0
0
ObligasiAjaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan

Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan

Di tengah ketidakpastian ekonomi karena kita berada di tahun pemilu, investasi di obligasi FR bisa menjadi salah satu tempat diversifikasi investasi yang menguntungkan. Mau tau bagaimana cara investasi obligasi Fixed Rate?


Sebagian kita mungkin sudah tau, saat tahun pemilu tiba banyak ketidakpastian ekonomi yang terjadi.

Adapun faktor yang mendasarinya adalah akibat dari perubahan kebijakan, peningkatan pengeluaran pemerintah, ketidakstabilan politik, dan sentimen pasar.

Hal tersebut mendorong para investor untuk lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan pasar saham dan nilai tukar mata uang.

Sentimen pasar yang negatif dapat membuat investor dan pelaku usaha ragu untuk berinvestasi, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi.

Apalagi Bank Indonesia diprediksi membuka opsi penurunan suku bunga acuan atau BI Rate pada Semester II-2024. Dengan inflasi yang terkendali pada level 2,5 plus minus 1% dan nilai tukar rupiah yang stabil.

Hal ini tentu kurang oke untuk kamu yang hobi simpan uang di deposito. Ketika suku bunga turun, tingkat bunga deposito juga akan turun. Ini berarti investor akan mendapatkan keuntungan yang lebih kecil dari deposito.

Sebaliknya, justru menjadi kabar baik untuk penggemar investasi obligasi. Ketika suku bunga turun, harga obligasi akan naik.

Maka tidak heran, di saat ekonomi tidak pasti dan penurunan suku bunga, obligasi pemerintah menjadi favorit investor.

Obligasi pemerintah dikenal sebagai tempat diversifikasi investasi terbaik saat kestabilan ekonomi tidak menentu. 

Ada banyak jenis dan pilihan produk obligasi pemerintah, diantara: SUN, ORI, SBR dan ST.

jenis-jenis obligasi pemerintah

Nah, salah satu jenis obligasi negara yang mungkin cocok untuk kamu adalah Obligasi Negara Indonesia FR (Fixed Rate).

Obligasi FR memberikan keuntungan yang menarik dengan kupon 8,375% untuk seri tertentu. Tinggal pilih obligasi FR seri apa yang cocok dengan profil dan sesuai kebutuhan kamu.

Karena obligasi FR dapat diperdagangkan pada pasar sekunder, maka cocok untuk seluruh tipe investor, baik itu investor jangka panjang dan menengah, ataupun investor jangka pendek atau bahkan trader.

Mengenal Obligasi FR dan Keuntungannya

Buat kamu yang baru mendengar obligasi FR tentu bertanya-tanya, apa itu obligasi FR?

Obligasi FR (Fixed Rate) adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan dengan tingkat bunga kupon yang tetap selama jangka waktu obligasi. 

Karakteristik:

  • Tingkat bunga kupon: Tetap dan dibayarkan secara berkala (biasanya setiap 6 bulan) selama jangka waktu obligasi.
  • Jangka waktu: Beragam, umumnya 5-30 tahun.
  • Risiko: Relatif rendah dan lebih aman, karena obligasi pemerintah dijamin oleh negara. 
  • Potensi return: Terdiri dari pembayaran kupon dan potensi capital gain jika harga obligasi di pasar sekunder naik di atas harga pembelian.

Asiknya, pembayaran pokok dan kupon obligasi negara FR 100% dijamin negara, sehingga sudah pasti aman untuk kamu yang mencari investasi aman dan menguntungkan.

Modalnya juga terjangkau, bisa mulai investasi Rp1 juta untuk per satu unit. 

Investasi Obligasi FR di Aplikasi Ajaib

Saat ini ada banyak produk obligasi FR yang beredar dipasar. 

Oleh karena itu, kamu harus tau bagaimana cara memilih produk dan platform yang tepat untuk membeli obligasi FR yang cocok untuk kamu.

  • Pilih obligasi FR yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan kamu.
  • Lakukan riset dan analisis sebelum membeli obligasi FR.
  • Pantau kinerja obligasi FR kamu secara berkala.
  • Pilih aplikasi yang tepat untuk membeli obligasi FR.

Kabar baiknya, kamu sekarang bisa melakukan pembelian obligasi negara FR di Ajaib. Beli bond bisa kapan saja 24/7, lebih mudah dan praktis. Tak heran kalo Ajaib jadi Pilihan #1 Investor Indonesia karena kamu bisa diversifikasi portofolio dengan lebih lengkap. Bisa trading/invest di Saham, reksa dana, dan sekarang bisa jual beli bond FR.

Di aplikasi Ajaib Bond atau Obligasi ini, ada perhitungan yang ngebantu kamu nentuin obligasi mana yang cocok dengan profil atau kebutuhan kamu.

  1. Performa: Grafik performa di sini menggambarkan performa obligasi yang dihitung berdasarkan pergerakan harga dan akumulasi kupon obligasi yang dihitung setiap hari. 

Performa negatif bisa terjadi jika penurunan harga lebih besar dari akumulasi kupon obligasi. Jadi kamu bisa liat mana Obligasi yang performanya paling ok, dan pergerakannya agak fluktuatif.

  1. Coupon:  Kupon pada dasarnya adalah pembayaran bunga tahunan yang diberikan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Ini seperti hadiah bagi kita yang telah memberikan pinjaman. 

Misalnya saya coba simulasi perhitungan kupon Obligasi FR FR0070 dengan nominal 1 juta dengan tingkat kupon 8,375%, pembayaran kupon setiap 6 bulan:

Perhitungan Kupon per Semester:

  • Kupon per semester = Nilai nominal x Tingkat Kupon / 2
  • Kupon per semester = Rp 1.000.000 x 8,375% / 2
  • Kupon per semester = Rp 41.875

Perhitungan Kupon per Tahun:

  • Kupon per tahun = Kupon per semester x 2
  • Kupon per tahun = Rp 41.875 x 2
  • Kupon per tahun = Rp 83.750

Dengan perhitungan simulasi di atas, jelas kupon di obligasi itu lebih tinggi daripada bunga deposito bank pada umumnya.

  1. Yield to Maturity: Yield to Maturity (YTM) adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor jika obligasi tersebut dipegang sampai jatuh tempo. Ini mencakup pembayaran kupon tahunan, potensi kenaikan atau penurunan nilai obligasi selama waktu, dan pembayaran kembali nilai nominal pada saat jatuh tempo. 

YTM memberikan gambaran lengkap tentang potensi keuntungan atau kerugian yang dapat diperoleh oleh pemegang obligasi. Kalo kamu merasa profil dan tipe investor kamu adalah jangka panjang, bisa liat dari perhitungan YTM.

Pengalaman investasi Obligasi FR di Ajaib Bond

Sebagai pengguna setia Ajaib, tersedianya produk obligasi FR adalah hal yang paling saya tunggu-tunggu.

Berkat adanya produk obligasi FR, saya bisa diversifikasi investasi ke banyak instrumen investasi dalam satu aplikasi aja.

Mau investasi saham, reksa dana dan obligasi FR, sekarang bisa di aplikasi Ajaib.

Mumpung udah ada Ajaib Bond, saya langsung aja mulai investasi obligasi pemerintah di aplikasi Ajaib.

Tampilan dari halaman obligasi seperti pada gambar di bawah ini. Kamu bisa temukan berbagai pilih produk obligasi FR, baik yang konvensional maupun FR Syariah.

Ajaib Bond

Kamu bisa beli obligasi FR di Ajaib Bond tanpa harus registrasi khusus dan juga kamu bisa beli & jual kapan saja (24/7), mudah & praktis semua proses 100% online.

Cara beli obligasi FR di aplikasi Ajaib

Biar kamu punya gambaran bagaimana mudahnya beli obligasi FR di aplikasi Ajaib, saya akan perlihatkan langsung cara beli obligasi di Ajaib.

Di sini saya menuntaskan #misiinvestasi dengan langsung membeli obligasi FR sebanyak 1 unit. Produk obligasi yang saya beli adalah seri FR0070 yang memiliki besaran kupon 8,375%, cakep gak tuh?

Disclaimer on ya, pembelian FR0070 yang saya lakukan hanyalah sebuah tutorial saja. Ada baiknya kamu melakukan analisis sendiri sebelum membeli obligasi FR di aplikasi Ajaib.

Berdasarkan informasi detail FR0070, obligasi FR ini memiliki harga beli Rp1 juta per unit dengan pembayaran kupon per 6 bulan. Jatuh temponya 15 Maret 2024, mau dekat nih!Oh ya, sebelum lanjut ke pembelian, pastikan kamu memiliki saldo RDN yang cukup untuk membeli obligasi ya.

Yuk, langsung lihat gambar cara beli obligasi FR di aplikasi Ajaib!

  1. Buka aplikasi Ajaib, pilih menu “Obligasi”.

    Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 1
  2. Pilih obligasi FR yang ingin dibeli.

    Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 2

    Kamu bisa sortir produk obligasi FR sesuai dengan keinginan. Bisa pilih obligasi dengan Yield Tertinggi, Kupon Tertinggi, Jatuh Tempo Tercepat dan masih banyak lagi.

  3. Pilih tombol “Beli”.

    Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 3

    Pada halaman ini, kamu bisa mendapatkan informasi detail dari obligasi FR yang ingin kamu beli.

  4. Masukkan jumlah unit pembelian.

    Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 4

    Minimal pembelian adalah 1 unit dengan harga yang sesuai dengan harga obligasi.

  5. Konfirmasi pembelian.

    Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 5

    Cek kembali pembelian kamu, pastikan nama produk dan jumlah unit sesuai dengan keinginan kamu.

  6. Selamat, pembelian obligasi FR berhasil.

    Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 6

Sampai di sini proses pembelian telah selesai. Namun, aset obligasi yang kamu beli akan masuk ke portofolio kamu dalam 1 hari kerja.

Kamu juga bisa cek detail transaksi pada halaman Order di Portofolio seperti pada gambar di bawah ini.

Ajaib Bond: Diversifikasi Portofolio di Obligasi FR Kapan Saja dan Menguntungkan 7

Setelah berlalu H+1 pembelian obligasi FR, maka akan muncul pada halaman Portofolio seperti gambar di bawah ini.

Ajaib Bond

Bagaimana, tidak sulit kan untuk beli obligasi FR di aplikasi Ajaib?

Dengan membeli obligasi FR di Ajaib Bond, kamu tidak hanya melakukan diversifikasi portofolio semata. Namun, juga turut membantu dalam pembangunan negeri.

Karena produk obligasi FR digunakan pemerintah Indonesia untuk membangun infrastruktur yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Membanggakan dong bisa dapat cuan sambil bantu negara?!

Sekian artikel tentang Ajaib Bond kali ini, semoga bermanfaat! Yuk, ikut berkontribusi untuk negeri juga dengan beli obligasi FR di Ajaib. 

Gunakan kode referral Ajaib saya muha910 untuk mendapatkan hadiah gratis 1 lot saham.

Jika ada pertanyaan atau mau berbagai pengalaman membeli obligasi FR di aplikasi Ajaib, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah anjuran atau rekomendasi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada di tangan kamu.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Aplikasi Favorit

Logo bareksa
0 dari 5

Bareksa

PT. Bareksa Portal Investasi
Aplikasi dengan produk reksa dana terlengkap, bisa investasi saham juga!

Kategori:

APERD

Layanan:

Reksa Dana, Saham, SBN Ritel, Emas
4.5 dari 5

Bibit

PT. Bibit Tumbuh Bersama
Super App investasi yang dilengkapi dengan produk investasi yang aman

Kategori:

APERD

Layanan:

Reksa Dana, SBN Ritel, Obligasi FR, Saham
Logo Pegadaian
0 dari 5

Pegadaian Digital

PT. Pegadaian
Perusahaan milik negara yang bergerak di bidang keuangan, khususnya layanan gadai.

Kategori:

Gadai

Layanan:

Emas
BIONS by BNI Sekuritas
0 dari 5

BIONS by BNI Sekuritas

PT. BNI Sekuritas
Anak perusahaan BNI Grup yang punya reputasi tinggi dan menyediakan EBA Ritel

Kategori:

Sekuritas

Layanan:

Saham, Reksa Dana, EBA Ritel
logo ajaib
0 dari 5

Ajaib

PT. Takjub Teknologi Indonesia
Super App investasi #1 pilihan investor Indonesia yang memiliki free broker yang murah

Kategori:

APERD, Sekuritas

Layanan:

Reksa Dana, Saham, Obligasi FR
kode baru bibit
saldo gratis neo

Deposito

Pengalaman Deposito Bank Mandiri via Aplikasi Mandiri Online (UPDATE: 18/5/2020)

Deposito Bank Mandiri merupakan salah satu produk deposito yang...

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta Di Bank Permata via PermataMobile X (UPDATE: 14/5/20)

Deposito atau deposito syariah merupakan jenis investasi yang cocok...

Pengalaman Deposito Rp 10 Juta di Bank BSI. Begini Cara Bukanya!

Berapa besaran bagi hasil deposito dari bank syariah terbesar...

Pengalaman Deposito Rp 10 Juta di Seabank, Untungnya Segini!

Deposito Seabank merupakan salah satu produk deposito bank dengan...

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta di OCBC NISP via Aplikasi ONe Mobile (UPDATE: 2/8/20)

Masih menggeluti dunia review deposito, kali ini saya mau...

Reksa Dana

Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online di Bibit dan 6 Kelebihannya (UPDATE: 21/01/22)

Bibit merupakan salah satu platform marketplace beli reksa dana...

12 Tips Pakai Bibit untuk Pemula Agar Beli Reksa Dana Online Makin CUAN

Baru aja daftar akun dan investasi reksa dana di...

Pengalaman 1 Tahun Pakai Aplikasi Bibit Reksadana, Ini 6 Kelebihan yang Bikin Beda dari Lainnya

Gak terasa udah 1 tahun pakai aplikasi Bibit reksadana...

Cara Beli Reksa Dana Bareksa Melalui Website Dan Aplikasi (UPDATE: 21/4/2020)

Bareksa - Reksa Dana, sebuah instrumen investasi yang populer...

Obligasi/SBN

Pengalaman Investasi Obligasi FR. Begini Cara Beli dan Jualnya di Aplikasi Bibit

Obligasi FR telah mencuri perhatian saya akhir-akhir ini. Instrumen...

Cara Beli Sukuk Ritel di Aplikasi Bibit

Membantu pembangunan negara sekarang mudah banget. Selain dengan taat...

Wajib Tau! Keunggulan Investasi Sukuk Ritel SR016

Instrumen investasi gak cuma saham dan reksa dana aja,...

Beli SR017 Lebih Mudah di Bareksa, Begini Cara Daftar Akunnya!

Mau beli SR017, tapi bingung di mana? Daftar akun...

Investasi SBR012, Pilihan Aman untuk Hadapi Resesi

Resesi 2023 di depan mata, investasi SBR012 melalui aplikasi...

Investasi

Pengalaman Deposito Rp 10 Juta di Bank BSI. Begini Cara Bukanya!

Berapa besaran bagi hasil deposito dari bank syariah terbesar...

Pengalaman Deposito Bank Jago Rp5 Juta, Ada Deposito Syariah Juga!

Deposito bank Jago merupakan salah satu produk deposito terbaik...

Pengalaman Deposito Mandiri Rp10 Juta di Livin by Mandiri

Sebelumnya, saya sudah pernah nulis pengalaman deposito Mandiri pada...

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Pegadaian - Dua bulan yang lalu saya beli emas...

REVIEW Tokocrypto: Cara Daftar, Beli Bitcoin dan TKO

Dunia crypto sedang hype banget nih dalam satu tahun...

Saham

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun Indo Premier Sekuritas + Cara Beli Saham (UPDATE: 28/7/20)

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju....

REVIEW: Mudahnya Investasi Saham di Aplikasi Ajaib, Pemula Masuk!

Sebagai seorang yang masuk kategori pemain lama di saham,...

MNC Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham dan 8 Kelebihannya (UPDATE: 11/2/22)

MNC Sekuritas adalah salah satu broker saham di Indonesia...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah...

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (UPDATE: 27/4/20)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan...

P2P Lending

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai Pendanaan

Asetku - Perang dagang yang terjadi selama setahun terakhir...

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana?

Dengan 100 ribu bisa dapat apa? Untuk makan? Tentu!...

Lebih Menguntungkan, Asetku Hadir Dengan Produk Pendanaan Baru

Asetku sekarang bukanlah seperti yang dulu, itu yang ada...

Mengenal P2P Lending, Landasan Hukum, Cara Pendanaan, Untung dan Ruginya

Peer to peer lending atau yang bisa dikenal P2P...

Mulai 100 Ribu, Pendanaan di KoinWorks Lebih Mudah Berkat KoinRobo

Di tengah boomingnya pendanaan melalui P2P Lending yang semakin...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Send this to a friend