PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19)

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19)

Indo Premier Sekuritas memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan setoran awal transaksi di IPOT dengan hanya 1 lot saham saja (Rp 5.000)

Siapa tau mau baca

MNC Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham dan 8 Kelebihannya

MNC Sekuritas adalah salah satu broker saham di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bernaung dibawah bendera MNC Group dengan aplikasi...

Mengenal 4 Jenis Reksa Dana, Mana Yang Paling Cocok Dengan Anda?

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi alternatif bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan bagi pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian...

Pengalaman Beli Logam Mulia Galeri 24, Investasi Emas Sesuai Gayamu (UPDATE: 22/4/2020)

Akhir-akhir ini lagi rame harga emas naik terus selama 3 bulan terakhir. Ini terjadi karena orang berbondong-bondong beli logam mulia untuk di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19)

Indo Premier Sekuritas memberikan kemudahan kepada nasabah untuk melakukan setoran awal transaksi di IPOT dengan hanya 1 lot saham saja (Rp 5.000)

Ringkasan

Review apliaksi IPOT IndoPremier adalah murni sudut pandang penulis setelah menggunakan produk terkait. Perbedaan pendapat dengan pembaca lain tentu bisa saja terjadi.

Indopremier sekuritas – Kurang lebih sudah setahunan saya menjadi investment blogger yang menyajikan informasi seputar tentang investasi khususnya saham.

Selama setahunan pula saya banyak menjumpai berbagai pertanyaan dan pernyataan seputar saham, salah satunya adalah tentang keluhan calon investor mengenai mahalnya setoran minimum untuk membuka akun di sekuritas.

- Iklan -

Saya paham betul akan keluhan ini, karena juga pernah mengalami kesulitan dalam hal finansial untuk memulai investasi.

Oleh karena itu, sebenarnya sudah banyak sekuritas yang melonggarkan aturan setoran awal, seperti contohnya Mandiri Sekuritas yang dulunya setoran awal 5 juta kini menjadi 2 juta saja, atau seperti BNI Sekuritas yang awalnya 5 juta menjadi 1 juta saja.

Baca Juga Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Pelonggaran setoran awal ini ternyata masih menjadi beban untuk beberapa orang yang pernah saya temui. Mereka masih menanyakan apakah ada sekuritas yang lebih murah lagi setoran modal awalnya dari beberapa sekuritas yang saya tawari, sayangnya tidak ada.

Kalau pun calon investor masih tetap menginginkan sekuritas dengan modal awal kecil, sebenarnya bisa saja mengikuti Sekolah Pasar Modal yang di selenggarakan BEI. Di SPM calon investor cukup melakukan setoran awal minimal Rp 100.000. Tapi sayang seribu sayang, ternyata tidak semua kota di Indonesia tersedia SPM.

Hal ini membuat saya bingung dan merasa kasihan ketika ada orang yang sangat berminat untuk ikut berinvestasi di pasar modal saham, ternyata masih terkendala setoran awal dan edukasi yang kurang.

Atas isu yang saya temukan sendiri ini, saya kembali mencoba untuk menyelam ke dasar Google Search dan berharap menemukan sekuritas yang memberikan keringanan dalam hal setoran dana awal investasi.

Setelah saya mencari kesana-kemari, ternyata ada sekuritas yang memberikan kemudahan kepada investornya dengan setoran awal yang lebih kecil, yaitu Indo Premier Sekuritas atau biasa dikenal dengan nama “IndoPremier”.

Hanya di IndoPremier Sekuritas, setoran awal investasi bisa suka-suka

Tentu dengan berjumpanya saya dengan Indo Premier Sekuritas membuat saya geleng-geleng kepala. Kenapa?

Karena saya tidak menyangka disaat banyak sekuritas yang mematok setoran awal di kisaran jutaan, ternyata ada sekuritas yang menyediakan layanan online trading dengan hanya modal kecil.

Indo Premier Sekuritas

Di Indo Premier Sekuritas, anda dapa memulai investasi dengan modal Rp 5.000 (seperti membeli 1 lot saham dengan harga Rp 50). Anda dapat memulai berinvestasi dengan setoran awal berapapun, asik ya!!

Mengenal IPOTSTOCK, layanan keuangan terintegrasi dari IndoPremier

Tak jauh berbeda dengan sekuritas lainnya, Indo Premier Sekuritas juga memiliki layanan untuk online trading yaitu IPOTSTOCK. Hanya saja, beda IndoPremier dengan yang lainnya adalah, IndoPremier memiliki 7 layanan keuangan yang terintegrasi, yaitu: IPOTGO | IPOTPAY | IPOTSTOCK | IPOTFUND | IPOTNEWS | IPOTPLAN | IPOTKU. Jadi, daftar 1 akun di IndoPremier  bisa untuk banyak layanan.

PT. Indo Premier Sekuritas saat ini telah melayani ±25% dari seluruh investor saham di Indonesia dengan dukungan kehandalan teknologi dan menyediakan integrasi secara keseluruhan perdagangan efek (reksa dana, obligasi, saham).

Baca Juga Mengenal Kartu AKSes KSEI, KTPnya Para Investor Saham

Sistem IPOTSTOCK menyediakan kenyamanan dalam berinvestasi di pasar saham dengan dukungan fitur dan tools analisa yang komprehensif seperti Advanced OrderBook, Order Center, Stock Screener, Chart & Data Comparison, Index Mover, Target Price Hi-Lo, Chat Room, Fasilitas Trading Limit, IPOT ATM (Auto Trading Machine), IPOT Notification, e-IPO dan ditambahkan dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang mendukung kebutuhan nasabah dalam mengambil suatu keputusan keuangan (investasi).

Servis dan layanan

Melalui platform IPOTSTOCK, IndoPremier menawarkan kenyamanan, rasa aman, dan kemudahan kepada masyarakat Indonesia dalam mengelola kegiatan investasi.

    • Satu akun keuangan terintegrasi (Integrated Investment Solutions) untuk setiap produk investasi
    • Platform pertama di Indonesia yang memberikan fasilitas switching antar semua instrumen keuangan dalam hari yang sama
    • Satu rekening pembayaran dan satu laporan portfolio yang terintegrasi
    • Akses khusus pasar primer ETF, satu-satu nya di Indonesia
    • Memberikan wawasan dan pengetahuan investasi secara luas dan terbuka
    • Tools dan Fitur Handal untuk keperluan analisa (Advanced OrderBook, Order Center, Stock Screener, Chart & Data Comparison, Index Mover, Target Price Hi-Lo, Chat Room)
    • Auto Trading Machine (ATM) pertama di pasar modal Indonesia
    • Fasilitas Trading Limit (Regular, Margin license, dan One-Day-Trade)
    • Electronic – Initial Public Offering (e-IPO)
    • Notifikasi berkalaSystem push berita, informasi, artikel sampai dengan proses alur transaksi
    • Kanal khusus untuk edukasi (IPOTACADEMY) dan forum diskusi keuangan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagaimana, lengkap sekali bukan layanan IPOTSTOCK IndoPremier?

Bagaimana cara mendaftar di Indo Premier Sekuritas

Untuk pendaftaran, Indo Premier Sekuritas memiliki cara yang sama dengan sekuritas yang lainnya, yaitu bisa datang langsung kekantornya atau mendaftar online buat yang di kotanya tidak ada kantor cabang IndoPremier.

1. Cara daftar langsung di kantor IndoPremier Sekuritas

Kelengkapan dokumen untuk mendaftar di Kantor cabang Indo Premier Sekuritas:

  1. Copy KTP
  2. Copy NPWP (jika ada)
  3. Copy halaman pertama buku rekening tabungan

Alamat kantor pusat Indo Premier Sekuritas

Berikut ini daftar alamat kantor cabang Indo Premier Sekuritas berbagai daerah di Indonesia.

Kantor cabang Indo Premier Sekuritas
Kantor cabang Indo Premier Sekuritas

2. Cara daftar online di IndoPremier Sekuritas

Di kota anda tidak terdapat kantor cabang Indo Premier Sekuritas? Jangan panik, anda tetap dapat mendaftar secara oleh dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Pergi kehalaman pendaftaran IndoPremier Sekuritas di sini.
  2. Saat halaman berhasil dimuat, Anda akan menemukan laman seperti ini. Isi form tersebut kemudian klik Lanjut. Perhatiakan tombol contreng di bawah ini, anda dapat memilih opsi untuk membuka akun IPOT secara Syariah. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 8
  3. Selanjutnya mengisi data personal selengkap-lengkapnya. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 9
  4. Form selanjutnya adalah mengisi data pekerjaan anda, isi selengkap-lengkapnya. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 10
  5. Tahap terkahir, anda akan membuat akses login berupa username dan password, jangan kelupaan. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 11
  6. Bila pendaftaran sudah selesai, akan muncul notifikasi ucapan Terima Kasih dan anda akan dialihkan ke email untuk melanjutkan pendaftaran. (klik untuk perbesar gambar) Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 12
  7. Bila email sudah diterima dengan baik, maka bentuk emailnya akan seperti dibawah ini. Downlaod semua data yang dikirimkan, lalu print. (klik untuk perbesar gambar)
    Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 13
    Bentuk email yang akan diterima
  8. Tahap akhir setelah di print adalah melengkapi data dengan tanda tangan serta materai 6.000 pada kolom yang sudah disediakan.
  9. Masukkan semua berkas kedalam amplop. Bila anda mengikuti semua instruksinya, maka semua dokumen yang dikirimkan ber jumlah 8 dokumen, mulai dari 4 dokumen email, 1 copy KTP, 1 copy NPWP (jika ada), 1 copy halaman pertama buku rekening tabungan (apa saja boleh), dan 1 dokumen foto diri selfie bersama KTP.
  10. Kalau sudah beres semua, kirimkan kealamat yang sudah ditentukan pada email tadi. Selesai.

Baca Juga Ingin Investasi Saham Tapi Tidak Punya NPWP? Begini Caranya

Untuk pengerjaan akun sendiri katanya membutuhkan waktu 2 hari kerja bursa, artinya ini proses yang sangat cepat mengingat biasa sekuritas lainnya yang pernah saya temui mematok waktu 7 hari kerja bursa.

Cara jual-beli saham di IndoPremier Sekuritas melalui aplikasi IPOTGO (Update 12/2/19)

Sebelum pastikan sudah LOGIN dan input PIN. (geser gambar untuk pengguna dengan view blog mobile dan klik gambar untuk memperbesar)

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui IndoPremier Sekuritas (Update 12/2/19) 14
Halaman Portfolio IPOT

Sampai disini, jika Anda sudah berhasil membeli saham yang diinginkan, maka secara resmi Anda sudah menjadi investor saham.

- Iklan -

REVIEW OVERVIEW

User Interface (UI)
User Experience (UX)
Fitur
Keamanan

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

MNC Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham dan 8 Kelebihannya

MNC Sekuritas adalah salah satu broker saham di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bernaung dibawah bendera MNC Group dengan aplikasi...

REVIEW: Pengalaman Buka Tabungan D-SAVE iB Online di Aplikasi D-Bank

D-Bank merupakan aplikasi mobile banking bank Danamon Online yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti buka tabungan D-Save, hingga menggatur keuangan.

REVIEW: Pengalaman Buka Rekening Tahapan BCA Online via BCA Mobile

"Setiap orang akan punya tabungan tahapan BCA pada waktunya". Setidaknya itulah yang pertama kali muncul di kepala saya saat daftar rekening online...

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta di OCBC NISP via Aplikasi ONe Mobile

Masih menggeluti dunia review deposito, kali ini saya mau berbagi pengalaman penempatan deposito OCBC NISP melalui aplikasi ONe Mobile.

REVIEW: Pengalaman Buka Tabungan OCBC NISP Online di Aplikasi ONe Mobile

Akhirnya-akhir ini, saya sedang hobi buka rekening baru di bank secara online, salah satunya di OCBC NISP via aplikasi ONe Mobile.

REVIEW: Mudahnya Investasi Saham di Aplikasi Ajaib, Pemula Masuk!

Sebagai seorang yang masuk kategori pemain lama di saham, saya melihat investasi saham makin hari makin mudah saja, apalagi kalau pakai aplikasi...

169 KOMENTAR

  1. Pak, aku bru punya akun dan smua sdh bs transaksi, mau tanya untuk beli saham kita input manual harga nya? Bukannya sdh ditentukan harga per saham nya yah, apa bs diinput sembarangan? Thanks

    • Iya benar, harga tidak bisa dimasukkan semabarangan… semua sudah diatur sistem dan kelipatan harga sesuai dengan fraksi harga.

      Coba lihat cara beli saham via IPOTGO yang sudah saya contohkan diatas. saya input harga yang sesuai ada di table ordernya. Tks

  2. salam kenal mas. saya mau nanya kalau mau pindah dari sekuritas lain ke indopremier ini bagaimana yah caranya tanpa harus menjual portofolio yang saya miliki sekarang.

    • Salam kenal juga.

      Tidak harus. Kamu bisa transfer saham antar sekuritas, tapi ada biayanya. Kalau mau mudah, jual saja portfolionya, lalu tarik semua uang di RDN sampai nol dan pindahan ke Indopremier.

      Coba tanya ke sekuritas terkait yang ada portfolionya, “kalau transfer saham ke sekuritas lain gimana caranya dan biayanya berapa?”. Tks

  3. Mas..
    Kalo aku nyoba beli saham terus katanya pembayaran suspend itu knp yaa?
    Apa kita perlu to up dlu ato gmn?
    Makasih

        • Ini menurut orang dalam yang sudah saya tanyai, pastikan saldo di RDN ada dan nominalnya sesuai dengan harga saham yang kamu beli.

          Jadi, sebelum beli saham, kamu harus top up RDN, lalu cek apakah dana sudah masuk. Kalau bisa jangan mendadak kalau beli saham. Top up dana dilakukan beberap jam sebelum trading, sehingga dananya masuk ke RDN dulu dan beli saham dengan jumlah uang yang kamu miliki. Tks

        • Hi, saya tadi kontak orang Indopremier, aplikasi IPOT memang sedang dalam pengembangan katanya, jadi rada error gitu.

          Katanya kalau mau daftar akun via aplikasi IPOTPAY saja, itu hanya untuk daftar. Kalau akun sudah jadi, bisa trading pakai aplikasi IPOT. Tks

  4. Kak, saya barusan pakek ipotfund. Barusan saya sudah taransfer ke no rek rdn dan masuk ke dana lancar 500rb dan dana tersedia 31rb. Tapi wakti saya mau beli saham kok ada notifikasi order reject:cek limit ya kak?

    • Waduh, maaf kalau ini saya kurang tau juga. Soalnya gak pernah pakai app ipotfund dan belum pernah ngalamin juga.

      Coba tanya langsung ke pihak Indopremier… bisa via socmed twitter atau IGnya, biasa mereka balas kalau lagi jam kerja. Tks

  5. Mas Irfan, klu sy sdh terdaftar di Securitas Indopremier dan sy sdh punya RDN trs mau mulai nabung saham secara berkala,bagaiman ya lahkah langkahnya.trim mas

    • Untuk lakukan auto debit nabung saham, caranya Login > Pilih Member Menu > Layanan berkala > Penempatan saham.

      Bantuan tutorial lengkapnya bisa dilihat di menu help index.

      Dana yang di debit nanti berasa dari RDN, jadi pastikan dana di RDN cukup sebelum asuk tanggal auto debitnya. Tks

  6. kak mau tanya dong, kan ada fee beli dan jual ya.. itu cara bayarnya gmn? apa sudah incule dengan harga saham yg kita beli?

  7. Semangat pagi mas,
    Saya masih awam untuk menjalankan bisnis saham, mencoba mencari sekuritas yg modalnya rendah, eh ternyata ketemu sama indoprimer, yg saya tanyakan akun bank apa yg sesuai dengan sekuritas ini, modal awal berapa dan apabila kita memilkh opsi syariah, apakah betul itu dalam jangka panjang,
    Terimakasih salam

    • Kalau daftar di Indopremier, RDN defaultnya Bank Permata. Tapi setahu saya ada pilihan lain seperti BCA dan Mandiri… jadi ketiga bank itu bisa dipakai buku tabungannya, dengan catatat harus minta ganti RDN dulu ke pihak sekuritas. Kalau belum tau, RDN itu rekening khusus investor saham untuk mengendapkan dana sebelum masuk kesaham dan sebaliknya.

      Di Indopremier tidak ada modal awal.. Bisa mulai dari berapapun selama sesuai dengan jumlah saham yang mau dibeli pertama kali.

      Untuk pengaturan default, akunnya dapat reguler, tapi bisa diubah ke syariah dengan permintaan via email. Selama saham kita miliki ada di Indopremier, bisa sampai kapan pun.

      Cara daftar akun indopremier terbaru bisa dibaca di artikel > https://irfan.id/cara-daftar-akun-indopremier-sekuritas/. Tks

  8. Kak mau tanya ,buku rekening aku bri terus ndk ada permata bank di sini …apa bisa mendaftar di indoprimer ,mohon penjelasannya kak

    • Bisa kok…. bank apa aja gak masalah. Paling nanti berat di ongkos transfer antar bank aja, soalnya gak satu bank kan. Soalnya RDN ini kalau dimasukin dana, caranya sama seperti transfer uang antar bank. Tks

  9. Sy sdh mendptkan email verifikasi utk pembukaan rekening, tp sy lupa username dan password sy. Sy hrs gmn ya? Sy sdh tny dr kmrn lwt email tp blm dibls.

  10. Salam kenal mas irfan, saya baru buat akun ipotnya, di email infonya akun sedang di proses untuk mendapatkan nomer SID dan RDN. Saya pakai rekening pribadinya dari bank Mandiri mas, kira2 prosesnya berapa lama ya?

    • Daftarnya via aplikasi kan? harusnya gak lama kalau datanya valid. untuk informasi lebih jelas update bikin akunnya, bisa follow up @indorpremier via twitter.. mereka biasa balas kalau jam kerja. Tks

  11. Mas, saya newbie. Hari ini saya membeli saham melalui IPOT. Jika dilihat di bagian portofolio dan transaksi dalam proses, sahamnya ada di list. Tetapi kalau dicek di history transaksi, aktivitas transaksi, kok tidak ada perubahan ya masih 0. Mohon pencerahannya, terima kasih

    • Apakahnya statusnya OPEN? atau MATCH? biasa jadi sahamnya belum terbeli.

      Saya gak bisa pastikan detailnya kenapa, soalnya gak ada screenshot transaksi kamu. Tks

  12. Mas mau tanya tentukan harga diisinya apa yaa?, Bukannya harga sudah ditentukan dari perusahaannya masing masing, ko kita yang menentukan, mohon infonya baru terjun soalnya masih minim pengetahuan

    • Coba lihat di screenshot aplikasi yang saya beli saham di atas, di bagian “Langkah 2” kan ada tuh harga yang kotak hijau. Nah harga yang di kotak hijau itulah yang dimasukkan sebagai acuan harga beli jika ingin langsung memiliki sahamnya. Tks

    • Harusnya bisa…. waktu daftar gak di minta upload buku tabungan kan? cuma masukin nama dan no rek aja. Gak masalah. di coba aja. Kalau gagal daftar, nanti ada pemberitahuan untuk ganti rekening bank biasanya. Tks

  13. selamat sore mas mau nanya saya sdh regristrasi n sdh pny rekening RDN permata..yg ingin saya tanyakan apa aplikasi ipotgo sdh bisa dpake setelah masukin dana ke rekening RDN ???
    pin unt buka aplikasi apa dkasi dr indopremremier kah ?? maaf mas saya bnyk nanya soalnya baru belajar
    terikasih sebelumnya

    • Iya, sudah bisa digunakan. Untuk memastikan. Coba kalu login dan masukkan PIN, lalu buka halaman cashnya untuk memastikan akun siap digunakan ya.

      Untuk PIN, masukkan yang sesuai kamu input waktu daftar.

      Daftar akunnya via aplikasi kan? harusnya sudah buat pin waktu daftar.

      Jika ada pertanyaan teknis lainnya, bisa tanya langsung ke pihak sekuritas via twitter @indopremier, mereka biasa balas jam kerja. Tks

  14. mas mau tanya, saya sdh punya no RDN, gmn caranya saya mau isi/deposit ke rek RDN saya lewat mobile mandiri? trims sebelumnya

    • Transfer seperti biasa saja. RDNnya bank permata kan? jadi prosesnya sama seperti transfer antar bank mandiri ke permata. Pastikan rek tujuan benar dan ada nama kamu. Tks

  15. Kita kan harus mencantumkan informasi kantor tempat kita bekerja.
    Apakah informasi kantor tersebut akan aman dan apakah pihak indopremier akan melakukan contact dengan pihak kantor?

    • Eeemm saya kurang tau juga… ini bagian dari KYC. untuk detailnya, bisa tanya langsung ke pihat sekuritas terkait keamanan data ya. Tks

  16. Mas, sy sudah punya akun di ipotgo, sudah punya no rekening rdn jg, nah barusan sy ngisi rekening rdn tsb senilai 500000, tp kok waktu sy lihat di aplikasi ipotgo nya masih 0. Itu gmn ya?

  17. Mas ini emang harus kirim dokumen ke kantor ya? Kok temen saya bisa full online ya daftarnya? Gimana biar bs kayak gitu? Makasi mas

  18. Halo ka.. masih pemula, mau coba invest saham nih. Kalo di indopremier ini, rekening pembukaan awalnya ada syarat harus bank tertentu gak? Soalnya cuman punya akun jenius sayanya. Terimakasih.

  19. mas, kalo saya ingin beli sebuah saham, lalu melakukan bid sebelum jam bursa dibuka apakah nanti akan masuk di antrian atau tidak?

    • Seingat saya, transaksinya bakalan di reject sistem.

      Biasa di software trading ada jamnya, ikuti aja itu. kalau sudah jam 9 langsung tekan untuk transaksi buy or sell. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu