PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

SahamBNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20)

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20)

Cocok untuk pemula dengan modal yang terbatas dan Software trading BNI Sekuritas sangat mudah digunakan

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko dibawah Forex dan di atas Reksa Dana.

Lalu, bagaimana cara agar dapat terlibat dalam transaksi jual-beli saham di bursa saham Indonesia?

Untuk melakukan transaksi jual-beli di pasar saham, yang pertama kali anda lakukan adalah memilih dan mendaftarkan diri pada broker saham terdekat di kotamu.

BACA JUGA: 9 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Buka Rekening Saham di Sebuah Sekuritas

Ada lebih banyak broker saham domestik dan internasional yang terdaftar dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), oleh karena itu pastikan broker tempat anda menanam modal saham terdaftar dan di awasi oleh OJK ya.

Broker yang saya pilih untuk mendaftarkan diri agar dapat bertransaksi saham adalah BNI Sekuritas.

Selain itu, saya juga sudah review dan hands on beberapa sekuritas lainnya, yaitu:

  1. Mandiri Sekuritas
  2. BCA Sekuritas
  3. IndoPremier Sekuritas
  4. MNC Sekuritas
  5. Ajaib Sekuritas
  6. Mirae Asset Sekuritas

BNI Sekuritas adalah salah satu broker terpercaya di Indonesia, bagaimana tidak BNI Sekuritas adalah anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk yang berdiri pada 12 April 1995.

Kenapa  mendaftar di BNI Sekuritas?

Asalannya cukup mudah bagi saya untuk menjawab kenapa mendaftar di BNI Sekuritas dari pada di broker-broker lainnya. Itu karena pada saat pertama kali saya kenal pasar saham di tahun 2014 hanya BNI Sekuritas yang memberikan kemudahan pendaftaran dengan modal minimal 1 juta rupiah.

Bahkan saat sedang promo, setoran awal cukup 100 ribu. Ini merupakan termasuk kategori dengan dana awal yang kecil, jadi siapapun bisa daftar dengan modal sekecil itu.

Bagaimana cara mendaftar di BNI Sekuritas? (Update 10/8/17)

Mendaftar di BNI Sekuritas di tahun 2017 kini lebih mudah, karena sudah ada sistem pendaftaran online. Ini sangat berguna bagi mereka yang di kotanya tidak terdapat kantor cabang BNIS.

Berikut cara daftar BNI Sekuritas secara offline dan online:

Cara daftar langsung di kantor BNI Sekuritas 

Untuk mendaftar menjadi anggota di BNI Sekuritas, anda di haruskan memiliki modal awal untuk di setor minimal 1 juta. Modal awal yang di setor tersebut bukan untuk pendaftaran, tetapi untuk di transaksikan, jadi pure tidak ada biaya pendaftarannya.

Tapi ingat, dana setor awal itu jangan di jadikan cash dan dibawa saat daftar, tapi di simpan saja di bank untuk nanti di masukkan di rekening saham saat akun untuk transaksi sahamnya selesai.

BACA JUGA: Hal-hal Yang Wajib Dilakukan Oleh Pemula Saham Saat Masuk Dunia Saham

Setelah dana tersedia dan keyakinan untuk investasi di pasar modal saham sudah kuat, barulah anda pergi ke kantor BNI Sekuritas yang sudah menjadi pilihan untuk menjadi broker anda. Sebelum pergi ke kantor broker, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen di bawah ini:

Persyaratan Permohonan untuk Nasabah Perorangan dan Korporat :

  1. Formulir Registrasi Nasabah yang terdiri dari :
    1. Formulir Isian Pembukaan Rekening Efek Reguler
    2. Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Reguler
    3. Formulir Specimen Tanda tangan
    4. Formulir Permohonan Batas Transaksi Rekening Efek Reguler
  2. Formulir Disposisi Sales

Dokumen Pendukung untuk Nasabah Perorangan :

  1. Copy Identitas (KTP/Paspor) Nasabah dan kuasanya (jika dikuasakan)
  2. Copy Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Dokumen Pendukung untuk Nasabah Korporat :

  1. Copy Anggaran Dasar Perusahaan terbaru
  2. Copy Akta Pendirian Perusahaan
  3. Copy Akta Susunan Pengurus terbaru
  4. Copy SIUP
  5. Copy NPWP
  6. Copy Surat Izin Domisili / Surat Izin Tempat Usaha
  7. Copy Identitas (KTP/Paspor) penanggung jawab perusahaan
  8. Surat Kuasa untuk melaksanakan transaksi (jika dikuasakan)
  9. Copy identitas (KTP/Paspor) penerima kuasa (jika dikuasakan)
  10. Laporan Keuangan (Neraca dan Laba-Rugi) 3 (tiga) tahun terakhir

Buat yang tidak punya NPWP jangan risau, di situlah letak status mahasiswa akan di gunakan, jadi jangan lupa bawa kartu mahasiswa karena akan diminta untuk membuat “Surat keterangan tidak memiliki NPWP”.

Setelah persiapan dokumen selesai, bisa langsung ke kantor BNI Sekuritas yang ada di daerah anda. Silahkan cek alamat kantor cabang BNI Sekuritas disini.

Ketika anda sudah dikantor BNI Sekuritas di cabang masing-masing kota, anda dapat memilih ingin mendaftar sebagai investor di pasar Reguler atau pasar Syariah, karena baik pasar Reguler dan pasar Syariah sangat berbeda.

Di pasar saham Reguler anda dapat bertransaksi dengan jual-beli saham semua sektor seperti perbankan, konsumen, pertambangan, agro dan lainnya, sedangkan untuk pasar saham Syariah anda tidak akan bertemu dengan saham-saham yang memiliki bisnis riba dan haram, seperti sektor perbankan dan rokok atau saham minuman alkohol karena sudah pasti itu tidak sesuai dengan sistem perdagangan syariah.

Kalau sudah pilih reguler atau syariah, anda akan mengisi dokumen pendaftaran pembukaan akun efek yang akan diberikan oleh sales.

Setelah pendaftaran dan dokumen disini semuanya, akun efek akan selesai paling lambat 2 minggu setelah pendaftaran, jadi silakan menunggu. Bila akun efek selesai, akan menerima email berupa user id, password dan pin trading, harap segera di ganti password dan pinnya bila telah menerima email tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara daftar online BNI Sekuritas

Di tahun 2017, kini mendaftar di BNI Sekuritas  sebagai nasabah semakin mudah. karena situs BNI Sekuritas kini telah menyediakan form yang dapat diisi, di cetak, dan langsung dikirim kan ke kantor pusan BNIS di Jakarta.

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20) 1

Setelah klik tombol daftar, anda akan diarah ke halaman pendaftar yang terdiri dari 4 bagian:

1. Data pemohon

Bila pengisian sudah selesai dan anda yakin dengan semua data yang telah diisi, silakan klik “Simpan”.

Sampai disini, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengecek email yang telah didaftarkan, seharusnya semua data formulir tadi akan dikirimkan ke email. Print semua lampiran yang ada diemail tersebut.

Lalu, bubuhkan tanda tangan pada kolom tandan tangan yang membutuhkan materai (biasa materai 6000), setelah ditempel dan tanda tangan, masukkan kedalam berkas dokumen dengan rapi.

Perlu diingat untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan seperti foto kopi KTP, NPWP, Cover tabungan dan seluruh lampiran yang wajib dikirim ke markas BNI Sekuritas.

Sesuai dengan petunjuk diatas, kirimkan dokumen tersebut ke alamat BNI Sekuritas.

BNI Sekuritas (Unit Online Trading)
Sudirman Plaza Indofood Tower lantai 16
Jl. Jend.Sudirman Kav. 76 – 78 Jakarta 12910

Telp. (021) 2554-3946

Sebisa mungkin menggunakan cara daftar online ini bila kota tempat tinggal anda tidak ada cabang BNI Sekuritas, karena bagaimanapun lebih baik berjumpa langsung dengan CS BNIS agar dapat bertanya langsung seputar produk mereka.

Jual-beli saham di BNI Sekuritas melalui software, aplikasi dan web based

BNI Sekuritas memiliki tools trading yang lengkap, mulai dari sofware, aplikasi mobile serta web based yang di beri nama Esmart V3 dan Zaisan. Semua tools tersebut dapat anda pakai sesuai dengan kebutuhan, bila sedang berada di rumah atau di kantor anda dapat menggunakan software PC untuk bertransaksi, bila sedang dalam perjalanan anda bisa menggunakan aplikasi di mobile Android/iOS/Blackberry, dan juga tersedia lewat browser.

Sebelum bertransaksi, silakan download terlebih dahulu tools-nya

Setelah tools diatas ter-install di perangkatmu saatnya untuk melakukan transaksi. perlu diingat bahwa ada tarif dan ketentuan transaksi yang harus di patuhi oleh pengguna sebagai berikut.

Fitur Rekening Reguler :

Tarif

Komisi transaksi untuk beli 0.25% dan jual 0.35% net (non online), atau sebesar 0.15% untuk beli dan 0.25% untuk jual (online). Negosiasi transaksi dapat diberikan untuk transaksi besar.

Deposit Awal / Jaminan Awal  

Deposit awal dapat berupa dana dan atau Efek yang nilainya minimal Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) kecuali pada acara-acara khusus. Deposit berupa Efek akan dikenakan haircut sesuai dengan ketentuan yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko.

 Jaminan

Dana dan atau Efek yang mengendap di Rekening Reguler dapat dijadikan jaminan penyelesaian transaksi oleh BNIS, sesuai dengan Daftar Efek Jaminan Rekening Reguler yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.

Plafon Outstanding dan Batas Rasio

Plafon Outstanding dibandingkan dengan Jaminan Awal adalah sebesar-    besarnya 3:1 dengan pemberian maksimal plafon Outstanding adalah Rp.25.000.000.000,- (Dua Puluh Lima Milyar Rupiah) atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BNIS. Plafond Outstanding bersifat tetap  berdasarkan pengajuan Nasabah, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai di bawah Rp.50 juta, Plafond Outstanding senilai dengan asset-nya (1:1) atau dengan Batas Rasio 50%, sebagaimana yang saat ini berjalan.
  2. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai Rp.50 juta sampai dengan Rp.100 juta, dapat mengajukan Plafond Outstanding senilai 200% dari asset-nya (2:1) atau dengan Batas Rasio 65%.
  3. Untuk Nasabah yang memiliki asset (portfolio + cash) senilai lebih dari Rp.100 juta, dapat mengajukan Plafond Outstanding senilai 300% dari portofolionya (3:1) atau dengan Batas Rasio 75%

Transaksi

  1. Efek yang dapat dibeli di Rekening Reguler mengacu pada Daftar Efek Rekening Reguler yang diterbitkan oleh Bagian Manajemen Risiko setiap bulannya.
  2. Efek yang dibeli namun di luar Daftar Efek Rekening Reguler, akan dikenakan haircut sebesar 100% dan maksimal pembelian senilai deposit awal.

Batas Transaksi

Batas Transaksi pada saat pembukaan Rekening Reguler adalah senilai dengan Plafond Outstanding yang diajukan oleh Nasabah.

Batas Transaksi / Trading Limit Nasabah bersifat fluktuatif ditentukan berdasarkan Plafon Outstanding, Deposit atau saldo dana dan /atau saldo efek (Portofolio) serta Kewajiban Nasabah.

Batas Transaksi / Trading Limit ditentukan yang terkecil diantara F1 dan F2 dengan formulasi sebagai berikut :

F1= Plafon Outstanding – Kewajiban

F2=((Portofolio setelah haircut * Batas Rasio) – Kewajiban) / (1-Batas Rasio)

Batas Transaksi di Rekening Reguler akan berkurang jika :

  1. Dilakukan Pembelian Efek atau penarikan Efek.
  2. Timbul bunga dan atau denda.
  3. Dilakukan penarikan dana

Jangka Waktu

Setiap transaksi yang telah dilakukan oleh nasabah (T+0) wajib diselesaikan oleh Nasabah pada saat jatuh tempo ( T+2).

Pengendalian Resiko

  1. Bagi nasabah yang memiliki ratio transaksi 2:1 atau 65%, dan 3:1 atau 75% akan berlaku jual paksa (forced sell) oleh BNIS jika rasio mencapai 90% atau lebih, atau Nasabah tidak melakukan penyelesaian kewajiban transaksi pada T+2 sesi I. Sedangkan nasabah yang tidak mengajukan permohonan kenaikan ratio transaksi, tetap mengacu pada aturan yang ada saat ini.
  2. Jual paksa dilakukan untuk transaksi yang dilakukan Nasabah pada T+0, dikecualikan Efek yang dibeli Nasabah menggunakan dana sendiri, dengan atau tanpa persetujuan Nasabah.
  3. Pembelian oleh Nasabah dapat dilakukan kembali setelah penyelesaian dilakukan oleh Nasabah sebelum atau pada T+2 sesi I, atau telah dilakukan jual paksa oleh BNIS pada T+2 sesi II.

Bunga Saldo Kredit dan Denda

Bunga Saldo Kredit dan Denda ditentukan berdasarkan kebijakan yang berlaku di BNIS. Untuk denda, mulai tanggal 1 September 2011 diberlakukan sebesar 36% p.a.

Setelah anda paham betul ketentuan diatas, saya akan coba memberikan arahan dasar saja bagaimana cara menggunakan Esmart pada windows os, karena untuk bertransaksi sendiri sudah ada user guide yang dikirimkan oleh BNI Securities melalui email.

Membeli Saham Dengan ESmart BNI Sekuritas

Setelah tahap pendaftaran selesai dan user serta password telah di berikan oleh BNI Sekuritas, kini saat melakukan praktik membeli saham.

Untuk membeli saham, BNI Sekuritas menawarkan platform yang cukup beragam. Mulai dari sofware untuk PC, Aplikasi mobile dan Trading Web base. Berikut rinciannya, silakan di download terlebih dahulu.

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20) 6

Kalau sudah dipersiapkan semua, saatnya kita melakukan pembelian. Cara singkat pembelian saham dengan ESmart ini saya lakukan melalui PC Windows. Pastikan PC ter-install JAVA.

Pertama: Bukan software Esmart yang telah diinstal (pastikan selalu menggunakan versi terbaru)