut ini adalah fitur dan layanan terbaik:

  • Aplikasi yang mudah digunakan dengan tampilan menarik
  • Dilengkapi dengan Robo Advisor yang berfungsi untuk memberikan rekomendasi reksa dana terbaik sesuai dengan profil nasabah
  • Gratis konsultasi online reksa dana dengan ahlinya
  • Pembayaran mudah dengan metode GOPAY dan LinkAja
  • Rebalancing portfolio dengan mudah
  • Pilih profil reksa dana syariah

Sebenarnya masih banyak lagi fitur dan layanan yang terdapat dalam aplikasi . Oleh karena itu, Anda bisa mendaftar dan menjadi nasabah untuk mengetahui semua kelebihannya.

BACA JUGA: Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang?

Cara daftar akun Bibit

Tentu Anda ingin segera mencicipi investasi reksa dana online bersama Bibit. Oleh karena itu, saya mencoba untuk membuat sebuah tutorial mudah untuk Anda yang ingin mendaftar.

Sebelum itu, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store.

Untuk mendapatkan cuan reska dana lebih cepat, Kamu bisa gunakan kode referral bibit untuk mendapatkan casback sebesar 50k saat investasi pertama kamu minimal Rp 100.000.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 1

Setelah melakukan pendaftaran seperti di atas, Anda dapat mengecek email yang terdaftar untuk melanjutkan verifikasi dan mendapatkan nomor SID.

Cara beli reksa dana online di Bibit

Tutorial ini tentu tidak lengkap jika tanpa beli reksa dana online. Perlu diketahui, teknologi portfolio yang dimiliki Bibit otomatis membuat Anda berinvestasi di 3 jenis reksa dana, yaitu rekda dana pasar uang, reksa dana obligasi dan reksa dana sama. Besar alokasi di 3 jenis reksa dana tergantung dari profil resiko yang disini saat pendaftaran.

Jika Anda tidak puas dengan presentasi alokasi reksa dana, bisa juga mengubah secara manual dengan klik tombol plus (+) dan tombol minus (-) yang terdapat di halaman profil resiko.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 18

Misalnya seperti profil resiko saya yang Moderat, maka alokasi dana akan di bagi rata antara obligasi dan saham, serta sedikit di pasar uang.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 19
Langkah 1

Untuk pembelian reksa dana, ada beberapa opsi pembayaran ditawarkan, yaitu dengan transfer bank dan menggunakan GOPAY.

Profil resikoModerat
Alokasi produk– Majoris Pasar Uang Syariah
– Majoris Sukuk Negara Indonesia
– TRIM Syariah Saham
Metode pembayaranGOPAY

Metode pembayaran yang disarankan adalah GOPAY, ini karena agar terhindar dari keribetan transfer ke 3 produk reksa dana, apa lagi bisa kena biaya transfer jika ternyata akun bank berbeda.

Dengan GOPAY, Anda bisa bebas biaya transfer dan tidak perlu repot untuk transfer ke 3 produk reksa dana.

Jika pembelian reksa dana berhasil, Anda akan menerima beberapa email dari Bibit yang menyatakan pembelian reksa dana berhasil untuk semua produk.

Halaman portfolio akan terlihat seperti dibawah ini. Kebetulan keesokan hari setelah saya membeli semua produknya profit.

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya 32
Halaman portfolio Bibit

Oh ya, yang menariknya lagi, setelah reksa dana terbeli seperti diatas, Anda bisa mengubah alokasi dana dengan klik tombol “Ubah” pada halaman portfolio. Ini berfungsi saat kondisi market global sedang anjlok, Anda bisa mengalokasikan lebih besar ke produk reksa dana pasar uang.

Nah, itulah review dan tutorial cara mendaftar dan beli reksa dana online di Bibit.id melalui apliaksi smartphone. Sangat mudah bukan, berinvestasi di reksa dana?

Semoga bermanfaat dan berikan komentar kamu seputar pengalaman berinvestasi di reksa dana atau pertanyaan lainnya seputar beli reksa dana online.

- Iklan -
User Interface (UI)
User Experience (UX)
Fitur
Keamanan

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana?

Dengan 100 ribu bisa dapat apa? Untuk makan? Tentu!Tapi, bagaimana jika dengan modal 100 ribu rupiah...

Menuju Financial Freedom, Ini yang Saya Lakukan Dan 4 Tips Mewujudkannya

Financial Freedom - Setiap hari kerjanya jalan-jalan terus, siapa yang gak mau?Saya rasa kebanyakan kita ingin seperti itu....

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa

Setelah lama pengen punya, akhirnya bisa pakai aplikasi Jenius.Udah lama pengen punya tabungan Jenius BTPN sejak tahun lalu,...

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi

Asetku - Perang dagang yang terjadi selama setahun terakhir memang bikin sakit kepala. Portfolio mulai pada lemas dan tak berdaya.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli)

Mau instan kaya dari saham? saham gorengan bisa jadi jawabannya.Trading di saham gorengan bisa membuat trader kaya...

26 KOMENTAR

    • Kalau beli reksa dana, investasi bisa kapan saja. Mau top up tiap minggu, mau top up kalau ada uang saja, atau tahun setahun sekali.. Bebas saja. Nominalnya juga bisa berapa aja, asal sesuai dengan minimal pembelian. Tks

    • Kalau beli di marketplace seperti Bibit ini, investasi bisa kapan saja. Mau top up besok, mau top up bulan depan, atau tahun depan.. Bebas saja. Nominalnya juga bisa berapa aja, asal sesuai dengan minimal pembelian. Tks

        • Di set saja dulu tujuan keuangannya, yang paling umum investasi untuk hari tua (pensiun).

          Reksa dana yang bisa dijual ditempat pembeliannya. Fungsi KSEI hanya sebagai tempat cek portfolio pasar modal yang kita punya. Tks

  1. Salam kenal Mas Irfan.
    Saya baru buka akun bibit dan coba membeli saham sebesar 100ribu dengan profil konservatif.
    Pertanyaan saya ada beberapa, mohon dijawab 🙏🏻
    1. Apakah investasi bisa dilakukan kapan saja? Apakah ada rentang waktunya untuk investasi atau beli reksana dana di bibit?
    2. Apakah besarnya investasi harus flat atau bisa lebih besar/lebih kecil nilai investasinya?
    3. Profil resiko berarti bisa kita atur sesuka hati? Dengan mengatur nilai profil atau kembali menjawab 6 pertanyaan?
    4. Apakah 1 akun bisa memiliki banyak profil? Atau harus jual dana pensiun dulu baru mengganti profil dengan menjawab 6 pertanyaan dan membeli reksadana lagi seperti semula?

    Mohon maaf kalau kepanjangan, mohon penjelasannya. 🙏🏻 terima kasih Mas Irfan.

    • Hi, salam kenal juga.

      1. Investasi bisa dilakukan kapan saja. Pembelian reksa dana bisa dilakukan 24 jam, tapi prosedur pembelian sesuai jam bursa, biasa T+3 sudah masuk ke portfolio. Jadi kalau dibeli hari sabtu, masuknya tetap hari rabu kira-kira.
      2. Nilai investasi ditentukan sesuai keinginan Kamu, yang penting tidak dibawah minimum pembelian. Biasa minimal ada yang Rp 10 ribu sudah bisa dibeli. minimum pembelian tertera di detail produknya. Mau beli 150 ribu bisa, 200 ribu bisa.
      3. Profil resiko bisa diubah. Caranya lihat pada “Rekomendasi Robo Kamu” yang ada di home, lalu ketuk “Ubah”, nanti ada tombol minus (-) dan plus (+), dimana Kamu bisa ubah alokasi aset, untuk ubah alokasi presentase di pasar uang, obligasi atau sahamnya.
      4. 1 profil resiko bisa beli banyak reksa dana. Pada umumnya Kamu disodorkan opsi Rekomendasi Robo yang lebih gampang di ikuti. Tapi Kamu juga bisa beli reksa dana secara satuan tanpa harus ikut Robo, yaitu di bagian “Pilih Reksa Dana Sendiri” yang terdapat di Home. Disitu kamu bisa beli reksan dana per produk tanpa terpaku pada Robo.

      Kira-kira seperti itu. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan lagi atau langsung menghubungi pihak Bibit via Live chat yang ada di aplikasi bagian “Support”. Tks

    • Iya, penarikan bisa dilakukan kapan saja. Tapi dana cair ke tabungan makimal T+7 (tujuh hari kerja). Kalau Cairkan Senin, maksimal Jum’at minggu depannya sudah masuk ke tabungan. Tks

  2. Mantap ulasannya mas. 👍
    Tapi utk mencairkan dana investasi ke rekening kita masing2 apakah terkena biaya transfer? Kl utk top up reksadana masih bisa disiasati pakai akun bank yg bebas biaya transfer (jika memilih opsi transfer). Jika tanpa biaya transfer pencairan, ini pasti salah satu aplikasi smart yg memang smart juga 👍

    • Untuk pencairan dana kena biaya admin sesuai dengan bank kustodiannya. semoga ada trobosan baru untuk mengurangi biaya admin ini.

      Iya, untuk top up bisa diakali dengan transfer pakai OVO atau Jenius yang bebas biaya admin. Tks

  3. Beberapa kali ikuti ceramah atau training investasi, termasuk investasi reksadana, tetapi belum action. Dengan artikel Mas Irfan di blog ini, hati saya kembali tergugah untuk investasi di reksadana. Apalagi, caranya kini lebih dipermudah dan bisa online. Semoga sukses, dan terima kasih artikelnya.

  4. Dari dulu ingin banget Investasi reksadana tapi gak pernah kesampaian, setelah Nemu bibit di medsos walau masih ragu2 langsung aja ngikut, walau banyak gak ngerti nya, nol pengalaman, banyak kata2 yg TDK di mengerti langsung cus, juga gak ngerti dan gak tau ada cash backnya, tapi karena mudah dan sederhana saya sangat suka. Oh ya sbg saran tolong utk keamanan di adakan, seperti sidik jari atau apa gitu.

    • Iya benar. Investasi perlu di mulai sedini mungkin, ilmunya bisa dipelajari di aplikasi Bibit. Bibit sediakan gloassary pengetahuan dasar di aplikasi bagian Profil. Ada juga beberapa artikel di “Tips untuk kamu” untuk tambah pengetahuan tentang reksa dana. Tks

    • Nah, aku bilang juga apa… Makin kesini investasi reksa dana makin tinggi teknologinya.

      Aku yang paling sukanya di user interfacenya hehehe..

  5. Kemarin pas kasih saran adik untuk mulai nabung reksadana, dia tanya-tanya soal Bibit ini.
    Saya malah baru denger dari dia. Setelah baca ini, fiturnya mayan menarik juga yah.

    Mungkin perlu kuinstall dan pelajari dulu fiturnya

    • Iya, bisa dicoba saja dulu.. lumayan bisa jadi tabungan rahasia haha.

      btw kalau mau dapat cashback dari Bibit Rp 50 ribu, bisa pakai referal saya yang sudah dimasukkan dalam artikel di atas. Tks

        • Bisa, tapi harus beli reksa dana dulu minimal 100 ribu, kan dapat cashback tuh 50 ribu… kalau keduanya sudah masuk portfolio dan memang mau dijual, bisa dapat 150 ribu (bisa lebih kalau RDnya naik, bisa kurang kalau produk RDnya turun). Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu