PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20)

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20)

Indo Premier Sekuritas memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan setoran awal transaksi di IPOT dengan hanya 1 lot saham saja (Rp 5.000)

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20)

Indo Premier Sekuritas memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan setoran awal transaksi di IPOT dengan hanya 1 lot saham saja (Rp 5.000)

Ringkasan

Review apliaksi IPOT IndoPremier adalah murni sudut pandang penulis setelah menggunakan produk terkait. Perbedaan pendapat dengan pembaca lain tentu bisa saja terjadi.

Indopremier sekuritas – Kurang lebih sudah setahunan saya menjadi investment blogger yang menyajikan informasi seputar tentang investasi khususnya saham.

Selama setahunan pula saya banyak menjumpai berbagai pertanyaan dan pernyataan seputar saham, salah satunya adalah tentang keluhan calon investor mengenai mahalnya setoran minimum untuk membuka akun di sekuritas.

Saya paham betul akan keluhan ini, karena juga pernah mengalami kesulitan dalam hal finansial untuk memulai investasi.

Oleh karena itu, sebenarnya sudah banyak sekuritas yang melonggarkan aturan setoran awal, seperti contohnya Mandiri Sekuritas yang dulunya setoran awal 5 juta kini menjadi 2 juta saja, atau seperti BNI Sekuritas yang awalnya 5 juta menjadi 1 juta saja.

Baca Juga Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Pelonggaran setoran awal ini ternyata masih menjadi beban untuk beberapa orang yang pernah saya temui. Mereka masih menanyakan apakah ada sekuritas yang lebih murah lagi setoran modal awalnya dari beberapa sekuritas yang saya tawari, sayangnya tidak ada.

Kalau pun calon investor masih tetap menginginkan sekuritas dengan modal awal kecil, sebenarnya bisa saja mengikuti Sekolah Pasar Modal yang di selenggarakan BEI. Di SPM calon investor cukup melakukan setoran awal minimal Rp 100.000. Tapi sayang seribu sayang, ternyata tidak semua kota di Indonesia tersedia SPM.

Hal ini membuat saya bingung dan merasa kasihan ketika ada orang yang sangat berminat untuk ikut berinvestasi di pasar modal saham, ternyata masih terkendala setoran awal dan edukasi yang kurang.

Atas isu yang saya temukan sendiri ini, saya kembali mencoba untuk menyelam ke dasar Google Search dan berharap menemukan sekuritas yang memberikan keringanan dalam hal setoran dana awal investasi.

Setelah saya mencari kesana-kemari, ternyata ada sekuritas yang memberikan kemudahan kepada investornya dengan setoran awal yang lebih kecil, yaitu Indo Premier Sekuritas atau biasa dikenal dengan nama “IndoPremier”.

Hanya di IndoPremier Sekuritas, setoran awal investasi bisa suka-suka

Tentu dengan berjumpanya saya dengan Indo Premier Sekuritas membuat saya geleng-geleng kepala. Kenapa?

Karena saya tidak menyangka disaat banyak sekuritas yang mematok setoran awal di kisaran jutaan, ternyata ada sekuritas yang menyediakan layanan online trading dengan hanya modal kecil.

Indo Premier Sekuritas

Di Indo Premier Sekuritas, kamu dapat memulai investasi dengan modal Rp 5.000 (seperti membeli 1 lot saham dengan harga Rp 50). Kamu dapat memulai berinvestasi dengan setoran awal berapapun, asik ya!!

Mengenal IPOTSTOCK, layanan keuangan terintegrasi dari IndoPremier

Tak jauh berbeda dengan sekuritas lainnya, Indo Premier Sekuritas juga memiliki layanan untuk online trading yaitu IPOTSTOCK. Hanya saja, beda IndoPremier dengan yang lainnya adalah, IndoPremier memiliki 7 layanan keuangan yang terintegrasi, yaitu: IPOTGO | IPOTPAY | IPOTSTOCK | IPOTFUND | IPOTNEWS | IPOTPLAN | IPOTKU. Jadi, daftar 1 akun di IndoPremier  bisa untuk banyak layanan.

PT. Indo Premier Sekuritas saat ini telah melayani ±25% dari seluruh investor saham di Indonesia dengan dukungan kehandalan teknologi dan menyediakan integrasi secara keseluruhan perdagangan efek (reksa dana, obligasi, saham).

Baca Juga Mengenal Kartu AKSes KSEI, KTPnya Para Investor Saham

Sistem IPOTSTOCK menyediakan kenyamanan dalam berinvestasi di pasar saham dengan dukungan fitur dan tools analisa yang komprehensif seperti Advanced OrderBook, Order Center, Stock Screener, Chart & Data Comparison, Index Mover, Target Price Hi-Lo, Chat Room, Fasilitas Trading Limit, IPOT ATM (Auto Trading Machine), IPOT Notification, e-IPO dan ditambahkan dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang mendukung kebutuhan nasabah dalam mengambil suatu keputusan keuangan (investasi).

Servis dan layanan

Melalui platform IPOTSTOCK, IndoPremier menawarkan kenyamanan, rasa aman, dan kemudahan kepada masyarakat Indonesia dalam mengelola kegiatan investasi.

    • Satu akun keuangan terintegrasi (Integrated Investment Solutions) untuk setiap produk investasi
    • Platform pertama di Indonesia yang memberikan fasilitas switching antar semua instrumen keuangan dalam hari yang sama
    • Satu rekening pembayaran dan satu laporan portfolio yang terintegrasi
    • Akses khusus pasar primer ETF, satu-satu nya di Indonesia
    • Memberikan wawasan dan pengetahuan investasi secara luas dan terbuka
    • Tools dan Fitur Handal untuk keperluan analisa (Advanced OrderBook, Order Center, Stock Screener, Chart & Data Comparison, Index Mover, Target Price Hi-Lo, Chat Room)
    • Auto Trading Machine (ATM) pertama di pasar modal Indonesia
    • Fasilitas Trading Limit (Regular, Margin license, dan One-Day-Trade)
    • Electronic – Initial Public Offering (e-IPO)
    • Notifikasi berkalaSystem push berita, informasi, artikel sampai dengan proses alur transaksi
    • Kanal khusus untuk edukasi (IPOTACADEMY) dan forum diskusi keuangan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagaimana, lengkap sekali bukan layanan IPOTSTOCK IndoPremier?

Bagaimana cara mendaftar di Indo Premier Sekuritas

Untuk pendaftaran, Indo Premier Sekuritas memiliki cara yang sama dengan sekuritas yang lainnya, yaitu bisa datang langsung kekantornya atau mendaftar online buat yang di kotanya tidak ada kantor cabang IndoPremier.

1. Cara daftar langsung di kantor IndoPremier Sekuritas

Kelengkapan dokumen untuk mendaftar di Kantor cabang Indo Premier Sekuritas:

  1. Copy KTP
  2. Copy NPWP (jika ada)
  3. Copy halaman pertama buku rekening tabungan

Berikut ini daftar alamat kantor cabang Indo Premier Sekuritas berbagai daerah di Indonesia.

Kantor cabang Indo Premier Sekuritas
Kantor cabang Indo Premier Sekuritas

2. Cara daftar online di IndoPremier Sekuritas

Di kota kamu tidak terdapat kantor cabang Indo Premier Sekuritas? Jangan panik, kamu tetap dapat mendaftar secara oleh dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Pergi kehalaman pendaftaran IndoPremier Sekuritas di sini.
  2. Saat halaman berhasil dimuat, kamu akan menemukan laman seperti ini. Isi form tersebut kemudian klik Lanjut. Perhatiakan tombol contreng di bawah ini, kamu dapat memilih opsi untuk membuka akun IPOT secara Syariah. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 9
  3. Selanjutnya mengisi data personal selengkap-lengkapnya. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 10
  4. Form selanjutnya adalah mengisi data pekerjaan kamu, isi selengkap-lengkapnya. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 11
  5. Tahap terkahir, kamu akan membuat akses login berupa username dan password, jangan kelupaan. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 12
  6. Bila pendaftaran sudah selesai, akan muncul notifikasi ucapan Terima Kasih dan kamu akan dialihkan ke email untuk melanjutkan pendaftaran. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 13
  7. Bila email sudah diterima dengan baik, maka bentuk emailnya akan seperti dibawah ini. Downlaod semua data yang dikirimkan, lalu print. (klik untuk perbesar gambar)
    Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 14
    Bentuk email yang akan diterima
  8. Tahap akhir setelah di print adalah melengkapi data dengan tanda tangan serta materai 6.000 pada kolom yang sudah disediakan.
  9. Masukkan semua berkas kedalam amplop. Bila kamu mengikuti semua instruksinya, maka semua dokumen yang dikirimkan ber jumlah 8 dokumen, mulai dari 4 dokumen email, 1 copy KTP, 1 copy NPWP (jika ada), 1 copy halaman pertama buku rekening tabungan (apa saja boleh), dan 1 dokumen foto diri selfie bersama KTP.
  10. Kalau sudah beres semua, kirimkan kealamat yang sudah ditentukan pada email tadi. Selesai.

Baca Juga Ingin Investasi Saham Tapi Tidak Punya NPWP? Begini Caranya

Untuk pengerjaan akun sendiri katanya membutuhkan waktu 2 hari kerja bursa, artinya ini proses yang sangat cepat mengingat biasa sekuritas lainnya yang pernah saya temui mematok waktu 7 hari kerja bursa.

Cara jual-beli saham di IndoPremier Sekuritas melalui aplikasi IPOTGO (Update 12/2/19)

Sebelum pastikan sudah LOGIN dan input PIN. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 15
Halaman Portfolio IPOT

Aplikasi baru IPOT (UPDATE: 28/7/20)

Tepat bulan Juni 2020 lalu IndoPremier resmi memperkenalkan aplikasi baru yang bernama IPOT. Aplikasi ini sudah bisa kamu diunduh untuk pengguna Android dan iOS.

Jadi daftar akun IndoPremier bisa dilakukan di aplikasi terbaru ini.

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (UPDATE: 28/7/20) 16

Aplikasi ini adalah super app IndoPremier yang menggabungkan semua aplikasi yang mereka miliki seperti IPOTGO, IPOTKU, IPOTPAY, IPOTNEWS, dan IPOTULTIMA.

Jadi aplikasi IPOT bisa kamu gunakan untuk beli saham, beli reksa dana, melalukan perencanaan keuangan, dompet digital dan juga portal berita seputar pasar modal Indonesia.

Tapi, untuk sekarang aplikasi IPOT baru bisa untuk beli saham dan belajar investasi saja, fitur lain masih coming soon.

Lumayan udah bisa beli saham pakai aplikasi baru.

Kamu bisa baca artikel review IPOT baru yang sudah saya tulis.


Sampai disini, jika kamu sudah berhasil membeli saham yang diinginkan, maka secara resmi kamu sudah menjadi investor saham.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, kamu bisa tulis di kolom komentar dibawah ini.

- Iklan -

REVIEW OVERVIEW

User Interface (UI)
User Experience (UX)
Fitur
Keamanan

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

203 KOMENTAR

  1. Halo Mas.. saya baru aktifkan IPOT dan baru transfer dana.. tapi kok kas saya masih kosong ya ?? apa karena di luar jam kerja ? sudah DM instagram , mereka ngotot mau telepon gk mau jelasin by DM.. bingung jadinya…

    • Uangnya sudah masuk, hanya saja memang rada lama dibaca sistem Indo Premier.

      Kalau kamu DM instagram official account @indopremier yang ada tanda verified, kasih aja no telepon agar mereka hubungi. Tks

  2. Mas kalau melaksanakan order saham terus di withdrawl dikenai biaya pembatalan g?soalnya saya mw beli saham lagi biaya etp nya jd besar?
    Maklum pemula jadi g paham

    • Transfer dana ke RDN sama seperti transfer antar bank biasa.

      Cara lihat nomor rekening RDN:
      Login ke akun di aplikasi IPOT > ketuk icon person dipojok kanan atas app > ketuk menu “Informations” > ketuk lagi “Account Info” > nanti muncul halaman yang memuat info “Rekening Dana Nasabah”.

      Transfer dana ke nomor Rekening Bank RDN, pastikan no rekening RDN atas nama kamu. Tks

      • Udah dicek di ipot RDNnya kosong?tp ada email masuk pemberitahuan no rek RDN. Jadi langsung transfer aja gitu ke no rek RDN di email?

        • Sama saya juga gitu, udh buka aplikasi ipotnya trus liat nmer RDN nya bener nama saya, habis di tranfer tp saldo masih 0 solusi ente gimana gan

          • coba cek berkala sampai 1 jam ke depan. Memang rada lama tercatat di sistem appnya Indo Premier.

            Kalau belum masuk juga. bisa tanya langsung ke CS twitternya saat jam kerja. Tks

  3. Tolong tanya Ipot tidak menyediakan fund Manager yg mengelola saham investor ? Tentu dengan prospek yang menguntungkan bagi investornya dengan produksi yang tepat.

  4. Saya ingin tanya masalah pembukaan rekening rdn saya Uda ikutin prosedur nya. tiap saya log in rekening dalam proses. Saya buat tgl 18 Agustus sampai sekarang blm kelar.
    Kendala nya dmna ya mas ?
    Atau mmng proses nya butuh waktu yng lama .
    Mohon pencerahannya. Terimakasih

  5. Kak mau tanya cara minta ganti RDN yang defaultnya bank permata ke bank mandiri gimana ya? Apa ketika RDN nya sudah jadi baru kemudian minta ganti? Lalu proses minta ganti RDN dari semula bank permata ke bank mandiri bagaimana kak

    • Untuk ganti ke RDN Mandiri bisa di request ke: support@indopremier.com.

      Bilang aja minta ganti ke RDN Mandiri. Jangan lupa lampirkan client IDnya.

      Tapi harap bersabar menunggu email dibalas, beberapa kasus yang dilaporkan ke saya ada yang emailnya lama ditanggapi. Tapi menurut pihak IndoPremier semua email bakal direspon sesuai dengan antrian masuknya, jadi jangan ngirim email banyak-banyak cukup sekali dan tunggu direspon.

      Kalau kira2 seminggu gak direspon, colek aja admin socmed mereka, nanti dibantu follow up. Tks

  6. Maaf mas..saya klo SDH daftar ipot terbaru klo download ipotgo lagi harus bikin akun baru lagi gak…sialnya saya mau inves di reksa dana

  7. Hi Mas Irfan,

    Saya sudah baca artikel diatas untuk indopremier dan ipot nya , rencanya saya mau buka di indoprpremier dan ada beberapa hal yg mau saya tanyakan :

    1. berapa fee beli dan jual saham untuk sekarang ini ?
    2. Apakah ada fee bulanan lain yg harus di bayar ? misal fee penyediaan data actual
    3. apakah ada fasilitas auto order ? kalau ada ada limit nya gak ?
    4. apakah sales nya responsif cepat menjawab jika kita punya pertanyaan ?
    5. Indopremier punya free training untuk member nya ?

    Demikian pertanyaan nya saya ucapkan terima kasih .

    Regards,

    Luwi

    • Hi,

      1. Buy 0,19% – Sell 0,29% (ini mahal banget sih.. kalau ada budget lebih, cari sekuritas lainnya yang lebih rendah biayanya)
      2. Setau saya gak ada…. nanti coba cari-cari info lagi.
      3. Ada fasiltas auto order di apliaksi barunya IPOT. untuk limitnya saya kurang tau, belum pernah coba.
      4. Cepat. saya sering lihat balasan tweet mereka ke konsumen via Twitter. saya juga sering chat mereka via DM Instagram.
      5. Kalau webinar ada… mereka juga punya segmen edukasi di aplikasi baru, coba buka aja IPOT app.

      Terima kasih

    • Email saya: halo@irfan.id

      Kalau pertanyaan general yang bisa dipublikasikan, tulis di kolom komentar aja, soalnya saya jarang balas email sekarang. kecuali hal yang privasi, baru boleh email. Tks

  8. Mas mau tanya, kalo mo beli saham melebihi dana tersedia (bukan melebihi saldo) apakah kena biaya fasilitas juga?

    Lalu saya pernah melakukan transfer, kemudian di mutasi kasnya ada mutasi transfer, tapi ada mutasi setoran setoran juga… Kalo saya jumlahkan setorannya sama dengan jumlah transferan… Mohon informasinya… Saya masih kesulitan membaca laporan mutasinya juga termasuk Pencairan RDPU itu apa dan RDN interest itu apa… Sudah Googling tapi masih belum paham, mungkin karna awam…. Makasih mass

  9. Selamat Pagi Kak, mau tanya dong,
    Jumat lalu, saya sudah isi saldo 1 juta
    Tapi hari ini saat saya mau beli sahamya, dikasih keterangan kalau limit min dan maksnya 187.500
    Kenapa yah saya gak bisa pake dana 1 jutanya semua?

    Terimakasih

    • Ini kasusnya saya kurang tau kalau gak lihat langsung gambar dan kronologinya.

