#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi

Menabung ke Bank Syariah dapat menghindarkan diri dari dosa riba

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling dekat dan paling dikenal oleh masyarakat luas. Bagaimana tidak, bank merupakan lembaga dimana kita dapat menyimpan uang dan juga sebagai sarana peminjaman modal usaha kerja serta masih banyak lagi keunggulan bank.

Sebagai lembaga keuangan yang menjadi favorit masyarakat, Bank terbagi menjadi dua jenis, yaitu Bank Konvesnional (Bank Mandiri, BCA, BTN, BNI, Maybank DLL) dan Bank Syariah (BNI Syariah, BSM, BCA Syariah, BRI Syariah DLL).Tentu kedua jenis bank ini sangat berbeda, yang satu memakai sistem perbankan secara umum dan yg satunya lagi memakai sistem perbankan syariah yang sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an dan Hadist.

Kebetulan saya memiliki produk kedua sistem perbankan tersebut, saya punya 2 tabungan bank konvensional dan 2 tabungan bank syariah. Masih murni menggunakan produk perbankan jenis tabungan, jadi belum pernah berhubungan dengan kartu kredit. Memang terdengar aneh punya tabungan sampai 4, tapi sebernarnya 4 keempat tabungan tersebut punya kegunaan dan kelebihan masing-masing.

2 tabungan bank konvensional saya pakai untuk menerima gaji dan untuk keperluan transaksi bisnsi termasuk belanja online (maklum biar dapat poin banyak) dan 2 tabungan banyak syariah saya gunakan untuk menabung biasa dan untuk tabungan darurat (tabungan bebas biaya admin). Untuk lebih detail kenapa saya punya banyak tabungan dapat kamu baca pada artikel Belajar Membuat Perencanaan Keuangan Di Usia Muda Dan Pentingnya Berasuransi.

Dari 2 tabungan syariah, salah satunya baru saya buat rekeningnya kemarin, yaitu Tabungan BNI iB Hasanah.

Tabungan BNI iB Hasanah adalah salah satu dari sekian banyak produk tabungan BNI Syariah. Tabungan iB Hasanah sendiri memiliki dua akad dalam pembuatan rekeningnya, yaitu akad Wadiah dan akad Mudharabah. Kalau kamu mau buka rekening tabungan ini, di formulirnya sudah ada pilihan akad.

Dalam membuat rekening tabungan BNI iB Hasanah saya lebih milih akad Wadiah, kenapa? Karena saya tidak ingin dikenakan biaya administrasi dalam bentuk apapun dan tidak ingin menerima imbalan apapun dari kesedian saya menabung di BNI Syariah. Jadi berapa uang yang saya simpan, maka jumlahnya tidak berkurang dan tidak bertabah.

Bagaimana cara daftar buka Tabungan BNI iB Hasanah?

Bila kamu ingin memiliki tabungan BNI iB Hasanah seperti saya, kamu tinggal pergi ke kantor cabang terdekat BNI Syariah dikotamu.

Saat sudah berada di kantor BNI Syariah, sampaikan keinginan kamu untuk membuka tabungan di BNI Syariah, nanti satpam akan mengarahkan kamu ke pihak CS. Sambil tunggu no antri dipanggin kamu akan disuguhkan dengan formulir pembukaan rekening yang dapat kamu isi. Nahh… disini kamu akan melihat pada lembar formulir ada pilihan antara akad Wadiah dan akad Mudharabah (kalau ragu jangan isi dulu, tanya lebih lanjut ke CS).

Berikut ini adalah detail dari Tabungan iB Hasanah Wadiah dan Mudharabah:

BNI iB Hasanah adalah tabungan dengan akad Mudharabah atau  Wadiah yang memberikan berbagai fasilitas serta kemudahan dalam mata uang Rupiah.

