• Untuk Investasi

Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Artikel Simulasi Nabung Saham untuk tujuan edukasi, buy dan sell di tangan masing-masing investor

Baca Juga

Adu Marketplace Reksa Dana: Bareksa VS Tanamduit VS Ajaib VS Bibit. Siapa Menang?

Marketplace Reksa Dana - Saat ini dunia investasi terus berkembang dari segi teknologi, terutama di instrumen reksa dana. Sudah banyak perusahaan berbentuk...

#AyoHijrah Bersama Bank Muamalat, Saatnya Milenial Bangun Ekonomi Syariah Indonesia

Sekitar 85% penduduk Indonesia beragama islam, sedangkan market share ekonomi syariah di Indonesia hanya 8%Bagaimana reaksi kamu membaca...

Investasi Pasti Untung! Mengenal Reksa Dana Pasar Uang

Setiap orang yang berinvestasi pasti mengharapkan untung. Oleh karena itu, semua investor harus berhati-hati dalam berinvestasi, agar terhindar dari kerugian. Dari banyaknya...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

simulasi nabung saham – Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya.

Tidak sedikit orang yang salah mengartikan nabung saham itu sama seperti menabung pada umumnya di bank. Padahal menabung uang di bank sangat berbeda dengan menabung uang di saham. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu nabung saham bisa baca artikel, Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Bagi yang sudah mengerti apa nabung saham, tapi tidak tahu cara memulainya, kali ini saya akan membuat artikel simulasi nabung saham, dengan tujuan sarana edukasi.

Jadi, setelah baca artikel ini, jangan berpikir untuk membeli saham yang sama dengan saya.

……. Boleh sama, dari segi saham yang dibeli, jumlah modal atau tanggal pembelian. Hanya saja, kalau terjadi apa-apa kedepan seperti harga saham turun atau perusahaan bangkrut itu semua diluar tanggung jawab saya. Uang, Anda sendiri yang kelola!

Artikel simulasi asli nabung saham ini murni untuk edukasi saja, agar Anda tahu bagaimana makanisme menabung saham.

Spesifikasi simulasi nabung saham

Sebelum mulai nabung saham, pertama yang harus dilakukan adalah menentukan saham yang ingin dibeli, jumlah dana yang akan dialokasikan setiap pembelian, serta tanggal pembelian saham.

Dalam simulasi kali ini, contoh saham yang akan saya jadikan tempat tabungan adalah saham PT Sariguna Primatirta Tbk.

Untuk memperjelas spesifikasi nabung saham yang dilakukan, saya telah membuat sebuah table yang berisi informasi tentang simulasi nabung saham ini.

Nama proyek (biar keren)
YNS/CLEO/2018
Durasi proyekSeptember 2018 – September 2019*
Emiten/perusahaanPT Sariguna Primatirta Tbk
Kode sahamCLEO
Modal awalRp 600.000
Modal disetor tiap bulanRp 500.000
Siklus pembelianSetiap tanggal 13 (lihat-lihat kondisi market juga)**
Pembatasan resiko = force sell-20%***

*Durasi proyek nabung saham dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar.
** Tanggal pembelian bisa berubah, tergantung kondisi pasar
*** Pembatasan resiko berlagu untuk pembelian gap down atau cut loss untuk menghindari kerugian

Dari tabel diatas sudah jelas, bahwa saham yang akan saya tabung adalah CLEO dengan modal awal 600 ribu dan pembelian rutin sebesar 500 ribu setiap tanggal 13 disetiap bulan selama simulasi ini berlangsung.

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi air minum dengan berbagai macam kemasan, mulai dari kemasan gelas, botol, hingga galon.

simulasi nabung saham
Air minum CLEO

CLEO anak perusahan dari PT Global Sentral Abadi yang memegang kendali 51,64% dan PT Global Sukses Makmur Sentosa 27,91%.

Kenapa saham PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO)?

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa saya memilih saham CLEO untuk dijadikan tabungan saham?

Alasan saya memilih saham CLEO adalah karena fundamentalnya bagus, serta memiliki prospek bisnis yang jelas.

Untuk alasan dasar saya menabung saham CLEO adalah karena melihat semakin banyaknya air minum CLEO di sekitar saya. Bahkan, keluarga besar saya kini sudah mulai mengkonsumsi ari minum CLEO.

Agar tidak hanya minum airnya saja, miliki perusahaannya tentu bisa menguntungkan.

Fundamental

  • CLEO memiliki pabrik di Pandaan, Jember, Malang, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Bali Perean, Bali Megati, Lombok, Kudus, Purworejo, Cirebon, Garut, Bekasi, Citeureup, Gunung Sindur, Makassar, Medan, Banjarmasin, Semarang, Ngoro dan Kendari.
  • Dalam laporan keuangan CLEO semester I/2018, perseroan berhasil membukukan penjualan senilai Rp362,21 miliar atau naik 27% year on year.
  • Dari sisi segmen, penjualan air minum dalam kemasan (AMDK) galon CLEO mencapai Rp131,04 miliar, tumbuh 22,33% dari posisi Rp107,12 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.