Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya.

Tidak sedikit orang yang salah mengartikan nabung saham itu sama seperti menabung pada umumnya di bank. Padahal menabung uang di bank sangat berbeda dengan menabung uang di saham. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu nabung saham bisa baca artikel, Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Bagi yang sudah mengerti apa nabung saham, tapi tidak tahu cara memulainya, kali ini saya akan membuat artikel simulasi nabung saham, dengan tujuan sarana edukasi.

Jadi, setelah baca artikel ini, jangan berpikir untuk membeli saham yang sama dengan saya.

……. Boleh sama, dari segi saham yang dibeli, jumlah modal atau tanggal pembelian. Hanya saja, kalau terjadi apa-apa kedepan seperti harga saham turun atau perusahaan bangkrut itu semua diluar tanggung jawab saya. Uang, Anda sendiri yang kelola!

Artikel simulasi asli nabung saham ini murni untuk edukasi saja, agar Anda tahu bagaimana makanisme menabung saham.

Spesifikasi simulasi nabung saham

Sebelum mulai nabung saham, pertama yang harus dilakukan adalah menentukan saham yang ingin dibeli, jumlah dana yang akan dialokasikan setiap pembelian, serta tanggal pembelian saham.

Dalam simulasi kali ini, contoh saham yang akan saya jadikan tempat tabungan adalah saham PT Sariguna Primatirta Tbk.

Untuk memperjelas spesifikasi nabung saham yang dilakukan, saya telah membuat sebuah table yang berisi informasi tentang simulasi nabung saham ini.

Nama proyek (biar keren)
YNS/CLEO/2018
Durasi proyekSeptember 2018 – September 2019*
Emiten/perusahaanPT Sariguna Primatirta Tbk
Kode sahamCLEO
Modal awalRp 600.000
Modal disetor tiap bulanRp 500.000
Siklus pembelianSetiap tanggal 13 (lihat-lihat kondisi market juga)**
Pembatasan resiko = force sell-20%***

*Durasi proyek nabung saham dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar.
** Tanggal pembelian bisa berubah, tergantung kondisi pasar

*** Pembatasan resiko berlagu untuk pembelian gap down atau cut loss untuk menghindari kerugian

Dari tabel diatas sudah jelas, bahwa saham yang akan saya tabung adalah CLEO dengan modal awal 600 ribu dan pembelian rutin sebesar 500 ribu setiap tanggal 13 disetiap bulan selama simulasi ini berlangsung.

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi air minum dengan berbagai macam kemasan, mulai dari kemasan gelas, botol, hingga galon.

Air minum CLEO

CLEO anak perusahan dari PT Global Sentral Abadi yang memegang kendali 51,64% dan PT Global Sukses Makmur Sentosa 27,91%.

Kenapa saham PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO)?

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa saya memilih saham CLEO untuk dijadikan tabungan saham?

Alasan saya memilih saham CLEO adalah karena fundamentalnya bagus, serta memiliki prospek bisnis yang jelas.

Untuk alasan dasar saya menabung saham CLEO adalah karena melihat semakin banyaknya air minum CLEO di sekitar saya. Bahkan, keluarga besar saya kini sudah mulai mengkonsumsi ari minum CLEO.

Agar tidak hanya minum airnya saja, miliki perusahaannya tentu bisa menguntungkan.

Fundamental

  • CLEO memiliki pabrik di Pandaan, Jember, Malang, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Bali Perean, Bali Megati, Lombok, Kudus, Purworejo, Cirebon, Garut, Bekasi, Citeureup, Gunung Sindur, Makassar, Medan, Banjarmasin, Semarang, Ngoro dan Kendari.
  • Dalam laporan keuangan CLEO semester I/2018, perseroan berhasil membukukan penjualan senilai Rp362,21 miliar atau naik 27% year on year.
  • Dari sisi segmen, penjualan air minum dalam kemasan (AMDK) galon CLEO mencapai Rp131,04 miliar, tumbuh 22,33% dari posisi Rp107,12 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Teknikal

Dari segi teknikal, saham CLEO cukup menjanjikan karena masih dalam posisi uptren, meskipun sejak stock split sahamnya belum tahu mau kemana. Selain itu, saham ini terlihat seperti over bought, dan tidak banyak bergerak serta cendrung stagnan.

Tapi yang menarik adalah saham ini punya hentakan yang bagus pada waktunya. Meskipun lebih banyak bolak-balik diharga yang sama, namun pada waktunya akan naik signifikan sesuai dengan kinerja keuangannya.

chart saham CLEO

Untuk diketahui, bahwa CLEO telah melakukan stock split dengan rasio 1:5. Dengan stock split ini, tentu saham CLEO kini menjadi lebih likuid.

Laporan bulanan “Yuk Nabung Saham” CLEO

Untuk memperinci simulasi nabung saham ini, saya melengkapi dengan laporan bulanan:

September 2018

Untuk tahap awal nabung saham di CLEO, saya menempatkan modal awal sebesar 600 ribu yang pembeliannya saya lakukan pada tanggal 13 Sept 2018.

laporan transkasi beli saham CLEO
laporan transkasi beli saham CLEO

Lihat kotak merah diatas? Itu adalah biaya yang dikenakan untuk membeli saham, harga sahamnya 602.800, sisianya 5.000 adalah biaya transaksinya.

Oktober 2018

Highlight

12 Oktober

H-1 nabung saham berkala bulan Oktober, saham CLEO ditutup menguat +6,85%. Hingga kini nabung saham saya di CLEO sudah menguat 13,87%.

Status nabung saham CLEO 12 Oktober 2018
Status nabung saham CLEO 12 Oktober 2018

15 Oktober 

Seperti janji saya diawal, pembelian berkala nabung saham ini akan dilakukan setiap tanggal 13, namun karena tanggal tersebut hari libur, saya membeli kembali saham CLEO pada tanggal 15 Oktober hari Senin.

Dalam pembelian bulan kedua nabung saham CLEO, saya membeli diharga 306 dengan jumlah lot 17 bernilai 520 ribuan. Berikut ini detail tansaksinya.

laporan transkasi beli saham CLEO

Dengan pembelian hari ini, saham yang saya tabung di CLEO kini bertambah. Dari awalnya hanya 22 lot, kini menjadi 39 lot dengan keuntungan +4.19%.

Posisi harga nabung saham CLEO terkini

Agar simulasi nabung saham ini lebih terasa, saya mencoba untuk melampirkan harga saham terbarunya. Tapi saya tidak janji update setiap hari, tergantung kesibukan.

TglKodeAVGLastLotShareStock ValueMarket ValuePtsl(-/+)%
16/10/18CLEO287.94308393,9001,122,999.931,201,20078,200.076.96%

———————————————-

Bagaimana, tidak sulit bukan menabung saham? Ayo mulai menabung saham, pakai produknya, miliki perusahaannya 🙂

Bagi Anda yang ingin mengikuti perkembangan simulasi nabung saham CLEO saya, silakan bookmark halaman ini dengan cara tekan Crtl + D, setiap bulan tanggal 14 akan update terbaru tentang transaksi saham yang saya lakukan.

*Disclaimer: Artikel ini hanya sebuah materi belajar saja. Sampai hari ini, saya belum pernah menyarankan atau merekomendasikan sebuah saham untuk dibeli/dijual. Buy/sell ditangan Anda!

Bergabung dengan irfan™

262FansSuka
50PengikutMengikuti
50PengikutMengikuti
202PengikutMengikuti

2 KOMENTAR

  1. Halo selamat sore, untuk menabung saham seperti diatas,, apa saja tahapan yang harus saya lakukan?
    mohon maaf saya sangat baru dalam hal nabung saham ini, dan saya tertarik setelah melihat simulasi CLEO diatas..
    terimakasih sebelumnya..

    • Untuk dapat melakukan nabung saham, Anda harus terdaftar sebagai investor disalah satu sekuritas. Untuk lebih gampangnya, ikuti saja “Sekolah Pasar Modal” di kota Anda. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Wajib Baca