Beberapa tahun terakhir saya sangat impresif terhadap jumlah investor di Indonesia yang terus meningkat tajam. Hal ini bukti dari suksesnya BEI dan Instansi terkait guna mengenjot jumlah investor dengan berbagai cara, salah satunya dengan kampanye “Yuk Nabung Saham”.

Saya tidak tahu persis kapan kampanye ini dimulai, tapi yang saya rasakan adalah jumlah investor kini terus bertama yang semulanya saat pertama kali saya kenal saham tahun 2014 baru sekitar 300,000 orang, kini sudah menyentuh 1 jutaan ditahun 2018.

Untuk menjadi investor saham, ada sebuah syarat yang harus dipenuhi, yaitu terdaftarnya individual atau instansi di salah satu sekuritas di Indonesia. Mendaftarnya pun tidak sulit, cukup datang ke sekuritas di domisili Anda atau daftar online untuk beberapa sekuritas yang sudah mendukung system online dengan menyertakan data diri berupa KTP dan NPWP.

Nahhhhh…. Disinilah awal munculnya masalah kenapa ada beberapa orang yang tidak bisa mendaftar akun saham di sekuritas karena tidak memiliki NPWP. Biasa yang tidak memiliki NPWP adalah mahasiswa, pekerja kecil-kecilan atau pekerjaan lainnya.

Lalu, Bagaimana Cara Mendaftar Akun Saham Di Sekuritas Tanpa NPWP?

Ini cara terbaik yang bisa dilakukan bila tidak memiliki NPWP tapi ingin berinvestasi di saham

1. Buat NPWP Di Kantor Pajak

Jalan pertama adalah membuat NPWP. Tidak ada cara yang lebih simple selain membuat NPWP pribadi di kantor pajak. Sebagai warga negara yang baik Anda harus memiliki NPWP guna untuk melaporkan harga kekayaan yang Anda miliki setiap tahunnya. Lagian menurut saya tidak ada salahnya untuk membuat NPWP meski pun pekerjaan belum ada atau punya gaji dibawah Tarif kena pajak.

Punya NPWP tidak mengharuskan Anda membayar pajak, karena yang bayar pajak adalah mereka yang sudah punya kewajiban membayar. Kalau penghasilan masih dibawah rata-rata, cukup melaporkan SPT saja setiap tahunnya, tidak sulit bukan?

Kalaupun terlalu malas keluar rumah untuk ke kantor pajak, kini daftar NPWP juga bisa dilakukan secara online.

2. Membuat Surat Pernyataan Tidak Memiliki NPWP

Cara ini adalah yang paling cocok untuk mahasiswa. Mahasiswa pada umumnya belum punya pekerjaan sehingga tidak perlu membuat NPWP (tapi kalau mau buat lebih bagus).

Biasanya saat perdaftaran akun saham di sekuritas menggunakan data KTP dan NPWP, maka mahasiswa cukup dengan data KTP dan KTM (Kartu tanda Mahasiswa). Nahh… karena mahasiswa tidak memiliki NPWP, maka ada formulir tambahan berupa “Surat Pernyataan Tidak Memiliki NPWP”.

Surat pernyataan tidak memiliki NPWP tersebut tidak buat sendiri, melainkan memang sudah disediakan pihak sekuritas. Jadi, cukup bawa badan, KTP dan KTM saja.

Bukan Mahasiswa Dan Tidak Memiliki NPWP, Apa Tetap Bisa Daftar?

Bisa sekali. Saya sudah mencoba bertanya pada salah satu sekuritas dan mereka bilang tetap bisa daftar.

Anda mungkin juga bisa konfirmasi informasi apakan selain mahasiswa dapat memakai surat pernyataan tanpa NPWP atau tidak, karena takutnya beda sekuritas, beda kebijakan.

Investasi saham sendiri sebenarnya masuk dalam objek pajak. Anda bisa baca lebih rinci tentang hal tersebut di situs pajak.

Saya sendiri tidak beberapa memperhatikan secara detail tentang wajib pajak untuk investor saham karena belum mebuat profit yang tinggi. Jadi, belum mendalami tentang pajak pada saham.

Sekiranya begitulah pencerahan bagi yang masih bingung apakah yang tidak memiliki NPWP bisa daftar di sekuritas. Walaupun Anda mahasiswa atau bukan, tetap bisa membuka akun saham dengan mengikuti petunjuk poin nomor 2 diatas.

Tapi sekali lagi saya ingatkan, sebaiknya untuk membuat saja NPWP pribadi. Tidak sulit untuk membuatnya, melapor SPT pun kini juga bisa online.

Sekian artikel kali ini dan… Selamat berinvestasi.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.