Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko dibawah Forex dan di atas Reksa Dana. Lalu, bagaimana cara agar dapat terlibat dalam transaksi jual-beli saham di bursa saham Indonesia?

Untuk melakukan transaksi jual-beli di pasar saham, yang pertama kali kamu lakukan adalah memilih dan mendaftarkan diri pada broker saham terdekat di kotamu. Ada lebih dari 1o broker saham domestik dan internasional yang terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), oleh karena itu pastikan broker tempat kamu menanam modal saham terdaftar dan di awasi oleh OJK ya.

Broker yang saya pilih untuk mendaftarkan diri agar dapat bertransaksi saham adalah BNI Sekuritas. BNI Sekuritas adalah salah satu broker terpercaya di Indonesia, bagaimana tidak BNI Sekuritas adalah anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk yang berdiri pada 12 April 1995.

Kenapa  mendaftar di BNI Sekuritas?

Asalannya cukup mudah bagi saya untuk menjawab kenapa mendaftar di BNI Sekuritas dari pada di broker-broker lainnya. Itu karena pada saat pertama kali saya kenal pasar saham di tahun 2014 hanya BNI Serurities yang memberikan kemudahan pendaftaran dengan modal minimal 1 juta rupiah. Ini merupakan termasuk kategori dengan dana awal yang kecil, jadi siapapun bisa daftar dengan modal sekecil itu.

Bagaimana cara mendaftar di BNI Sekuritas? (Update 10/8/17)

Mendaftar di BNI Sekuritas di tahun 2017 kini lebih mudah, karena sudah ada sistem pendaftaran online. Ini sangat berguna bagi mereka yang di kotanya tidak terdapat kantor cabang BNIS.

Cara daftar langsung di kantor BNI Sekuritas 

Untuk mendaftar menjadi anggota di BNI Sekuritas, kamu di haruskan memiliki modal awal untuk di setor minimal 1 juta. Modal awal yang di setor tersebut bukan untuk pendaftar yaa.. tetapi untuk di transaksikan, jadi pure tidak ada biaya pendaftarannya. Tapi ingat, dana setor awal itu jangan di jadikan cash dan dibawa saat daftar, tapi di simpan saja di bank untuk nanti di masukkan di rekening saham kamu saat akun untuk transaksi sahamnya selesai.

Setelah dana tersedia dan keyakinan untuk investasi di pasar modal saham sudah kuat, barulah kamu pergi ke kantor BNI Sekuritasyang sudah menjadi pilihan untuk menjadi broker kamu. Sebelum kamu pergi ke kantor broker, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen di bawah ini:

Persyaratan Permohonan untuk Nasabah Perorangan dan Korporat :

  1. Formulir Registrasi Nasabah yang terdiri dari :
    1. Formulir Isian Pembukaan Rekening Efek Reguler
    2. Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Reguler
    3. Formulir Specimen Tandatangan
    4. Formulir Permohonan Batas Transaksi Rekening Efek Reguler
  2. Formulir Disposisi Sales

Dokumen Pendukung untuk Nasabah Perorangan :

  1. Copy Identitas (KTP/Paspor) Nasabah dan kuasanya (jika dikuasakan)
  2. Copy Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Dokumen Pendukung untuk Nasabah Korporat :

  1. Copy Anggaran Dasar Perusahaan terbaru
  2. Copy Akta Pendirian Perusahaan
  3. Copy Akta Susunan Pengurus terbaru
  4. Copy SIUP
  5. Copy NPWP
  6. Copy Surat Izin Domisili / Surat Izin Tempat Usaha
  7. Copy Identitas (KTP/Paspor) penanggungjawab perusahaan
  8. Surat Kuasa untuk melaksanakan transaksi (jika dikuasakan)
  9. Copy identitas (KTP/Paspor) penerima kuasa (jika dikuasakan)
  10. Laporan Keuangan (Neraca dan Laba-Rugi) 3 (tiga) tahun terakhir

Buat yang tidak punya NPWP jangan risau, di situlah letak status mahasiswa kamu akan di gunakankan, jadi jangan lupa bawa kartu mahasiswa karena akan diminta untuk membuat “Surat keterangan tidak memiliki NPWP”.

Setelah persiapan dokumen selesai, bisa langsung ke kantor BNI Sekuritas yang ada di daerah kamu. Silahkan cek alamat kantor cabang BNI Sekuritas disini.

Ohhh iya.. hampir lupa, ketika kamu sudah dikantor BNI Sekuritas di cabang masing-masing di kotamu, kamu dapat memilih ingin mendaftar sebagai investor di pasar Reguler atau pasar Syariah, karena baik pasar Reguler dan pasar Syariah sangat berbeda. di pasar saham Reguler kamu dapat bertransaksi dengan jual-beli saham semua sektor seperti perbankan, komsumen, pertambangan, agro dan lainnya, sedangkan untuk pasar saham Syariah kamu tidak akan bertemu dengan saham-saham yang memiliki bisnis riba dan haram, seperti sektor perbankan dan rokok atau saham minuman keras karena sudah pasti itu tidak sesuai dengan sistem perdagangan syariah. So… make your choice ya mau pilih pasar saham reguler atau pasar saham syariah.

Kalau sudah pilih reguler atau syariah, kamu akan mengisi dokumen pendaftaran pembukaan akun efek yang akan diberikan oleh sales.

Setelah pendaftaran dan dokumen disini semuanya, akun efek kamu akan selesai paling lambat 2 minggu setelah pendaftaran, jadi silahkan menunggu. Bila akun efek selesai kamu akan menerima email berupa user id, password dan pin trading, harap segera di ganti password dan pinnya bila telah menerima email tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Cara daftar online BNI Sekuritas

Di tahun 2017, kini mendaftar di BNI Sekuritas  sebagai nasabah semakin mudah. karena situs BNI Sekuritas kini telah meyediakan form yang dapat diisi, diprint, dan langsung dikirim kan ke kantor pusan BNIS di Jakarta.

Klik pada “DAFTAR SEKARANG” untuk ke halaman daftar online BNIS

Setelah mengklik tombol daftar, kamu akan diarah ke halaman pendaftar yang terdiri dari 4 bagian:

1. Data pemohon

Isi semua kolom yang bertanda bintang *

2. Pekerjaan

3. Pasangan

4. Lain-lain

Dan form terakhir yang harus diisi adalah lain-lainnya.

Bila pengisian sudah selesai dan kamu yakin dengan semua data yang telah diisi, silahkan klik “Simpan”.

Sampai disini, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengecek email yang telah didaftarkan, seharusnya semua data formulir tadi akan dikirimkan ke email. Print semua lampiran yang ada diemail tersebut.

Lalu, bubuhkan tanda tangan pada kolom tandan tangan yang membutuhkan materai (biasa materai 6000), setelah ditempel dan tanda tangan, masukkan kedalam berkas dokumen dengan rapi.

Perlu diingat untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan seperti foto kopi KTP, NPWP, Cover tabungan dan seluruh lampiran yang wajib dikirim ke markas BNI Sekuritas.

Sesuai dengan petunjuk diatas, kirimkan dokumen tersebut ke alamat BNI Sekuritas.

BNI Sekuritas (Unit Online Trading)
Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 16
Jl. Jend.Sudirman Kav. 76 – 78 Jakarta 12910

Telp. (021) 2554-3946

 

Sebisa mungkin menggunakan cara daftar online ini bila kota tempat tinggal kamu tidak ada cabang BNI Sekuritas, karena bagaimanapun lebih baik berjumpa langsung dengan CS BNIS agar dapat bertanya langsung seputar produk mereka.

Jual-beli saham di BNI Sekuritas melalui software, aplikasi dan web based.

BNI Securities memiliki tools trading yang lengkap, mulai dari sofware, aplikasi mobile serta web based yang di berinama Esmart V3 dan Zaisan. Semua tools tersebut dapak kamu pakai sesuai dengan kebutuhan, bila sedang berada di rumah atau di kantor kamu dapat mengunakan software PC untuk bertransaksi, bila sedang dalam perjalanan kamu bisa menggukanan aplikasi di mobile Android/iOS/Blackberry, dan juga tersedia lewat browser.

Sebelum bertransaksi, silahkan download terlebih dahulu toolsnya

Setelah tools diatas terinstall di perangkatmu saatnya untuk melakukan transaksi. perlu diingat bahwa ada tarif dan ketentuan transaksi yang harus di patuhi oleh pengguna sebagai berikut.

Fitur Rekening Reguler :

Tarif

Komisi transaksi untuk beli 0.25% dan jual 0.35% net (non online), atau sebesar 0.15% untuk beli dan 0.25% untuk jual (online). Negosiasi transaksi dapat diberikan untuk transaksi besar.

Deposit Awal / Jaminan Awal  

Deposit awal dapat berupa dana dan atau Efek yang nilainya minimal Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) kecuali pada acara-acara khusus. Deposit berupa Efek akan dikenakan haircut sesuai dengan ketentuan yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko.

 Jaminan

Dana dan atau Efek yang mengendap di Rekening Reguler dapat dijadikan jaminan penyelesaian transaksi oleh BNIS, sesuai dengan Daftar Efek Jaminan Rekening Reguler yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.

Plafon Outstanding dan Batas Rasio

Plafon Outstanding dibandingkan dengan Jaminan Awal adalah sebesar-    besarnya 3:1 dengan pemberian maksimal plafon Outstanding adalah Rp.25.000.000.000,- (Dua Puluh Lima Milyar Rupiah) atau sesuai dengan      ketentuan yang berlaku di BNIS. Plafond Outstanding bersifat tetap  berdasarkan pengajuan Nasabah, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai di bawah Rp.50 juta, Plafond Outstanding senilai dengan asset-nya (1:1) atau dengan Batas Rasio 50%, sebagaimana yang saat ini berjalan.
  2. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai Rp.50 juta sampai dengan Rp.100 juta, dapat mengajukan Plafond Outstanding senilai 200% dari asset-nya (2:1) atau dengan Batas Rasio 65%.
  3. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai lebih dari Rp.100 juta, dapat mengajukan Plafond Outstanding senilai 300% dari portofolionya (3:1) atau dengan Batas Rasio 75%

Transaksi

  1. Efek yang dapat dibeli di Rekening Reguler mengacu pada Daftar Efek Rekening Reguler yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.
  2. Efek yang dibeli namun di luar Daftar Efek Rekening Reguler, akan dikenakan haircut sebesar 100% dan maksimal pembelian senilai deposit awal.

Batas Transaksi

Batas Transaksi pada saat pembukaan Rekening Reguler adalah senilai dengan Plafond Outstanding yang diajukan oleh Nasabah.

Batas Transaksi / Trading Limit Nasabah bersifat fluktuatif ditentukan berdasarkan Plafon Outstanding, Deposit atau saldo dana dan /atau saldo efek (Portofolio) serta Kewajiban Nasabah.

Batas Transaksi / Trading Limit ditentukan yang terkecil diantara F1 dan F2 dengan formulasi sebagai berikut :

F1= Plafon Outstanding – Kewajiban

F2=((Portofolio setelah haircut * Batas Rasio) – Kewajiban) / (1-Batas Rasio)

Batas Transaksi di Rekening Reguler akan berkurang jika :

  1. Dilakukan Pembelian Efek atau penarikan Efek.
  2. Timbul bunga dan atau denda.
  3. Dilakukan penarikan dana

Jangka Waktu

Setiap transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah (T+0) wajib diselesaikan oleh Nasabah pada saat jatuh tempo ( T+3).

Pengendalian Resiko

  1. Bagi nasabah yang memiliki ratio transaksi 2:1 atau 65%, dan 3:1 atau 75% akan berlaku jual paksa (forced sell) oleh BNIS jika rasio mencapai 90% atau lebih, atau Nasabah tidak melakukan penyelesaian kewajiban transaksi pada T+4 sesi I. Sedangkan nasabah yang tidak mengajukan permohonan kenaikan ratio transaksi, tetap mengacu pada aturan yang ada saat ini.
  2. Jual paksa dilakukan untuk transaksi yang dilakukan Nasabah pada T+0, dikecualikan Efek yang dibeli Nasabah menggunakan dana sendiri, dengan atau tanpa persetujuan Nasabah.
  3. Pembelian oleh Nasabah dapat dilakukan kembali setelah penyelesaian dilakukan oleh Nasabah sebelum atau pada T+4 sesi I, atau telah dilakukan jual paksa oleh BNIS pada T+4 sesi II.

Bunga Saldo Kredit dan Denda

Bunga Saldo Kredit dan Denda ditentukan berdasarkan kebijakan yang berlaku di BNIS. Untuk denda, mulai tanggal 1 September 2011 diberlakukan sebesar 36% p.a.

Setelah kamu paham betul ketentuan diatas, saya akan coba memberikan arahan dasar saja bagaimana cara menggunakan Esmart pada windows os, karena untuk bertransaksi sendiri sudah ada user guide yang dikirimkan oleh BNI Securities melalui email.

Membeli Saham Dengan ESmart BNI Sekuritas

Setelah tahap pendaftaran selesai dan user serta password telah di berikan oleh BNI Sekuritas, kini saat melakukan praktik membeli saham.

Untuk membeli saham, BNI Sekuritas menawarkan platform yang cukup beragam. Mulai dari sofware untuk PC, Aplikasi mobile dan Trading Web base. Berikut rinciannya, silahkan didownload terlebih dahulu.

Kalau sudah dipersiapkan semua, saatnya kita melakukan pembelian. Cara singkat pembelian saham dengan ESmart ini saya lakukan melalui PC Windows. Pastikan PC terinstall JAVA.

Pertama: Bukan software Esmart yang telah diinstal (pastikan selalu menggunakan versi terbaru)

screenshot-32

Setelah terbuka, akan muncul halaman awal aplikasi login. Silahkan masukan Userid dan Password yang telah dikirimkan oleh pihak BNI Sekuritas. Jangan lupa untuk menentukan pilihan Reguler atau Syariah, sesuaikan dengan saat kamu mendaftar.

Kedua: Setelah masuk ke software, buka pada menu Transaction > Login Trading.

screenshot-33

Saat pop up Login Trading keluar, silahkan masukkan PIN default yang telah dikirim BNI Sekuritas. Saat pertama kali memakai PIN, kamu akan langsung di mintai untuk mengubah PIN baru sesuai dengan keinginana kamu. Hanya PIN yang dapat diubah-ubah, tapi untuk User dan Password hanya bisa pakai yang diberikan oleh BNI Sekuritas.

screenshot-34

Ketiga: Setelah penggantian PIN selesai, saatnya membeli saham. Untuk membeli saham pastikan dulu dana sudah ditransfer ke Rekening Virtual yang telah diberikan oleh BNI Sekuritas, tujuannya agar dana tersebut dapat dipakai untuk membeli saham setidaknya saldo awal adalah Rp 1,000,000.

Untuk membeli saham klik menu Transaction > Entry Buy (untuk cara cepat bisa pakai F2 sebagai shortcut).

Saat pop up Entry Buy terbuka, terlebih dahlu kamu memasukkan PIN trading (yang sudah diganti baru tadi) lalu klik pada tombol save, tujuannya agar saat mau beli saham selanjutnya tidak perlu masukkan PIN lagi.

screenshot-35

Setelah PIN dimasukkan, silahkan pilih saham apa yang kamu beli (saya beri contoh saham PT. Bank Negara Indonesia ,Tbk dengan kode BBNI.JK). Untuk melihat kode-kode saham milik perusahaan dapat diliat di situs IDX, atau bergabung ke forum Stockbit.com yang lebih cetar, kalau perlu hafal kode-kode saham perusahaan agar saya melakukan transaksi atau melihat chart tinggal masukin kode saham saja.

Setelah memilih BBNI coba perhatikan kotak Price dan Lot, pada kotak Price silahkan masukkan harga saham yang ingin kamu beli (lihat di kolom Offer) dan Kolom lot untuk memasukkan jumlah lot yang ingin kamu beli (1 lot = 100 lebar saham). Pada screenshot diatas dapat dilihat saya ingin membeli BBNI diharga Rp 5,300 sebanyak 1 lot, itu artinya saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp 530,000 untuk membeli saham BNI.

Bila kamu ingin membeli dengan semua cash atau saldo yang kamu punya, tinggal tekan tombol Max (Cash), dengan begitu kamu akan menggunakan semua uang yang ada disaldo untuk membeli saham BBNI.

Nah.. bila harga dan jumlah lot yang diinginkan sudah dipasang, klik tombol Send untuk melakukan aksi beli.

Yeee… akhirnya proses pembelian selasai. Oh ya, itu saya masukkan harga beli Rp 5,300 jadi masuk dalam order tunggu, jadi belum terbeli. kalau mau langsung terbeli sahamnya, harus menggunakan harga yang Rp. 5,550 tanpa harus tunggu langsung dapat sahamnya.

Sebagai catatan kalau sudah jago dan berani ambil resiko, boleh pakai transaksi dengan Max (T3) agar dapat membeli saham 2x lipat dari saldo yang kita punya, enaknya disitu hehehehe.. Tapi perlu diperhatikan lagi syarat dan ketentuan penggunakan T3 ini, silahkan baca lagi diatas atau bertanya langsung dengan broker kamu agar tidak tersesat.

Untuk melihat saham apa yang sudak kita beli, silahkan masuk ke menu Account > Portofolio. di Portofolio kita dapat melihat jumlah dana, saham yang dibeli dan informasi kesedian dana T1 sampa T3.

Membeli Saham Dengan Zaisan BNI Sekuritas (Update 28/10/16)

Setelah saya menulis artikel ini, banyak diantara mereka yang mampir ke blog ini dengan keyword “Cara membeli saham dengan zainsan BNIS” jadi saya akan coba memberikan sedikit gambaran bagaimana cara bertransaksi saham beli ataupun jual dengan zaisan BNIS, yaitu platform transaski saham melalui web based.

Bagi saya Zaisan BNIS ini sangat membantu sekali sebagai salah satu platform untuk transaksi saham.Karena dengan web based, kita dapat bertransaksi dengan gadget atau laptop siapapun. Kita tidak pernah tau kapan good news atau bad news pasar saham muncul, jadi dengan adanya zaisan ini sangat mudah mengambil tindakan beli-jual saham walaupun pakai gadget teman ataupun gadget umum tanpa sibuk-sibuk menginstall aplikasi trading BNIS.

Yang pertama kali wajib kamu lakukan adalah membuka alamat website www.zaisanbnis.com (pastikan koneksi internet stabil agar semua berjalan mulus)

Setelah halaman situs terbuka, bentunya akan seperti ini. perhatiakan kolom warna merah, isi ID dan pass untuk login (ID dan pass yang biasa dipakai saat trading di software atau app)

screenshot-59

Setelah melakukan login, selanjutkan masuk ke halaman trading dengan memasukkan pin trading, Klik logo Z maka sidebar akan terbuka, pilih login.

screenshot-60

Setelah kamu klik login akan muncul halaman seperti dibawah ini, masukkan pin dan klik login.

screenshot-61

Bila ingin beli-jual saham klik tombol buy/sell yang terdapat pada kiri bawah halaman, lalu akan muncul pop-up seperti yang saya lingkari dibawah ini. isi form beli-jual sesuai dengan keinginan.

screenshot-62

Bila telah membeli-menjual saham, kamu dapat melihat di bagian ACCOUNT pada sidebar kiri untuk melihat infromasi saldo, limit trading, dan lainnya.

Kalau mau lihat TRADE WATCH bisa klik pada tombol yang ada di bawah Chart. kalau kamu mau melihat chart saham silahkan klik tombol CHART seperti pada gambar dibawah ini. Semua kebutuhan informasi pasar ada di menu MARKET.

screenshot-63

Saat klik menu CHART, maka akan muncul pop up seperti ini. Kamu dapat memilih, membandingkan saham, ataupun membuat analisa sendiri dengan menggunakan drawing tools.

screenshot-64

Lebih kurang begitulah cara beli-saham dengan Zaisan BNIS.

Oke, cukup disini dulu tentang cara mendaftar dan beli saham dengan BNI Sekuritas, semoga bermanfaat. Beri komentar bila ada pertanyaan kritik atau saran. Terima kasih

 

73 KOMENTAR

    • Hai Anis, terima kasih sudah memberi komentar..

      Untuk saham saya tidak bisa kasih rekomendasi jangka panjang, karena biasa di saham cuma jangka pendek dan mengenah. untuk jangka panjang saya lebih senang dgn reksa dana.

      namun, menurut saya kalau jangan panjang ambil saham sektor konsumtif, itu bagus untuk investasi jangan 5-10 tahun seperti UNVR, INDF, KLBF, KAEF, ROTI. tapi saya sarankan untuk bertanya lebih banyak di forum saham stockbit(dot)com, mereka pasti punya jawabannya.

      Terima Kasih

    • boleh om, swing trading namanya. saya juga biasa gitu. beli seminggu lalu lepas dalam 4-5 hari kedepan. Paling yang perlu diwaspadai jgn salah beli, beli saham yang lagi trend naik, kalau lagi tren turun kan bisa repot. ntar malah jadi investor

      • Untuk melepas saham yang sudah kita beli d esmart,gmn ya?
        maklum pemula
        klo di forex MT4 kan tinggal close order,lah klo di esmart gmn ya?thanks atas infonya

  1. bukannya untuk membuka akun melalui kantor cabang min 5 jt ya mas? dan kalau buka akun melalui kantor cabang bukannya ga bisa pake zaisan tp cuma Esmart?

  2. Kalo Transaksi saham syariah itu, ada ga aturannya bahwa dalam 1 hari boleh beli dan langsung jual hari itu juga, atau ada batasan berapa hari kemudian baru bisa dijual? mohon infonya..

    • Kalau itu saya kurang tau. Tapi secara umum untuk peraturan pembelian atau penjualan saham dapat di lakukan kapanpun selama jam bursa, jadi seharusnya tidak ada bedanya reguler maupun syariah. Tks

  3. Permisi gan mau tanya Nih, Sayakan Hanya Punya Rekening Bank BCA terus Mau daftar BNI sekuritas, Bisa tidak ?
    Sayakan Baru Lusus SMK, belum Bekerja dan rencana Kuliah Tahun Depan, Dapat penghasilan Masih Ikut Orang tua Dagang, daftar BNI sekuritas Tanpa NPWP, bisa tidak ?

    • Seharusnya bisa, karena saya sendiri pakai Mandiri. Hanya saja nanti ada rek khusus BNI untuk masukin depositnya.

      Daftar BNI Sekuritas bisa tanpa NPWP, nantinya harus menyertakan kartu tanda mahasiswa untuk pembuatan surat pernyataan tidak memiliki. Untuk boleh tidaknya daftar dengan kartu tanda siswa tidak ada salahnya untuk bertanya melalui email ke BNIS. Perlu di ingat untuk kategori mahasiswa minimal depositnya 1 juta. Tks

  4. Mas Irfan bermanfaat sekali artikelnya.
    Aku mau tanya :

    1. Klo daftar tanpa dtg ke BNIS bisa tidak ya?
    2. Aku ga punya rek BNI nanti cara menambah saldo dan mencairkan gmn caranya ya? Apakah harus bikin rek BNI?
    3. Akun Zaisan itu sama / beda dg akun BNIS? kan sama2 ada login nya tuh (dibagian itu agak belum jelas saya)
    4. Bisa konsultasi via WA / Line / Ym ga mas?

    Mksh

    • 1. Saya sarankan untuk daftar lebih baik langsung ke kantor terdekat di kota mas Joko. Biar bisa tanya hal-hal yang mungkin perlu mas tau. Karena saya belum pernah dengar ada yg daftar melalui POS.
      2. Nantinya setelah mas daftar akan di berikan rekening BNI khusus untuk wadah penampungan dananya, tidak dikenakan biaya bulanan seperti Tabungan reguler, karena itu tabungan khusus untuk transaksi.
      3. Baik Zaisan maupun Esmart sama akunya. keduanya hanya beda platform. jadi kalau pakai laptop pribadi mas bisa trading pakai aplikasi, dan misalnya tidak mau install aplikasi bisa trading lewat web based yaitu Zaisan.
      4. Hubungi saya lewat email aja dulu di: [email protected]

      Terima Kasih

  5. Saya kan sudah buka rekening saham di bni securities. Tapi ga dapat id, pasword sama pin seperti yg dijelaskan disini. Tapi saya dapat kartu akses ksei. Akses ksei itu apa ya?.
    Mohon penjelasannya
    Terumakasih

    • Kalau soal id dan password belum sampai mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak BNIS, pembuatan akun biasa memakan waktu semingguan waktu kerja. KSEI fungsinya sebagai tanya investor, kalau mau daftar di sekuritas lagi gak perlu buat lagi, jadi cukup liatin kartu yang sudah ada. Funsi lain KSEI adalah untuk cek portofolio, untuk login bisa ke sini https://investor.ksei.co.id/. login pakai id dan pin yang ada di amplop, ikuti saja step yg tertera untuk login. Tks

  6. terimakasih Artikelnya. sangat menarik 🙂 . untuk segi administrasi bgaimana?apakah ada biaya bulanan atau hanya per order buy n sell?trims

    • untuk transaksi lainnya selain order sell dan buy saya kurang perhatikan sih. Memang ada transkip bulanan yang dikirimkan, tapi tidak saya perhatikan ada atau gak. Terima Kasih

  7. sy sangat tertarik dngan trading saham tp blum berani tuk terjun langsung ke dunia saham. masih perlu belajar tentng sahan dan artikel ini menambah wawasan bg sy..terimakasih bnyak.

    • Kalau masih ragu dan belum berani terjun, coba saja ikutan sekolah pasar modal yang sudah di adakan di beberapa kota di Indonesia atau bisa juga beli buku Ellen May untuk pengetahuan dasar pasar saham. Mulai saja dengan membukan akun di sekuritas, belajarnya bisa sambil transaksi. Saya dulu juga pertama kali masuk pasar saham dengan ilmu nol, modal nekat aja, tapi tetap sambil belajar agar semakin mahir. Terima kasih

      • Nice mas Irfan, tulisannya penuh kualiatas dan motivasi
        oh iya, saya ingin nanya mas:

        1. Kalau proses register ke kantor cabang BNIS butuh berapa lama? berapa kali?
        soalnya kalo berkali-kali saya kesualitan buat izinnya di kantor.
        2. Kalau boleh tau, di bulan pertama buka akun prosentase keuntungan masnya berapa ya dari modal awal? untuk sekarang keuntungan sampai berapa persen? keuntungan tertinggi sampai berapa?

        Mohon tanggapannya mas, buat nambah motivasi juga 🙂

        • Senang bisa member mas motivasi,

          1. Proses pendaftaran hanya sekali saja, bawa KTP (atau KTM buat mahasiswa), NPWP (jika ada), Buku tabungan (apa saja). hanya saja proses pembuatannya biasa memakan waktu 7 hari kerja, bila sudah selesai detail akun dan password akan di kirim lewat email.

          2. Eemmm kalau itu saya gak tentu sih, masih roller coaster profit N loss saya, paling biasa saya sehari 2-3% profitnya. Tapi gak jarang juga lossnya, saya masih belajar-belajar juga soalnya :). Bisa dapat 2-3% pun karena biasa kalau pasarnya lagi bagus, kalau lagi labil saya biasa hanya swing trading.

          Terima kasih

  8. Komentar: minta infonya min, sekolah saham rekomendasi apa kah langsung ke gedung IDX ya ? mungkin ada alternatif lain sekolah saham terpercaya.?

    • Untuk sekolah saham saya anjurkan lebih baik di IDX SPM saja, baca di artikel saya tentang SPM atau bisa juga ikut kursus saham yang diadakan Mandiri Sekuritas melalui level 1. Selain itu saya tidak punya referensi lain. Terima Kasih

  9. Saya mau bertanya apa saham yang kita beli ada jangka waktu kadaluarsanya atau terserah sampai kapanpun mau kita jual?? Soalnya saya tertarik setelah ikut simulasi trading online kontan, setelah buy saya diamkan beberapa waktu bahkan bulan begitu saya buka profitnya bahkan hampir 100%.
    Terima kasih sebelumnya.

    • Kepemilikan saham tidak ada batasnya, selama tidak dijual. oleh karena itu, BEI mengadakan program “Yuk Nabung Saham” agar masyarakat menabung uang di saham dalam waktu yang lama. Jadi, tidak masalah kalau Mas Bima mau berinvestasi saham dalam jangka waktu yang lama.

      kalau mau ingin hold lama saya sarankan durasinya tahunan saja, usahakan beli saham bluechip yang memeliki tren positif untuk jangka panjang. Terima Kasih.

    • Salam kenal Azman, untuk membuka akun saham di sekuritas Indonesia, Azman bias mendaftar secara online di BNI Sekuritas pada alamat http://bnisecurities.co.id/regonline/ atau info lebih lanjut ke halaman http://bnisecurities.co.id/lp1/

      Cara mendaftar BNIS:
      1. Ini formulir secara lengkap di http://bnisecurities.co.id/regonline/
      2. Lalu, cetak dan tanda tangan pada form yang sudah diisi secara online tadi.
      3. Bila semua form sudah di tanda tangan, masukkan kedalam berkas map dan kirim kan ke alamat dibawah ini.

      BNI Sekuritas (Unit Online Trading)
      Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 16
      Jl. Jend.Sudirman Kav. 76 – 78 Jakarta 12910
      Telp. (021) 2554-3946

      Dengan mendaftar di sekuritas Indonesia mengharuskan Azman untuk mengirim dokumen ke alamat di atas (dikirimkan dari Malaysia ke Indonesia). Info lebih lanjut silahkan email ke pihak BNIS di: [email protected]

      Terima kasih

    • Saham adalah salah satu instrumen investasi di Indonesia.
      1. keuntungan saham bisa berupa kepemilikan perusahaan (bila Anda membeli saham Unilever, berarti Unilever itu punya Anda, sesuai dgn jumlah lembar saham yg dimiliki).
      2. keuntungan jangka pendek berupa selisih harganya, beli saham murah kemarin, hari ini naik jual berarti Anda untung (profit).
      3. keuntungan jangka panjang berupa deviden (bagi hasil perusahaan kepada pemilik saham) dengan value saham yang terus naik (kalau sahamnya bagus).

  10. Maaf om saya mau tanya sedikit, jika kita sudah membeli di perusahaan tersebut, tapi setelah melihat perkembangan beberapa hari tapi stagnant di titik terendah,sebaiknya harus gimana om? Di jual kembali atau di pertahankan sampai mulai bergerak lagi. Terimakasih atas saran dan jawabannya om.

    • Tergantung tujuan sih mas, kalau memang emiten bagus tapi LK kurang memuaskan bisa jalan ditempat dia untuk beberapa saat, kalau invest jangka panjang sih gak masalah. Tapi kalau untuk cari keuntungan day trading atau swing bagusan ditinggal aja mas. Kalau mau lihat saham apa yang paling aktif geraknya gabung ke stockbit.com mas, saham yang lagi hot pasti dibicarain.

  11. Gan saya ingin bisnis di bursa saham, tapi saya blom terlalu mengerti dengan bisnis ini. Apakah saya boleh minta kontak agan ?!

  12. Bre, saya baru daftar nih, trus udah ditelfon dari jakarta tapi udah 2x gak keangkat soalnya pas kebetulan lg dijalan gak pegang hape, menurut mas gimana ya baiknya?

    • Eemmm.. banyak juga ya. Tunggu di telpon lagi aja, soalnya kan mereka pakai hotline, mustahil telpon balik.
      kalau gak, email aja ke: [email protected] bila kalau udah ditelpon 2x untuk proses pendaftaran. Biasa sih ditelpon gitu buat konfirmasi aja sih kalau mas daftar di BNIS. Tks

  13. nice infoh, lagi bandingin BNI Sekuritas sama Mandiri Sekuritas nemu artikel inih. karna sy udah punya Rek Tabungan BNI jadi besok fix datang ke BNI Sekuritas Bandung, Hehehe. . .
    Rencana mau beli Saham UNVR sama KLBF buat jangka panjang da saya mah beli saham nya. atau brarangkali ada pilihan saham lain mas buat jangka panjang yang profitnya bagus ?

    • BNIS boleh jadi pertimbangan awal, nanti kalau sudah menguasai fitur2 BNIS boleh pakai ManSek. karena saya pakai keduanya. Kalau ManSek fitur FA dan TAnya lebih lengkap dari BNIS.

      Pilihan mas Anda sudah tepat, kalau jangkap panjang kedua saham tersebut oke banget. Kalau tanya rekomendasi lainnya saya pilih sektor infrastuktur. karena seperti yg kita ketahui fokus pemerintahan Jokowi adalah pembangunan. saham WSKT saya liat bagus untuk janga panjang. tapi kalau mau aman sih konsumtif, INDF juga bagus mas. Tks

  14. Mas irfan..keuntungan yang diperoleh dari pembelian saham itu dari mana aja..Gimana seandainya Kita membeli Dan tidak menjualnya dalam waktu yang lama apa bisa menguntungkan..

    • Untuk keuntungan selama ini yang sudah saya rasa adalah dari selisih harga saat menjual saham dan hasil pembagian dividen emiten setiap tahunnya.

      Kalau sudah beli dan ingin disimpan lama juga bagus, dengan syarat saham perusahaannya naik terus. contohnya saham Bank BNI, dalam kurung waktu 10 tahun sudah naik 500%. Tks

  15. Pagi jelang siang Mas Irfan.
    Mhn info;

    1. Apakah Saham Emiten yg mau kita beli SELALU TERSEDIA setiap saat ?
    2. Dari tingkat Resiko/Profit; mana yg lbh tinggi antara SAHAM vs FOREX ?
    3. Apa koment Mas Irfan tentang TRADING FOREX dgn sitem BINARY OPTION ?

    Terimakasih
    Sukses Slalu, dony donavia

    • Siang Mbak Dony,

      1. Semua emiten yang terdaftar di bursa efek selalu tersedia untuk waktu bursa, kecuali kalau di Suspensi, tidak dapat di beli/jual.
      2. Dari segi resiko jelas forex lebih tinggi dari pada saham, namun forex tidak termasuk dalam instrumen investasi di Indonesia.
      3. Kalau ini saya kurang tau, karena belum pernah trading di forex

      Terima Kasih

  16. Pak saya dulu pernah mau daftar di BNI SECURITAS tapi katanya untuk yang deposit 1jt itu ngak bisa mendaftar di BNI SECURITAS mana pun itu promo pusat dan harus daftar di pusat ? Oya bapak kpn daftarnya ?

    • Saya daftar tahun 2014, di kantor pusatnya.
      Kalau itu promo dari pusat saya juga kurang katau Pak, karena database pusat dengan cabang memang tidak terhubung katanya.

      Begini saja, kalau memang dicabang tidak bisa daftar dengan depo 1juta, Bapak daftar secara online saja di situs BNIS, isi form lalu cetak dan kirim ke alamat kantor pusatnya atau info lebih lanjut soal depo 1juta itu bisa Bapak tanya lewat WA BNIS +62 811-1086-360. Terima kasih

  17. pa irfan, terimakasih artikelnya sangat memotivasi. untuk bni sekuritas apakah tradingnya juga melayani dgn broker? maklum saya blm terlalu paham untuk trading online sendiri.
    terimakasih pa irfan. sukses terus bisnisnya

  18. Om aku baru mengenal dunia saham nih om ,kalo bagi pemula kayak aku buat daftar di bnis itu bisa om dan aku gk berani trading online gtu karna masih awam

  19. maaf pak, kemarin saya sudah mendaftar onilne, kemudian berkas saya sudah saya kirim ke kantor BNI SEKURITAS tetapi sampai sekarang belum ada konfirmasi dari kantor BNI pusat. Kenapa ya ? mohon penjelasanya !

    • Kalau Pak Munawir baru kirim kemarin, saya rasa berkasnya mungkin belum diterima. cepat atau lambatnya penerimaan berkas tergantung seberapa jauh expedisinya. Sebelumnya apakah sudah mengecek adanya kantor cabang BNIS di domisi bapak? Bila belum saya sarankan Bapak mengecek terlebih dahulu pada link alamat yang saya sediakan diatas. Namun jika memang tidak ada kantor cabangnya, bapak bisa follow up berkas tersebut ke WA Helpdesk BNIS +62 811-1086-360. Terima kasih

    • Saya domisi Banda Aceh. Kalau Pak Asep mau belajar saham bisa ikut sekolah pasar modal yang biasa diselenggarakan dibeberapa daerah di indonesia atau bisa juga belajar secara online dengan bertanya ke teman-teman stockbit.com . Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu