Cara Membeli Reksa Dana Di Bareksa Melalui Website Dan Aplikasi (Update 25/4/18)

Bareksa.com adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013.

Reksa Dana, sebuah instrumen investasi yang populer di Indonesia. Reksa dana merupakan instrumen investasi dengan resiko dibawah saham dan diatas obligasi, sehingga tidak heran instrumen ini sangat menarik dan populer dikalangan masyarakat yang tidak terlalu suka investasi di pasar saham namun menginginkan return profit yang bisa sama besarnya dengan pasar saham.

Bila anda belum familiar dengan investasi reksa dana, anda ada dapat membacanya lebih lengkapi di artikel saya tentang instrumen reksa dana.

Reksa dana merupakan instrumen yang dikelola oleh manajer investasi dibawah pengawasan OJK. Tidak sedikit manajer investasi yang ada di Indonesia, sehingga banyak melahirkan banyak produk investasi reksa dana yang memberikan return yang tinggi.

Dengan banyaknya jumlah manajer investasi dan produk reksa dana dipasar reksa dana, pasti akan sangat menyulitkan anda dalam membeli produk reksa dana karena harus membuka akun efek reksa dana dibanyak manajer investasi. Namun jangan khawatir, karena kini anda dapat membeli banyak produk reksa dana dari berbagai manajer investasi hanya dengan satu akun saja dengan bareksa.

Yaa… bareksa adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang menyediakan platform marketplace berupa menjual produk reksa dana dari manajer investasi di Indonesia, sehingga kini anda dapat membeli produk reksa dana dengan mudah di bareksa.

Kebetulan selain menjadi nasabah di Danareksa Investasi Manajemen, saya juga membuka akun reksa dana di bareka, sehingga kali ini saya akan membuat tutorial cara membeli reksa dana dengan bareksa untuk anda yang masih bingung.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit pandangan umum cara membeli reksa dana di bareksa. Untuk memberi reksa dana Bareksa, bisa dilakukan memalui dua media, pertama bisa melalui website dan kedua bisa melalui aplikasi di Android.

Cara Membeli Reksa Dana Di Bareksa Melalui Website

Sebelum melakukan pembelian reksa dana di Bareksa, pastikan anda telah membuka akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah proses pembelian produk reksa dana dengan bareksa:

Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari produk reksa dana yang akan dibeli pada direktori pencarian bareksa. saya tidak tahu persis berapa jumlah produk reksa dana yang di jual pada bareka. Namun, yang pasti banyak sekali manajer investasi yang bagus-bagus produknya ada disini.

Perlu diperhatikan untuk menentukan produk yang cocok dengan anda, harap baca dulu prospektus dan fund fact sheet reksa dana pilihan anda agar memahami resiko yang akan diharapi baik untung maupun ruginya.

Baca Juga: Mengenal Reksa Dana, Keuntungan, Dan Resikonya

Untuk mempermudah tutorial ini, saya memilih untuk membeli reksadana MNC Dana Syariah. Produk yang satu ini saya rasa oke punya barang, karena returnya tinggi dan sangat stabil dengan pola up-tren.

Kedua setelah menentukan produk reksa dengan membaca prospektus dan fund fact sheet produk reksa dana, maka kini anda dapat klik tombol BELI. Perlu diingat sekali lagi bahwa bareksa tidak menjual semua produk reksa dana yang ada di Indonesia, sehingga apabila produk reksa dana dapat dibeli makan tombol belinya akan berwana hijau dan dapat diklik.

Proses Ketiga adalah mengisi jumlah pembelian yang diinginkan serta metode pembelian yang dilakukan, baik langsung ataupun auto-debit. Pembelian langsung adalah metode bila anda tindak ingin melakukan investasi secara berkala, sedangkan auto-debit adalah sebaliknya. Dengan metode auto-debit, anda akan melakukan investasi secara berkala disetiap bulannya.

Dalam contoh ini, saya akan membeli MNC Dana Syariah dengan jenis pembelian langsung (kolom warna merah) dan nilai pembelian bersihnya sebesar Rp 200,000. setelah semuanya disini maka klik SELANJUTNYA.

Keempat yang akan dilalui ada proses konfirmasi order. Disini akan dijabarkan secara detail pembelian reksa dana anda, harap baca keseluruhan halaman agar tidak terjadi salah order saat pembelian reksa dana.

Metode pembayaran saat ini baru hanya tersedia dengan Mandiri e-cash dan Transfer Bank. Bila sudah yakin dengan semua ordernya, maka klik KONFIRMASI.

Kelima saat konfirmasi selesai, maka akan diarahkan untuk melakukan transfer pembelian reksa dana yang telah di order sebelumnya. Pastikan untuk memasukkan nomor order dalam berita transfer (kotak merah)

sayangnya transfer bank saat ini hanya dengan tujuan bank BCA saja, sehingga bila anda menggunakan bank lain untuk transfer pembelian reksa dana pasti akan kena biaya administrasi sebesar Rp.6,500.

Keenam setelah pembayaran manual transfer bank dilakukan, selanjutnya adalah konfirmasi pembayaran ke halaman konfirmasi.

Setelah konfirmasi selesai, maka anda akan menerima pesan ucapan terima kasih dari Bareksa serta pemberitahuan proses pembelian reksa dana yang akan diproses dalam waktu 1X24 jam (lihat kotak warna merah).

Sampai disini, proses pembelian reksa dana online yang anda lakukan sudah selesai dan tinggi menunggu pembelian reksa dana tersebut.

Selagi menunggu proses pembelian reksa dana disetujui, anda dapat melihat history transaksi anda dengan mengakses halamanan REKSA DANA ONLINE > PORTOFOLIO.

Pada halaman Portofolio anda dapat melihat menu tab seperti dibawah ini, terdapat menu Profil, Order, Transaksi, Auto-debit dan Portofolio.

Halaman Portofolio Bareksa

Pembelian reksa dana tidak se instan beli saham, membutuhkan waktu hingga 3 hari agar reksa dana yang anda beli masuk kedalam portofolio.

Artikel ini saya buat tepat saat melakukan transaksi pembelian reksa dana MNC Dana Syariah, tanggal 4 Oktober 2017 dan pembelian saya disetujui oleh Bareksa pada tanggal 5 Oktober 2017.

Ketentuan Penting
 
  1. Instruksi pembelian yang tercatat masuk di sistem PT Bareksa Portal Investasi sebelum pukul 13:00 WIB dan dana telah masuk di Bank Kustodian sebelum pukul 13:00 WIB pada hari yang sama akan mengikuti NAB pada hari yang bersangkutan.

  2. Pembelian yang tercatat masuk di sistem PT Bareksa Portal Investasi setelah pukul 13:00 WIB dan dana masuk di Bank Kustodian setelah pukul 13:00 WIB pada hari yang sama akan mengikuti perhitungan NAB keesokan harinya.

  3. Pembelian akan otomatis dibatalkan jika tidak ada konfirmasi pembayaran hingga pukul 13:00 WIB keesokan harinya.

Sesuai ketentuan Bareksa diatas yang saya ambil dari situsnya, Kerena saya membeli reksa dana tersebut dibawah jam 1 maka menggunakan nilai NAB pada hari selanjutnya, yaitu tanggal 5 Oktober 2017. Berikut ini rincian pembelian reksa dana yang saya lakukan, statusnya berubah menjadi APPROVED.

Artinya pembelian sudah disetujui dan diterima oleh bareksa pada tanggal 5 Oktober 2017.

Keesokan harinya, reksa dana yang saya beli akhirnya muncul di portofolio. seperti yang saya katakan sebelumnya diatas, walaupun baru masuk portofolio tanggal 6 Oktober 2017, NAB yang digunakan adalah tanggal saat APPROVED dikeluarkan yaitu 5 Oktober 2017.

Dengan begini, saya akhirnya menjadi investor di reksa dana MNC Dana Syariah. Untuk penjualan kembali atau menambah jumlah unit reksa dana, cukup klik tombol TOP UP atau JUAL pada halaman Portofolio diatas.

Satu lagi….. semua proses diatas mulai dari konfirmasi pembelian reksa dana hingga reksa dana berhasil dibeli semua dikirimkan ke email juga. jadi, tidak perlu repot-repot untuk login ke akun bareksa anda untuk mengetahui apakan reksa dana yang anda beli sudah masuk portofolio atau belum.

Bagitu lah sekiranya cara membeli reksa dana online dengan Bareksa. Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat mendorong anda untuk berinvestasi di instrumen reksa dana.

Sebagai informasi tambahan, saya sempat menayangkan langsung ke pihak Bareksa tentang jam pembaharuan NAB (Nilai Aktifa Bersih) reksa dana. Melalui informasi yang saya dapatkan dari Twitter, NAB di Bareksa di update setiap jam 8 pagi.

 

Membeli reksa dana secara online kini lebih mudah dengan hadirkan Bareka yang merupakan marketplace reksa dana pertama di Indonesia yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Cara Membeli Reksa Dana Di Bareksa Melalui Aplikasi Android (Update 25/4/18)

Kabar gembira bagi pengguna setia Bareksa…

Kini Bareksa ada aplikasinya di Android dan iOS. Tentu ini sebuah inovasi yang sangat dinanti oleh pengguna Bareksa, termasuk saya. Dengan adanya aplikasi ini, maka kemudahan membeli reksa dana semakin terasa, karena cukup dalam genggaman saja.

bareksa website aplikasiAtas hadirnya aplikasi ini, saya ingin memperbarui artikel ini yang semula hanya tutorial cara beli reksa dana di Bareksa dari browser, kini akan melengkapinya dengan tutorial cara beli reksa dana di Bareksa dari aplikasi mobile.

Yukk… langsung saja kita mulai!

Pertama, pastikan perangkat mobile Anda sudah ter-install aplikasi Bareksa. Kalau belum, silahkan klik disini untuk Android dan iOS. Selanjutnya Login user dan password Anda. Bila belum punya akun Bareksa, daftar dulu. Caranya daftar akun reksa dana di Bareksa.

Kedua, Pilih produk reksa dana yang ingin di beli. Dalam simulasi pembelian ini, saya mencoba membeli Reksa Dana Syariah Majoris Sukuk Negara Indonesia. Untuk itu, saya cukup mencari dengan keyword “majoris sukuk”.Klik BELI untuk mulai melakukan pembelian reksa dana terkait.

Ketiga, masukkan jumlah pembelian, disini saya coba isi angka Rp 500,000.

Mungkin Anda melihat ada kolom “Kode Promosi” yang saya isi. Kebetulan saat pembelian reksa dana, Majoris dan Bareksa sedang membuat promo CASHBACK 50%. Bila tidak ada kode promosi, Anda bisa kosongkan saja. Lalu, klik KONFIRMASI.

Keempat, lakukan pembayaran ke rekening yang sudah di tentukan.

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan transfer pembelian reksa dana di Bareksa adalah jangan sampai lupa memasukkan No. Order di Berita transfer. Hal ini berguna untuk mempermudah verifikasi pembelian reksa dana yang Anda lakukan.

Kelima, proses terakhir pembelian adalah konfirmasi.

Sampai disini, pembelian reksa dana Anda di Bareksa sudah beres. Tinggal menunggu konfirmasi pihak Bareksa agar reksa dana yang dibeli masuk dalam halaman PORTFOLIO.

Bagaimana, mudah bukan cara membeli reksa dana? Dengan begini Anda bisa berinvestasi dengan mudah. Selamat berinvestasi.

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

269FansSuka
53PengikutMengikuti
208PengikutMengikuti

38 KOMENTAR

  1. Pak irfan kalau saya boleh tannya
    Apakah keuntungan kita mengikuti bareksa
    Mana lebih bagus nabung dibank atau kita ikut investasi bareksa
    Tolong pencerahannya pak
    Soalny saya org awam yg tdk mengerti ttng investasi

  2. Malam kak..mau tanya lebih bagus beli reksadana di bareska / langsung di di blognya langsung yahh ? Maksudnya kl mau beli reksadana di simas fund atau reksadana manulife ? Itu kan ada aplikasinya jga ?

    • Proses pembelian reksa dana memang agak lama, butuh 2-3 hari kerja.

      Jadi, pastikan saat transfer sudah input nomor ordernya di berita transfer dan melakukan konfirmasi transfer.

  3. Mas irfan, gini yah mas , saya baru mencoba untuk memahami soal investasi …. langsung ajh yah , andai saya di bareksa beli yang penghasilan tetap dengan harga 100.000 , terus ada tulisanya beli selanjutnya 100.000 ? maksudnya gimana ? apa kita tiap bulan harus bayar 100.000 ? atau itu cuman untuk kita yang ingin nambah investasi ajh ? … ada lagi nih , andai udah beli , terus kapan kita bisa ambil keuntunganya ?

    • 100rb hanya minimum investasi saja. Boleh lebih dari itu, kurang jangan. Gak mesti tiap bulan. Bisa beli dan jual kapan aja

      Misalnya, anda beli bulan ini 100rb, bulan depan gak mau beli, gak apa.. bulan depannya lagi mau beli 100rb lagi. Jadi bebas, yg penting gak boleh beli reksa dana dibawah 100rb, kecuali memang ada yg minimum 50rb. Tks

    • Tidak apa-apa, tetap masih bisa diproses. Yang penting jangan lupa untuk konfirmasi lagi sesuai yang diminta sistem (upload bukti transfer)

      Dan untuk kedepannya jangan sampai kelupaan lagi agar tidak perepotkan pihak Bareksa. Tks

  4. Bagus penjelasannya, saya yang masih awam jadi lebih mengerti soal reksadana dan cara2nya.

    Untuk yang keberatan dengan biaya admin antar bank bisa gunakan jenius BTPN, setiap bln diberikan 25 transfer bebas admin ke rekening mana saja.

  5. Kenapa ya saya koq masih blm paham. Padahal sudah sangat jelas penjabrannya ya. ?Penasaran juga sama reksa dana ini. Tapi tulisan ini bisa jd refrensi sy jika ingin ikut bareksa. Tks ?

    • Dimana yg belum paham, siapa tau bisa saya lengkapi lagi tutorialnya.

      Mulai aja langsung, belajarnya bisa Kapan2 hehe

  6. Ini kata-kata dari email penjualan.
    “Dana yang diterima di rekening kamu merupakan hasil penjualan unit reksa dana setelah dikurangi biaya penjualan dan biaya transfer (jika ada).”

  7. untuk pembayaran rekening nya harus sama dengan yg di daftar kn di akun bareksa…jika pakai pihak ke 3 bisa gagal…karena nama pemilik rekening harus sama dengan akun bareksa…itu saran saya…

    • Wah ada benarnya juga. Karena investasi kan gak sama dengan isi pulsa, berarti harus pakai rek yang sesuai dengan pendaftaran. Saya sih belum pernah transfer dari pihak ketiga. Terima kasih Pak Hanif atas pencerahannya.

      • iya kak….lw pingin yg gak pakek biaya admin bisa ko…lewat aplikasi bukalapak/tokopedia…jg bisa milih cara pmbayaran dgn rek masing2…
        tapi lw jual reksadana sya lum prnah kak..
        apa kna biaya tranfer…

    • Secara teknis saya kurang tau karena buka orang dalam. Tapi logikanya, lupa mengimput no order pada berita transfer bisa saja perepotkan orang Bareksa, apalagi bila proses verifikasi masih manual.

      Coba di estimasi saja pembeliannya seperti saya diatas yang membutuhkan proses 3 hari. kalau sudah 3 hari belum di proses mungkin ada masalah di lupa imput no order tadi, tapi kalau semua proses berjalan lancar seperti simulasi saya diatas, tidak ada yang perlu di khawatirkan. Tks

    • Mohon maaf telat membalas, karena saya baru melengkapi artikel dengan tutorial cara membeli reksa dana di bareksa via aplikasi android.

  8. Supaya tidak terkena biaya admin, pakai aplikasi flip aja.. Transfer beda rekening aman tanpa biaya admin… Boleh dicoba

    • Saya juga ada kepikiran pakai Flip hanya saya di daerah saya belum ada, karena harus ada verifikasi lagi katanya mereka. Terima kasih atas sarannya, saya tidak terpikir untuk pakai 3rd party untuk pembayaran 🙂

  9. Yth. Bapak Muhammad Irfan
    Terima kasih atas tulisan Bapak yang bermanfaat ini.
    Saya sendiri berniat untuk berinvestasi reksadana melalui Bareksa. Saya juga sudah mengincar reksadana yang akans aya beli yaitu MNC Dana Syariah. Saya ingin bertanya, apakah saya harus memiliki rekening di bank kustodian sebelum saya berinvestasi di reksadana tsb?
    Terima kasih.

    • Terima kasih kembali.. ikut senang kalau artikel ini bisa bermanfaat 🙂

      Untuk membeli reksa dana tidak harus punya rekening seperti bank kustodian.. ini sama halnya seperti transfer antar bank seperti biasa dikenakan biaya transfer 6,5rb.. tapi kalau memang ingin rutin dan berkala invest di MNC Dana Syariah mungkin ada baiknya membuka akun BCA untuk mengurangi biaya admin. Karena kan tidak semua pakai kustodian BCA di Bareksa. Saya sempat membeli beberapa jenis produk reksa dana, ada yang pakai kustodian BNI hingga Mandiri. Jadi intinya kalau sudah mantap niat invest jangka panjang hingga 5 tahun lebih tidak ada salahnya buat tabungan seperti bank kustodian. Tks

      • “buat tabungan seperti bank kustodian” itu maksudnya gimana ya pak Muahmmad Irfan?
        bisa tolong jelaskan!
        Terima kasih.

        • Maksud saya adalah agar ketika kita transfer dana untuk beli reksa dana tidak terpotong biaya adm.

          Contoh reksa dana yang saya beli diatas adalah MNC Dana Syariah, bila Anda melihat secara seksama, bank kostodian yang dipakai reksa dana MNC Dana Syariah adalah BCA. Sayangnya saya cuma punya tabungan Mandiri, otomatis bila saya invest di MNC Dana Syariah selama 5 tahun maka biaya adm saat transfer tentu banyak terpotong.

          Jadi, solusi agar tidak terkena biaya adm tersebut, saya menganjurkan bila ingin investasi jangka panjang pasa suatu reksa dana, bisa buka tabungan yang sama seperti bank kostodiannya. (setiap produk reksa dana pakai bank kustodian yang berbeda-beda)

          Bila saya ingin invest janga panjang di MNC Dana Syariah, maka alangkah baiknya bila saya punya tabungan BCA, bukan? sehingga tidak terkena biaya adm setiap kali setor dana.

          bayangkan saja, bila setiap bulan beli MNC Dana Syariah saya bisa dikenakan biaya 6,500×12= 78,000 untuk biaya adm transfer, kalau tidak menggunakan tabungan BCA.

          Tapi kembali lagi ke investor, bila Anda tidak keberatan dengan biaya adm tersebut, maka tidak perlu buka tabungan baru. Terima kasih

  10. Terima kasih informasinya, sangat membantu dan menambah pengetahuan. Sayangnya accoun hanya BCA, bagi saya yang tidak punya account di bca cost tinggi untuk setiap transaksi nya.

  11. Ah, sangat membantu Tks

    Tapi saya mau nanya, untuk transfer semuanya pakai BCA ya, ada tidak produk yg transfernya ke MANDIRI? Lumayan juga kalau untuk jangka panjang kena admin Rp6500. kalau tidak ada yang MANDIRI, terpaksa saya buka rek BCA hmm

      • Kalo pingin bisa pake mandiri caranya pake reksadana dibukalapak aja di bukareksa itu untuk metode pembayaran transfer bisa diberbagai bank

        • Terima kasih atas masukan. Sayangnya RD di bukareksa tidak selengkap di induknya 🙁

          Setelah bertanya Bareksa, katanya sumber dana tidak harus pakai rek. yang terdaftar di Bareksa. bisa pakai pihak ke tiga, asal nama pengirim sama dengan nama akun di Bareksa. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

#BuatKamu, Internet Untuk Semua

Siapa sih yang gak punya sosok inspiratif di dunia ini? Pasti semua punya dong! Coba saya tebak... Kebanyakan kita pasti memilik orang tua dan keluarga sebagai...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...