PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham 1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Pendaftaran akun efek di IndoPremier Sekuritas merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia tanpa harus kirim berkas lagi

Siapa tau mau baca

Mewujudkan Indonesia Sebagai Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Pertama kali diberlakukan di Indonesia tahun 90an, pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia masih belum memuaskan. Ini dapat dilihat dari pangsa pasar ekonomi syariah di Indonesia...

Cara Daftar Akun “Free Trial” Sinarmas Sekuritas, Mencoba Simas.Net

Sedang cari-cari aplikasi yang pas untuk trading saham? Mungkin Sinarmas Sekuritas dapat membantu Anda. Sinarmas Sekuritas memberikan kemudahan calon nasabah menggunakan trial akun untuk...

REVIEW: Mudahnya Investasi Saham di Aplikasi Ajaib, Pemula Masuk!

Sebagai seorang yang masuk kategori pemain lama di saham, saya melihat investasi saham makin hari makin mudah saja, apalagi kalau pakai aplikasi...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Pendaftaran akun efek di IndoPremier Sekuritas merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia tanpa harus kirim berkas lagi

Indopremier – Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti Sekolah Pasar Modal, pembelian saham melalui aplikasi mobile hingga pendaftaran yang semakin mudah.

Ya, sebelum Anda menjadi investor saham. Diwajibkan mendaftarkan diri untuk membuka akun efek di salah satu sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh Bursa Efek Indonesia (IDX).

- Iklan -

Pada umumnya, pendaftaran akun efek harus dilakukan di kantor broker/sekuritas langsung atau mendaftar secara online dengan didukung oleh berkas yang harus dikirim ke kantor sekuritas. Tentu hal ini dinilai tidak efisien, karena memakan waktu yang lama dan ongkos tambahan.

Oleh karena itu, kini ada trobosan baru untuk mempercepat pendaftaran akun efek tanpa harus datang ke sekuritas atau mengirim berkas, sehingga investor dapat langsung membeli saham pertamanya dalam beberapa jam setelah pendaftaran.

IndoPremier Sekuritas salah satu broker saham di Indonesia memiliki inovasi baru dalam pendaftaran akun efek di sekuritas mereka. Tak perlu repot ke kantor atau mengirim berkas, menjadi nasabah IndoPremier kini lebih mudah dengan hadirnya registrasi instan, sehingga akun efek langsung jadi dalam hitungan jam.

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham 17

IndoPremier mengklain sebagai sekuritas pertama dan satu-satunya di Indonesia yang saat ini telah menerapkan sistem pendaftaran akun efek hanya dalam waktu 1 jam saja, tanpa harus kirim berkas data investor.

Untuk menguji kecanggihan sistem pendaftaran baru dari IndoPremier, saya telah mencoba dan berhasil mendaftar sebagai nasabah IndoPremier Sekuritas.

Walaupun sebenarnya saya sudah pernah daftar di IndoPremier, tapi tidak selesai karena masih belum mengirim berkas, ini artikel sebelumnya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar instant akun IndoPremier

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mendaftarkan diri ke IndoPremier Sekuritas, yaitu:

  • Perdaftar otomatis dapat akun Reguler, jadi gak bisa pilih akun Syariah.
  • RDN (Rekening Dana Nasabah) hanya tersedia Bank Permata, kalau mau ganti RDN bisa kalau sudah terdaftar.
  • Usahakan mendaftar di Jam bursa, ini agar akun jadi 1 jam dan bila ada kendala bisa langsung tanya CS IndoPremier.
  • Ubah akun ke Syariah, Ubah RDN bisa di request ke support@indopremier.com

Hal yang harus siapkan sebelum mendaftar

Untuk membuat akun efek di IndoPremier, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi IPOTGO, baik pengguna Android dan iOS.

Selain aplikasi, ada beberapa poin yang menurut saya harus dipersiapkan, agar pendaftaran menjadi mudah dan lancar, yaitu:

  • Pastikan jaringan internet stabil, karena kalau ada gangguan ditengah jalan pendaftaran, bisa mulai dari awal lagi.
  • Muka rapih dan pakai sopan: Poin ini penting karena ketika mendaftar nanti Anda harus Selfie dengan KTP dan juga melakukan rekam video call. Muka baru bangun tidur dan baju kurang pantas tidak dianjurkan.
  • Sediakan E-KTP dan buku tabungan yang mau didaftarkan, tabungan apa aja boleh.
  • Sediakan tanda tangan di selembar kertas, ini fungsinya untuk difoto.

Oke, kalau semua perlengkapan tadi sudah penuhi, saatnya melakukan pendaftaran instan.

Step by step, daftar instant akun IndoPremier

Sebelum mendaftar pastikan hal-hal yang saya sebutkan diatas, seperti smartphone yang sudah terinstall aplikasi IPOTGO, e-KTP, buku tabungan, NPWP (jika ada), Kertas yang sudah terisi tanda tangan, dan penampilan rapi, sudah disiapkan.

Jika sudah lengkap, silakan ikuti cara pendaftaran dibawah ini. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Jika pendaftaran via aplikasi IPOTGO sudah usai, kini saatnya Anda mulai memperhatikan email untuk melanjutkan pendaftaran. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Pendaftaran selesai dan akun sudah diaktifkan.

Anda kini sudah memiliki USER ID, PASSWORD, PIN, dan RDN sebagai hal wajib untuk keperluan transaksi saham.

Saat masuk ke aplikasi IPOGO untuk pertama kalinya setelah akun diaktifkan, Anda diminta untuk membuat pertanyaan serta jawaban khusus sebagai syarat keamanan tambahan. Jadi, pastikan Anda mengingat jawaban dari pertanyaan yang Anda buat.

Kini Anda sudah siap untuk membeli saham pertama Anda.

*Sebagai catatan, agar pendaftaran lancar, pastikan data yang Anda masukkan benar dan hanya melakukan pendaftaran di jam bursa (Senin s/d Jum’at – 9:00 s/d 16:00)

Cara beli saham melalui IndoPremier dari aplikasi IPOTGO

Untuk lengkapi tutorial ini, saya akan melakukan simulasi pembelian saham melalui aplikasi IPOTGO. Tapi sebelum itu, saya akan melakukan pengisian setoran awal ke RDN (Rekening Dana Nasabah) yang dijadikan sebagai sumber dana pembelian saham.

Perlu diketahui bahwa IndoPremier tidak mewajibkan Anda untuk melakukan setoran awal dalam jumlah tertentu, mau isi 50rb, 100rb, 1 juta atau 10 juta, semua terserah Anda.

Dan perlu diketahui juga, bahwa setiap kali transaksi saham baik beli atau jual, Anda akan dikenakan biaya transaksi sebesar Buy 0,19% – Sell 0,29%.

Sebagai contoh, saya coba setor 100rb ke RDN. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Setelah notifikasi transfer dana masuk, kini saatnya untuk membeli saham. Tapi sebelum itu, pastikan sudah LOGIN dan input PIN. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham 32
Halaman Portfolio IPOT

Sampai disini, jika Anda sudah berhasil membeli saham yang diinginkan, maka secara resmi Anda sudah menjadi investor saham.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk menjadi investor saham?

Pesan saya, jika Anda sudah terjun ke dunia investasi saham, maka cobalah untuk terus menggali ilmu investasi saham, karena saham adalah instrumen investasi yang harus dipelajari ilmunya agar Anda mendapatkan profit yang maksimal serta mampu mengendalikan kerugian.

Investasi saham jangan dilihat dari nominal yang Anda mulai kecil, tapi coba untuk rutin berinvestasi secara berkala, sehingga modal kecil yang Anda mulai akan tumbuh besar nantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Happy Investing!!!

halo@irfan.id

*DISCLAIMER: Semua informasi yang dimuat dalam halaman ini adalah pengalaman pribadi penulis. Contoh pembelian saham merupakan hanya simulasi saja dan penulis tidak pernah merekomendasikan pembaca untuk mengikuti contoh yang penulis lampirkan.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

REVIEW: Pengalaman Buka Tabungan OCBC NISP Online di Aplikasi ONe Mobile

Akhirnya-akhir ini, saya sedang hobi buka rekening baru di bank secara online, salah satunya di OCBC NISP via aplikasi ONe Mobile.

REVIEW: Mudahnya Investasi Saham di Aplikasi Ajaib, Pemula Masuk!

Sebagai seorang yang masuk kategori pemain lama di saham, saya melihat investasi saham makin hari makin mudah saja, apalagi kalau pakai aplikasi...

Tips Memilih dan Pengalaman Buka Tabungan Haji Terbaik 2020 yang Terhubung SISKOHAT

Ibadah haji merupakan rukun islam yang ke-5 yang wajib ditunaikan oleh mereka yang mampu. Membuka Tabungan Haji merupakan salah satu upaya untuk...

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

Apa itu Saham? Ini Cara Investasi dan Dapat Untung dari Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang populer dikalangan investor, karena memberikan return yang tinggi. Sebut saja seperti Lo Kheng Hong, yang dijuluki Warren...

Hadapi Pandemi Virus Corona, 6 Kiat Ini Bisa Selamatkan Keuangan Kamu

Dampak virus corona bukan saja mengerikan dari sisi kesehatan, tapi juga berdampak parah pada kondisi ekonomi. Jika ingin selamat dari krisis ekonomi...

172 KOMENTAR

  1. Slamat malam bang, mau nanya klw mau regiis akun ipotgo, harus ad nama perusahaan gk, soalnya sy liat ad nama perusahaannya gimana klw kita gk punya perusahaan. Sy kan seorang mahasiswa. Maksih bang sebelumnya

    • Kalau mahasiswa, dibagian perusahan bisa dikasih nama kampusnya, bidanganya bisa dikasih universitas, lalu dibagain jabatan bisa isi mahasiswa aja. Tks

  2. Hai kak aku tadi dapat balesan email akun rdn sudah aktif pas aku deposit kok belum masuk2 ya terus aku cek di klikbca rekening rdn belum aktif.maksud nya kok gak konek gitu padahal aku sudah deposit

    • Sekarang, hari ini, masih belum masuk juga dananya?

      Kalau belum, masalah teknis seperti ini bisa tanya langsung CS indopremier, biasa mereka balas kalau ditanya jam kerja di socmed. Tks

  3. Bang saya udah daftar udah 2 minggu gak ada email no RDN . Tpi saya udah transfer ke sub akun permata . Mohon pencerahan nya

    • Eeemm… lalu gimana cara transfernya tuh kalau belum ada no rekeningnnya?

      Coba di follow up lagi ke SC indopremier di twitter. biasa mereka balas kalau jam kerja. Tks

        • Coba cek email pendaftaran lagi, mungkin ada data yang belum lengkap atau kesalahan. Biasa ada notif sebab akun belum selesai.

          Jika masih ada kendala, bisa colek admin twitter @indopremier saat jam kerja, biasa mereka balas. Tks

          • Transfer ke subaccont nya bukan ke rdn nya ka . Dan dana nya gak bisa di tarik lagi . Nah itu masalahnya ka saya gak main twitter

  4. Mau bertanya, untuk mahasiswa nanti dalam sumber pemasukan yang dipilih apa ya kalo misal sumbernya dari tabungan? Dan apakah harus dengan sepengetahuan orang tua atau tidak??

    • Bebas… mau bilang ke orang tua boleh, kalau gak dibilang juga gak ngaruh banget… Tapi kalau investasi dapat restu orang tua lebih baik kan? Hehehe

      Penghasilan bisa diisi dari tabungan misalnya pembelian orang tua/hibah, gak masalh gitu. Jadi di kolom pekerjaan bisa isi mahasiswa dan nama universitasnya. Tks

  5. Sya daftar gak bisa2 om,, selalu suruh foto ulang e-KTP nya,, selalu begitu.. kenapa ya?? Padahal smua nya sudah selesai tunggu konfirmasi di email,, email nnya masuk tapi suruh foto ulang e-KTP lagi..

    • Iya bisa terjadi karena memang data yang diberikan tidak memenuhi syarat KYC.. coba diulangi saja. Jika masih tidak bisa juga, kamu bisa lapor via DM twitter @Indopremier untuk konsultasi masalah yang kamu hadapi. Tks

  6. saya sudah 3 kali coba daftar aplikasi dan ipandu oleh pihak indopremier, tapi sampe sekarang saya belum terima email verifikasinya, mohon info apakah ada yang pernah mengalami hal seperti saya? dan bagiamana solusinya?

    • Saya daftar sendiri…

      Begini saja, coba infokan email, no hp dan KTP yang didaftarkan sebelumnya ke DM twitter indopremier. Coba tanya mereka bisa dilanjut verfikasi gak. Kalau gak bisa, bisa minta hapus data yang awal tadi. Lalu coba daftarkan ulang sesuai petunjuk diartikel saya ini. Tks

    • Hah? limit gimana maksudnya?

      Kalau trading margin memang dapat pinjaman, tapi bukan dari bank… itu dari sekuritas. Dan biasanya limitnya tergantung dari resiko saham yang mau dibeli. Saya kurang tau berapa limit dari portfolionya. Tks

    • Alur pendaftaran, verfikasi dan isi saldo sampai cara beli saham sudah saya lampirkan semua screenshotnya di dalam artikel. Silahkan dilihat kembali. Tks

  7. Malam mas irfan: saya mau tanya kalau saya pakai bank bca ekspresi yg tidak ada buku tabungannya apakah bisa buka rekening indopremier?
    Mohon bantuannya mas, thanks.

  8. Halo kak mau bertanya, apakah buku tabungan syarat mutlak? Bisa pake screenshot ebanking gak?
    Aku udah gak tau lagi kak dimana buku tabungan dan terakhir buka rekening gak pake buku tabungan 🙂

    Thanks

    • Tidak… malahan gak perlu pakai screenshot ebanking.

      Saya juga daftarnya pakai permatame, tabungannya gak ada buku fisik.

      Coba lihat slide screenshot pendaftan saya diatas, cuma masukin nama bank, nama kamu, dan no rek aja. Tks

      • mas irfan, saya sudah daftar indopremier secara manual tp belum mengirim berkas. kalau saya daftar lagi tp secara online bisa tidak dan caranya gimana karena nomor hp dan email sudah terpakai pada saat pendaftaran manual.. terimakasih sebelumnya mas.

        • Saya dulu gini juga.

          Solusinya adalah dengan request hapus data pendaftaran manual tadi ke DM twitter @indopremier.

          Nanti ditelpon mereka verifikasi hapus data.

          Lalu bisa daftar ulang online dengan ktp dan no hp yang sama. Tks

  9. Kak saya sempat daftar hari minggu,apakah saya harus daftar lagi saat hari bursa baru buka…..atau saya hanya tunngu ferifikasi email saja dari indoprimer kak? Tilong di balas ya kak

        • Mungkin kurang jelas TTDnya… di ulang aja sesuai instruksi email, gak apa. Saya juga dulu kendala di bagian bank account. Tks

          • Sudah berhasilmi kak,tapi dari indoprimer dia bilang katanya sementara dalam pembuatan rdn nya saya ,di suruh tunggu…..
            Kira kira berapa lama baru selesainya ya kak?

    • Bisa dong…. punya e-KTP dan buku tabungan kan? Daftar aja langsung. Untuk pilihan pekerjaan, isi adanya Siswa, lalu dikantornya isi nama sekolah dan lengkapi dengan alamat sekolah juga. Tks

  10. Terima kasih mas atas infonya.. mau tanya apakah saat ini mas masih pakai RDN Permata atau sudah pindah?
    Saya bingung, saya saat ini punya rekening BRI dan Mandiri, tapi kalau pindah RDN ke Mandiri jadi tidak bisa transaksi reksadana, mungkin mas bisa kasi saran saya harus apa.. huhu..
    Terima kasih sebelumnya..

      • Maunya beli reksadana di ipotfund mas. Rencana saya ingin pindahkan RDN ke bank mandiri, namun kata pihak sekuritas apabila memakai RDN Bank Mandiri, nasabah hanya bisa melakukan transaksi saham saja.

        Itu sih yang buat saya bingung apakah tetap RDN nya Bank Permata atau pindah ke Bank Mandiri. Kalau RDN Bank Mandiri hanya bisa transaksi saham. Sedangkan kalau RDN Bank Permata akan ada biaya transfer karena bank pribadi saya Bank Mandiri.

    • Setahu saya tidak ada ya.. Saya kalau IPOT, transfernya antar bank permata, jadi gak ada delay, gak tau juga kalau antar bank lain. Tks

  11. Mas mau nanya… kan saya pernah daftar indopremier…pakai bank tertentu.. nah kalau pakai bank ini setoran awal sekurang kurangnya sebesar 5 juta.. bila hanya setor 200 ribu saja apa bisa?

    • Bisa dong. Di Indopremier gak ada minimum deposit. Jadi kamu bisa top up dana ke RDN berapa pun.. misalnya Rp 100 ribu atau 200 ribu saja juga boleh. Yang penting saham yang kamu beli cukup dananya. Tks

  12. kl sblmnya sy sdh pny account ksei di securitas lain (LOTS), kl mau daftar ipot apa bisa? caranya apa sama spt di atas?

    • Untuk ini, silakan bertanya langsung ke pihak sekuritas terkait. coba tweet atau DM mereka via twitter @indopremier, biasa dibalas kalau jam kerja. Tks

  13. Selamat sore pak irfan..saya registrasi tgl 31 mei..dan semua persyaratan sdh done..pertama ada notif agreement dgn indopremier sekuritas dan RDN ..kemudian SID dan SRE done..hari ini tgl 2 jun diberi no.rek. BCA..yg saya mau tnykan..apakah saya sdh bisa transaksi pasar modal lsg ( tentunya ya isi saldodl di rek RDN) ato nunggu waktu lg..krn saya login id dan password kok masih blom bisa ya..terimakasih sebelumnya..

    • Harusnya sudah bisa… mungkin itu masalah teknis.

      Coba hubungi langsung pihak sekuritas di twitter @indopremier pada jam kerja. Tks

    • Untuk RDN, setau saya bisa ganti ke BCA atau Mandiri. Untuk infromasi validnya, bisa tanya langsung ke Indopremier via socmed, twitter kalau bisa. mereka balas kalau jam kerja.

      untuk ganti RDN bisa di request ke email: support@indopremier.com. Tks

    • Tidak wajib. semua kebutuhan kembali ke tangan investor.

      Tapi, bakalan lebih bermakna kan, kalau setiap bulan bisa beli saham 50rb atau 100rb secara konsisten… hasilnya bakalan ikutan nanti. Tks

  14. Selamat malam. mas irfan.. saya daftar ipot syariah di indopremiere. tapi belum kirim berkas fisik.( masih pikir2 resiko) sehingga akun saya tidak aktif.
    Tetapi dari KSEI sudah memberikan Nomer SID. dan sudah saya aktifkan. yang saya mau tanyakan Apakah ada denda dari KSEI kalau saya tidak jadi Investasi.. dan mohon pencerahannya Supaya SID saya bisa di tutup/ non aktif. terimakasih

    • Jika mengikuti cara daftar di atas, maka tidak perlu kirim berkas fisik lagi.

      Untuk KSEI tidak ada denda apapun kalau tidak invest. Ada baiknya lanjutkan saya perndaftarannya, sambil belajar, deposit saja 50 ribu beli saham yang murah biar terbiasa. Tks

    • Tidak masalah, bisa juga kalau paki BRI. hanya saja nanti kamu bakalan kena biaya transfer antar bank kalau rekening yang digunakan berbeda dengan yang di RDN. Tks

    • Ditunggu saja dulu, kalau ada kendala, silakan hubungi pihak sekuritas langsung. Biasa mereka aktif di socmed kalau jam kerja. Tks

  15. gan saya berulang kali regristrasi tapi slalu gagal di tanda tangan…apakah tanda tangan harus disertai nama dibawahnya/gimana supaya gak gagal terus?

  16. Maaf ka nanya2 lagi krn baru mau jadi pemula, apakah kalau keluar kena pinalty atau denda? Atau akun dan no rekening kita ndax dipakai bisa kena denda? Terima kasih.

    • Setau saya tidak ada pinalti apapun, kecuali kamu pakai transaksi limit melewati batas yang ditentukan. Jika akun tidak dipakai untuk trading dalam waktu yang lama, lebih dari 3 bulan, biasa di suspen saja dan suspend itu bisa dibuka kembali. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu