PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

P2P LendingMulai 100 Ribu, Pendanaan di KoinWorks Lebih Mudah Berkat KoinRobo

Mulai 100 Ribu, Pendanaan di KoinWorks Lebih Mudah Berkat KoinRobo

KoinRobo adalah fitur pendanaan otomatis berbasis teknologi machine learning yang dikembangkan khusus agar Pendana dapat mengotomatisasikan kegiatan pendanaannya hingga prediksi hasil bunga keuntungan dapat tercapai dalam tenor yang telah ditentukan.

Artikel ini adalah

Di tengah boomingnya pendanaan melalui P2P Lending yang semakin banyak varian produknya, KoinWorks melalui KoinP2P hadir dengan produk KoinRobo yang memudahkan pendana untuk melakukan pendanaan tanpa repot pilih kegiatan.

Mungkin kamu sudah familiar dengan yang namanya P2P lending, sebuah instrumen untuk melakukan pendanaan antara pemilik modal dengan penerima manfaat.

Cara kerjanya cukup mudah, pemilik modal cukup mendaftarkan diri ke platform P2P Lending dan memilih paket atau usaha yang ingin didanai. Pada akhir periode peminjaman, pendana akan mendapatkan bunga dari hasil pinjamannya.

Namun yang jadi kebingungan lender, pemula khususnya, sulitnya menemukan paket usaha yang ingin didanai.

Maklum saja, saat ini jenis sektor usaha dan perusahaan atau UKM yang butuh didanai semakin banyak, dengan grade yang berbeda-beda pula.

Oleh karena itu, untuk memudahkan lender memberikan pinjaman ke perusahaan atau UKM, kini sudah ada terobosan pendanaan lebih mudah yang dibantu dengan teknologi machine learning.

KoinWorks, salah satu perusahaan P2P Lending di Indonesia berhasil menciptakan sebuah fitur yang memudahkan lender melakukan penyaluran dana dengan KoinRobo.

Penasaran dengan fitur KoinRobo ini?

Yuk lanjut baca, saya akan memberikan gambaran ke kamu cara kerja KoinRobo serta cara melakukan pendanaan di KoinWorks dengan fitur KoinRobo.

Lebih dekat dengan KoinRobo milik KoinWorks

KoinRobo adalah fitur pendanaan otomatis berbasis teknologi machine learning yang dikembangkan khusus agar Pendana dapat mengotomatisasikan kegiatan pendanaannya hingga prediksi hasil bunga keuntungan dapat tercapai dalam tenor yang telah ditentukan. 

Makin hari, melakukan pendanaan di instrumen P2P semakin mudah ya. Apalagi dengan adanya fitur ini.

Saya kenal sistem P2P Lending sekitar 2018, tapi baru coba langsung pada tahun 2019.

Dulu pendanaan masih manual banget, mesti cari manual paket pendanaan yang bagus.

Tapi, di tahun 2020 ini melakukan pendanaan jauh lebih mudah, karena ada KoinRobo.

Melakukan pendanaan otomatis dengan KoinRobo, lender nanti bakalan dikasih 4 opsi sektor dari RoboLending, yaitu: Robo Prime, Best Performing, Female-Led dan Made in Indonesia. Dengan pilihan tenor dan bunga yang bervariasi.

  • Robo Prime: Memberikan imbal hasil terbaik dengan meniru keputusan investasi dari top lender. Ini cocok untuk kamu yang incar imbal hasil yang sempurna.
  • Best Performing: Merupakan pilihan yang memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi pendana karena peminjam telah melakukan pembayaran dan terbukti memiliki track-record yang baik. Ini cocok untuk yang baru-baru join instrumen P2P, mulai dari sini aja dulu!
  • Female-Led: Membantu para wanita di Indonesia mengembangkan bisnis yang mereka bangun sendiri.
  • Made in Indonesia: Mendukung dan mendorong bisnis karya anak bangsa untuk membangun perekonomian dalam negeri.

Keempat sektor di atas juga bisa disebut sebagai sosial impact.

Artinya KoinRobo gak hanya memfokuskan lender untuk dapat imbal hasil yang besar, tetapi juga peduli terhadap kemajuan sektor ekonomi Indonesia secara menyeluruh.

Nah, buat kamu yang cinta produk-produk Indonesia khususnya UKM, bisa lakukan pendanaan KoinRobo di sektor Made in Indonesia dan kalau kamu ingin membantu wanita Indonesia mengembangkan bisnis mereka sendiri, bisa pilih sektor Female-Led.

Lalu, gimana dengan tenor dan bunganya untuk masing-masing sektor?

Mulai dari sektor Robo Prime hingga Made in Indonesia memiliki masa tenor yang sama, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 9 bulan dan 12 bulan, dengan imbal hasil hingga 14%. Jadi, sesuaikan dengan nyaman kamu aja.

KeteranganRobo PrimeBest PerformingFemale-LedMade in Indonesia
TujuanMemberikan imbal hasil terbaikMemberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi pendanaMembantu para wanita di Indonesia mengembangkan bisnisMendukung dan mendorong bisnis karya anak bangsa
Minimal pendanaanRp20.000.000Rp100.000Rp100.000Rp100.000
Tenor & Bunga1 Bulan = 8.0%
3 Bulan = 10.0%
6 Bulan = 11.0%
12 Bulan = 14.0%
3 Bulan = 4.0%
6 Bulan = 7.0%
12 Bulan = 14.0%
6 Bulan = 8.0%
12 Bulan = 14.0%
1 Bulan = 5.0%
3 Bulan = 6.0%
6 Bulan = 11.0%
12 Bulan = 14.0%
Auto RolloverTersediaTersediaTersediaTersedia
KoinRobo InsuranceTersediaTersediaTersediaTersedia
*Informasi per 30 November 2020

Pengalaman lakukan pendanaan di KoinWorks dengan KoinRobo

Oke, udah cukup teorinya!

Untuk memperlihatkan kemudahan melakukan pendanaan dengan KoinRobo, saya akan melakukan simulasi langsung pendanaan.

Tapi sebelumnya, yang belum punya aplikasi KoinKorks, install dan lakukan pendaftaran dulu ya!

Jika sudah daftar dan lakukan kelengkapan data di bagian profil, pastikan sudah ada saldo agar mudah pendanaan.

Cara top up saldo KoinWorks sangat mudah. Cukup bukan halaman Aktivitas > Transfer > Pilih Instruksi Transfer Dana > Lakukan Transfer bank seperti pada umumnya.

Jika dana masuk, maka akan ada notifikasi dan otomatis terlihat di halaman awal di bagian “SALDO KAS TERSEDIA”.

Kalau sudah beres semua, sekarang tinggal lakukan pendanaan awal. Sebagai contoh pada artikel ini. Saya melakukan pendanaan menggunakan KoinRobo dengan detail:

  • Sektor: Best Performing
  • Modal: Rp100.000
  • Tenor: 3 Bulan
  • Bunga: 4%

Yuk ikuti proses pendaftarannya di bawah slide gambar ini.

*Perbesar gambar untuk lihat detail

Bagaimana, gampang banget kan lakukan pendanaan P2P lending di KoinWorks dengan KoinRobo?

Contoh di atas memang menggunakan dana yang terbatas. Tapi, kamu bisa cicil setiap bulannya dengan melakukan pendanaan lainnya.

Kelebihan KoinRobo

Dengan berbagai kemudahan dan fitur yang dimiliki oleh KoinRobo, saya ingin memberikan beberapa sikap terkait kelebihannya, yang menurut saya cocok untuk pemula.

  1. Pendaftaran akun KoinWorks mudah. Pendaftaran akun di KoinWorks bisa dilakukan langsung dari smartphone kamu, langsung siap dalam hitungan menit.
  2. Lakukan top up saldo cash dengan banyak pilihan bank. Untuk melakukan pendanaan, ada baiknya kamu top up saldo dulu yang bisa dilakukan dengan transfer metode virtual account (VA). Pilihan VA ada BCA, CIMB, BRI, dan Mandiri. Ini bisa bikin hemat biaya transfer juga jika menggunakan akun VA.
  3. Penggunaan KoinRobo yang gampang. Walaupun baru pertama kali lihat fitur KoinRobo, saya bisa dengan mudah melalukan pendanaan, karena alur pendanaan mudah diikuti. Kamu juga bisa ikut harusnya.
  4. Berbagai pilihan sektor. Lender bisa dengan mudah memilih sektor yang sudah disajikan oleh RoboLending dengan pilihan 4 sektor yang menciptakan social impact untuk penerima manfaat pinjaman.
  5. Setoran pendanaan terjangkau. Kamu bisa mulai lakukan pendanaan dengan KoinRobo Rp100.000. Sangat terjangkau, kan?
  6. Ada asuransinya. KoinWorks memberikan asuransi kredit bagi peminjam tertentu di KoinWorks. Jika peminjam  mengalami gagal bayar, maka klaim atas asuransi kredit akan dicairkan oleh pihak asuransi, di mana klaim tersebut memberikan penanggungan atas jumlah pokok hutang awal peminjam.
  7. Bunga transparan. Walaupun sifatnya teknologi machine learning, imbal hasil yang dihasilkan dapat dilihat langsung dengan hitungan yang transparan. Jadi, semuanya pasti!
  8. Ada Auto Rollover. Ini adalah fitur yang cocok buat kamu yang sibuk-sibuk. Jangan takut kelewatan pendanaan ulang setelah jatuh tempo, karena kamu bisa lakukan auto rollover di KoinRobo. Jika pendanaan selama 3 bulan selesai, maka otomatis akan melakukan pendanaan yang sama, yaitu 3 bulan juga.

Buat kamu yang masih punya pertanyaan seputar KoinRobo, bisa baca di halaman Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Tentang KoinRobo | KoinWorks.

Sekian artikel kali ini. Jika kamu ada pertanyaan atau mau curhat pengalaman pendanaan KoinRobo. Bisa tinggalkan komentar di bawah ini ya!

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend