Untuk Investasi Saham Apa Itu "Yuk Nabung Saham"? Bagimana Cara Memulainya?

Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Baca Juga

5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala.

Pernah dengar kalimat “Yuk Nabung Saham”? Yaitu sebuah program yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor di pasar saham. Setelah saya memantau, program ini bisa dikatankan sangat sukses. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah investor saham yang drastis dalam kurun 3 tahun terakhir.

Saya masih teringat saat pertama kali masuk dunia saham tahun 2014 silam, katanya investor saham Indonesia hanya dikitasan 300.000 orang saja. Namun dengan dipermudahkannya cara berinvestasi saham mulai dari kecilkanya jumlah setoran awal hingga perubahan jumlah lot dari 1 lot 500 lembar saham menjadi 1 lot 100 lembar saham, kini jumlah investor saham di Indonesia tahun 2017 sudah menyentuh angka 1 juta investor.

Dengan suksesan program ini ternyata minat masyarakat Indonesia terhadapat pasar modal saham di Indonesia menjadi tinggi. Inilah alasan kenapa saya membuat blog ini lebih fokus membahas tentang investasi saham karena juga melihat tingginya pembaca blog ini tentang saham.

Mungkin sebagian dari anda masih bertanya-tanya, sebenarnya “Apa sih yuk nabung saham itu? “Bagaimana cara memulai nabung saham?” “Berapa jumlah uang yang harus saya persiapkan untuk nabung saham?” “Bagaimana cara memilih perusahaan yang cocok untuk di tabung sahamnya?” “Berapa lama durasi nabung saham?”

Pada artikel kali ini, saya akan membahas secara awam pertanyaan diatas sesuai dengan kemampuan saya. Karena saya sendiri hanya seorang investor lepas yang level ilmu sahamnya masih dibawah rata-rata. Jadi, saya menjelaskannya sesuai dengan ilmu yang berlaku.

Oke, kita mulai dengan defenisi dari “Yuk Nabung Saham”

Apa sih yuk nabung saham itu?

Dalam denifisi dasar yang saya kutip dari situs resmi IDX, Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli Saham secara rutin dan berkala.

Alur Yuk Nabung Saham

Jadi murni tujuan dibentuknya “Yuk Nabung Saham” adalah untuk meningkatkan jumlah investor saham dan juga menyadarkan masyarakat bahwa investasi itu penting.

Pada kenyataannya nabung uang di bank sama dengan nabung saham melalui sekuritas. Hanya saja menabung saham keuntungannya jauh lebih tinggi dari pada bunga deposito bank.

Dengan adanya “Yuk Nabung Saham” BEI ingin masyarakat juga memanfaatkan pasar saham sebagai sarana untuk meletakkan uang diam mereka, sama seperti dibank. Karena kalau di pikir-pikir memang lebi untuk menabung saham dari pada harus menggemukkan rekening bank.

Makna Logo YNS

Ingin tahu lebih banyak tentang pengertian dasar Yuk Nabung Saham? silahkan baca selengkapnya di situs resminya

Bagaimana cara memulai nabung saham?

Sama dengan menanbung uang di bank, sebernarnya prosuder nabung saham pun juga sama, hanya saja berbeda tempat pembuatannya. Bila menabung uang bukan tabungannya di bank, maka untuk menabung saham maka membuaka tabungan a.k.a akun efek di sekuritas.

Baca Juga: Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 22/9/17)

Perusahaan Sekuritas adalah yang bertugas sebagai perantara penjualan saham yang akan dicatatkan nilai investasi kita pada KSEI. Ada banyak perusahaan sekuritas di indonesia:

List Perusahaan Sekuritas di Indonesia

Untuk melihat lebih detail tentang perusahan diatas bisa dilihat disini.

Dengan membuka akun efek di perusahaan sekuritas, anda kini dapat memulai membeli perusahaan untuk ditabung sahamnya. Cara mendaftarkan akun di sekuritas pun juga ada 2. instan dan manual.

