Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Dengan ikut Sekolah Pasar Modal anda dapat menjadi investor saham dengan hanya modal awal Rp 100.000

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat umum dapat menjadi peserta sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Suasana saat dulu saya mengikuti mengikuti SPM Level 1

Sekolah pasar modal sendiri terbagi menjadi 2 kelas, yang pertama Sekolah Pasar Modal Reguler (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS). Baik SPM dan SMPS, keduanya memiliki keunggulan masing masing-masing. Bila anda memilih SPM, maka akan di ajakan pengetahuan pasar saham secara menyeleuruh. Beda halnya dengan SPMS yang mengajarkan pemahaman tentang investasi syariah dengan landasan fiqih dan yang pasti tools yang digunakan untuk transaksi memakai sistem trading syariah. Anda boleh pilih salah satunya atau sekalian mengikuti keduanya SPM dan SPMS seperti saya lakukan, setidaknya untuk mengetahui mekanisme saham reguler dan saham syariah.

Dengan Rp100,000,- Bisa Belajar dan Langsung Jadi Investor Saham

Saya mengikuti SPM sekitar tahun 2014, jadi pada saat itu masih gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Nahh… untuk sekarang ini IDX mewajibkan setiap yang ikut SPM akan dikenakan biaya Rp 100,000. Loh kenapa? kok gak gratis lagi?

Tenang… uang yang anda keluarkan Rp 100,000 untuk mengikuti SPM tidak sia-sia kok. Tujuan IDX memberlakukan sistem bayar untuk SPM bukan sebagai biaya kelasnya, akan tetapi untuk pembukaan rekening efek. Dengan begini, IDX mendorong anda untuk masuk pasar saham langsung ketika SPM berlangsung.

Dikasih Modul SPM Level 1

Lagi pula SPM kali ini berbeda dengan tahun 2014 lalu saya ikut, saat saya mengikuti SPM Level 1 dan Level 2 itu diadakan di hari yang berbeda. dimana Level 1 hanya diajarkan pandangan awal pasar saham dan untuk mengikuti SPM Lever 2 peserta sudah harus memiliki rekening efek.

Baca Juga: Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui BNI Sekuritas (Update 10/8/17)

Di tahun 2016 inilah, IDX menggabungkan SPM Level 1 dan Level 2 menjadi satu hari. Bayangkan saja, ikut SPM Rp 100,000 ketika pagi masuk kelas Level 1 masih gak tau apa-apa, lalu siang masuk kelas Level 2 buka rekening langsung transaksi saham dengan modal Rp 100,000 tadi. pulang-pulang udah jadi investor di pasar modal, asiikkk gak tu.

Berikut ini saya paparkan tujuan dan deskripsi SPM versi IDX.

TUJUAN KEGIATAN

Sekolah Pasar Modal (SPM)

  • Memberikan edukasi yang benar tentang investasi;
  • Memberikan edukasi tentang investasi saham;
  • Memberikan informasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham;
  • Memberikan edukasi tentang teori pemilihan saham untuk diinvestasikan;
  • Meningkatkan awareness bahwa investasi saham itu mudah dan terjangkau;
  • Memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor.

Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS)

  • Memberikan edukasi yang benar tentang investasi;
  • Memberikan informasi tentang pasar modal Syariah di Indonesia;
  • Memberikan edukasi tentang investasi saham Syariah di pasar modal;
  • Memberikan informasi tentang mekanisme untuk menjadi investor saham Syariah;
  • Memberikan edukasi tentang teori pemilihan saham Syariah untuk diinvestasikan
  • Meningkatkan awareness bahwa investasi saham Syariah itu mudah dan terjangkau;
  • Memberikan informasi tentang lembaga-lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas dan perlindungan kepada investor Syariah.

Jenis-jenis Sekolah Pasar Modal

Sekolah Pasar MOdal (SPM) sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu SPM reguler dan SPM syariah, anda dapat memilih sesuai minat.

Sekolah Pasar Modal (SPM)

Diselenggarakan selama satu (1) hari dari jam 09.00 – 16.00 WIB dan terdiri dari dua (2) level:

  1. SPM level 1 diperuntukkan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham. Pada SPM level 1 peserta akan mendapat gambaran umum tentang pasar modal, tentang investasi khususnya investasi saham, dan cara berinvestasi saham di pasar modal Indonesia. Untuk mengikuti SPM level 1 peserta dikenakan biaya Rp100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham);

  2. SPM level 2 adalah Workshop Investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham pada saat mengikuti SPM level 2. SPM level 2 juga dapat diikuti oleh peserta SPM level 1 pada hari yang sama.  Pada SPM level 2 peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai pengetahuan untuk memilih saham yang akan diinvestasikan;

  3. Peserta yang mendaftar SPM level 1 dapat langsung mendaftar SPM level 2 yang penyelenggaraannya dilaksanakan pada hari yang sama atau di hari lain setelah peserta mengikuti SPM level 1.
  4. Level 1 : Pukul 09.00 – 12.00 hari Rabu atau Kamis atau Sabtu terakhir setiap bulan;
  5. Level 2 : Pukul 13.00 – 16.00 hari Rabu atau Kamis atau Sabtu terakhir setiap bulan;

Setiap peserta SPM akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPM level 1, SPM level 2 (Workshop Investasi) dan telah melakukan transaksi jual/beli saham.

Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS)

Diselenggarakan selama satu (1) hari dari jam 09.00 – 16.00 WIB dan terdiri dari dua level:

  1. SPMS level 1diperuntukan bagi masyarakat yang belum menjadi investor saham syariah. Pada SPMS level 1 peserta akan mendapat pengetahuan tentang investasi syariah di Pasar Modal dan Landasan Fiqih Investasi di Pasar Modal serta mekanisme transaksi saham syariah dengan menggunakan Sharia Online Trading System (SOTS). Untuk mengikuti SPMS level 1 peserta dikenakan biaya Rp 100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham syariah (biaya SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham syariah);

  2. SPMS level 2 adalah Workshop Investasi Saham Syariah yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah menjadi investor saham syariah di pasar modal Indonesia, dibuktikan dengan mempunyai SID dengan membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham syariah pada saat mengikuti SPMS level 2. SPMS level 2 juga dapat diikuti oleh peserta SPMS level 1 pada hari yang sama. Pada Workshop Investasi Saham Syariah peserta akan mendapat pengetahuan tentang analisa fundamental dan teknikal, informasi market update serta pengenalan Reksa Dana Syariah sebagai pengetahuan teknis dalam berinvestasi secara syariah

  3. Level1  : Pukul 09.00 – 12.00 setiap hari Selasa;
  4. Workshop  : Pukul 13.00 – 16.00 setiap hari Selasa;

Setiap peserta SPMS akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti SPMS, Workshop Investasi Syariah dan telah melakukan transaksi jual/beli saham minimal 1 (satu)  kali transaksi.

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi Pasar Modal Saham

Cara Mendaftar Online Sekolah Pasar Modal (SPM)

    1. Untuk menjadi peserta SPM/SPMS level 1 dan level 2, peserta mendaftar secara on-line melalui portal SPM di https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/.
      a. setelah masuk ke halaman awal, anda perlu mencari form seperti dibawa ini. Pilih program, level dan kota. form pendaftaran sekolah pasar modalBila anda baru mengenal saham, maka pilih level 1. Lalu klik DAFTAR.
      b. selanjutkan anda tinggal memilih waktu pelaksanaan sesuai jadwal anda. form pendaftaran sekolah pasar modal
      c. Lalu, isi form dengan data yang benar. Dapat anda lihat dibawah ini terdapat dua form pendaftaran, untuk level 1 dan level 2. Bila anda baru pertama kali mengenal saham, lihat cara pengisian form level 1.

      form pendaftaran sekolah pasar modal
      Form pendaftaran SPM level 1

      Dibawah ini adalah form untuk level 2, saya memberi contoh pengisian form level 2 saja, karena saya sudah menjadi investor saham.

      form pendaftaran sekolah pasar modal
      Form pendaftaran SPM level 2

      d. Selesai, kini anda dapat mengecek email untuk informasi lebih lanjut. form pendaftaran sekolah pasar modal
      e. Kini anda dapat mengecek informasi detail SPM yang anda ikuti dengan mengikuri semua prosudur yang sudah di sampai kan. form pendaftaran sekolah pasar modal  Sampai disini, pendaftaran anda telah selesai dan berhasil.

    2. Untuk peserta SPM/SPMS level 1: mentransfer dana Sebesar Rp100,000,- (seratus ribu rupiah) yang akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM/SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham). Rekening Bursa Efek Indonesia akan diinformasikan dalam email konfirmasi.

    3. Pada saat pelaksanaan SPM/SPMS level 1, peserta membawa:a.  Bukti setor dana yang telah ditransfer ke rekening BEI;
      b.  Membawa foto copy KTP;
      c.  Membawa foto copy NPWP
      d.  Membawa foto copy halaman depan buku rekening tabungan;
      e.  Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga membawa foto copy kartu keluarga;
      f.  Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga membawa foto copy NPWP orangtua/suami;
    4. Pada saat pelaksanaan SPM level 2, peserta membawa kartu akses atau trading confirmation transaksi saham
    5. Sertifikat dalam bentuk file digital akan di-email kepada peserta  setelah peserta mengikuti SPM/SPMS level 1 & 2 dan telah melakukan transaksi jual/ beli saham.

    6. Materi dalam bentuk file digital akan dikirim kepada peserta melalui email.

    7. Permohonan perubahan jadwal keikutsertaan hanya dapat dilakukan dengan mengirimkan email permohonan ke info.spmreguler@gmail.com.

 

FAQ, Informasi, dan Kontak BEI

Q. Pendaftaran Sekolah Pasar Modal

Informasi dan Pendaftaran tentang Sekolah Pasar Modal (SPM) dapat mengunjungi Halaman Pendaftaran SPM

Q. Jadwal Pelaksanaan Sekolah Pasar Modal

Jadwal yang tersedia untuk Sekolah Pasar Modal (SPM) dapat dilihat pada Halaman Jadwal. Silahkan melakukan pendaftaran jika jadwalyang diinginkan tersedia.

Q. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Sekolah Pasar Modal (SPM) dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis serta satu kali dalam sebulan di hari Sabtu.
Tempat pelaksanaan di :

Galeri Bursa Efek Indonesia Jakarta
Gedung Bursa Efek Indonesia Tower II Lantai 1
Jl. Jend Sudirman Kav 52-53 Jakarta SelatanAdapun jadwal pelaksanaan :
Level 1 : Pukul 08:30 – 12:00;
Level 2 : Pukul 13:00 – 16:00.Jadwal yang tersedia untuk Sekolah Pasar Modal (SPM) dapat diliaht pada Halaman Jadwal
Pendaftaran dibuka seminggu sebelum kegiatan. Pelaksanaan Sekolah Pasar Modal (SPM) juga dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BEI. Silahkan menghubungi Kantor Perwakilan kami di kota terdekat Anda. Informasi alamat Kantor Perwakilan BEI silahkan mengunjungi laman Kantor Perwakilan BEI.

Q. Tanpa NPWP

Untuk pilihan tidak mengisi NPWP mohon memilih sumber penghasilan orant tua. Dan apabila orang tua tidak mempunyai NPWP dilewatkan saja karena tidak mandatory

NPWP dapat digantikan dengan mengisi form keterangan tidak memiliki NPWP yang akan disediakan panitia di lokasi

Q. Reschedule SPM

Kami akan membantu Saudara dalam re-schedule keikutsertaan Sekolah Pasar Modal (SPM) hanya 1 (satu) kali

Q. Keterangan Uang Pendaftaran Rp100.000

Dana yang Saudara trnasfer sebesar RP100.000,- (seratus ribu rupiah) akan dikonversikan menjadi modal awal peserta untuk mulai investasi saham (biaya SPM/SPMS dikembalikan kepada peserta dalam bentuk modal untuk investasi saham)

Q. Sertifikat

Setiap peserta Sekolah (SPM) akan mendapatkan materi dan sertifikat kegiatan apabila telah mendaftar secara online dan mengikuti SPM level 1, SPM level 2 (Workshop Investasi) dalam 1 (satu) hari yang sama dan telah melakukan transaksi jual/beli saham

Q. Kontak dan Informasi

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Program Edukasi ini dapat menghubungi :

Divisi Pengembangan Investor
PT Bursa Efek Indonesia

SPM Reguler dan Syariah :

Jakarta
Call Center PT Bursa Efek Indonesia
Telepon Bebas Pulsa : 0800 100 9000
Telp : (021) 515-2318 Ext : 8209 / 8220
Email : sekolahpasarmodal@ticmi.co.id

Surabaya
Telp : (031) 534-0888
Ext : 300 (Inggit), 306 (Cita)
Fax : (031) 534-2888
Email : inggit.ristantri@idx.co.id, cita.mellisa@idx.co.id

Demikian artikle tentang SPM ini, semoga membantu anda. Bila ada pertanyaan seputar SPM dan saham dapat meninggalkan komentas di bawah ini.

halo@irfan.id

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
200PengikutMengikuti

25 KOMENTAR

    • SPM Level 2 sudah termasuk… beda dengan SPM dulu yang saya ikut, SPM sekarang sudah diadakan langsung dalam sehari, pagi level 1 dan siang level 2. Sehingga, pembayaran modal 100 itu sudah mencakup 2 level tersebut. Tks

  1. Hallo mas Irfan, setelah kita mengikuti SPM dan terdaftar sebagai investor. platform apa saja yang tersedia untuk kita melakukan trading ?

    • Semua tergantung dari siapa penyelenggaranya. Karena biasa SPM IDX ini menggandeng berbagai sekuritas. Kalau mas daftar via kota-kota kecil, itu biasanya ada keterangan siapa penyelenggaranya, tapi tadi saya lihat untuk di Jakarta pusat tidak tertera dengan siapa IDX bekerja sama.

      Jadi, mengenai platform apa nanti yang didapat, tergantung sekuritar apa yang menyelenggarakan SPM tersebut. Tks

  2. Pak saya sudah terdaftar di salah satu sekuritas bursa saham, sudah ada RDN nya tapi saya belum pernah bertransaksi karna belum paham betul. dan ingin sekolah bursah saham dulu secara online mohon petunjuk nya ! Mks Pak

  3. halo pak irfan, apabila saya berniat untuk melakukan pendaftaran di sekolah pasar modal apa sudah diharuskan memiliki kartu akses ya? atau setelah mengikuti level 1 dan pembukaan rekening efek baru mendapatkan kartu akses dihari itu juga?
    terimakasih atas info yang sudah dibagikan diatas, sangat bermanfaat..

    • Kartu Akses hanya diberikan jika sudah jadi investor, kalau baru mendaftar tidak perlu karetu tersebut. Pembuatan kartu KSEI pasti antri, dulu saya dikirim ke alamat rumah. Jadi, pastikan alamat rumah yang diisi diformulir saat pembuatan akun saham benar dan jelas. selanjutnya tentang kartu Akses KSEI bisa dibaca disini https://irfan.id/mengenal-kartu-akses-ksei-ktpnya-para-investor-saham/.

      Apakah kartu tersebut didapat saat SPM saya juga kurang tau. tapi menurut saya tidak mungkin karena kartu tersebut membutuhkan cetak dan setau saya hanya dibuat di kantro pusar Jakarta. jadi yang mengikuti SPM di daerah kemungkinan tidak bisa langsung dapat, tetap menggunakan sistem antrian dan di kirim ke alamat masing-masin investor, Tks

  4. Halo Pak Irfan, saya baru mau mulai mempelajari dunia persahaman, dari SPM dan SPM Syariah, kira-kira lebih baik ikutan yg mana dulu ya? Tks

    • Kedua SPM tersebuh sama saja, bedanya Syariah pengenalan sahamnya menggunakan landasan fiqih. Jadi tergantung mau tahu yang konvensional atau syariah. Kalau Anda banyak waktu, ikuti saja kedua kelas tersebut, mulai dari SPM reguler baru SPM syariah. Tks

  5. Maaf Pak Irfan mau nanya, saya tinggalnya di jogja,, apa SPM adanya cuma di jakarta? Atau di Jogja ada? Semisalnya ada kapan dan dimana alamatnya Pak? Terimakasih sebelumnya.

  6. Pak rfan,
    Saya pemula untuk memulai main saham. kebetulan saya pakai ipad dan sudah masuk ke MOST. MAsalahnya setiap saya mau transaksi ada permintaan Pin Verification, kemudian saya masukkan PIN yang diberikan, ternyata ada tuliasan invalid PIN.
    Kenapa ya pak.

    Terimakasih atas bantuannya.

  7. Yang saya sayangkan tidak ada SPM secara online ya. Apalagi bagi kami yang tinggal jauh dari kota. Saya pernah kontak SPM untuk tanya pelatihan untuk yang di Riau. Mereka menyarankan hubungi KP BEI di Pekanbaru. Lagi-lagi di kota. :((
    Mungkin nanti pas ada urusan ke kota baru bisa singgah. Sedihnya orang yang tinggal di kampung.

  8. kak, saya sudah daftar spm lewat online, tapi saya lupa tujuan bank yang buat kita transfer nya,,boleh saya minta norek.sama nama penerima nya???

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja