Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Reksa Dana 9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Investasi reksa dana dengan mudah di marketplace reksa dana mulai dari Rp 10.000, banyak promo hingga gratis biaya transaksi

Siapa tau mau baca

Mau Bisnis Tetap Bisa Berkembang di Tengah Pandemi? Ini Rahasianya!

Menjalankan bisnis di tengah pandemi memang bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk mengembangkannya.Saya pribadi sudah merasakannya. 

REVIEW: Mudahnya Investasi Saham di Aplikasi Ajaib, Pemula Masuk!

Sebagai seorang yang masuk kategori pemain lama di saham, saya melihat investasi saham makin hari makin mudah saja, apalagi kalau pakai aplikasi...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas? (UPDATE: 29/6/20)

Daftar akun saham pada 2020 untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah.Ini karena sekuritas atau broker...

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Investasi reksa dana dengan mudah di marketplace reksa dana mulai dari Rp 10.000, banyak promo hingga gratis biaya transaksi

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang mudah untuk digunakan dan juga memberikan promo hingga bonus yang menarik.

Bagi kamu yang sudah menjadi investor reksa dana tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya marketplace reksa dana online.

Tapi, untuk kamu yang baru, tentu bingung dengan istilah yang baru ini.

Apa itu marketplace reksadana? bagaimana cara membeli reksadana di marketplace? apakah aman atau tidak?

Nah… pertanyaan-pertanyaan mendasar tersebut akan saya ulas kali ini dalam bahasan 9 marketplace reksadana online terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

BACA JUGA: Mengenal Reksa Dana, Keuntungan, Dan Resikonya

Guna tentu untuk memberikan kamu overview tentang marketplace reksadana dan juga cara menentukan platform mana yang paling cocok untuk kamu, khususnya untuk pemula nih.

Sebenarnya, saya sudah pernah bahas tentang marketplace reksa dana big 4 head to head di artikel Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang? (UPDATE: 22/2/20).

Tapi kali ini, saya mau bahas lebih banyak platform yang menjual reksa dana dari manajer investasi terbaik di Indonesia.

Apa itu marketplace reksadana?

Markeplace reksa dana adalah sebuah wadah tersedianya produk-produk reksa dana yang diterbikan oleh Manajer Investasi. Marketplace reksa dana berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang menjual produk reksa dana.

Umumnya, marketplace reksadana terdaftar dan berizin dari OJK.

Jadi, pastikan kamu hanya membeli reksa dana dari marketplace yang sudah terdaftar di OJK ya!

Marketplace reksadana online terbaik

Karena jumlah marketplace reksa dana banyak, ada baiknya kamu mengetahui dulu platform mana yang terbaik agar tidak salah pilih tempat membeli reksadana.

Setidaknya ada 9 marketplace reksadana online yang patut dirilik untuk saat ini, yaitu: Bareksa, Bibit, Ajaib, Tanamduit, Invisee, Kelola, XDANA, moduit dan Raiz.

Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020

Kenapa saya hanya pilih 9 marketplace diatas, padahal masih banyak penjual reksa dana lainnya?

Asal tahu saja, selain 9 marketplacet reksa dana di atas, masih banyak agen penjual reska dana seperti bank hingga e-commerce seperti Tokopedia Reksadana dan BukaReksa.

Tapi saya hanya ingin fokus ke penjual reksa dana rantai terpendek, karena Tokopedia dan BukaReksa menjual reksa dana hasil dari kerja sama dengan salah satu APERD, bukan kerja sama langsung dengan manajer investasi.

Sedangkah bank menjual reksa dana baru melalui sales cabang saja, bukan pada aplikasi. Yaaaa… walaupun sudak ada bank yang menjual reksa dana melalui aplikasi mobile banking mereka, seperti Bank Permata dan OCBC NISP.

Bakalan lebih seru kalau kita hanya bahas platform markerplace yang fokus bisnisnya di menjual reksa dana saja.

Penasaran ulasan lengkap kesembilan marketplace reksadana diatas?

Yukkk…. lanjut baca!

Kembali
Berikutnya

Bareksa

Jadi marketplace reksadana tertua di Indonesia, Bareksa meluncur pada tahun 2013 silam dan masih eksis hingga saat ini, sebagai marketplace yang paling banyak menjual produk reksa dana miliki manajer investasi.

BACA JUGA: Cara Membeli Reksa Dana Di Bareksa Melalui Website Dan Aplikasi (Update 25/4/18)

Bareksa pada awalnya sangat kuat sebagai penjual reksa dana. Namun, kini mereka juga mengambil segment untuk bisa menabung emas via aplikasi Bareksa juga. Ini menurut saya smart move untuk diversifikasi.

Bareksa
Diluncurkan17 Februari 2013
Badan hukumPT Bareksa Portal Investasi
Jumlah produk reksa dana209*
Produk lainnya– Emas
– Obligasi Pemerintah
– Umrah
– Fund Academy
– Data
Modal awal investasiRp 50.000
Fitur– Simulasi reksa dana
– Langganan data berbayar
– Artikel
Metode pembayaranBank transfer, OVO
PlatformWeb based, Android, iOS
BantuanTelp: +62-21-5011-7000
Fax: +62-21-717-909-73
cs@bareksa.com
Nomor STTD / SK (Lisensi OJK)KEP-6/D.04/2016 (diterbitkan: 03 Feb 2016)
Situs resmihttps://www.bareksa.com/
*Data Mei 2020

Ada beberapa kelebihan dan kekurang dari Bareksa yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Bareksa

  1. Marketplace reksa dana terlengkap di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, sebagai APERD terdua di Indonesia Bareksa punya hingga 209 produk reksa dana. Mau reksa dana apa aja ada disini.
  2. Satu platform untuk semua kebutuhan investasi. Selain menjual produk reksa dana, Bareksa merupakan penjual resmi obligasi pemerintah, seperti: SBR, ORI, Sukuk Tabungan. Kamu juga bisa menabung emas di Bareksa, ini merupakan produk baru yang ada di tahun 2020. Niat ke tahan suci juga bisa dimulai dengan menabung di produk Umroh Bareksa.

