Kartu AKSes KSEI

Sudah punya kartu AKSes KSEI? kalau belum punya berarti anda belum termasuk sebagai investor saham di Indonesia. Jika anda sudah punya kartu ini, selamat anda masuk dalam 1 juta orang yang berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Mungkin terdengar tabu bagi mereka yang belum punya kartu sakti ini, karena kartu ini hanya didapatkan oleh orang-orang yang saya sebutkan diatas, yaitu investor pasar modal saham.

Kartu AKSes KSEI ini bisa saya katakan sebagai KTPnya para investor saham, karena dengan memiliki kartu ini ada berarti memiliki indentitas sebagai investor yang terdaftar di KSEI.

KSEI sendiri adalah singkatan dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, yaitu sebuah perusahaan yang memberikan layanan jasa penyimpanan dan penyelesaian transaksi Efek, meliputi: penyimpanan Efek dalam bentuk elektronik, penyelesaian transaksi Efek, administrasi Rekening Efek, distribusi hasil Corporate Action, dan jasa-jasa terkait lainnya.

Saya pertama kali mendapatkan kartu ini tahun 2014, saat terdaftar sebagai nasabah di BNI Sekuritas. Kartu ini diberikan oleh sekuritas saat pertama kali anda menjadi investor saham.

Kitab-kitap Kartu AKSes KSEI
Kartu AKSes KSEI

Kartu ini merupakan single identitas untuk setiap investor, sehingga walaupun buka akun efek lagi di lain sekuritas, makan kartu KSEI ini tidak perlu dibuat baru, melainkan cukup memberikan no ID yang tertera pada kartu saja. Jadi, satu investor cukup satu kartu untuk banyak sekuritas.

Bila Anda baru saja mendaftarkan akun sekuritas dan mendapatkan Akses KSEI, maka harus diaktifkan dulu. Cara mendapatkan kode aktivasi tersbut dapat dilihat pada amplop yang berisi secret code sepeti dibawah ini.

secret code Akses KSEI
Lampiran secret code Akses KSEI

Ini sama halnya seperti Anda melihat PIN baru ATM, jadi sama saja.

Buat anda yang masih bingung apa sebenarnya kartu AKSes KSEI ini serta fungsinya, saya mencoba sedikit memberi penjelasan yang saya dapat dari situs KSEI sendiri tentang Kartu investor ini.

Apa itu Fasilitas AKSes KSEI?

Fasilitas AKSes KSEI adalah sarana akses informasi melalui jaringan internet yang diperuntukkan bagi investor untuk memonitor posisi dan mutasi Efek miliknya yang tersimpan pada Sub Rekening Efek di KSEI. Setiap Investor berhak untuk memperoleh akses atas fasilitas ini melalui Pemegang Rekening KSEI, dimana investor terdaftar sebagai nasabah. KSEI tidak mengenakan biaya apapun, baik kepada Pemegang Rekening KSEI atau investor. Lebih lengkapnya, Anda dapat memperoleh penjelasan lengkap mengenai Fasilitas AKSes KSEI, baik brosur maupun buku panduan di http://www.ksei.co.id

Apa saja manfaat Fasilitas AKSes KSEI?

Manfaat Fasilitas AKSes KSEI bagi investor adalah sebagai berikut:

  • Investor dapat mengakses secara real time data kepemilikan Efek serta mutasinya dalam Sub Rekening Efek yang disimpan di sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir.
  • Memberikan kemudahan investor untuk melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya yang tersebar di beberapa Perusahaan Efek atau Bank Kustodian.
  • Menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan pembukaan Sub Rekening Efek yang dapat dimonitor secara langsung oleh investor itu sendiri.
  • Memberikan manfaat tambahan informasi yang diinginkan investor secara transparan di pasar modal Indonesia.

Apakah Fasilitas AKSes KSEI bermanfaat juga bagi Pemegang Rekening?

Manfaat Fasilitas AKSes KSEI bagi Pemegang Rekening adalah sebagai berikut:

  • Memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi investor yang menjadi nasabahnya.
  • Sebagai saranan komunikasi dalam penyampaian dan penyajian informasi berupa inquiryatau report bagi nasabahnya dengan data akurat secara langsung.
  • Mengurangi biaya komunikasi, biaya cetak dan biaya pengiriman laporan.
  • Terbuka pengembangan lebih lanjut dan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Pemegang Rekening terkait peningkatan sarana komunikasi antara Pemegang Rekening dan nasabahnya.

Sebagai investor, saya tertarik mempunyai Fasilitas AKSes KSEI. Apa saja syaratnya?

Permohonan akses Fasilitas AKSes KSEI hanya dapat diajukan oleh investor yang telah memiliki Sub Rekening Efek di KSEI. Dengan mempunyai Sub Rekening Efek ini, investor berhak meminta akses Fasilitas AKSes KSEI, dan sesuai surat Bapepam-LK No.: S-4882/BL/2009 tanggal 8 Juni 2009, PE atau BK harus melaksanakan permintaan tersebut.

 

Bagaimana cara investor memperoleh akses Fasilitas AKSes KSEI ini?

  1. Ajukan permohonan melalui http://akses.ksei.co.id
  2. Klik logo AKSes yang ada di bagian kiri atas atau tulisan Investor Area di bagian kanan ataswebsite.
  3. Klik ‘Create Your Own User ID for the First Login’ saat pertama kali akses
  4. Isi data investor pada formulir dengan lengkap.
  5. Cetak formulir yang telah dilengkapi tersebut untuk diserahkan kepada PE atau BK tempat investor menjadi nasabah, berikut bukti identitas diri investor (KTP/NPWP/Paspor).
  6. Setelah melalui proses verifikasi dan validasi data investor, PE atau BK akan meneruskan permohonan Fasilitas AKSes kepada KSEI.
  7. Berdasarkan permohonan tersebut, KSEI akan menerbitkan Kartu AKSes (AKSes Card) yang memuat Investor ID serta Pin Mailer yang berisi Pin Code kepada investor melalui PE atau BK.
  8. Dengan menggunakan Investor ID dan Pin Code, investor dapat melakukan akses fasilitas Investor Area melalui internet  http://akses.ksei.co.id

Bagaimana cara Investor mengakses Fasilitas AKSes KSEI pertama kali?

  1. Ketik link http://akses.ksei.co.id pada tampilan Internet Explorer 
  2. Klik logo AKSes yang ada di bagian kiri atas atau tulisan Investor Area di bagian kanan ataswebsite.
  3. Klik ‘Create Your Own User ID for the First Login’ saat pertama kali akses.
  4. Input data berikut:
    1. Nomor Investor ID, terdapat di halaman muka Kartu AKSes.
    2. Check digits, terdapat di halaman belakang Kartu AKSes.
    3. Pin Code yang terdapat pada Pin Mailer.
  5. Klik ‘Next’.
  6. Input data berikut:
    1. User ID: minimum 8 (delapan) alphanumeric characters
    2. Password: menggunakan pin pad yang terdapat pada layar.
    3. Confirm Password:mengulang Password yang telah di-input.
    4. E-mail: alamat email.
    5. Secret questions: jawab 5 (lima) pertanyaan yang tersedia sesuai dengan pilihan investor.
  7. Klik ‘Next’.
  8. Setelah membaca, klik ‘I agree with the term and conditions’.
  9. Klik ‘Submit’.

Membaca penjelasan diatas saya yakin anda kini berpikir bahwa kartu AKSes KSEI ini bukan hanya untuk pamer semata, tapi juga dapat berfungsi untuk melihat portofolio yang kita miliki.

Walaupun saya mempunyai kartu AKSes KSEI ini, jujur saja saya sangat jarang login ke situs AKSes KSEI. Seingat saja cuma 2 kali pernal login, pertama saat pendaftaran kartu pertama kali dan kedua untuk review agar artikel ini bisa terbit.

Sekiranya begitulah pandangan awal tentang pengertian, fungsi dan tujuan kartu AKSes KSEI ini, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

17 KOMENTAR

  1. Bang mau nanya. Saya sudah dapat kartu akses.ksei selanjutnya saya mulai mendaftarkan kartu saya di web akses.ksei tetapi saya bingung mencari pin code saya bang. Untuk pin code bisa di lihat di bagian mana ya bang ??

    • PIN codenya ada dilampiran surat yang paling tipis. bentuk lampirannya seperti gambar di atas yang sudah saya perbaharui. Tks

  2. assalamu’alaikum mas irfan,,
    saya sudah punya kartu akses, waktu isi data saya salah masukkan alamat email. kemudian saya login lagi dan mau merobahnya,,ternyata semuanya te riset. mohon solusinya mas?

  3. Saya baru membuat akun investor melalui Indopremier, apakah pendaftaran tersebut nantinya akan langsung dapat kartu akses KSEI tersebut? Atau harus register sendiri di website KSEI?

    • Iya, bila ini pertama kalinya Anda mendaftar sebagai investor saham, maka berhak mendapatkan Kartu Akses KSEI. Jadi, tidak ada prosuder daftar melalui situsnya KSEI. Tks

  4. mas Irfan,kalau daftar rekening efek scr online.apakah kartu akses KSEI ini akan dikirimkan ke rumah saya?

    • Daftar online juga tetap dapat kartu KSEI, karena semua investor wajib punya 1. Oleh karena itu, pastikan alamat rumah diisi dengan benar agar mudah dikirim. Tks

  5. Saya ingin bertanya, berapa lama jangka waktu mas Irfan hingga mendapat kartu akses setelah mendaftar di BNIS? Terimakasih

    • Mohon maaf mas, kalau pastinya saya tidak ingat lagi. tapi gak lama-lama banget sampai bulanan sih.

      Dengan jumlah investor yang mendaftar semakin banyak, saya juga gak tau bakalan lebih cepat atau lebih lama. Yang pasti, input data alamat mas dengan benar dan jelas agar pengirimannya bisa lebih cepat. Tks

  6. Mas irfan, Saya sudah punya akun di indopremier tapi belum dapat kartu ksei kemana saya harus meminta kartu tersebut terimakasih

    • silahkan menunggu paling lambat sebulan. bila belum sampai hubungi saja pihak indopremier melalui twitter, mereka biasa respon kalau di mention. Tks

  7. Siang mas Irfan , saya baru buka rekening investor pertama kali disalah satu broker saham, apakah broker saham tersebut otomatis akan mendaftarkan akses KSEI utk kita ?

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.