  1. Cara instan buka akun sekuritas

Cara instan yang saya maksud adalah dengan cara mengikuti sekolah pasar modal (SPM). Dengan mengikuti SPM anda tidak perlu repot dalam membuka akun sekuritas karena akan dibantu langsung oleh perusahaan terkait dan akunnya pun langsung jadi dihari yang sama. Mudah bukan?

Sekolah pasar modal kini tersebar siberbagai kota di Indonesia. Denga modal 100rb, anda dapat pulang membawa saham.

2. Cara manual buka akun sekuritas

Untuk cara manual lebih ribet, anda harus ke perusahaan sekuritas langsung untuk membuka akunnya. Akun yang dibuat di perusahaan sekuritas pun lebih lama jadinya, bisa sampai 1 minggu kerja biasanya.

Jadi alangkah baiknya bila ingin terjun ke pasar modal saham terlebih dahulu ikut Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan langsung oleh IDX yang bekerja sama dengan perusahaan sekuritas langsung.

Penjelasan Yuk Nabung Saham dalam video

Berikut ini adalah beberapa video yang dapat mengajarkan Anda tentang cara nabung saham yang baik dan benar agar dapat menghasilkan profit, bahkan passive income bagi Anda.

Berapa jumlah uang yang harus saya persiapkan untuk nabung saham?

Poin ini biasa yang bikin orang enggan mulai investasi saham, karena masih berpikir bahwa untuk menjadi investor saham memerlukan uang yang banyak. Itu semua HOAX…

Untuk memulai nabung saham, anda dapat menyiapkan uang mulai dari 100rb. Iya benar, 100rb. Sesuai yang saya katakan diatas, untuk memulai menabung saya dapat dari 100rb dengan cara mengikuti SPM yang ada di kota anda.

Alternatif lain selain ikut SPM adalah dengan mendaftar secara langsung ke perusahaan sekuritas. Di BNI Sekuritas deposit awalnya dalah 1juta, Mandiri Sekuritas deposit awal 3juta, Sinarmas Sekuritas deposit awal 500rb.

Dengan banyaknya alternatif perusahaan sekuritas yang ada, anda dapat memilih membuka akun efek disekuritas yang deposit awalnya cocok dengan kantong anda.

Bagaimana cara memilih perusahaan yang cocok untuk di tabung sahamnya?

Sudah daftar akun efek disekuritas dan sudah deposit dana awal, maka kini saatnya kita memilihat perusahaan mana yang cocok untuk kita investasikan dimana yang akan datang.

Untuk memilih saham terbaik untuk disimpan selama bertahun-tahun sebenarnya tidaklah sulit, yang perlu anda perhatikan adalah

  1. Kekuatan fundamental perusahaan
  2. Tren bisnis untuk masa akan datang

Saya ambil contoh industri perbankan untuk analysis sahamnya. Menurut saya, untuk nabung saham itu paling cocok di sektor perbankan, mengapa? karena menurut saya tren bisnis perbankan ini sangat bagus. belum lagi saat ini bank-bank di Indonesia sudah melakukan berbagai inovasi untuk mengikuti tren digital yang makin bersinar.

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Untuk memperjelas cara nabung saham yang dilakukan, saya telah membuat sebuah table yang berisi informasi tentang simulasi nabung saham ini.

Nama proyek (biar keren)
YNS/CLEO/2018
Durasi proyekSeptember 2018 – September 2019*
Emiten/perusahaanPT Sariguna Primatirta Tbk
Kode sahamCLEO
Modal awalRp 600.000
Modal disetor tiap bulanRp 500.000
Siklus pembelianSetiap tanggal 13 (lihat-lihat kondisi market juga)**
Pembatasan resiko = force sell-20%***

*Durasi proyek nabung saham dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar.
** Tanggal pembelian bisa berubah, tergantung kondisi pasar
*** Pembatasan resiko berlagu untuk pembelian gap down atau cut loss untuk menghindari kerugian

Simulasi nabung saham ini saya buat untuk pemberikan gambaran asli bagaimana nabung saham itu berlangsug.

Untuk melihat lebih lengkap tentang nabung saham yang saya buat, Anda dapat mengunjungi link dibawah ini.

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham” di PT Sariguna Primatirta Tbk

 

Bagaimana, sudah mengerti arti “Yuk Nabung Saham” yang sesungguhnya? Ternyata nabung saham itu tidak sulit ya, hanya butuh lebih banyak membaca artikel tentang saham agar pengetahuan kita terhadap saham menjadi lebih luas.

Punya pertanyaan? silahkan beri komentar anda. Selamat berinvestasi!

halo@irfan.id

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

274FansSuka
56PengikutMengikuti
219PengikutMengikuti

19 KOMENTAR

  1. saya sebenarnya tertarik untuk ikut nabung saham tp ada ada beberapa yang belum saya fahami
    1.Untuk buka tabungan sekuritas butuh biaya berapa sebagai saldo awal?
    2.seandainya saya ada dana mau beli 10 lot di awal apa dibulan berikutnya saya harus beli 10 lot atau hanya 1 lot?
    3.Untuk setoran apa harus tiap bulan atau sesuai kemampuan kita

    • 1. Untuk setoran awal setiap sekuritas beda-beda, mulai Rp 0 higga puluhan juta. Indopremier tidak ada minimal setoran awal, jadi terserah. BNI Sekuitas 1juta (kalau promo 100rb), Mandir Sekuritas 3juta, Sinarmas Sekuritas 500rb, bisa cek dihalaman https://irfan.id/sekuritas/.
      2. Nabung saham adalah kesadaran diri sendiri, tidak ada minimal setoran awal. Semua komitmen Anda mau setor berapa, 50rb, 100rb atau 1juta perbulan semua keputusan ada ditanggan Anda.
      3. Ini jawabannya sama seperti no.2, semuga tergantung kemampuan dan komitmen Anda. Jangan paksakan diri, yang penting rutin dan konsisten.

      Terima kasih

    • Tidak ada. Setoran untuk nabung saham anda yang menentukan sendirinya..

      semua simulasi yang saya lakukan adalah rencana yang dibuat sendiri, bukan dari sekuritas. Tks

  2. saya mau tanya saja. apakah benar di saham kita bisa dapat deviden/uang tiap bulan hanya modal 10jt saja.
    saya inginkan adalah kita tidak bisa kerja selama nya. pasti ada waktu nya kita tidak kerja bukan pensiun tetapi di phk. otomatis kita tidak punya penghasilan. untuk itu apakah dengan menanam saham bisa menjadi sebuah solusi untuk mendapatkan penghasilan bulanan.
    terima kasih

    • Iya bisa. tapi dengan catatan bila ingin dapat uang dari dividen setiap bulan, maka harus beli dan jual banyak saham. karena setiap perusahaan yang bagi dividen itu biasa hanya 1-2 kali pertahun. baca lebih banyak tenteng dividen disini > https://irfan.id/ingin-cuan-dari-dividen-begini-cara-mendapatkan-dividen-dari-saham/

      untuk kasus phk saya kurang mengerti juga. karena biasa analis kalau menganjurkan nabung saham itu lebih untuk persiapan dana pensiun, biasa diumur 50an.

      tapi dikasus lain, trading for living itu bukan mustahil. jadi Anda bisa saja tidak perlu bekerja (diumur produktif 23-50 tahun) tapi hanya trading saham saja, itu mungkin dan saya pernah dengar ceritanya ada orang yang seperti itu diforum saham.

      tapi kembali lagi ke diri masing-masing, kalau ingin trading for living, maka ilmu sahamnya juga harus bagus. tapi kalau gak niat belajar saham, jangan coba-coba untuk meninggalkan perkerjaan Anda, mungkin seperti itu sih gambarannya. Tks

  3. Saya berminat untuk menabung saham, tapi belum jelas langkah langkahnya mulai dari daftar sampai punya tabungan
    Apakah tabungan saham sama seperti tabungan biasa kita nabung sesuai dengan keinginan kita, atau sudah dipatok tiap bulan kita harus nabung sekian
    Saya tinggal di serang Banten ketempat mana saya harus datang

    • Yang mengelola uang adalah perusahaan tempat kita belikan dan tabung sahamnya. profit yang diterima bervariasi, tergantung kinerja perusahaan itu sendiri. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...