Kekurangan Bareksa

  1. Pilih reksa dana masih manual. Disaat berbagai marketplace reksa dana sudah menggunakan metode pemilihan portfolio sesusai resiko investasi, Bareksa masih mengharuskan nasabah untuk memilih reksa dana yang ingin mereka beli. Ini cara yang kurang praktis untuk pemula reksadana.
  2. Masih minim opsi pembayaran. Bareksa paling betah bertahan dengan metode pembayaran reksadana dengan transfer bank manual, baru tahun 2020 Bareksa menggunakan opsi pembayaran instan via OVO.
Kembali
Berikutnya

Promo dan CASHBACK menarik dari marketplace reksadana

Pertumbuhan investor reksa dana yang menjanjikan mendorong marketplace reksadana untuk berlomba-lomba mencuri hati calon investor dengan menawarkan berbagai promo dan cashbank menarik.

Saya tidak bisa bilang platform mana yang paling sering kasih promo, karena hampir semuanya memberikan promo menarik dalam event tertentu.

Tapi yang jelas, kamu wajib follow akun sosial media marketplace reksadana di atas agar tidak ketinggalan informasi prmo yang mereka berikan.

Untuk promo yang plaing solid dan terus ada. Kamu yang mau mulai investasi reksa dana bisa coba CASHBACK dari Bibit dan Ajaib dengan memasukkan kode referal dibawah ini saat pendaftaran.

  • Bibit – Dapat Rp 25 ribu CASHBACK awal pendaftaran dengan investasi minimal 100 ribu. kode: irfan.
  • Ajaib – Dapat Rp 10 ribu CASHBACK awal pendaftaran. kode: muha910.

Selain promo awal daftar, marketplace reksadana juga rajin kasih promo saat hari besar, seperti promo THR, hari-hari besar Indonesia dan lainnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, 9 marketplace reksadana yang sudah kita bahas di atas dapat dijadikan referensi dalam berinvestasi reksa dana. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kalau ditanya dari sudut pandang pribadi, saya masih memilih Bareksa dengan produk reksa dananya yang lengkap, Bibit dengan kemudahan investasinya dan juga Ajaib yang banyak promonya.

Saya senang dengan promo diberikan Ajaib yang bisa langsung kita dapatkan.

Tapi, kesimpulan akhir kembali ke kamu masing-masing, lebih cocok dengan platofrm yang mana.

Saya sih gak bisa paksa kamu untuk pilih plaform tertentu, soalnya ini juga buka artikel iklan hehehe

Sekian artikel kali ini, semoga memberikan pencerahan kepada kamu untuk memilih platform marketplace reksadana.

Jika masih bingung, punya pertanyaan atau mau share pnegalaman investasi di platfom diatas, kamu bisa share di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Terbaru

IPOT, Super App dari Indo Premier yang Bisa Investasi Sekaligus Atur Keuangan

"Aplikasi trading saham Indo Premier yang sekarang, bukanlah seperti yang dulu". Setidaknya itulah pernyataan awal yang bisa saya utarakan setelah mencoba aplikasi...

Mengenal Uang Rp 75 Ribu Rupiah Baru, 8 Fakta Unik dan Cara Memilikinya

Tepat saat HUT RI ke-75 pada 17 Agustus lalu, Bank Indonesia resmi merilis uang baru edisi kemerdekaan dengan pecahan Rp75.000.

Mau Bisnis Tetap Bisa Berkembang di Tengah Pandemi? Ini Rahasianya!

Menjalankan bisnis di tengah pandemi memang bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk mengembangkannya.Saya pribadi sudah merasakannya. 

Pengalaman 1 Tahun Pakai Aplikasi Bibit Reksadana, Ini 6 Kelebihan yang Bikin Beda dari Lainnya

Gak terasa udah 1 tahun pakai aplikasi Bibit reksadana untuk investasi. Jadi, kali ini saya mau berbagi pengalaman pakai Bibit dan memerikan...

9 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Buka Rekening Saham di Sebuah Sekuritas

Sebelum buka rekening saham di sebuah sekuritas atau broker saham ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Ini bertujuan agar transaksi investasi kamu...

3 KOMENTAR

  1. terimakasih infonya mas Irfan.
    Btw saya bisa download aplikasi bibit dimana ya? karena di playstore gak ada aplikasi bernama bibit dan berlogo seperti di postingan mas Irfan >.<

    • Kalau mau cari di play store, bisa masukan kata kunci “Bibit” dipencarian, biasa muncul dihalaman awal nanti. Lihat saja dibagian developer nanti penerbitnya tertulis PT Bibit Tumbuh Bersama. Logonya seperti kepala robot dan nama aplikasinya “Bibit – Investasi Reksadana Otomatis”. Tks

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini