Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Artikel Simulasi Nabung Saham untuk tujuan edukasi, buy dan sell di tangan masing-masing investor

Baca Juga

simulasi nabung saham – Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya.

Tidak sedikit orang yang salah mengartikan nabung saham itu sama seperti menabung pada umumnya di bank. Padahal menabung uang di bank sangat berbeda dengan menabung uang di saham. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu nabung saham bisa baca artikel, Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Bagi yang sudah mengerti apa nabung saham, tapi tidak tahu cara memulainya, kali ini saya akan membuat artikel simulasi nabung saham, dengan tujuan sarana edukasi.

Jadi, setelah baca artikel ini, jangan berpikir untuk membeli saham yang sama dengan saya.

……. Boleh sama, dari segi saham yang dibeli, jumlah modal atau tanggal pembelian. Hanya saja, kalau terjadi apa-apa kedepan seperti harga saham turun atau perusahaan bangkrut itu semua diluar tanggung jawab saya. Uang, Anda sendiri yang kelola!

Artikel simulasi asli nabung saham ini murni untuk edukasi saja, agar Anda tahu bagaimana makanisme menabung saham.

Spesifikasi simulasi nabung saham

Sebelum mulai nabung saham, pertama yang harus dilakukan adalah menentukan saham yang ingin dibeli, jumlah dana yang akan dialokasikan setiap pembelian, serta tanggal pembelian saham.

Dalam simulasi kali ini, contoh saham yang akan saya jadikan tempat tabungan adalah saham PT Sariguna Primatirta Tbk.

Untuk memperjelas spesifikasi nabung saham yang dilakukan, saya telah membuat sebuah table yang berisi informasi tentang simulasi nabung saham ini.

Nama proyek (biar keren)
YNS/CLEO/2018
Durasi proyekSeptember 2018 – September 2019*
Emiten/perusahaanPT Sariguna Primatirta Tbk
Kode sahamCLEO
Modal awalRp 600.000
Modal disetor tiap bulanRp 500.000
Siklus pembelianSetiap tanggal 13 (lihat-lihat kondisi market juga)**
Pembatasan resiko = force sell-20%***

*Durasi proyek nabung saham dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar.
** Tanggal pembelian bisa berubah, tergantung kondisi pasar
*** Pembatasan resiko berlagu untuk pembelian gap down atau cut loss untuk menghindari kerugian

Dari tabel diatas sudah jelas, bahwa saham yang akan saya tabung adalah CLEO dengan modal awal 600 ribu dan pembelian rutin sebesar 500 ribu setiap tanggal 13 disetiap bulan selama simulasi ini berlangsung.

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi air minum dengan berbagai macam kemasan, mulai dari kemasan gelas, botol, hingga galon.

simulasi nabung saham
Air minum CLEO

CLEO anak perusahan dari PT Global Sentral Abadi yang memegang kendali 51,64% dan PT Global Sukses Makmur Sentosa 27,91%.

Kenapa saham PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO)?

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa saya memilih saham CLEO untuk dijadikan tabungan saham?

Alasan saya memilih saham CLEO adalah karena fundamentalnya bagus, serta memiliki prospek bisnis yang jelas.

Untuk alasan dasar saya menabung saham CLEO adalah karena melihat semakin banyaknya air minum CLEO di sekitar saya. Bahkan, keluarga besar saya kini sudah mulai mengkonsumsi ari minum CLEO.

Agar tidak hanya minum airnya saja, miliki perusahaannya tentu bisa menguntungkan.

Fundamental

  • CLEO memiliki pabrik di Pandaan, Jember, Malang, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Bali Perean, Bali Megati, Lombok, Kudus, Purworejo, Cirebon, Garut, Bekasi, Citeureup, Gunung Sindur, Makassar, Medan, Banjarmasin, Semarang, Ngoro dan Kendari.
  • Dalam laporan keuangan CLEO semester I/2018, perseroan berhasil membukukan penjualan senilai Rp362,21 miliar atau naik 27% year on year.
  • Dari sisi segmen, penjualan air minum dalam kemasan (AMDK) galon CLEO mencapai Rp131,04 miliar, tumbuh 22,33% dari posisi Rp107,12 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Simulasi Asli "Yuk Nabung Saham", Lengkap Dengan Laporan Bulanan 1

Teknikal

Dari segi teknikal, saham CLEO cukup menjanjikan karena masih dalam posisi uptren, meskipun sejak stock split sahamnya belum tahu mau kemana. Selain itu, saham ini terlihat seperti over bought, dan tidak banyak bergerak serta cendrung stagnan.

Tapi yang menarik adalah saham ini punya hentakan yang bagus pada waktunya. Meskipun lebih banyak bolak-balik diharga yang sama, namun pada waktunya akan naik signifikan sesuai dengan kinerja keuangannya.

Simulasi Asli "Yuk Nabung Saham", Lengkap Dengan Laporan Bulanan 2

Untuk diketahui, bahwa CLEO telah melakukan stock split dengan rasio 1:5. Dengan stock split ini, tentu saham CLEO kini menjadi lebih likuid.

Laporan bulanan “Yuk Nabung Saham” CLEO

Untuk memperinci simulasi nabung saham ini, saya melengkapi dengan laporan bulanan:

Kembali
Berikutnya

Januari 2019

Setelah melemah dalam beberapa minggu terakhir, CLEO akhirnya mengalami kenaikan signifikan pada 11 Januari 2019 sebanyak 14 poin (+5.07%)

Simulasi Asli "Yuk Nabung Saham", Lengkap Dengan Laporan Bulanan 3

Kenaikan ini terjadi karena berita bagus CLEO yang melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi aset dan merek air minum “Super O2” milik PT Triusaha Mitraraharja (Tudung Group).

Selain itu, pada Januari 2019, CLEO juga mengembangkan bisnis es batu dengan merek S-Tube dengan pabrik yang berlokasi di Prigen-Pasuruan. Total kapasitas produksi es batu pabrik tersebut sebesar 120.000 ton. sumber: Ekspansi Bisnis, CLEO Akuisisi Merk Super O2

Kembali
Berikutnya

Posisi harga nabung saham CLEO terkini

Agar simulasi nabung saham ini lebih terasa, saya mencoba untuk melampirkan harga saham terbarunya. Tapi saya tidak janji update setiap hari, tergantung kesibukan.

Date14/01/18
CodeCLEO
AVG286.29
Last294
Lot75
Share7,500
Stock Value2,147,199.75
Market Value2,205,000
Pts (-/+)+57,800.25
%+2.69%

———————————————-

Bagaimana, tidak sulit bukan menabung saham? Ayo mulai menabung saham, pakai produknya, miliki perusahaannya 🙂

Bagi Anda yang ingin mengikuti perkembangan simulasi nabung saham CLEO saya, silakan bookmark halaman ini dengan cara tekan Crtl + D, setiap bulan tanggal 14 akan update terbaru tentang transaksi saham yang saya lakukan.

*Disclaimer: Artikel ini hanya sebuah materi belajar saja. Sampai hari ini, saya belum pernah menyarankan atau merekomendasikan sebuah saham untuk dibeli/dijual. Buy/sell ditangan Anda!

22 KOMENTAR

  1. Mas irfan didesa kami ada investasi dana saham yg harus buka rek bri minimal dana 1500000 dan dapat provit 50000 tiap hari selama masa kontrak 5bln..provit dtransfer lngsung ke no rek tersebut..ini benar apa bodong mas..saya kasian sama tetangga klo ini bentuk penipuan

    • Itu bukan investasi saham… kalau dikategorikan masuk ke dalam deposito. Tapi ini angkanya tidak masuk akal, karena setahu saya deposito itu cuma untung 5% setiap tahunnya. Kalau bisa dapat 50ribu perhari dengan modal 1,5juta mustahil. Sebaiknya ini dihindari saja.

      Jika ingin mencari kebenarannya, coba datang langsung ke Bank BRI terkait penawaran ini, karena rek yang digunakan BRI. Terima kasih

  2. Mas Irfan,

    Ini pertanyaan nubie sekali. Saat ini saya berencana menaruh sebagian dana saya ke dalam saham untuk jangka waktu yang cukup lama. Saat ini saya sedang mempelajari demo acc iq option. Di aplikasi tersebut ada leverage 20x dan ada buy and sell. Apakah misal saya beli saham tertentu dan nilainya menurun 100% dari nilai dari saya beli, apakah akan terkena semacam margin call?

    Terima kasih atas jawabannya mas.

    • Saya kurang familiar dengan option.

      Di saham rugi 100% tidak mungkin, karena nilai terendah saham itu Rp50. Jika Anda beli saham diharga Rp100, dan tiba-tiba sahamnya ke harga Rp50, modal Anda masih ada 50% lagi, tapi tidak bisa ditransaksikan. Tks

  3. Mas kalau daftar rekening efek di Mandiri sekuritas kan katanya setoran awal 3 jt, Nah itu dana 3 juta apakah biaya daftar buka rekening
    saja atau bisa digunakan untuk invest/trading?

  4. Mas kalo nabung saham apakah kita dapat deviden/profit tiap bulannya? Atau kita hanya dapat untung dari margin harga saham ketika naik saja?…. Mohon penjelasannya.

    • Keuntungan dalam nabung saham adalah dividennya. Dividen dibagikan perusahan sesuai kebijakan masing-masing, bisa setahun sekali atau 2 tahun sekali.

      Jadi, kalau pertanyaannya apakah setiap bulan dapat profit? Jelas tidak, kecuali Anda menjual semua sahamnya, itu akan jadi capital gain kalau harga saham lebih tinggi saat dijual.

      Contoh simulasi diatas saya sudah 4 bulan nabung saham di CLEO, sampai saat ini saya belum mendapatkan apa-apa, kecuali portofolio yang naik turun. Saya dapat untungnya ketika bagi dividen nanti. Tks

  5. sy eri ibu rumah tangga, sy kena PHK sedangkan kebutuhan sehari2 sy bny krn ad hutang yg hrs dibayar, sy ingin ikut inves seperti ni kak, tp sy bnr2 tdk tau caranya bagaimana, dan ap yg harus sy lakukan sy bingung, tidak tau sm sekali soal seperti ini, tp sy ingin bnr2 belajar bs kah dibantu, terimaaksih

    • Hal paling dasar yang dapat ibu Eri lakukan adalah dengan mengikuti yang namanya “Sekolah Pasar Modal (SPM)”, biaya ikuta kelasnya 100rb, yang langsung dijadikan saham.

      SPM diadakan di banyak kota di Indonesia, untuk lebih lanjut cara ikutan SPM bisa baca artikel ini https://irfan.id/wajib-untuk-pemula-sekolah-pasar-modal-level-1-level-2/

      Namun bila ibu Eri sibuk tidak bisa kelaur rumah, bisa ikutan SPM Online.. jadi nanti belajar sahamnya melalui video.. untuk lebih lanjutnya bisa baca artikel ini https://irfan.id/sekolah-pasar-modal-online/

      Satu-satunya cara yang paling mudah untuk mengerti saham adalah dengan melakukan hal yang saya sarankan diatas. Kalau sudah ikut SPM tatap mukan, tidak perlu ikut SPM Online, jadi pilih salah satu saja.

      Tapi yang harus diingat, resiko investasi tinggi. Jadi harap prioritaskan untuk melunasi hutang dulu. dana investasinya dapat disisihkan sedikit demi sedikit.

      Terima kasih

  6. Assalamualaikum,,
    Mohon maaf,, mau tanya,,kalau mau deposit ke rekening BNI Sekuritas, gimana ya caranya? Maaf saya masih baru dalam hal saham. Saya sudah punya rekening BNI Sekuritas

    • Saya pakai MOST software PC.. Dalam menabung saham, beli via paltform apapun tidak berpengaruh. Jadi, pakai platform apa saja yang menurut anda nyaman. Tks

  7. Halo selamat sore, untuk menabung saham seperti diatas,, apa saja tahapan yang harus saya lakukan?
    mohon maaf saya sangat baru dalam hal nabung saham ini, dan saya tertarik setelah melihat simulasi CLEO diatas..
    terimakasih sebelumnya..

    • Untuk dapat melakukan nabung saham, Anda harus terdaftar sebagai investor disalah satu sekuritas. Untuk lebih gampangnya, ikuti saja “Sekolah Pasar Modal” di kota Anda. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Artikel Terbaru

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi....

Tiket Pesawat Akhirnya Beneran Turun, Saatnya Rencanakan Liburan

Beberapa bulan terakhir, dunia traveling tergoyahkan karena mahalnya tiket pesawat. Padahal, high season seperti tahun baru dan lebaran sudah usai.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade?

Xiaomi Mi Band 4 - Setahun yang lalu saya beli Xiaomi Mi Band 3 disalah satu marketplace. Saat itu belinya karena kepo...

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Pegadaian - Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.Alasan saya beli...

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit - Saat ini membeli reksa dana semakin mudah tanpa harus lagi ke bank, karena reksa dana sudah dijual secara online melalui...

Ini Daftar Lengkap Harga TV Samsung Khusus Smart TV Tahun 2019

Fungsi televisi memang sudah berkembang untuk mendukung produktivitas pengguna setiap hari, banyak keluarga yang masih mengandalkan alat elektronik yang menampilkan gambar dan...

Review: Money Lover, Aplikasi Manajemen Keuangan Yang Saya Pakai

Money Lover - Mengatur keuangan dan mencatatkan arus kas bisa jadi yang paling rebet dan malas dilakukan oleh beberapa orang, termasuk saya....

Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000

Apakah kamu pelanggan setia yang sering belanja online di Tokopedia? Tentu kamu sudah tahu kalau Tokopedia tanggal 17 Mei lalu bagi-bagi THR...