      Lebih tepatnya agar menghubungi pihak CS Indopremier langusung via DM twitter, biasa mereka balas jam kerja. Tks

    • Kalau daftar akun di Indopremier online, otomatis dapat RDN Bank permata. umumnya, biar gak kena biaya transfer, lebih baik pakai bank Permata juga.

      Tapi kalau gak punya bank permata ada opsi lain.

      Indopremier juga punya RDN bank Mandiri atau BCA, jadi bisa pakai kedua bank itu.

      Dengan catatan, kalau daftar online tetap dapat RDN permata, tapi bisa kamu request untuk ganti RDN ke bank mandiri atau BCA. Tks

  10. Pak, aku bru punya akun dan smua sdh bs transaksi, mau tanya untuk beli saham kita input manual harga nya? Bukannya sdh ditentukan harga per saham nya yah, apa bs diinput sembarangan? Thanks

    • Iya benar, harga tidak bisa dimasukkan semabarangan… semua sudah diatur sistem dan kelipatan harga sesuai dengan fraksi harga.

      Coba lihat cara beli saham via IPOTGO yang sudah saya contohkan diatas. saya input harga yang sesuai ada di table ordernya. Tks

  11. salam kenal mas. saya mau nanya kalau mau pindah dari sekuritas lain ke indopremier ini bagaimana yah caranya tanpa harus menjual portofolio yang saya miliki sekarang.

    • Salam kenal juga.

      Tidak harus. Kamu bisa transfer saham antar sekuritas, tapi ada biayanya. Kalau mau mudah, jual saja portfolionya, lalu tarik semua uang di RDN sampai nol dan pindahan ke Indopremier.

      Coba tanya ke sekuritas terkait yang ada portfolionya, “kalau transfer saham ke sekuritas lain gimana caranya dan biayanya berapa?”. Tks

  12. Mas..
    Kalo aku nyoba beli saham terus katanya pembayaran suspend itu knp yaa?
    Apa kita perlu to up dlu ato gmn?
    Makasih

        • Ini menurut orang dalam yang sudah saya tanyai, pastikan saldo di RDN ada dan nominalnya sesuai dengan harga saham yang kamu beli.

          Jadi, sebelum beli saham, kamu harus top up RDN, lalu cek apakah dana sudah masuk. Kalau bisa jangan mendadak kalau beli saham. Top up dana dilakukan beberap jam sebelum trading, sehingga dananya masuk ke RDN dulu dan beli saham dengan jumlah uang yang kamu miliki. Tks

        • Apakah top up nya hanya melalui transfer rekening bank atau bisa melalui GoPay atau dompet digital lainya? Terima kasih

        • Hi, saya tadi kontak orang Indopremier, aplikasi IPOT memang sedang dalam pengembangan katanya, jadi rada error gitu.

          Katanya kalau mau daftar akun via aplikasi IPOTPAY saja, itu hanya untuk daftar. Kalau akun sudah jadi, bisa trading pakai aplikasi IPOT. Tks

  13. Kak, saya barusan pakek ipotfund. Barusan saya sudah taransfer ke no rek rdn dan masuk ke dana lancar 500rb dan dana tersedia 31rb. Tapi wakti saya mau beli saham kok ada notifikasi order reject:cek limit ya kak?

    • Waduh, maaf kalau ini saya kurang tau juga. Soalnya gak pernah pakai app ipotfund dan belum pernah ngalamin juga.

      Coba tanya langsung ke pihak Indopremier… bisa via socmed twitter atau IGnya, biasa mereka balas kalau lagi jam kerja. Tks

  14. Mas Irfan, klu sy sdh terdaftar di Securitas Indopremier dan sy sdh punya RDN trs mau mulai nabung saham secara berkala,bagaiman ya lahkah langkahnya.trim mas

    • Untuk lakukan auto debit nabung saham, caranya Login > Pilih Member Menu > Layanan berkala > Penempatan saham.

      Bantuan tutorial lengkapnya bisa dilihat di menu help index.

      Dana yang di debit nanti berasa dari RDN, jadi pastikan dana di RDN cukup sebelum asuk tanggal auto debitnya. Tks

  15. kak mau tanya dong, kan ada fee beli dan jual ya.. itu cara bayarnya gmn? apa sudah incule dengan harga saham yg kita beli?

  16. Semangat pagi mas,
    Saya masih awam untuk menjalankan bisnis saham, mencoba mencari sekuritas yg modalnya rendah, eh ternyata ketemu sama indoprimer, yg saya tanyakan akun bank apa yg sesuai dengan sekuritas ini, modal awal berapa dan apabila kita memilkh opsi syariah, apakah betul itu dalam jangka panjang,
    Terimakasih salam

    • Kalau daftar di Indopremier, RDN defaultnya Bank Permata. Tapi setahu saya ada pilihan lain seperti BCA dan Mandiri… jadi ketiga bank itu bisa dipakai buku tabungannya, dengan catatat harus minta ganti RDN dulu ke pihak sekuritas. Kalau belum tau, RDN itu rekening khusus investor saham untuk mengendapkan dana sebelum masuk kesaham dan sebaliknya.

      Di Indopremier tidak ada modal awal.. Bisa mulai dari berapapun selama sesuai dengan jumlah saham yang mau dibeli pertama kali.

      Untuk pengaturan default, akunnya dapat reguler, tapi bisa diubah ke syariah dengan permintaan via email. Selama saham kita miliki ada di Indopremier, bisa sampai kapan pun.

      Cara daftar akun indopremier terbaru bisa dibaca di artikel > https://irfan.id/cara-daftar-akun-indopremier-sekuritas/. Tks

  17. Kak mau tanya ,buku rekening aku bri terus ndk ada permata bank di sini …apa bisa mendaftar di indoprimer ,mohon penjelasannya kak

    • Bisa kok…. bank apa aja gak masalah. Paling nanti berat di ongkos transfer antar bank aja, soalnya gak satu bank kan. Soalnya RDN ini kalau dimasukin dana, caranya sama seperti transfer uang antar bank. Tks

  18. Sy sdh mendptkan email verifikasi utk pembukaan rekening, tp sy lupa username dan password sy. Sy hrs gmn ya? Sy sdh tny dr kmrn lwt email tp blm dibls.

  19. Salam kenal mas irfan, saya baru buat akun ipotnya, di email infonya akun sedang di proses untuk mendapatkan nomer SID dan RDN. Saya pakai rekening pribadinya dari bank Mandiri mas, kira2 prosesnya berapa lama ya?

    • Daftarnya via aplikasi kan? harusnya gak lama kalau datanya valid. untuk informasi lebih jelas update bikin akunnya, bisa follow up @indorpremier via twitter.. mereka biasa balas kalau jam kerja. Tks

  20. Mas, saya newbie. Hari ini saya membeli saham melalui IPOT. Jika dilihat di bagian portofolio dan transaksi dalam proses, sahamnya ada di list. Tetapi kalau dicek di history transaksi, aktivitas transaksi, kok tidak ada perubahan ya masih 0. Mohon pencerahannya, terima kasih

    • Apakahnya statusnya OPEN? atau MATCH? biasa jadi sahamnya belum terbeli.

      Saya gak bisa pastikan detailnya kenapa, soalnya gak ada screenshot transaksi kamu. Tks

      • hiii, aku juga nubiee, kasus aku sama kayak ayu dewi statusnya udah full matched. tapi kok ga ada email bahwa bahwa saya sudah berhasil melakukan transaksi beli saham. dan aku liat transaksi dalam proces. dan di menu ringkasan transaksi masih 0, histori transaksi juga masih 0 (atau kah memang seperti itu?) mohon pencerahannya. trimakasih

        • Apakah di halaman portfolionya sudah masuk saham yang dibeli tadi?

          Email konfirmasi pembelian saham biasanya masih sore atau malam. Tks

  21. Mas mau tanya tentukan harga diisinya apa yaa?, Bukannya harga sudah ditentukan dari perusahaannya masing masing, ko kita yang menentukan, mohon infonya baru terjun soalnya masih minim pengetahuan

    • Coba lihat di screenshot aplikasi yang saya beli saham di atas, di bagian “Langkah 2” kan ada tuh harga yang kotak hijau. Nah harga yang di kotak hijau itulah yang dimasukkan sebagai acuan harga beli jika ingin langsung memiliki sahamnya. Tks

    • Harusnya bisa…. waktu daftar gak di minta upload buku tabungan kan? cuma masukin nama dan no rek aja. Gak masalah. di coba aja. Kalau gagal daftar, nanti ada pemberitahuan untuk ganti rekening bank biasanya. Tks

  22. selamat sore mas mau nanya saya sdh regristrasi n sdh pny rekening RDN permata..yg ingin saya tanyakan apa aplikasi ipotgo sdh bisa dpake setelah masukin dana ke rekening RDN ???
    pin unt buka aplikasi apa dkasi dr indopremremier kah ?? maaf mas saya bnyk nanya soalnya baru belajar
    terikasih sebelumnya

    • Iya, sudah bisa digunakan. Untuk memastikan. Coba kalu login dan masukkan PIN, lalu buka halaman cashnya untuk memastikan akun siap digunakan ya.

      Untuk PIN, masukkan yang sesuai kamu input waktu daftar.

      Daftar akunnya via aplikasi kan? harusnya sudah buat pin waktu daftar.

      Jika ada pertanyaan teknis lainnya, bisa tanya langsung ke pihak sekuritas via twitter @indopremier, mereka biasa balas jam kerja. Tks

  23. mas mau tanya, saya sdh punya no RDN, gmn caranya saya mau isi/deposit ke rek RDN saya lewat mobile mandiri? trims sebelumnya

    • Transfer seperti biasa saja. RDNnya bank permata kan? jadi prosesnya sama seperti transfer antar bank mandiri ke permata. Pastikan rek tujuan benar dan ada nama kamu. Tks

  24. Kita kan harus mencantumkan informasi kantor tempat kita bekerja.
    Apakah informasi kantor tersebut akan aman dan apakah pihak indopremier akan melakukan contact dengan pihak kantor?

    • Eeemm saya kurang tau juga… ini bagian dari KYC. untuk detailnya, bisa tanya langsung ke pihat sekuritas terkait keamanan data ya. Tks

  25. Mas, sy sudah punya akun di ipotgo, sudah punya no rekening rdn jg, nah barusan sy ngisi rekening rdn tsb senilai 500000, tp kok waktu sy lihat di aplikasi ipotgo nya masih 0. Itu gmn ya?

  26. Mas ini emang harus kirim dokumen ke kantor ya? Kok temen saya bisa full online ya daftarnya? Gimana biar bs kayak gitu? Makasi mas

  27. Halo ka.. masih pemula, mau coba invest saham nih. Kalo di indopremier ini, rekening pembukaan awalnya ada syarat harus bank tertentu gak? Soalnya cuman punya akun jenius sayanya. Terimakasih.

  28. mas, kalo saya ingin beli sebuah saham, lalu melakukan bid sebelum jam bursa dibuka apakah nanti akan masuk di antrian atau tidak?

    • Seingat saya, transaksinya bakalan di reject sistem.

      Biasa di software trading ada jamnya, ikuti aja itu. kalau sudah jam 9 langsung tekan untuk transaksi buy or sell. Tks

  29. Mas mau tanya dong. Newbie,
    Kan aku udah buat akun ipot nih, udh punya RDN jga.
    Yg setor awal 100rb itu akan jd saldo.
    Boleh tau itu menu apa ya untuk cek saldo 100rb nya.
    Karna di informasi kas masih 0.
    Bingung saya.
    Terima kasih

  30. Terimakasih tulisannya sangat bermanfaat untuk saya sbg investor pemula. Kemarin saya daftar ipotgo dan hari ini saya dalat RDNnya setelahnya lgsg saya isi untuk melakukan transaksi di ipotgo. Namun tadi saat saya beli BBRI dengan harga last, dibagian “confirm buy” setelah saya klik lama sekali tidak terjadi apa2, saya lihat history transaksi tidak ada dan dana saya masih utuh. Kenapa seperti itu ya? Apakah karena RDN saya masih baru jdi belum bisa digunakan langsung. Padahal lihat tutorial beli sahamnya gampang sekali. Mohon informasinya

    • Mungkin saya bisa bantu untuk Mba Diah :
      1. Barangkali Mba Diah melakukan transaksi diluar jam bursa
      Sebagai informasi , Jam bursa untuk melakukan pembelian atau transaksi adalah sebagai berikut :
      Sesi I : 09.00-11.30 WIB
      Sesi II : 13.30-15.00 WIB
      Jadi diluar jam itu transaksi tidak diproses.

      2. Mungkin perlu refresh atau restart aplikasi IPOT kemudian coba log in kembali.

      3. Mungkin saja saat menekan tombol confirm pembelian terjadi perubahan harga BBRI jadi belum terproses sesuai harga yang di order atau di masukan.

    • Tidak harus, bisa daftar langsung di Indopremier melalui aplikasinya. Tapi saran saya, kalau kamu masih pemula banget, bagusnya ikut sekolah pasar modal (SPM) saja, nanti yang adakan tergantung sekuritas apa yang kerja sama dengan IDX. Jadi dengan modal 100ribu, kamu bisa ikut sekolah pasar modal seharian penuh yang dibimbing langsung oleh ahlinya.

      Kalau nanti setelah ikut SPM dan kurang suka dengan aplikasi tradingnya, kamu bisa daftar di sekuritas lain. Yang penting ambil ilmunya dulu di SPM, nanti juga dapat teman baru sesama investor baru dan bisa saling tukar pikiran dan ilmu investasi saham. Tks

  31. hallo mas, mau nanya lagi. Masih agak bingung karna pembelian saham pertama.
    jadi saya beli saham di hari sabtu dan baru tau ternyata pembelian saham hanya di hari kerja bursa(senin-jumat) saja. lalu pada hari sabtu harga saham yg saya beli diharga 33,400 itu masih terdelay pembeliannya. jadi baru diproses pada hari senin dan sahamnya hari senin sudah diharga 33,600. jadi, harga beli saham saya itu 33,400 atau 33,600 ya mas irfan? saya masih bingung cara cek by web/app IPOT.
    lalu apakah ada biaya tambahan seperti adm atau semacamnya saat melakukan transaksi mas? makasih.

    • Hi, beli saham harus di jam bursa, yaitu dari jam 9 sampai 4 sore, ada istirahat dari jam 12 sampai 1:30. Kalau jumat waktunya beda lagi coba cek aja nanti.

      Waktu masuk jam 9 pagi tengg!!
      Langsung pilih saham yang mau dibeli. Kan nanti kelihatan tuh ada harga di table Bid dan Offer.

      Kalau mau beli saham dan langsung punya, beli di harga Offer yang paling atas. Tekan tombol BUY, masukkan harga yang di Offer tadi dan jumlah Lot.

      Tapi kalau kamu merasa harga sahamnya bisa turun lagi, kamu bisa beli di harga Bid dan antri sampai harga yang kamu pasang tadi tersentuh.

      Kalau mau jual nanti kebalikan, pilih harga paling atas Bid, caranya sama masukkan harga dan lot yang kita punya.

      Dan lagi, kalau kamu merasa dihari itu harganya bisa naik lagi, kamu bisa antri jual di Offer.

      Untuk biayai pokok cuma free jual dan beli saja, tapi kalau biaya lain itu optional dari fiturnya IPOTGO. Tks

  32. mas irfan, jadi begini misalnya saya mau nabung saham di bbca apakah boleh saya tidak membeli sahamnya setiap bulan karna 1lot nya masih lumayan tinggi untuk saya. jadi, jika saya beli saham nya 3bln sekali atau 2bln sekali apakah tidak masalah? makasih

    • Tentu bisa. Beli/jual saham semua dibawah kendali investornya. Mau beli sekali banyak lot boleh, mau beli reguler tiap bulan boleh, mau beli setiap 3 bulan sekali juga boleh.

      Yang terpenting menurut saya adalah konsistensinya yang harus dijaga, agar tetap nabung saham sesuai jadwal dan disiplin tentunya. Tks

    • Diatas sudah ada kontak dan alamat IndoPremier di Bali, tapi kalau ragu, bisa tanya langsung kontaknya ke twitter IndoPremier, biasa mereka balas kalau di mention hari kerja. Tks

    • Mohon maaf, untuk masalah ini diluar kemampuan saya. Coba tanya langsung ke pihak sekuritas via Twitter. Tweet atau DM aja ke twitter mereka waktu jam kantor, biasa dibalas. Tks

    • Masih ingat email atau no hp yang didaftarkan?

      Coba hubungi pihak Indopremier via Twitter besok, mention atau DM aja mereka. Bilang lupa user dan password, mungkin bisa dibantu dengan info no hp dan ktp yang didaftarkan. Tapi DMnya besok jam kerja ya, kalau sekarang bisa lama balas dan tenggelam pesannya. Tks

  33. mas irfan, saya sudah nabung saham, gak banyak sih… misal prusahaa tmpat saya invest rugi dan bangkrut, invest saham saya yg dlu apakah hilang ? dan apakah saya sbgai investor harus menanggung hutang prusahaan yg bangkrut itu ?

    makasi

    • Iya, uangnya bisa hilang semua jika emiten bangkrut.

      Kalau emiten ajukan bankruptcy, yang pertama kali dibayar adalah hutang, jika setelah bayar hutang masih sisa modal, dikembalikan ke investor. Tapi jika aset habis bayar hutang, investor pulang tangan kosong. Tks

  34. Kalo kita mau beli saham apakah harus mentransfer setoran awal, atau apakah itu langsung untuk pembelian sahamnya, dan apakah setoran awal itu di patok jumlahnya..

    • Iya, untuk pembelian saham harus lakuka setoran awal dulu dan seluruh dananya bisa dipakai untuk beli saham. Untuk IndoPremier, tidak ada patokan jumlah setoran awal, Anda bisa mulai dengan jumlah berapa pun. Tapi untuk sekuritas lain seperti BNI sekuritas itu minimal 100 ribu dan di Mandiri Sekuritas 3 juta untuk setoran awal. Beda sekuritas, beda kebijakan soal minimal setoran awal. Tks

    • Halo mas .. saya sangat sangat pemula nih. Saya mau melakukan pembelian saham pertama nih pakai IPOTGO. Misal BBRI saat ini di harga 4450 nah ketika di proses beli , kita diminta input Beli di harga ……. . Nah ini kita isi harga berapa yah mas? 4450 atau bebas? Soalnya kok bisa dirubah2 harganya.. mohon pencerahannya..

    • Mohon maaf, saya belum menjajal lebih dalam aplikasi IPOTGO apakah bisa auto trading atau tidak… karena fitur auto buy/sell baru saya temukan di Mandiri Sekuritas.

      Perihal teknis seperti ini bisa Anda tanya langsung ke sekuritas terkait untuk informasi yang lebih akurat. Tks

  35. saya sudah daftar tapi setiap bulan itu ada email seperti tagihan, apakah tiap bulannya harus ada setor atau gimana?

    • Saya kurang mengerti maksud tagihan bulanannya seperti apa, karena selama ini saya tidak ada email tagihan. Tapi memang benar ada beberapa fitur yang butuh biaya bulanan.

      Jika tidak keberatan, boleh coba kirim screenshot tagihan yang dimaksud ke email saya: halo@irfan.id , saya mau lihat bentunya seperti apa atau kalau mau lebih cepat tahu jabawannya bisa bertanya langsung ke CS Indopremier via twitter. Tks

    • Mohon maaf untuk masalah teknis saya juga kurang tau. Tapi sepanjang hari ini saya pantau twitter Indopremier nasabah ada yang ngeluh sistemnya error. Mungkin bisa disampaikan lagi ke akun twitternya. Tks

  36. siang kak irfan mau nanya, kalau registrasi dari awal apakah otomatis harus membuat RDN/RDI? kalau saya sebelumnya sudah memiliki akun RDN/RDI tapi saya lupa sekuritas yang saya gunakan pada saat itu.. apakah bisa saya registrasi tapi menggunakan RDN/RDI yang lama?

  37. Halo, saya masih newbie nih. Kmrn saya sudah setor uang ke RDN dan hari ini saya coba buy saham, dana di ipotgo juga sudah terpotong sesuai nominalnya. Tp saya dpt email konfirmasi dari indopremier bahwa saya harus bayar lg sejumlah nominal saham yg saya beli, tenggat waktu 2 hari.
    Email ini saya abaikan saja krn hanya konfirmasi atau bgmn?

    • Hal ini bisa terjadi karena Anda menggunakan fasilitas “margin trading”. Oleh karena itu, pastikan saham yang Anda beli sesuai dengan cash yang Anda miliki.

      Untuk mengatasi masalah ini, ada 2 solusinya. Pertama, jual saham Anda sebagian sampai T+2nya tidak minus lagi. Cara kedua, anda bisa menambah deposit ke RDN seusai dengan nilai T+2. Tks

  38. Halo
    saya mau tanya perbedaan pilihan S100000 dan R100000 pas proses buy order di ipotgo itu apa yah?
    Dan sebaiknya memilih yang mana?

    Terima kasih

  39. Saya sementara ini tinggal di jakarta dan saya tertarik ingin mendaftar langsung ke indo premier sekuritas, tapi saya terkendala dengan mengcopy halaman buku tabungan.
    Apakah saya boleh menggunakan buku tabungan orang lain?
    Dan bagaimana status keanggotaan saya ketika saya balik ke tempat asal saya atau berpindah tempat tinggal di luar Jakarta?

    Terimaksih atas kejelasannya.

    • Mohon maaf untuk informasi rinci soal itu saya kurang tau, mungkin bisa bertanya langsung ke pihak sekuritas terkait.

      Paling yang pernah saya tanyakan NPWP itu boleh pakai punya orang tua (meskipun tidak wajib). untuk KTP sudah wajib punya milik sendiri. dan untuk tabungan saya rasa juga seketat peraturan wajib punya KTP, karena tabungan ini sifatnya tempat sumber dana dan untuk transfer hasil investasi juga. Tks

    • Sudah coba cara terbaru daftar IndoPremier? Lewat aplikasi bisa langsung daftar tanpa kirim berkas. Untuk info lebih lanjut bisa lihat di twitter IPOT. Tks

  40. Maaf, bolehkah saya bertanya kesini?

    Saya sudah mendownload apk IPOTGO memiliki SID, RDN, username, password, secure PIN dan bisa log-in dengan normal.

    Yg saya tanyakan, biaya pendaftaran 100rb di awal, yg infonya bisa digunakan untuk transaksi, apakah otomatis masuk ke RDN atau ada di rekening sekuritas? Krn saya lihat di Informasi Kas saya masih kosong.

    Apakah apk IPOTGO ini otomatis terhubung dengan RDN saya? Atau harus manual?

    Jika saya hendak mulai transaksi , apakah saya harus menyetor/mntrnsfer uang langsung ke RDN saya terlebih dahulu?

    Terima kasih atas penjelasannya.

    • Hi Ade,

      Ikut kelas sekolah pasar modal ya?
      100rb itu dikatakan memang menjadi modal awal untuk investasi kita. Dana tersebuk akan dimasukkan ke RDN kita, kalau baru ikut SPM kemarin, mungkin bisa cek lagi saldo RDNnya besok ketika hari bursa. Jika belum masuk juga, silakan hubungi pihak Indopremier melalui twitter, di mention saja ke @ipot_indonesia, tapi tweetnya ketika jam kerja, mereka biasa balas.

      Aplikasi IPOTGO adalah platform trading mobile IPOT, seharusnya sudah terhubung ke RDN investor, jadi sudah otomatis terhubung.

      Kalau mau transkasi dan RDNnya belum disini, maka harus disetor dananya dulu. transfer seperti biasa.

      Terima kasih

    • Mengenai hal teknis tersebut silakan menghubungi langsung pihak Indopremier, karena gadget saya Asus Zenfone 2 juga tidak bisa install ipot. Tks

    • Saya tidak tahu persis bisa atau tidak. tapi yang jelas kalau dana keluar selain ke BCA atau mandiri yang sesuai RDI akan dihitung sebagai RTGS bukan transfer antar bank, di mandiri sekuritas kena Rp 25,000. Tks

    • Untuk malasah teknis silakan hubungi pihak IndoPremier langsung via twitter di @ipot_indonesia, mereka biasa balas tapi di jam kerja tanyanya agar cepat dibalas. Tks

  41. mas irfan saya mau tanya nih saya kan mahasiswa hanya punya rekening BCA Tabunganku yang hanya diberikan kartu ATM dan akses M-BCA tidak ada buku tabunganya, saya mau daftar di IPOT apakah harus membuat rekening baru yang ada buku tabunganya atau bisa dengan rekening saya yang sekarang??

    • Pertama login dulu, ubah password dan PINnya.. untuk transfer dana awal, sama seperti transfer bank biasa.

      Sebelumnya ambil formulir RDN apa, Mandiri atau BCA? kalau bank yang Anda daftarkan (yang harus di fotokopi cover tabungannya) sama seperti RDN maka pilih transfer bank seperti biasa, kalau tabungan yang didaftarkan berbeda dengan RDN, maka pilih transfer online dan masukkan kode bank seperti biasa (Mandiri atau BCA).

      Kalau masih ragu-ragu, transfer 50rb atau 100rb saja dulu ke RDN. Tunggu beberapa menit atau paling lama 1-2 jam, login lagi ke akun IndoPremier, cek “Cash On Hands” atau saldo RDN, kalau bertambah artinya dana sampai dengan selamat. Tks

      • Selamat siang..
        Saya sudah transfer ke RDN tapi sewaktu cek cash info kok saldonya masih kosong yak ? Saya ga nemu menu ‘cash on hands’ soalnya.. apakah saya ngecek dimenu yang salah ?
        Terimakasih

  42. Oiya mas berkas sudah bisa download dan print, ini berkas tinggal td tangan sama paraf sama materia aja, apakah ada yg harus diisi lagi ?

  43. Mat siang mas irfan… Saya td cb daftar lewat online tapi salah masukan data dan dah terlanjur kekirim …apa sya bs meng editnya.. Apa harus dicontreng utk syariah
    Dokumen hrs dikirim ke pusat ato ktr perwakilan…sya di jogja
    Utk buka rekening apa kena biaya..
    Setoran awal minimum brapa ya…
    Maaf sya baru pertama nih neubi

    • Gak apa-apa, data masih bisa diupdate melalui CS via twitter. Kirimnua boleh kepusat atau perwakilan.. tidak ada biaya untuk pendaftarannya. Setoran awal terserah mau berapa. Tks

    • Setoran awal akan dilakukan setelah akun diaktifkan, nanti akan ada email berupa user id, password, pin dan rekening investor (rdn). Nanti setoran awal akan ditransfer ke rdn investor. Tks

    • Baik trading maupun investasi jangka panjang semua sekuritas sama.. jadi secara teknis bisa-bisa saja. Tidak ada keharusan bagi investor harus trading atau investasi, jadi Anda bebas mau beli atau jual saham kapan saja tanpa biaya tambahan selain fee buy/sell. Tks

  44. dr pengalaman bang irfan, sekuritas mana yg lebih lengkap layanannya dan paling user-friendly aplikasi onlinenya bahkan utk newbie sekalipun? mansek, bni sekuritas atau indopremier?

    • Emm mohon maaf kalau indopremier saya belum pakai, baru daftar saja. kalau untuk pemula. bagusan pakai BNIS.. lalu kalau sudah mahir boleh pindah ke ManSek. Tks

    • Saya pernah tanya salah satu sekrutias, katanya bisa. tapi saya tidak tanya lebih rinci soal pengiriman berkasnya. karena kalaupun daftar online, nanti ada berkas yang harus ditanda tangani sebelum dikirim ke sekuritas. untuk lebih lanjut bisa langsung bertanya ke pihak sekuritas. Tks

  45. Jika ingin membuka rekening saham di Idopremier tapi tidak memiliki buku tabungan bagaimna ya? Karena yang saya gunakan tahapan xpresi bca yang tidak memperoleh buku tabungan.tks

  46. @ipot_indonesia mau tanya untuk penggunaan aplikasi IPOT apakah bisa membeli saham setiap bulan secara otomatis dan dapat diatur otomatis jika harga saham turun misal 10% dari tanggal yang telah ditentukan?
    Terima kasih

    • Kalau bayar yang 100k itu yang sekolah pasar modal, kalau daftar lewat sekuritas langsung itu setoran awalnya dimasukkan saat akun saham selesai. Tks

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini