Keuangan REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa

Apllikasi Jenius BTPN berfungsi sebagai tabungan, dompet digital dan untuk mengatur keuangan dengan fitur menarik yang membuatnya menjadi super app keuangan.

Siapa tau mau baca

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Beberapa bulan terakhir hati saya sedang berbunga-bunga..Bukan karena penghasilan Google Adsense meningkat atau cuan investasi, tapi sebuah...

Cara Mendaftar Dan Ikut Sekolah Pasar Modal Online

SPM Online - Kabar baik untuk para calon investor pasar modal di Indonesia, khususnya buat yang ingin belajar pasar modal tapi memiliki...

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa

Apllikasi Jenius BTPN berfungsi sebagai tabungan, dompet digital dan untuk mengatur keuangan dengan fitur menarik yang membuatnya menjadi super app keuangan.

Ringkasan

Review apliaksi Jenius BTPN ini adalah murni sudut pandang penulis setelah menggunakan produk terkait. Perbedaan pendapat dengan pembaca lain tentu berbeda.

Setelah lama pengen punya, akhirnya bisa pakai aplikasi Jenius.

Udah lama pengen punya tabungan Jenius BTPN sejak tahun lalu, sampai bela-belain datang langsung ke kantor BTPN, tapi daftarnya sulit banget.

- Iklan -

Saya masih ingat betul saat itu tahun 2016 pertama kali launching produk Jenius di sebuah mall besar-besar. Sayangnya saat itu saya belum tertarik untuk pakai Jenius, karena belum yakin saat itu tabungan digital belum begitu populer, takutnya hanya penipuan atau angin-anginan BTPN saja.

Tapi pemikiran saya salah.

Setelah melihat konsistensi Jenius dan juga tren tabungan berbasis aplikasi makin populer, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar aplikasi Jenius dan ini review dari saya setelah beberapa bulan terakhir memakai Jenius.

Kenalan dulu dengan Jenius. Ini aplikasi keuangan, dompet digital atau tabungan, sih?

Buat yang belum kenal, saya mau jelaskan sekilas profil Jenius sepengetahuan saya.

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank.

Jenius adalah produk dari BTPN, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini beneran aman, karena bank BTPN terdaftar dan diawasi oleh OJK.

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 1
Tampilan aplikas Jenius BTPN

Pertama kali dirilis pada 11 Agustus 2016, artinya Jenius sudah eksis selama 4 tahunan. Usia yang oke banget untuk sebuat invoasi produk perbankan yang bisa dipercaya. Aplikasinya sendiri tersedia untuk Android dan iOS.

BACA JUGA: REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai (Update 11/3/19)

Pada dasarnya, aplikasi Jenius merupakan aplikasi tabungan dan pendaftarannya bisa dilakukan secara online, tanpa harus ke cabang BTPN. Aplikasi tabungan ini cocok untuk kamu yang ingin menabung dan berinvestasi deposito, karena terdapat beberapa produk tabungan unggulan, seperti FLEXI SAVER, DREAM SAVER, dan MAXI SAVER dengan bunga yang kompetitif.

Tapi gak cuma sebagai tabungan, Jenius juga bisa digunakan sebagai dompet digital dengan kemudahannya untuk membayar sesuatu, bahkan bisa untuk TOP Up GOPAY, OVO, DANA, dan LinkAja.

Paling disukai dari Jenius adalah, terdapat promo menarik yang bikin nasabahnya lebih hemat tentunya.

Cara registrasi atau daftar Jenius via aplikasi

Untuk mendaftar Jenius sangatlah mudah, cukup mengikuti beberapa cara daftar dibawah ini:

Pertama, pastikan Kamu telah mengunduh aplikasi Jenius BTPN, di Android atau iOS.

Kedua, pastikan Kamu telah melengkapi data-data dibawah ini:

  1. KTP
  2. NPWP
  3. Muka rapi dan menggunakan pakaian yang sopan (Nanti akan video call dengan CS Jenius untuk verifikasi dan aktifasi akun Jenius.

Ketiga, buka aplikasinya dan ikuti pendaftaran dibawah ini. (geser gambar dan klik gambar untuk memperbesar.)

Setelah akun aktif, saldo bisa langsung dengan mudah diisi. Untuk pengisian perdana, saya coba top up saldo di Jenius dengan menggunakan OVO dan uang masuk dengan lancar.

bagaimana, tidak sulit bukan untuk registrasi Jenius ?

Oh ya, Jenius juga kasih Kartu ATM untuk setiap akun, berwarna orange.

Kartu ATM Jenius nantinya akan dikirim ke alamat yang sudah dimasukkan saat pendaftaran, jadi pastikan alamat yang Kamu masukkan benar. Saya daftar pada 3 Oktober 2019 dan Kartu ATM saya sampai pada tanggal 10 Oktober 2019.

Pengiriman Kartu ATM yang saya terima tergolong cepat, karena hanya memakan waktu 7 hari pengiriman, mengingat parket dikirim ke Aceh. Jenius BTPN menggunakan kurir J&T untuk mengirimkan paket Kartu ATM saya.

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 22
Bentuk fisik Kartu ATM utama yang pasti dikirimkan oleh Jenius BTPN

Saat Kartu ATM sampai ke tangan, Kamu harus aktifkan dulu di menu Card Center pada aplikasi Jenius. Saat kartu aktif, semua saldo aktif dapat di gunakan untuk keperluan kartu m-Card.

Tapi, kegunaan Kartu ATM Jenius lebih daripada itu. Kamu bisa mengajukan kartu baru lainnya atau bisa disebut tabungan multi-card yang bisa Kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya saja saya yang mengajukan kertu baru lainnya, yang berlogo GPN dan VISA lainnya. Dengan memiliki banyak kartu ATM, saya bisa mengalokasikan saldo ke Kartu sesuai kebutuhan.

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 26

Untuk orang tua tentu fitur tambahan Kartu ATM ini bisa bermanfaat untuk diberikan kepada anak untuk keperluan jajan mereka. Belum lagi ada banyak promo kartu Jenius yang bisa Kamu dapatkan.

Jika Kamu tertarik untuk menambah jumlah Kartu ATM, silakan lihat tutorial dibawah ini!

Bisa apa aja dengan Jenius?

Terdapat beberapa keunggulan dari Jenius yang tidak banyak dimiliki oleh tabungan digital lainnya. Berikut ini beberapa fitur unggulan Jenius yang bisa memudahkan semua transaksi finasial penggunanya.

Tabungan pribadi & tabungan perencanaan

Fitur utama Jenius tentu merupakan tabungan yang funginya bisa ditentukan oleh pengguna sendiri ingin memanfaatkan tabungan Jenius seperti apa.

Bisa digunakan untuk transaksi harian, tabungan darurat hingga tabungan berencana dengan menentukan jangka waktu targetnya.

Tabungan investasi

Jika Kamu punya dana nganggur, tidak ada salahnya untuk berinvestasi dalam bentuk deposito di Jenius. Bunga yang ditawarkan mulai dari 4% hingga 6.25%.

Flexi SaverDream SaverMaxi Saver
Simpan uang yang bisa ditarik kapan sajaMenabung untuk keperluan tertentu berupa impian yang ingin diwujudkanMaksimalkan tabungan dengan bunga tinggi
Bunga 4% p.aBunga 4 p.aBUnga hingga 6.25% p.a
Max. tabungan Rp 10 Miliar rupiahMulai menabung min. Rp 10 Juta rupiah
Deposito dapat ditentukan mulai dari 1 hingga 12 bulan

Pinjaman Jenius tanpa angunan

Enaknya di Jenius, pengguna juga bisa mengajukan pinjaman jenius untuk keperluan darurat dengan produk Flexi Cash.

Dengan Flexi Cash, pengguna bisa menarik kapan saja mulai dari Rp 2,5 juta rupiah hingga Rp 50 juta rupiah.

Asikkk kan?

Bayar tagihan bulanan

Sama seperti fitur aplikasi mobile banking bank lainnya, Jenius juga memiliki fitur untuk membayar tagihan bulanan. Mulai dari Amal, e-commerce, Kartu Kredit, Listrik, Air, Pulsa & paket data, Tagihan telepon, Transportasi dan TV & Interner, semua bisa dibayar melalui Jenius.

Pengalaman pakai aplikasi Jenius BTPN

Investasi mata uang

Yang menarik dari Jenius adalah, Kita bisa beli dan jual mata uang dunia. Sejauh ini, ada 6 mata uang dunia yang bisa di transaksikan di Jenius, yaitu: Euro (EUR), Pound sterling (GBP), Dolar Hong Kong (HKD), Yen Jepang (JPY), Dolar Singapore (SGD), dan Dolar Australia (AUD).

Karena penasaran, saya coba beli mata uang AUD dari IDR. Untuk dapat membeli mata uang lain, hanya bisa dilakukan pada hari kerja (weekdays), mulai jam 8 pagi hingga 4 sore.

Untuk saya yang belum pernah keluar negeri, beli mata uang asing hanya menjadi investasi saja, tapi jika Kamu yang hobi ke luar negeri, pasti akan bermanfaat sekali untuk switching mata uang dunia ke 7 mata uang diatas tanpa harus ke tempat penukaran uang lagi.

Investasi reksa dana jadi lebih mudah

Untuk yang sudah familiar dengan reksa dana tentu sudah tau, kalau beli reksa dana online ribet dibagian transfernya. Karena biasa ada biaya admin jika transfer antar bank tidak sesuai dengan rekening penampung reksa dana.

Demi menghindari biaya transfer saat top up reksa dana, saya menggunakan Jenius yang memiliki kelebihan gratis transfer antar bank untuk beli reksa dana.

Lumayan, dengan pakai Jenius untuk top up reksa dana, biaya admin transfer bisa diakali hehehe

Kelebihan dan kekurangan Jenius (menurut saya)

Karena review ini bersifat objektif, saya akan blak-blakan tentang hal baik dan hal buruk yang ada pada aplikasi Jenius.

Kelebihan Jenius

  • Bebas biaya admin bulanan: Pada umumnya tabungan bank mebebankan biaya admin bulanan, tapi tidak dengan Jenius. Sama dengan kabanyakan tabungan digital lainnya seperti PertamaMe, Jenius juga tidak mengambil biaya admin bulanan.
  • Bebas biaya admin transfer dan tarik tunai: Untuk mendapat manfaat ini, ada level tertentu yang harus dipenuhi. Kalau saldo rata-rata dibawah 1 Juta, tidak dapat fitur bebas biaya admin ini. Berikut rincian levelnya:
REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa 35
  • Biasa berfungsi sebagai kartu kredit: Untuk pelanggan Spotify atau Netflix tentu sudah terbiasa membayar tagihan bulanan dengan kartu kredit. Tapi, bagaimana solusinya untuk yang tidak punya kartu kredit? Nah, di Jenius ada yang namanya e-Card yang fungsinya seperti kartu kredit. Tapi, sebelum bayar tagihan, pastikan saldonya cukup. Karena cara kerja e-Card ini sama seperti Virtual Credit Number (CVN).

Kekurangan Jenius

Yang bikin saya sedikit kesal dengan Jenius adalah masih adanya error saat menggunakan aplikasinnya. Terkadang masuk aplikasinya rada susah, sampai instal ulang. Selebihnya, saya beli merasakan kekurangan yang fatal.

Kesimpulan setelah memakai Jenius BTPN

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya di Jenius, tapi saya tidak bisa ulas semuanya karena keterbatasan aktivitas yang saya lakukan. Masih penasaran sih bagaimana rasana pakai Jenius untuk keperluan di luar negeri, semoga next time bisa coba pengalaman tersebut.

Walaupun bukan tabungan utama saya, Jenius banyak membantu untuk mempermudah transaksi finansial saya, terutama untuk terhindari dari biaya transfer dan bebas biaya admin dari di ATM mana saja.

Sekian artikel review Jenius BTPN, semoga bermanfaat. BTW, artikel ini akan ada update setiap ada pengalaman baru yang saya rasakan dengan aplikasi Jenius. Terima Kasih


ABOUT SSL CERTIFICATES
- Iklan -
User Interface (UI)
User Experience (UX)
Fitur
Keamanan

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Mulai 100 Ribu, 4 Jenis Investasi Ini Cocok Untuk Kamu. Pilih yang Mana?

Dengan 100 ribu bisa dapat apa? Untuk makan? Tentu!Tapi, bagaimana jika dengan modal 100 ribu rupiah...

Menuju Financial Freedom, Ini yang Saya Lakukan Dan 4 Tips Mewujudkannya

Financial Freedom - Setiap hari kerjanya jalan-jalan terus, siapa yang gak mau?Saya rasa kebanyakan kita ingin seperti itu....

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa

Setelah lama pengen punya, akhirnya bisa pakai aplikasi Jenius.Udah lama pengen punya tabungan Jenius BTPN sejak tahun lalu,...

Uang Berkembang di Asetku: Cara Daftar dan Mulai berinvestasi

Asetku - Perang dagang yang terjadi selama setahun terakhir memang bikin sakit kepala. Portfolio mulai pada lemas dan tak berdaya.

Pemula Masuk, 5 Alasan Untuk Tidak Beli Saham Gorengan, Ini Ciri-Cirinya! (Dengan Simulasi Asli)

Mau instan kaya dari saham? saham gorengan bisa jadi jawabannya.Trading di saham gorengan bisa membuat trader kaya...

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu