Jakarta – Pengenalan dunia saham terus digencar oleh IDX dan sekuritas di Indonesia untu mengsosialisasikan investasi di pasar saham. Banyak yang telah dilakuan oleh IDX untuk mendolong masyarakat agar melek investasi, khususnya di pasar modal dengan mengadalah sekolah pasar modal, program Yuk Nabung Saham, dan event-event lainnya.

Dengan betambahnya investor yang tertarik untuk berinvestasi di pasar saham, pasti banyak persiapan yang harus dilakukan seperti mendaftarkan diri ke sekuritas-sekuritas yang berpesan sebagai broker, belajar ilmu fundamental dan teknikal analisis dan sebagainya.

Namun, ada lagi yang harus di lakukan para pemula agar tidak tersesat dan hilang saat bertansaksi saham. Pada artikel ini, saya akan membahas apa saja yang perlu di perhatikan oleh pemula saham mulai dari software analysis saham, forum dan tools lainnya yang perlu untuk bekal sebelum berperang jam 9:00 saat market di buka.

1. Install software ChartNexus

Siapa sih yang gak tau chartnexus? ya… software ini paling terkenal dikalangan para investor dan trader di seluruh dunia. ChartNexus merupakan sebuah software analysis yang dapat digunakaan untuk menganalisa saham-saham di pasar dengan beberapa fitur seperti MACD, Moving Average, Pivot point dan lainnya.

screenshot-29

ChartNexus di sediakan GRATIS dengan keterbatasan fitur tentunya, tapi cukup untuk sekedar analysis untu sendiri/pribadi.

Untuk mendapatkan ChartNexus, kamu dapat downlaod disini. lalu lihat menu pilih software > Chartnexus > Click here to download.

Ikuti instruksinya yang terdapat 4 tahap, download java, check OS, download chartnexus, dan finish.

Saat instalasi selesai, kamu dapat masuk dan melakukan pendaftaran terlebih dahulu bila belum mendaftar.

2. Berbaurlah di komunitas Stockbit.com

Stockbit.com adalah komunitas investasi di Indonesia.

Stockbit memberi ruang bagi investor dan trader untuk berbagi ide, berita dan informasi keuangan lainya secara real-time.

Pengguna bisa membuat profil dan mengikuti saham tertentu atau investor favorit untuk mendapatkan informasi berharga dan bertukar pikiran.

screencapture-stockbit-1475148463069

Fitur utama dari Stockbit yaitu “stream” terdiri dari ide-ide, grafik saham, link dan data keuangan lainya. Stockbit menggunakan tanda “$” sebelum kode saham sebagai penandaan ide untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi tentang saham individu tertentu.

Platform Stockbit juga terintegrasi dengan platform social media lainya, seperti Twitter dan Facebook, sehingga mudah untuk berbagi ide-ide di Stockbit ke akun Twitter danFacebook pengguna.

Stockbit dirancang dengan fitur yang terfokus dengan keperilakuan investor dan trader sehingga akan lebih berguna sebagai social media khusus investasi.

3. Install aplikasi RTI, Bloomberg, dan Mobile Trading Sekuritas

Smartphone adalah sebuah benda yang ssat ini bisa dibilang sebagai sahabat sejati. Bagaimana tidak, smartphone sudah jadi tren yang harus dipegang dimana. Oleh karena itu, kamu dapat menginstall aplikasi-aplikasi yang berguna untuk update tentang saham yang sedang kamu labui.

screenshot-30

Sebut saja seperti RTI, Bloomberg dan Aplikasi Trading milik sekuritas yang kamu daftarkan yang merupakan aplikasi penunjang produktifitas saat trading. walaupun tidak realtime, saya pribadi sangat suka dengan aplikasi RTI yang menyediakan data emiten seperti statistik keuangan, kurs dan kalender bursa.

Jadi, cobalah memcari aplikasi-aplikasi yang berguna agar dapat digunakan untuk keperluan investasi saham.

4. Follow para master di dunia saham

Sebagi seorang pemula pastinya kamu putuh seorang tuntunan agar bisa sukses di dunia saham. salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti para master di sosial media seperti Ellen May.

Ellen May adalah seorang pakar saham yang sering memberikan hidayah kopi pagi yang bisa digunakan sebagai acuan pertimbangan, yaa… tentu ini hanya sebagai referensi saja, karena keputusan jual dan beli saham ada ditangan kamu.

Kamu juga dapat follow akun twitter Bisnis.com, Kontan News yang memberikan update informasi tengang dunia investasi

Nah, itu saja beberapa poin yang perlu diperhatikan bagi pemula investor/trader agar tidak tersesar di pasar saham.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.