Fasilitas:

  • Buku Tabungan
  • Hasanah Debit Silver
  • E-banking (ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking dan  Phone Banking)

Keunggulan:

  • Hasanah Debit Silver sebagai kartu ATM pada jaringan ATM (ATM BNI, ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima & Cirrus) dan kartu belanja (Debit Card) di merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia.
  • Dapat melakukan transaksi di counter teller BNI dan BNI Syariah seluruh Indonesia.
  • Pembukaan rekening otomatis berinfaq Rp 500,-
  • Dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan

Biaya:

Wadiah

Mudharabah

Pengelolaan Rekening per bulan

Rp 0,-

Rp 5000,-

Tutup Rekening

Rp 20.000,-

Rp 10,000,-

Saldo Minimum

Rp 20.000,-

Rp 100.000,-

Biaya Dibawah Saldo Minimum

Rp 0,-

Rp 10.000,-

Pembuatan Kartu ATM

Rp 5.000,-

Persyaratan dan Tata Cara :

  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor)
  • Setoran awal minimal  Rp. 100.000,-

Buka rekening secara online sekarang : klik disini

Setelah pendaftaran selesai, kamu akan menerima sebuah Tabungan iB Hasanah dan kartu debit silver berlogokan MasterCard seperti dibawah ini (tidak termasuk buku “Ayo ke Bank Syariah”:  Gratis HandBook “Ayo ke Bank Syariah”

Saat buka rekening, saya menyampaikan alasan saya kenapa membuka rekning di BNI Syariah, padahal sudah punya tabungan lain di Bank Konvensional. Alasan saya tentu agar terhindar dari riba.

Mengetahui hal tersebut, Mbak CSnya juga menyampaikan pandangan positif pendapat saya dengan mengatakan bahwa dulu suaminya juga kerja di Bank Konvensional, namun sudah keluar karena tidak kuat dengan ribanya.

Setelah itu saya juga menyampaikan sedikit kegelisah saya tentang ada orang yang bilang kalau Bank Syariah itu juga sama ribanya, hanya saja pakai embel-embel syariah. Mendengar hal itu, CSnya pun langsung memberi pendapat bahwa itu tergantung perspective setiap orang saja. Karena pada dasarnya setiap pandangan orang kan beda-beda juga, jadi tergantu bagaimana kita melihatnya. Saya pun juga perpendapat sama dengan Mbak CSnya, tidak hanya permasalahan perbankan, namun juga setiap masalah juga dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda pula.

Setelah asik ngombrol tentang bank syariah, Mba tersebut memberikan saya sebuah hadiah buku “Ayo ke Bank Syariah” yang diterbitkan oleh BNI Syariah dan tidak diperjualbelikan seperti dibawah ini.

Buku ini saya rasa dibuat sebagai sarana edukasi kepada masyarakat bahwa bank syariah sudah memakai sistem syariah dan juga mengajarkan kita untuk jauh dari riba.

Saya pun juga belum baca semua, namun melihat daftar isinya ada beberapa BAB yang menjelaskan apa itu bank syariah, lalu ada juga BAB tentang tantangan yang dihadapai bank syariah, BAB pengertian Riba, hingga BAB yang menjelaskan bagaimana cara kita dapat hijrah ke bank syariah.

Harap saya juga dengan membuka tabungan BNI iB Hasanah ini menyadarkan saya akan bahayanya riba dan juga belajar lebih banyak tentang perbanykan syariah. Semoga 2 tabungan bank konvensional saya tersebut dapat cepat-cepat saya tutup.

Ini merupakan salah satu gerakan saya untuk mewujudkan keuangan yang syariah dengan membatasi diri dari riba, mulai dari investasi saham, reksa dana dan instrumen investasi lainnya yang saya geluti.

Ayo ke Bank Syariah!!! #SyariahLebihBaik

 

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

269FansSuka
53PengikutMengikuti
208PengikutMengikuti

2 KOMENTAR

  1. hmm apakah keuntungan fasilitas gratis yg kita dapat dr akad wadiah sprt bebas tarik tunai atm, internet banking dsb nya termasuk riba? setau saya akad wadiah di bank itu pd dasarnya akad hutang piutang dan dlm akad hutang piutang kita tidak boleh menerima keuntungan

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

#BuatKamu, Internet Untuk Semua

Siapa sih yang gak punya sosok inspiratif di dunia ini? Pasti semua punya dong! Coba saya tebak... Kebanyakan kita pasti memilik orang tua dan keluarga sebagai...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...