Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Keuangan #SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi

#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi

Menabung ke Bank Syariah dapat menghindarkan diri dari dosa riba

Pilihan Editor

Melirik Cerahnya Investasi Emas, Pengalaman Pertama Buka Tabungan Emas

Investasi bukanlah kata yang asing, pasti banyak diantara kita yang sering mendengat kata-kata ini. Arti invetasi sendiri sebenarnya sangat luas, karena setiap orang dan...

#AyoHijrah Bersama Bank Muamalat, Saatnya Milenial Bangun Ekonomi Syariah Indonesia

Sekitar 85% penduduk Indonesia beragama islam, sedangkan market share ekonomi syariah di Indonesia hanya 8%Bagaimana reaksi kamu membaca...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi

Menabung ke Bank Syariah dapat menghindarkan diri dari dosa riba

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling dekat dan paling dikenal oleh masyarakat luas. Bagaimana tidak, bank merupakan lembaga dimana kita dapat menyimpan uang dan juga sebagai sarana peminjaman modal usaha kerja serta masih banyak lagi keunggulan bank.

Sebagai lembaga keuangan yang menjadi favorit masyarakat, Bank terbagi menjadi dua jenis, yaitu Bank Konvesnional (Bank Mandiri, BCA, BTN, BNI, Maybank DLL) dan Bank Syariah (BNI Syariah, BSM, BCA Syariah, BRI Syariah DLL).Tentu kedua jenis bank ini sangat berbeda, yang satu memakai sistem perbankan secara umum dan yg satunya lagi memakai sistem perbankan syariah yang sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist.

- Iklan -

Kebetulan saya memiliki produk kedua sistem perbankan tersebut, saya punya 2 tabungan bank konvensional dan 2 tabungan bank syariah. Masih murni menggunakan produk perbankan jenis tabungan, jadi belum pernah berhubungan dengan kartu kredit. Memang terdengar aneh punya tabungan sampai 4, tapi sebernarnya 4 keempat tabungan tersebut punya kegunaan dan kelebihan masing-masing.

2 tabungan bank konvensional saya pakai untuk menerima gaji dan untuk keperluan transaksi bisnsi termasuk belanja online (maklum biar dapat poin banyak) dan 2 tabungan banyak syariah saya gunakan untuk menabung biasa dan untuk tabungan darurat (tabungan bebas biaya admin). Untuk lebih detail kenapa saya punya banyak tabungan dapat kamu baca pada artikel Belajar Membuat Perencanaan Keuangan Di Usia Muda Dan Pentingnya Berasuransi.

Dari 2 tabungan syariah, salah satunya baru saya buat rekeningnya kemarin, yaitu Tabungan BNI iB Hasanah.

Tabungan BNI iB Hasanah adalah salah satu dari sekian banyak produk tabungan BNI Syariah. Tabungan iB Hasanah sendiri memiliki dua akad dalam pembuatan rekeningnya, yaitu akad Wadiah dan akad Mudharabah. Kalau kamu mau buka rekening tabungan ini, di formulirnya sudah ada pilihan akad.

Dalam membuat rekening tabungan BNI iB Hasanah saya lebih milih akad Wadiah, kenapa? Karena saya tidak ingin dikenakan biaya administrasi dalam bentuk apapun dan tidak ingin menerima imbalan apapun dari kesedian saya menabung di BNI Syariah. Jadi berapa uang yang saya simpan, maka jumlahnya tidak berkurang dan tidak bertabah.

Bagaimana cara daftar buka Tabungan BNI iB Hasanah?

Bila kamu ingin memiliki tabungan BNI iB Hasanah seperti saya, kamu tinggal pergi ke kantor cabang terdekat BNI Syariah dikotamu.

Saat sudah berada di kantor BNI Syariah, sampaikan keinginan kamu untuk membuka tabungan di BNI Syariah, nanti satpam akan mengarahkan kamu ke pihak CS. Sambil tunggu no antri dipanggin kamu akan disuguhkan dengan formulir pembukaan rekening yang dapat kamu isi. Nahh… disini kamu akan melihat pada lembar formulir ada pilihan antara akad Wadiah dan akad Mudharabah (kalau ragu jangan isi dulu, tanya lebih lanjut ke CS).

Berikut ini adalah detail dari Tabungan iB Hasanah Wadiah dan Mudharabah:

BNI iB Hasanah adalah tabungan dengan akad Mudharabah atau  Wadiah yang memberikan berbagai fasilitas serta kemudahan dalam mata uang Rupiah.

Fasilitas:

  • Buku Tabungan
  • Hasanah Debit Silver
  • E-banking (ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking dan  Phone Banking)

Keunggulan:

  • Hasanah Debit Silver sebagai kartu ATM pada jaringan ATM (ATM BNI, ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima & Cirrus) dan kartu belanja (Debit Card) di merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia.
  • Dapat melakukan transaksi di counter teller BNI dan BNI Syariah seluruh Indonesia.
  • Pembukaan rekening otomatis berinfaq Rp 500,-
  • Dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan

Biaya:

Wadiah

Mudharabah

Pengelolaan Rekening per bulan

Rp 0,-

Rp 5000,-

Tutup Rekening

Rp 20.000,-

Rp 10,000,-

Saldo Minimum

Rp 20.000,-

Rp 100.000,-

Biaya Dibawah Saldo Minimum

Rp 0,-

Rp 10.000,-

Pembuatan Kartu ATM

Rp 5.000,-

Persyaratan dan Tata Cara :

  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor)
  • Setoran awal minimal  Rp. 100.000,-

Buka rekening secara online sekarang : klik disini

Setelah pendaftaran selesai, kamu akan menerima sebuah Tabungan iB Hasanah dan kartu debit silver berlogokan MasterCard seperti dibawah ini (tidak termasuk buku “Ayo ke Bank Syariah”:  #SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi 1Gratis HandBook “Ayo ke Bank Syariah”

Saat buka rekening, saya menyampaikan alasan saya kenapa membuka rekning di BNI Syariah, padahal sudah punya tabungan lain di Bank Konvensional. Alasan saya tentu agar terhindar dari riba.

Mengetahui hal tersebut, Mbak CSnya juga menyampaikan pandangan positif pendapat saya dengan mengatakan bahwa dulu suaminya juga kerja di Bank Konvensional, namun sudah keluar karena tidak kuat dengan ribanya.

Setelah itu saya juga menyampaikan sedikit kegelisah saya tentang ada orang yang bilang kalau Bank Syariah itu juga sama ribanya, hanya saja pakai embel-embel syariah. Mendengar hal itu, CSnya pun langsung memberi pendapat bahwa itu tergantung perspective setiap orang saja. Karena pada dasarnya setiap pandangan orang kan beda-beda juga, jadi tergantu bagaimana kita melihatnya. Saya pun juga perpendapat sama dengan Mbak CSnya, tidak hanya permasalahan perbankan, namun juga setiap masalah juga dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda pula.

Setelah asik ngombrol tentang bank syariah, Mba tersebut memberikan saya sebuah hadiah buku “Ayo ke Bank Syariah” yang diterbitkan oleh BNI Syariah dan tidak diperjualbelikan seperti dibawah ini.

#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi 2Buku ini saya rasa dibuat sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa bank syariah sudah memakai sistem syariah dan juga mengajarkan kita untuk jauh dari riba.

Saya pun juga belum baca semua, namun melihat daftar isinya ada beberapa BAB yang menjelaskan apa itu bank syariah, lalu ada juga BAB tentang tantangan yang dihadapai bank syariah, BAB pengertian Riba, hingga BAB yang menjelaskan bagaimana cara kita dapat hijrah ke bank syariah.

Harap saya juga dengan membuka tabungan BNI iB Hasanah ini menyadarkan saya akan bahayanya riba dan juga belajar lebih banyak tentang perbanykan syariah. Semoga 2 tabungan bank konvensional saya tersebut dapat cepat-cepat saya tutup.

Ini merupakan salah satu gerakan saya untuk mewujudkan keuangan yang syariah dengan membatasi diri dari riba, mulai dari investasi saham, reksa dana dan instrumen investasi lainnya yang saya geluti.

Ayo ke Bank Syariah!!! #SyariahLebihBaik

 

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

simulasi nabung saham - Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Pegadaian - Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.Alasan saya beli...

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit - Saat ini membeli reksa dana semakin mudah tanpa harus lagi ke bank, karena reksa dana sudah dijual secara online melalui...

Review: Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan Yang Saya Pakai

Money Lover - Mengatur keuangan dan mencatatkan arus kas bisa jadi yang paling rebet dan malas dilakukan oleh beberapa orang, termasuk saya....

Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000

Apakah kamu pelanggan setia yang sering belanja online di Tokopedia? Tentu kamu sudah tahu kalau Tokopedia tanggal 17 Mei lalu bagi-bagi THR...

Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang?

Marketplace Reksa Dana - Saat ini dunia investasi terus berkembang dari segi teknologi, terutama di instrumen reksa dana. Sudah banyak perusahaan berbentuk...

2 KOMENTAR

  1. hmm apakah keuntungan fasilitas gratis yg kita dapat dr akad wadiah sprt bebas tarik tunai atm, internet banking dsb nya termasuk riba? setau saya akad wadiah di bank itu pd dasarnya akad hutang piutang dan dlm akad hutang piutang kita tidak boleh menerima keuntungan

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu