• Untuk Investasi

Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Untuk Investasi Keuangan REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata.

Kali ini sedikit berbeda dari biasanya, mengacu pada perturan daerah yang sedang dipersiapakan agar semua bank konvensional diganti dengan bank syariah, Bank Permata yang dulunya konvensional, kini sudah berubah menjadi unit usaha Bank Permata Syariah.

Antrian yang tidak banyak cuma 2-3 orang saja, saya langsung mendapat giliran untuk menyetor asuransi, karena kebanyakan yang transaksi di teller hanya mereka yang banyak asuransi atau kredit saja. Setelah selesai membayar asuransi, sebuah tawaran pun muncul

———–

Teller: Pak, tidak sekalian buka tabungan PermataME?

Saya: Tidak, terima kasih.

Teller: Tapi, tabungan Permata Me ini banyak keuntungannya loh Pak. Transfer gratis unlimited, tarik tunai bebas biaya di ATM Bersama, bebas biaya administrasi.. bla.. bla… bla (panjang banget dia jelasinnya). Yang paling menariknya Pak, buka tabungannya gak perlu setoran awal, malah dapat cashback Rp 50.000 (aslinya 49.999)

Saya: (Setelah mikir beberapa detik) Baik, saya mau buat tabungan PermataME

———–

Disitu saya mikir… ini kok Bank Permata ajaib banget bisa punya tabungan bebas segalanya dan berani kasih cashback 50 ribu tanpa setoran awal. Saat itu saya berpikiran tidak ada rugi juga, malah untung bisa dapat cashback.

Setelah meng-iya-kan untuk membuat tabungan di Bank Permata, saya langsung di oper ke CS. CS langsung menjelaskan lebih detail tentang tabungan PermataMe dan aplikasi terbaru Bank Pertama PermataMobile X.

Yang paling menarik perhatian saya adalah tabungan PermataMe tidak menggunakan tabungan fisik, jadi bisa dibilang murni tabungan digital sama halnya dengan Jenius by BTPN dan digibank by DBS Bank Indonesia.

Setelah registrasi lengkap untuk perdaftaran PermataME dan PermataMobile X, saya dibekali dengan sebuah kartu ATM berlogo VISA yang katanya dapat dipakai untuk tarik tunai bebas biaya admin diseluruh ATM berlogo ATM Bersama, ALTO, PRIMA, PLUS.

Dengan memiliki tabungan di Bank Pertama, itu artinya jumlah rekening saya bertambah menjadi 6 rekening. Wahh.. banyak ya, tapi kebanyakan tabungan tersebut bebas biaya administrasi, jadi saya tidak khawatir punya tabungan banyak, karena setiap tabungan memiliki fungsi masing-masing.

Apa itu PermataMobile X?

Nah…. buat kamu yang baru pertama kali mendengar PermataMobile X tentu penasaran dong, ini produk digital apa sih? Apakah worth it untuk memiliki tabungan PertamaME di PermataMobile X?

PermataMobile X

PermataMobile X adalah sebuah trobosan digital banking terbaru dari Bank Permata untuk melengkapi aplikasi sebelumnya, PertamaMobile. PermataMobile X memiliki fitur yang lebih lengkap, salah satunya adalah membuat tabungan Bank Permata tanpa harus ke cabang Bank, melalui sebuah gerakan yang bernama #IndonesiaTanpaStres.

PermataMobile X merupakan produk yang masih hangat, karena baru diluncurkan awal Agustus, 2 Agustus 2018.

Dengan meng-install aplikasi PermataMobile X, kamu bisa langsung bukan tabungan tanpa harus ke bank, salah satunya tabungan PermataME yang saya buat.

Dengar-dengar di socmed Bank Permata, bila membuat tabungan via PermataMobile X, maka kartu debitnya akan langsung dikirimkan ke alamat yang disertakan dalam pendaftaran.

Fitur PermataMobile X

PermataMobile X menyajikan lebih dari 200 fitur dalam satu aplikasi dan merupakan aplikasi mobile banking yang paling lengkap saat ini. Berikut adalah fitur utama PermataMobile X:

  1. FACE ID – login pakai Face ID dengan iPhone X.
  2. TOUCH ID dan FINGERPRINT – login pakai Touch ID untuk iPhone dan Fingerprint untuk handphone Android.
  3. PEEKING – intip saldo tanpa login dengan cepat dan aman.
  4. SEMUA AKUN DALAM SATU LAYAR (atau SINGLE CUSTOMER VIEW) terpadu secara luas dan lengkap dalam satu app PermataMobile X.
  5. MELIHAT DETAIL SEMUA AKUN DENGAN MUDAH – Giro, Tabungan, Deposito, Reksadana, Obligasi, Kartu Kredit, KTA, KPR.
  6. MUTASI TRANSAKSI HINGGA 12 BULAN UNTUK SEMUA JENIS AKUN langsung ditampilkan di PermataMobile X.
  7. TRANSFER KE NOMOR HANDPHONE – transfer cepat, mudah dan aman cukup dengan nomor handphone.
  8. SHARE RECEIPT SEMUA TRANSAKSI LEWAT WHATSAPP, SMS, E-MAIL – membuat sharing dengan cepat, mudah dan aman.
  9. BUKA AKUN TABUNGAN dan GIRO ONLINE – buka Tabungan dan Giro langsung lewat PermataMobile X online tanpa menunggu lama.
  10. BUKA DEPOSITO ONLINE – Buka Deposito langsung online tanpa ke cabang.
  11. JUAL, BELI REKSA DANA dan OBLIGASI ONLINE – Transaksi Reksa Dana dan Obligasi online dan tidak ribet.
  12. SIMPAN TRANSAKSI FAVORIT – sehingga bisa melakukan transfer dalam 5 detik.
  13. MOBILE CASH – tarik tunai tanpa kartu di PermataBank ATM.
  14. TRANSFER, PAY BILL dan TOP UP layanan tersedia 24 jam.
  15. TRANSFER TERJADWAL DAN BERKALA sehingga transfer bisa dilakukan sesuai tanggal yang diinginkan.
  16. KARTU KREDIT – mengajukan kartu tambahan, SimplePay, Cash on Call dan kenaikan kredit limit sementara.
  17. PERMATASTORE – browsing dan membeli produk-produk PermataBank dengan mudah dan online tanpa ke cabang.

Limit Transaksi Harian

Layanan PermataMobile X juga melengkapkan nasabahnya dengan berbagai jenis kartu debit yang memiliki limit transaksi harian yang berbeda-beda. Berikut ini adalah table lengkap limit transkasi harian kartu debit Permata:

Nomor RekeningKartu 
PRIORITY
Kartu 
PREFERRED
Kartu 
PERSONAL
Kartu 
BINTANG
Kartu 
ME
Transfer Ke Rekening Sendiri di PermataBank*   Minimal per Transaksi Rp. 10,000.00 Maksimal per Transaksi Tidak TerbatasTidak TerbatasTidak TerbatasTidak TerbatasTidak TerbatasTidak Terbatas
Transfer Ke Rekening Lain di PermataBank *   Minimal per Transaksi Rp. 10,000.00Maksimal per Transaksi Rp. 250 JutaRp.250 JutaRp.200 JutaRp.150 JutaRp.2 JutaRp.2 Juta
Transfer Ke Rekening Sendiri / Rekening Lain di PermataBank dengan mata uang berbeda** Minimal per Transaksi Rp. 10,000.00 Maksimal per Transaksi Rp. 20 JutaRp.75 JutaRp.50 JutaRp.50 JutaRp.2 JutaRp.2 Juta
Transfer Ke Bank Lain via RTGS / LLG***   Minimal per Transaksi LLG Rp. 1 RTGS > Rp. 100 Juta Maksimal per Transaksi Sesuai Limit Transaksi Rp.250 JutaRp.200 JutaRp.150 JutaRp.2 JutaRp.2 Juta
Transfer Ke Bank Lain via online Minimal per Transaksi Rp. 10,000.00 Maksimal per Transaksi Rp. 25 JutaRp.100 JutaRp.75 JutaRp.50 JutaRp.2 JutaRp.2 Juta
Pembayaran & Pembelian / Isi UlangRp.100 JutaRp.75 JutaRp.60 JutaRp.2 JutaRp.2 Juta

KETENTUAN

*Dengan mata uang yang sama (IDR)
**Dari rekening valas ke rekening IDR atau sebaliknya (Nominal transaksi dalam IDR)
***Limit max per transaksi untuk transfer ke Bank lain melalui LLG(SKN) adalah mengikuti limit transaksi (limit RTGS & LLG/SKN merupakan limit gabungan)
Limit max per transaksi untuk RTGS adalah mengikuti limit transaksi (limit RTGS & LLG/SKN merupakan limit gabungan)
Limit transaksi dapat berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Mengapa saya memiliki buka tabungan PermataME?

Seperti yang telah saya sebutnya diatas, saya memiliki 6 tabungan saat ini termasuk Bank Permata. Lalu, mengapa saya masih membuka tabungan PermataME?

Alasan saya membuka tabungan di Bank Pertama adalah untuk kemudahan transaksi investasi dan menyempurnakan produk perbankan yang saya miliki saat ini.

Melalui PermataMobile X, saya menggangap bahwa PermataME menjawab kebutuhan saya selama ini untuk mudahan transaksi investasi.

Ada bonus saat pertama kali buka tabungan Permatame

Dapat CASHBACK saldo 49.999 setelah 24jam membuka tabungan PermataME[/caption]

Pada umumnya, saat saya membeli reksa dana selalu kena biaya adminsitasi, karena sumber dana dan bank kustodian tidak sama sehingga berakhir dengan dikenakan biaya transfer antar bank.

Dengan PermataMe memberikan kemudahan tanpa biaya transfer, saya kini tidak perlu lagi ragu untuk switching reksa dana. Berikut adalah perbandingan PertamaME vs 5 rekening saya saat ini:

Statement PermataME 5 Rekening saya lainnya
Bebas biaya administrasi bulananIyaIya
Bebas biaya kartu bulananIyaIya
Bebas biaya transfer bank onlineIyaTidak
Bebas biaya tarik tunai ATM mana sajaIyaTidak
Aplikasi dan Web bankingIyaIya
Hingga 200 fitur dalam satu aplikasiIyaTidak
Buku tabungan fisikTidakIya
Limit transkasi harian kartu besarTidakIya

Bila melihat perbandingan diatas, antara PermataMobile X dan 5 rekening tabungan saya saat ini, maka PermataMobile X masih jauh didepan untuk hal kemudahan tansaksi mobile banking.

PermataMobile X

Kartu debit PermataME berlogo VISA, cakep ya kartunya!

Selain itu, PermataME juga memberikan promo-promo menarik untuk nasabahnya. Selain dapat CASHBACK Rp 49.999, nasabah masih bisa menikmati CASHBACK lainnya setiap transaksi.

Untuk limit transaksi online, PermataME memilik limit yang berbeda-beda tergantung dari channel-nya (mengacu pada penjelasan Help center @PermataCare):

  • ATM PermataBank: Rp 25 Juta
  • PermataNet: Rp 75 Juta
  • PermataMobile: Rp 35 Juta

Sebagai informasi tambahan, tabungan Pertamame dapat dijadikan nol hingga tak tersisa. Jadi, tidak ada limit agar uang mengendap ditabungan seperti banyak bank pada umumnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang PermataME? Kunjungi situs resminya disini.

Kekurangan PermataMobile X

Tidak ada produk yang sempurna, itu jelas.

Sama halnya dengan produk perbankan lainnya, PermataMobile X juga punya sisi gelapnya dan terkadang membuat saya jengkel. Berikut ini adalah beberapa keluhan yang saya rasakan selama menggunakan PermataMobile X:

1. Masih ada peringatan biaya transfer

Alasan utama saya buat tabungan Permata adalah untuk menghindari biaya transfer. Tapi setelah mencoba transaksi, saya menemukan bahwa PermataMobile X masih meminta opsi biaya transfer seperti gambar dibawah ini.

Saya kaget ketika disodorkan halaman pemilihan biaya transfer. Meskinpun begitu saya tetap coba transfer dan benar, diringkasannya juga ada biaya transfer 7,500.

Namun, setelah saya cek kembali mutasi ternyata tidak ada pengurangan saldo untuk biaya transfer tersbut, sehingga menyimpulkan bawah itu hanya formalitas saja, mengingat di PermataStore juga ada jenis tabungan lainnya yang mungkin membutuhkan biaya transfer.

Ini artinya, transfer PermataME ke bank online tetap bebas biaya transfer.

2. Mutasi transaksi kadang hilang, tapi muncul lagi

Saya pernah mengalami ketidak nyaman dalam PermataMobile X, karena mutasi transaksi yang saya lakukan sempat hilang, meski muncul lagi.

Sempat ngoceh di twitter, akhirnya keluhan saya tersebut direspon dengan baik oke Help center twitter permata di @PermataCare.

Setelah menyampaikan keluhan via DM, saya dihubungi CS Permata. Salut sih sampai ditelpon segala, tapi ini feedback yang baik agar aplikasi PermataMobile X dapat diperbaharui lebih baik lagi dalam menyelesaikan bugs.

Nah… kira-kira seperti itulah bagaimana kesan saya menggunakan PermataMobile X dengan tabungan PermataME.

Dengan adanya PermataME, kini rekening bank saya lainnya menjadi tersisi. Mungki dalam waktu dekat saya akan menutup beberapa rekening bank yang sudak tidak produktif lagi.

REVIEW PermataMobile X merupakan murni dari pandangan penulis selama menggunakannya dua minggu terakhir.
Tampila UI
Fitur
Keamanan
Kemudakan dalam penggunaan

31 KOMENTAR

    • Nope. Aplikasi Jenius busuk. Koneksinya sering error. Kalo lagi busuk, 1 transaksi harus berusaha keras sampai berjam-jam biar bisa berhasil. Tidak bebas transfer, dan tarik tunai limit. Jadi berpikir untuk beralih ke PermataMe untuk transaksi e-commerce dan pembayaran digital.

      • Terima kasih atas feedbacknya.. jadi punya tambahan referensi nih..
        saya juga awalnya mau pakai Jenius, tapi gagal daftar, sudah pergi ke BTPN, tapi gak ditanggapi serius soal pendaftaran, seperti tidak niat cari nasabah baru.

        Untung nemu PermataMe. Salut sama tellernya yang berhasil bujuk saya untuk buka akun Permata Me. Tapi lucuk sih aplikasi PermataMe ini, kalau transfer masih ada keterangan biaya transfer, padahal gak kepotong sama sekali biaya ADMnya, mungkin masih nyankut ke sistem Permata lama.

        Tapi sejauh ini saya pakai permatame memang jauh lebih mudah daripada pakai bank lainnya untuk belanja online, dan pembayaran digital, karena memang gak ada biaya ADM dan aplikasinya juga oke banget.. pihak Permata mendengar semua keluhan kita sebagai pengguna.

    • Iya saya setuju, secara keduanya sudah mature, jenius lahir 2016, digibank lahir Agustus 2017.

      Bunga tabungan permata gak seheboh jenius dan UI juga masih minim. Tapi, fiturnya sudah unggul seperti bebas transfer dan tarik tunai tanpa limit, ini menurut saya sudah cukup untuk milenial yg gak suka kepotong biaya adm apapun.

      Saya pakai jenius dan untuk digibank jaringannya belum sampai di kota saya.

      Jadi masing-masing produk ada kelebihan dan kekurangan menurut saya ?

  1. Kalau saya pribadi, sudah bisa disetarakan, atau mungkin lebih. Dari ketiga itu, justru DBS yang saya paling ga kepake.

    Jenius menang dari bunga, tapi ada limit transfer/tarik bulanan.
    Permata cashback 10/20/30 nya menarik, bebas trensfer/tarik manapun, dan pilihan bayar tagihan dia paling lengkap (bisa PLN prabbayar).
    DBS… Dulu promonya cukup banyak, tp sekarang saya agak bingung pakai untuk apa.

    • Pengen pakai DBS, tapi gak tersedia di wilayah saya.. pengen coba aja sih

      Kalau Jenius memang menarik di bunganya.

      Saya sih orangnya gak suka promo yang terlalu gembar-gembor, karena promo pastik akan habis. Yang penting stabil bisa bebes admin dan bebas biaya transfer saja sudah cukup untuk kebutuhan finansial. Saya pure buka tabungan permatame karena kebutuhan transaksi saja 🙂

    • Sudah cek mutasinya? Saya juga kalau transfer ada pemberitahuan biaya admin, tapi setelah cek mutasi ternyata gak di potong… Seperti angka tersebut hanya formalitas. Tks

    • Saya sudah coba tarik di Mandiri dan BRI, tidak ada potongan apapun.

      Yang jadi catatan, atm bank lain cuma untuk tarik duit aja, jangan cek saldo, nanti kena biaya. Gitu sih kata orang permata. Tks

  2. Ijin komen lagi, ya, Bang Irfan.

    Punya enam rekening bank itu wow sekali? Pasti banyak uangnya nih. Hahaha. Saya cuma punya satu, itupun dikasih dari Kampus karena bekerjasama dengan Bank BNI. Jadi kartu mahasiswanya sekalian kartu ATM.

    Pas beli reksadana, dan kena biaya transfer, jadi mikir juga. Karena bank kustodiannya kebanyakan BCA. Tapi alhamdulillahnya beli reksadananya sekarang bisa pakai OVO yang sampai sekarang belum ada biaya transfer antar bank-nya.

    Dan, eniwei, pernah mau bikin digibank sama Jenius terus mikir lagi, soal pasti nanti banyakan gak kepakenya.

    • Sebenarnya bukan karena banyak uang, tapi karena beda kantor, beda vendor banknya. Tabungan pertama saya waktu SMA masuk dikeep.. jadi semua tabungan tetap aktif.

      Iya, saya pindah ke permata me karena bebas biaya transfer. Saya kadang swithcing reksa dana dan subcribe, jadi beda bank kustodian lumayan terasa di biaya adm. Kebetulan sifat permata me ini tidak ada buku fisik, saya sudah tanya pihak Bareksa kalau screeenshot cover tabungan lewat smartphone dianggap sah.

      Kalau dompet digital saya lebih untuk transaksi harian saja… fitur bank permata sudah cukup lah untuk kegiatan perbankan bebas biaya admin hehe. Kebetulan saya gak hobi dapat bunga, pilih tabungan juga yang syariah dengan akad wadiah, jadi belum rencana pakai jenius.. lagian sudah ada permatame juga :). Tks

  3. menambah kan om,,, pas saya bikin no. rekening juga bisa milih bebas serta dpt juga promo card holder hehe…
    kartu atm juga bs milih warna merah atau hijau.

    ini saya inisiatif cari dan bikin rek krn mmg niat nabung yg tanpa biaya adm bulanan.

    minusnya…
    pernah kejadian ada yg mencoba login rek permata me saya ini, dr pemberitahuan email bahwa ada login 3x gagal berturut-turut. dan itu live sy cek email.

    untungnya reset password tidak perlu ke bank hanya harus melalui hp dan nomer hp.

    temen saya juga pernah kejadian dana di hack modus paypal sekitar 50-100rb. walaupun diganti oleh pihak bank.

    berharap pihak bank terus melakukan perbaikan security online.

    • Iya, saya baru aja cari, memang ada warna merah kartunya, karin ijo doang.

      Saya juga buka pertama karena bebas admin sih.

      Memang katanya banyak kejadian kebobolan gitu, makanya saya juga waspada.

      Semakin mudah penggunaan, semakin tinggi resikonya. Quote coco untuk fintech masa kini hehe

  4. Saya baru buka permatame, namun ketika saya browsing terkait permatame, ter dapat info pembobolan terhadap rekening jenis ini ( info k****s) pada sekitaran bulan juli 2018 dan banyak yang tarik dana. Bagaimana kelanjutan keamanan rekening jenis ini ke depannya ? Apakah pembobolan masih berlangsung? Terima kasih atas infonya.

    • pembobolan rekening biasa kelalaian nasabah yg memberikan data ke pihak lain. kalo permata me jika untuk belanja gesek wajib mengunakan pin dan jika online wajib kode otp . jika ada yg kebobolan kemungkinan besar akun tersebut sebelum nya sudah terhubung dengan pihak ketiga salah satu nya mungkin paypal atau ebay kalo sudah terhubung dengan akyn seperti itu jika di gunakan belanja tidak menuganakan pin atau otp tetapi sebelum nya pihak nasabah sudah meyetujui, ini kejadia beberapakali pada nasabah permata me saya berkantor di wts sudirman lt 21 bank permata
      semoga info ini membantu 🙏
      salam Hendra

    • Iya, benar.. saya juga ada baca tentang pembobolan itu di k*sk*s. Awalnya saya juga sempat khawatir, tapi sekarang gak lagi. Kelanjutan khasusnya saya kurang tau, tapi yang pasti CS Permata cepat tanggap. Saya punya keluhan langsung di balas via twitter.

      Sejauh ini belum ada masalah serius yang saya hadapai. Tks

  5. Jadi semakin yakin buat rekening permataMe, saya juga pengoleksi rekening tapi yg bebas admin dan bebas transfer, punya rekening banyak bukan berarti banyak uang tapi memang sengaja buat memilah milah kebutuhan agar lebih praktis, cuma punya 1 aja yg masih pake biaya admin yaitu bca xpresi muda, soalnya udah sya pake sejak kuliah + BCA aja yg mesin EDC lengkp dimana2 + mbnking slalu lancar tak pernah bermasalah menurut sya dri dlu. Mau tanya apa promo permata yg dapat cashback itu skrang masih ada ? + Gratis tarik tunainya itu unlimited juga kah ?

    • Senang dapat membantu.
      Untuk promo saya kurang tau masih ada atau tidak, karena memang tidak tertarik dengan itu, lebih ke fungsional. Tarik tunai masih gratis, saya coba keberbagai atm bank tidak ada masalah. Tks

  6. Cashback yang dijanjikan masuknya tidak sesuai, sudah claim ke permata tel tp semua hanya janji belaka. Tidak ada perubahan, sudah dua bulan pemakaian.

    • Eemm.. saya belum pernah manfaatkan cashbacknya sih, karena cuma butuh fitur bebes admin saja. semoga masalah tersebu bisa segera selesai 🙂 Tks

  7. Numpang komen,saya juga udah buka rekening di permatame tapi atmnya ndak bisa dikirim,padahal katanya mau dikirim,tapi begitu saya tanya katanya disuruh ambil ke kantor cabangnya,lah sementara untuk ambil atm ke kanca saya harus ke pekanbaru,,,jauuuuh,jadi biarin ajalh tanpa atm.

    • kalo pengiriman atm gagal di konfirmasi ke alamat email yang terdaftar dan di minta datang langsung ke cabang terdekat alasan nya gagal pengiriman kurir tidak menemukan alamat atau tidak ada orang pada saat kartu datang

    • Ini kejadiannya sama seperti jenius dulu.. kualahan ngirim kartu karena yang request banyak, sedangkan mereka masuh baru. Semakin mainstream permatame layakanya jenuis, semakin bagus layanannya (seharusnya). Nanti coba di follow up lagi saja.

      Iya, tanpa ATM pun menurut saya sudah cukup, karena kalau mau transfer uang ke rekening lain juga gratis. Kalau di ATM permata katanya sih bisa narik uang tanpa kartu. Tks

  8. Kalau buka rekening permata me , bisa juga utk mnerima gaji y gan? Atau kah harus buka rekening permata bebas/ biasa. Soalnya tmpt krja gajianya mlui permata bank. Tpi pas saya search ttg permata bank, permatame lmyan menarik.
    Thanks

    • Untuk itu tergantung kebijakan perusahaan, karena tujuan kerja sama untuk penyaluran gaji pegawai ke bank tertentu agar nasabah bank tersebut bertambah. Jika agan sudah punya Permatame, coba tanya ke HRD saja, karena mareka menentukan bisa add tabungan atau harus buka buku tab baru. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti Sekolah Pasar...

Ingin Trading Forex? Ini 4 Hal Yang Harus Pemula Ketahui

Tahukan Anda diantara banyakan instrumen investasi yang diperdagangkan, Forex merupakan instrumen dengan kapasitas pasar paling besar di seluruh dunia. Bila dijumlahkan dalam...

irfan+ v7.0: Introducing LiteSpeed, Pink Living Coral, WordPress 5.0 and more

2019 akhirnya datang...dengan adanya tahun baru, maka akan ada banyak hal baru juga yang terjadi pada blog...

REVIEW: Logitech K380, Keyboard Bluetooth Yang Serba Bisa

Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat elektronik seperti PC, Notebook, atau smartphone. Yaaa.. jelas lah, kalau tidak ada keyboard,...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Memories of the Alhambra Ep.1 – Ep.16

  Memories of the AlhambraJudul Memories of the Alhambra (English title) - Hangul: 알함브라 궁전의 추억 - Romanization: Alhambeuraui Gungjeonui ChooeokDirector Ahn Gil-HoPenulis Song Jae-JungGenre Fantasi, Romantis,...

[Advertorial] 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Wajib Baca