PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham 1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Pendaftaran akun efek di IndoPremier Sekuritas merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia tanpa harus kirim berkas lagi

Siapa tau mau baca

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (UPDATE: 27/4/20)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat...

100% Siap Jalankan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Untuk Ekonomi Aceh Lebih Baik

Pada 31 Desember 2018 silam, pemerintah Aceh resmi menerapkan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS), sebagai trobosan...

#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi (UPDATE: 19/10/19)

Tabungan BNI iB Hasanah - Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling dekat dan paling dikenal oleh masyarakat luas.

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Pendaftaran akun efek di IndoPremier Sekuritas merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia tanpa harus kirim berkas lagi

Indopremier – Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti Sekolah Pasar Modal, pembelian saham melalui aplikasi mobile hingga pendaftaran yang semakin mudah.

Ya, sebelum Anda menjadi investor saham. Diwajibkan mendaftarkan diri untuk membuka akun efek di salah satu sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh Bursa Efek Indonesia (IDX).

- Iklan -

Pada umumnya, pendaftaran akun efek harus dilakukan di kantor broker/sekuritas langsung atau mendaftar secara online dengan didukung oleh berkas yang harus dikirim ke kantor sekuritas. Tentu hal ini dinilai tidak efisien, karena memakan waktu yang lama dan ongkos tambahan.

Oleh karena itu, kini ada trobosan baru untuk mempercepat pendaftaran akun efek tanpa harus datang ke sekuritas atau mengirim berkas, sehingga investor dapat langsung membeli saham pertamanya dalam beberapa jam setelah pendaftaran.

IndoPremier Sekuritas salah satu broker saham di Indonesia memiliki inovasi baru dalam pendaftaran akun efek di sekuritas mereka. Tak perlu repot ke kantor atau mengirim berkas, menjadi nasabah IndoPremier kini lebih mudah dengan hadirnya registrasi instan, sehingga akun efek langsung jadi dalam hitungan jam.

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham 17

IndoPremier mengklain sebagai sekuritas pertama dan satu-satunya di Indonesia yang saat ini telah menerapkan sistem pendaftaran akun efek hanya dalam waktu 1 jam saja, tanpa harus kirim berkas data investor.

Untuk menguji kecanggihan sistem pendaftaran baru dari IndoPremier, saya telah mencoba dan berhasil mendaftar sebagai nasabah IndoPremier Sekuritas.

Walaupun sebenarnya saya sudah pernah daftar di IndoPremier, tapi tidak selesai karena masih belum mengirim berkas, ini artikel sebelumnya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar instant akun IndoPremier

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mendaftarkan diri ke IndoPremier Sekuritas, yaitu:

  • Perdaftar otomatis dapat akun Reguler, jadi gak bisa pilih akun Syariah.
  • RDN (Rekening Dana Nasabah) hanya tersedia Bank Permata, kalau mau ganti RDN bisa kalau sudah terdaftar.
  • Usahakan mendaftar di Jam bursa, ini agar akun jadi 1 jam dan bila ada kendala bisa langsung tanya CS IndoPremier.
  • Ubah akun ke Syariah, Ubah RDN bisa di request ke support@indopremier.com

Hal yang harus siapkan sebelum mendaftar

Untuk membuat akun efek di IndoPremier, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi IPOTGO, baik pengguna Android dan iOS.

Selain aplikasi, ada beberapa poin yang menurut saya harus dipersiapkan, agar pendaftaran menjadi mudah dan lancar, yaitu:

  • Pastikan jaringan internet stabil, karena kalau ada gangguan ditengah jalan pendaftaran, bisa mulai dari awal lagi.
  • Muka rapih dan pakai sopan: Poin ini penting karena ketika mendaftar nanti Anda harus Selfie dengan KTP dan juga melakukan rekam video call. Muka baru bangun tidur dan baju kurang pantas tidak dianjurkan.
  • Sediakan E-KTP dan buku tabungan yang mau didaftarkan, tabungan apa aja boleh.
  • Sediakan tanda tangan di selembar kertas, ini fungsinya untuk difoto.

Oke, kalau semua perlengkapan tadi sudah penuhi, saatnya melakukan pendaftaran instan.

Step by step, daftar instant akun IndoPremier

Sebelum mendaftar pastikan hal-hal yang saya sebutkan diatas, seperti smartphone yang sudah terinstall aplikasi IPOTGO, e-KTP, buku tabungan, NPWP (jika ada), Kertas yang sudah terisi tanda tangan, dan penampilan rapi, sudah disiapkan.

Jika sudah lengkap, silakan ikuti cara pendaftaran dibawah ini. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Jika pendaftaran via aplikasi IPOTGO sudah usai, kini saatnya Anda mulai memperhatikan email untuk melanjutkan pendaftaran. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Pendaftaran selesai dan akun sudah diaktifkan.

Anda kini sudah memiliki USER ID, PASSWORD, PIN, dan RDN sebagai hal wajib untuk keperluan transaksi saham.

Saat masuk ke aplikasi IPOGO untuk pertama kalinya setelah akun diaktifkan, Anda diminta untuk membuat pertanyaan serta jawaban khusus sebagai syarat keamanan tambahan. Jadi, pastikan Anda mengingat jawaban dari pertanyaan yang Anda buat.

Kini Anda sudah siap untuk membeli saham pertama Anda.

*Sebagai catatan, agar pendaftaran lancar, pastikan data yang Anda masukkan benar dan hanya melakukan pendaftaran di jam bursa (Senin s/d Jum’at – 9:00 s/d 16:00)

Cara beli saham melalui IndoPremier dari aplikasi IPOTGO

Untuk lengkapi tutorial ini, saya akan melakukan simulasi pembelian saham melalui aplikasi IPOTGO. Tapi sebelum itu, saya akan melakukan pengisian setoran awal ke RDN (Rekening Dana Nasabah) yang dijadikan sebagai sumber dana pembelian saham.

Perlu diketahui bahwa IndoPremier tidak mewajibkan Anda untuk melakukan setoran awal dalam jumlah tertentu, mau isi 50rb, 100rb, 1 juta atau 10 juta, semua terserah Anda.

Dan perlu diketahui juga, bahwa setiap kali transaksi saham baik beli atau jual, Anda akan dikenakan biaya transaksi sebesar Buy 0,19% – Sell 0,29%.

Sebagai contoh, saya coba setor 100rb ke RDN. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Setelah notifikasi transfer dana masuk, kini saatnya untuk membeli saham. Tapi sebelum itu, pastikan sudah LOGIN dan input PIN. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham 32
Halaman Portfolio IPOT

Sampai disini, jika Anda sudah berhasil membeli saham yang diinginkan, maka secara resmi Anda sudah menjadi investor saham.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk menjadi investor saham?

Pesan saya, jika Anda sudah terjun ke dunia investasi saham, maka cobalah untuk terus menggali ilmu investasi saham, karena saham adalah instrumen investasi yang harus dipelajari ilmunya agar Anda mendapatkan profit yang maksimal serta mampu mengendalikan kerugian.

Investasi saham jangan dilihat dari nominal yang Anda mulai kecil, tapi coba untuk rutin berinvestasi secara berkala, sehingga modal kecil yang Anda mulai akan tumbuh besar nantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Happy Investing!!!

halo@irfan.id

*DISCLAIMER: Semua informasi yang dimuat dalam halaman ini adalah pengalaman pribadi penulis. Contoh pembelian saham merupakan hanya simulasi saja dan penulis tidak pernah merekomendasikan pembaca untuk mengikuti contoh yang penulis lampirkan.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

Apa itu Saham? Ini Cara Investasi dan Dapat Untung dari Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang populer dikalangan investor, karena memberikan return yang tinggi. Sebut saja seperti Lo Kheng Hong, yang dijuluki Warren...

Hadapi Pandemi Virus Corona, 6 Kiat Ini Bisa Selamatkan Keuangan Kamu

Dampak virus corona bukan saja mengerikan dari sisi kesehatan, tapi juga berdampak parah pada kondisi ekonomi. Jika ingin selamat dari krisis ekonomi...

Pengalaman Deposito Bank Mandiri via Aplikasi Mandiri Online (UPDATE: 18/5/2020)

Deposito Bank Mandiri merupakan salah satu produk deposito yang banyak dicari orang, karena berstatus bank kompeten dan memberikan bunga yang menarik.

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta Di Bank Permata via PermataMobile X (UPDATE: 14/5/20)

Deposito atau deposito syariah merupakan jenis investasi yang cocok untuk investor bertipe konservatif, karena resikonya yang rendah dan memberikan bunga/bagi hasil yang...

Mengenal P2P Lending, Landasan Hukum, Cara Investasi, Untung dan Ruginya

Peer to peer lending atau yang bisa dikenal P2P lending merupakan instrumen investasi yang populer ditengah gejolak padar modal. Saat ini, kesadaran...

121 KOMENTAR

    • Tidak wajib. semua kebutuhan kembali ke tangan investor.

      Tapi, bakalan lebih bermakna kan, kalau setiap bulan bisa beli saham 50rb atau 100rb secara konsisten… hasilnya bakalan ikutan nanti. Tks

  1. Selamat malam. mas irfan.. saya daftar ipot syariah di indopremiere. tapi belum kirim berkas fisik.( masih pikir2 resiko) sehingga akun saya tidak aktif.
    Tetapi dari KSEI sudah memberikan Nomer SID. dan sudah saya aktifkan. yang saya mau tanyakan Apakah ada denda dari KSEI kalau saya tidak jadi Investasi.. dan mohon pencerahannya Supaya SID saya bisa di tutup/ non aktif. terimakasih

    • Jika mengikuti cara daftar di atas, maka tidak perlu kirim berkas fisik lagi.

      Untuk KSEI tidak ada denda apapun kalau tidak invest. Ada baiknya lanjutkan saya perndaftarannya, sambil belajar, deposit saja 50 ribu beli saham yang murah biar terbiasa. Tks

    • Ditunggu saja dulu, kalau ada kendala, silakan hubungi pihak sekuritas langsung. Biasa mereka aktif di socmed kalau jam kerja. Tks

  2. gan saya berulang kali regristrasi tapi slalu gagal di tanda tangan…apakah tanda tangan harus disertai nama dibawahnya/gimana supaya gak gagal terus?

  3. Maaf ka nanya2 lagi krn baru mau jadi pemula, apakah kalau keluar kena pinalty atau denda? Atau akun dan no rekening kita ndax dipakai bisa kena denda? Terima kasih.

    • Setau saya tidak ada pinalti apapun, kecuali kamu pakai transaksi limit melewati batas yang ditentukan. Jika akun tidak dipakai untuk trading dalam waktu yang lama, lebih dari 3 bulan, biasa di suspen saja dan suspend itu bisa dibuka kembali. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu