Jakarta – Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat umum dapat menjadi peserta sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Suasana saat mengikuti SPM Level 1

Sekolah pasar modal sendiri terbagi menjadi 2 kelas, yang pertama Sekolah Pasar Modal Reguler (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS). Baik SPM dan SMPS, keduanya memiliki keunggulan masing masing-masing. Bila kamu memilih SPM, maka kamu akan di ajakan pengetahuan pasar saham secara menyeleuruh. Beda halnya dengan SPMS yang mengajarkan pemahaman tentang investasi syariah dengan landasan fiqih dan yang pasti tools yang digunakan untuk transaksi memakai sistem trading syariah. So… kamu boleh pilih salah satunya atau sekalian mengikuti keduanya SPM dan SPMS seperti saya lakukan, setidaknya untuk mengetahui mekanisme saham reguler dan saham syariah.

Dengan Rp100,000,- Bisa Belajar dan Langsung Jadi Investor Saham

Saya mengikuti SPM sekitar tahun 2014, jadi pada saat itu masih gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Nahh… untuk sekarang ini IDX mewajibkan setiap yang ikut SPM akan dikenakan biaya Rp 100,000. Loh kenapa? kok gak gratis lagi?

Tenang… uang yang kamu keluarkan Rp 100,000 untuk mengikuti SPM tidak sia-sia kok. Tujuan IDX memberlakukan sistem bayar untuk SPM bukan sebagai biaya kelasnya, akan tetapi untuk pembukaan rekening efek. Dengan begini, IDX mendorong kamu untuk masuk pasar saham langsung ketika SPM berlangsung.

Dikasih Modul SPM Level 1

Lagi pula SPM kali ini berbeda dengan tahun 2014 lalu saya ikut, saat saya mengikuti SPM Level 1 dan Level 2 itu diadakan di hari yang berbeda. dimana Level 1 hanya diajarkan pandangan awal pasar saham dan untuk mengikuti SPM Lever 2 peserta sudah harus memiliki rekening efek.

Baca Juga: Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui BNI Securities

Di tahun 2016 inilah, IDX menggabungkan SPM Level 1 dan Level 2 menjadi satu hari. Bayangkan saja, ikut SPM Rp 100,000 ketika pagi masuk kelas Level 1 masih gak tau apa-apa, lalu siang masuk kelas Level 2 buka rekening langsung transaksi saham dengan modal Rp 100,000 tadi. pulang-pulang udah jadi investor di pasar modal, asiikkk gak tu.

Berikut ini saya paparkan tujuan dan deskripsi SPM versi IDX.

TUJUAN KEGIATAN

Sekolah Pasar Modal (SPM)

  • Memberikan edukasi yang benar tentang investasi;
  • Memberikan edukasi tentang investasi saham;
  • Memberikan informasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham;
  • Memberikan edukasi tentang teori pemilihan saham untuk diinvestasikan;
  • Meningkatkan awareness bahwa investasi saham itu mudah dan terjangkau;
  • Memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor.

Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS)

  • Memberikan edukasi yang benar tentang investasi;
  • Memberikan informasi tentang pasar modal Syariah di Indonesia;
  • Memberikan edukasi tentang investasi saham Syariah di pasar modal;
  • Memberikan informasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham Syariah;
  • Memberikan edukasi tentang teori pemilihan saham Syariah untuk diinvestasikan
  • Meningkatkan awareness bahwa investasi saham Syariah itu mudah dan terjangkau;
  • Memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor Syariah.


DESKRIPSI KEGIATAN

Sekolah Pasar Modal (SPM)

Diselenggarakan selama satu (1) hari dari jam 09.00 – 16.00 WIB dan terdiri dari dua (2) level:

  1. SPM level 1 diperuntukkan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham. Pada SPM level 1 peserta akan mendapat gambaran umum tentang pasar modal, tentang investasi khususnya investasi saham, dan cara berinvestasi saham di pasar modal Indonesia. Untuk mengikuti SPM level 1 peserta dikenakan biaya Rp100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham);

  2. SPM level 2 adalah Workshop Investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham pada saat mengikuti SPM level 2. SPM level 2 juga dapat diikuti oleh peserta SPM level 1 pada hari yang sama.  Pada SPM level 2 peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai pengetahuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan;

  3. Peserta yang mendaftar SPM level 1 dapat langsung mendaftar SPM level 2 yang penyelenggaraannya dilaksanakan pada hari yang sama atau di hari lain setelah peserta mengikuti SPM level 1.
  4. Level 1 : Pukul 09.00 – 12.00 hari Rabu atau Kamis atau Sabtu terakhir setiap bulan;
  5. Level 2 : Pukul 13.00 – 16.00 hari Rabu atau Kamis atau Sabtu terakhir setiap bulan;

Setiap peserta SPM akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPM level 1, SPM level 2 (Workshop Investasi) dan telah melakukan transaksi jual/beli saham.

Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS)

Diselenggarakan selama satu (1) hari dari jam 09.00 – 16.00 WIB dan terdiri dari dua level:

  1. SPMS level 1diperuntukan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham syariah. Pada SPMS level 1 peserta akan mendapat pengetahuan tentang investasi syariah di Pasar Modal dan Landasan Fiqih Investasi di Pasar Modal serta mekanisme transaksi saham syariah dengan menggunakan Sharia Online Trading System (SOTS). Untuk mengikuti SPMS level 1 peserta dikenakan biaya Rp 100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham syariah (biaya SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham syariah);

  2. SPMS level 2 adalah Workshop Investasi Saham Syariah yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham syariah di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham syariah pada saat mengikuti SPMS level 2. SPMS level 2 juga dapat diikuti oleh peserta SPMS level 1 pada hari yang sama. Pada Workshop Investasi Saham Syariah peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan teknikal, informasi market update serta pengenalan Reksa Dana Syariah sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi secara syariah

  3. Level1  : Pukul 09.00 – 12.00 setiap hari Selasa;
  4. Workshop  : Pukul 13.00 – 16.00 setiap hari Selasa;

Setiap peserta SPMS akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPMS, Workshop Investasi Syariah dan telah melakukan transaksi jual/beli saham minimal 1 (satu)  kali transaksi.

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi Pasar Modal Saham

Syarat dan Ketentuan Sekolah Pasar Modal (SPM)

  1. Untuk menjadi peserta SPM/SPMS level 1 dan level 2, peserta mendaftar secara on-line melalui portal INVESTAR di http://investar.idx.co.id/
  2. Untuk peserta SPM/SPMS level 1: mentransfer dana Sebesar Rp100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM/SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham). Rekening Bursa Efek Indonesia akan diinformasikan dalam email konfirmasi.

  3. Pada saat pelaksanaan SPM/SPMS level 1, peserta membawa:a.  Bukti setor dana yang telah ditransfer ke rekening BEI;b.  Membawa foto copy KTP;c.  Membawa foto copy NPWP;d.  Membawa foto copy halaman depan buku rekening tabungan;e.  Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga  membawa foto copy kartu keluarga;f.  Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga  membawa foto copy NPWP orangtua/suami;
  4. Pada saat pelaksanaan SPM level 2, peserta membawa kartu akses atau trading confirmationtransaksi saham
  5. Sertifikat dalam bentuk file digital akan di-email kepada peserta  setelah peserta mengikuti SPM/SPMS level 1 & 2 dan telah melakukan transaksi jual/ beli saham.

  6. Materi dalam bentuk file digital akan dikirim kepada peserta melalui email.
  7. Permohonan perubahan jadwal keikutsertaan hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan email permohonan ke [email protected].

INFORMASI DAN KONTAK 

Apabila anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Program Edukasi ini dapat menghubungi:

Divisi Pengembangan Investor
PT Bursa Efek Indonesia

SPM Reguler dan Syariah:

Jakarta
Call Center PT Bursa Efek Indonesia
Telepon bebas pulsa: 0800 100 9000
Telp: (021) 5152318; ext: 8209 atau 8220
Email: [email protected]
atau hubungi
1. Anita, email: [email protected];
2. Yunita, email: [email protected].

Surabaya
Telp.  : (031) 534.0888
Ext.    : 300 (Inggit), 306 (Cita)
Fax    : (031) 534-2888
Email : [email protected], [email protected]

 

Sekilan artikel kali ini, semoga pada melek investasi.. Amiinnn

7 KOMENTAR

  1. kak, saya sudah daftar spm lewat online, tapi saya lupa tujuan bank yang buat kita transfer nya,,boleh saya minta norek.sama nama penerima nya???

  2. Yang saya sayangkan tidak ada SPM secara online ya. Apalagi bagi kami yang tinggal jauh dari kota. Saya pernah kontak SPM untuk tanya pelatihan untuk yang di Riau. Mereka menyarankan hubungi KP BEI di Pekanbaru. Lagi-lagi di kota. :((
    Mungkin nanti pas ada urusan ke kota baru bisa singgah. Sedihnya orang yang tinggal di kampung.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.