Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

MOST Mandiri Sekuritas dilengkapi dengan fitur yang mempermudah trading, seperti fitur "Auto Buy/Sell"

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di Mandiri Sekuritas. saat ini saya memakai 2 akun sekuritas berbeda untuk trading dan investasi saham.

Alasan saya menggunakan akun sekuritas berbeda adalah karena fitur yang ditawarkan oleh kedua sekuritas ini berbeda-beda dan saling melengkapi, oleh karena itu saya merasa nyaman menggunakan keduanya.

Untuk mendaftar sebagai nasabah di Mandiri Sekuritas juga tidak jauh berbeda dengan BNI Sekuritas yang terlebih dahulu saya daftarkan. Proses pendaftaran memakan waktu sekitar 7 hari kerja (kalau antrian tidak banyak, karena saya siap akunnya lebih kurang 2 minggu hari kerja).

Mandiri Sekuritas kini menyediakan cara mudah agar Anda dapat bergabung bersama Mandiri Sekuritas.

Dengan membuka satu account MOST, anda akan mendapatkan keunggulan dan kenyamanan dalam investasi pasar modal seperti :

  • Kenyamanan berinvestasi di berbagai instrumen pasar modal seperti saham, obligasi, dan reksadana.
  • Bebas biaya layanan data feed serta informasi pasar modal.
  • Akses berbagai riset baik analisis fundamental maupun teknikal yang dikaji oleh tim riset kami yang berpengalaman.
  • Free training dan support full dari tim kami untuk membantu anda menentukan langkah dalam berinvestasi.
  • Hak untuk mendapatkan penjatahan saat berlangsungnya IPO.
  • Kemudahan trading dari berbagai platform di gadget.

Berikut langkah mudah pembukaan rekening saham untuk bergabung bersama Mandiri Sekuritas:

Melakukan pengisian data dan melampirkan dokumen kelengkapan melalui Online Opening Account

atau

Download dan lengkapi dokumen berikut:

Menyampaikan formulir pembukaan rekening bersama kelengkapannya dengan beberapa alternatif yang dapat anda pilih:

– Datang langsung ke kantor cabang kami dan lakukan pembukaan rekening. Anda dapat memilih cabang yang terdekat dengan lokasi anda.

– Dalam hal tidak terdapat cabang kami pada kota domisili anda, Formulir Pembukaan Rekening dapat dikirimkan kepada alamat berikut untuk kemudian akan dilakukan tatap muka (face to face) melalui media video call/video conferance seperti line atau skype.

Minimal setor modal awal di Mandiri Sekuritas (Update 19/1/18)

Agar dapat bertransaksi dengan MOST (aplikasi trading Mandiri Sekuritas) maka setoran modal awalpun berbeda. Untuk hal ini, pihak Mandiri Sekuritas mematok minimal Rp 5 juta rupiah untuk mahasiswa (mendaftar dengan KTM dan surat pernyataan tidak memiliki NPWP) dan Rp 10 Juta bagi mereka yang tergolong dalam pendaftaran nasabah reguler. Anda juga dapat memilih keanggotaan “full service” yang akan dibantu dengan broker dengan minimal modal awal Rp 100 Juta.

Namun akhir-akhir ini saya menemukan tweet salah satu penanya di twitter tentang biaya setoran awal di Mandiri Sekuritas. Melalui akun twitter @Mandiri_OLT, menjawab bahwa untuk minimal pembukaan akun saat ini adalah 3 juta rupiah, saya tidak tahu persis apakan berlakuk untuk umum atau mahasiswa karena pertanyaan saya tidak dijawab oleh adminnya.

Update terbaru informasi setoran awal 2018 Mandiri Sekuritas adalah 2 juta rupiah

Mandiri Sekuritas Reguler dan Syariah

Dalam bertransaksi dipasar modal, Mandiri Sekuritas memiliki 2 macam pendaftaran yang dapat anda pilih saat pertama kali pendaftaran sebagai nasabah. dengan menjadi nasabah reguler anda dapat bertransaksi di semua index dan saham yang tersedia di market, sedangkan nasabah syariah akan melakukan transaksi saham sesuai dengan syariah islam dan saham yang tersedia pun juga dipilah, sehingga pasti membuat para nasabah syariah merasa nyaman bertransaksi tanpa ragu sesuai syariat atau tidak.

https://i2.wp.com/www.most.co.id/Uploads/Test/test/infographic-standar.jpg?resize=472%2C669&ssl=1

Online

Transaksi saham secara langsung dan mandiri melalui gadget anda baik laptoptablet, dan smartphone dengan menggunakan aplikasi atau web-based aplikasi kami di www.most.co.id

Full Service

Kombinasi layanan transaksi saham secara online dan konvensional (via telepon) dengan bantuan broker berpengalaman dan berlisensi.

FeeBuy : 0.18%
Sell : 0.28%
FeeBuy : 0.25%
Sell : 0.35%
Trading Limit3x cash + 2x PortofolioTrading Limit3x cash + 2x Portofolio
Trading ChannelMOST App , MOST Web, MOST MobileTrading ChannelBroker/AO, MOST app

Keistimewaan Transaksi Saham Syariah, antara lain :

      1. Produk saham yang diperjual belikan tergolong halal (sesuai Daftar Efek Syariah yang dikeluarkan BEI), tidak mengenal bunga, tetapi berfokus terhadap nisbah/sistem bagi hasil dan risiko antara investor dan emiten.
      2. Sistem transaksi yang digunakan mengikuti ketentuan syariah islami.
      3. Rekening Dana Nasabah (RDN) yang terpercaya dan sesuai dengan prinsip syariah.

Berikut cara bertransaksi saham syariah di Mandiri Sekuritas:

    1. Pastikan anda telah membuka rekening efek syariah di Mandiri Sekuritas. Anda dapat melihat tata cara pembukaan rekening efek di sini.
    2. Setelah melakukan pembukaan rekening efek, anda akan menerima 2 buah email, email pertama berisi account MOST (username & password) dan email kedua berisi nomor rekening dana nasabah (RDN) syariah Anda.
    3. Lakukan deposit dana dengan melakukan transfer ke nomor RDN syariah anda.
    4. Dengan menggunakan PC/smartphone, kunjungi www.most.co.id/syariah, pastikan deposit anda telah masuk.
    5. Selamat! anda dapat langsung bertransaksi saham syariah. Untuk daftar saham yang termasuk dalam prinsip transaksi saham syariah silakan kunjungi halaman berikut.
    6. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tips & trik investasi serta cara menggunakan MOST Syariah, silakan hubungi Care Center kami di 1-500-178 atau MOST Advisor.

halo@irfan.id

Cara membeli saham dengan MOST software PC (Update 22/9/17)

Selum anda memulai beli saham dengan MOST di perangkat laptop atau PC, pastikan anda telah meng-install software trading Mandiri Sekuritas, MOST. Unduh disini

Bila sudah di unduh, lakukan instalasi sesuai petunjuk hingga selesai dan anda siap untuk melakukan trading dengan MOST. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membeli saham dengan MOST Mandiri Sekuritas.

Pertama: Buka software MOST yang sudah terinstall, Tampilannya akan seperti dibawah ini.

Tampilan awal MOST Mandiri Sekuritas

Setelah terbuka, akan muncul halaman awal aplikasi login. Masukan Userid dan Password yang telah dikirimkan oleh pihak Mandiri Sekuritas.

TIPS: Akan ada masa di mana nanti mungkin anda akan menemukan masalah saat login, ini terjadi biasa karena over kapasitas di server ManSek (kata mereka). Bila masalah ini muncul dan pop up tanda tidak bisa login muncul, ubah Connection Server pada menu CONFIG pada halaman awal MOST.

Configurasi Pengaturan Server dan Port MOST

Seperti gambar diatas, anda dapat mengubah koneksi server pada SERVER LIST pilih suka-suka, bisa ISP #1, ISP #2 atau ISP #3. begitu juga dengan Port, ubah 80, 443, 1680. Kombinasikan saja server list dengan port sampai bisa terhubung dan dapat masuk ke software MOST.

Kedua: Setelah Login, maka anda akan disuguhkan berita “Stock Pick” untuk perdagangan pada hari tersebut.

Tampilan awal setelah login

Untuk memulai trading, klik tombol COMP pada menu bar.

Ketiga: Pada halaman dibawah ini, anda dapat melihat semua fitur yang menunjang aktifitas trading, ada Running Trade, Buy/Sell, Stock Price, News dan lainnya. Pada halaman inilah kita akan melakukan pembelian saham.

Sebelum membeli saham, anda terlebih dahulu memasukkan PIN pada kolom kuning yang sudah saya lingkari. Setelah memasukkan PIN, anda dapat melihat Order list, trade list, portfolio, dan buy available yang terdapat pada bagian bawah halaman. Usahakan untuk mengecek Buy available terlebih dahulu agar dapat mengetahui jumlah dana yang kita punya.

Cek saham yang akan anda beli dengan memasukkan kode saham pada kolom yang tersedia seperti pada kotak warna merah, dalam hal ini saya memberi contoh pembelian saham PT. Timah (Persero) Tbk.

Lihat kotak warna hijau, disini anda akan memasukkan kode saham, harga, dan jumlah lot yang akan dibeli. Sebagai contoh saya membeli saham TINS di harga Rp870 sebanyak 45 lot  dalam posisi Bid, ini artinya bila saya beli saham ini tidak langsung terbeli dan harus menunggu hingga 870 tersentuh Offer.

Setalah semua diisi, klik Buy Submit untuk order.

TIPS: Bila anda tidak ingin repot mengisi jumlah lot yang akan dibeli, klik tombol Max Buy yang terdapat diatas Buy Submit. Namun yang harus anda ingat, dengan klik Max Buy, artinya anda akan membeli saham hingga memakai batas limit trading dan harus menyelesaikan transaksi tersebut pada T+3 atau deposit uang seusai dengan tagihan yang telah di tentukan pada T+3.

Pop up konfirmasi pembelian saham akan muncul sebagai konfirmasi bahwa anda membeli saham. Jika sudah yakin, klik OK.

Keempat: Seperti yang saya katakan tadi, karena saya beli di harga antrian, jadi harus menunggu dulu hingga harga 870 tadi tersentuh Offer, maka orderan tadi dapat dilihat pada Tab Order List seperti dibawah ini.

Pada kolom merah diatas terlihat jelas bahwa saya sedang dalam antrian order dan harus menunggu harga yang saya ajukan diterima.

Kelima: Ketika order Rp 870 dengan 45 Lot diterima, maka kini saya secara resmi berhasil membeli saham TINS dan dapat dilihat pada tab Portfolio seperti pada kolom kuning dibawah ini.

Untuk melihat profit and loss, anda dapat melihat pada kotak kuning diatas. Bila sahamnya naik maka akan hijau angkanya, bila rugi akan merah.

Sebenarnya tahap keempat dapat dilewati bila anda membeli saham TINS dengan harga Rp 875  (lihat kolom kuning dibawah), itu artinya anda membeli saham dengan harga beli saat ini.

Namun, jika ingin antri dengan harga murah dengan harapan harga sahamnya turun lagi, anda dapat membeli seperti saya di harga Rp 870 (lihat kolom hijau diatas).

Nahh… kira-kira begitulah cara membeli saham dengan MOST Mandiri Sekuritas. Semoga dapat membantu anda.

Baca Juga: Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2

Cara membeli saham dengan aplikasi Android MOST (Coming Soon)

Jadi tunggu apalagi? segera daftarkan diri anda sebagai investor agar dapat berinvestasi di pasar modal saham. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan… Salam profit

halo@irfan.id

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
199PengikutMengikuti

125 KOMENTAR

  1. Massss majalah ekonomi panduan utk mengetahui emiten pasar yg lg trend atau bagus..dan sambil belajar dunia saham,,maaf sy newbie bgt hehe ingin belajar saham dan buka akun di mansek

  2. Mas Irfan, saya coba daftar online tapi wajib isi no telepon rumah, kalau tidak punya apakah memang diwajibkan punya ya atau bagaimana? Mohon penjelasannya ya

      • Gak bisa, selalu tampil kode salah makanya saya tanyakan disini karena wajib. Beberapa komentar saya temukan masalah yang sama juga tapi blum ada solusi. Klo gak keberatan tlong didalami masalah ini mas solusinya gimana? Atau ada contoh pengisian berkas yg benar gimana, coba mas irfan yang coba daftar di most deh … terima kasih

    • Saya belum dapat update terbarunya, tapi sejauh yang saya tau untuk umum 2juta. Untuk informasi yang lebih akurat, silakan menanyakan langsung via twitter ManSek, mereka balas kalau jam kerja. Tks

  3. Mas Irfan numpang nanya,
    Saya newbie di saham
    Pengen nanya pendapatan cash devidend (ex. PayDate BBRI 25 April 2018) , masuk uangnya kira2 brp bulan dr waktu paydate? dan ada notification dr MOST?
    Sebelumnya terima kasih banyak atas infonya!

  4. Bang 2 minngu sblm lebarn sy dapat email dri MANSEK no rekening investor sudah aktf. Dan harus melakukan deposit sebesar 2 jt,, dan waktu penyetorannya 30 hri setelah rekening aktif. Kalau lewat dr waktu tersebut otomatis acount most sy akan d tutup secara otomatis

    Yang mau sy tanyakan adalah bisa gk untuk setoran awal nya saya setor 1 jt dulu. (maklum bang habis lebaran banyak pengeluaran)… Sisa nya sy bayar bln depan sehabis gajian.. Yg penting acount most sy aktf. Mohon d bls komen sy bang

    • Mohon maaf untuk kebijakan tersebut diluar jangkauan saya. Dulu sih ketika masih setoran awal 10juta saya pinjam uang teman untuk deposit, setelah masuk saya tarik lagi setengahnya uang teman saya tersebut. mungkin bisa diakali seperti itu *tapi saya tidak menyarankan 😀

      Tapi, gampangnya sih tinggal tanya ke ManSek langsung. Besok coba tweet dan mention mereka tentang pertanyaan ini. mereka biasa balas. Tapi ingat, tweetnya ketika jam kerja, mungkin jam 10an,. akun twitternya mansek @Mandiri_OLT. Tks

  5. mas mau nanya ini
    mas irfan kan prtama kali jd nasabah bnis dan daftar lg di mandiri sekuritas untuk gabungin keunggulan bnis sama mandiri sekuritas itu mandiri sekuritasnya ikut yg apa..?
    full online atau full service

  6. mas irfan. sy mau sharing hasil trading kemarin.
    sy buy BBRI pada harga 3.190 (plus biaya2 jadi 3.194) sebanyak 31 lot kemudian sy jual seluruhnya diangka 3.280 pada hari berikutnya. menurut analisa sy, harga saham tersebut akan kembali turun, sehingga sy buy kembali pada harga 3.260 dengan jumlah lot yang sama pada hari yang sama saat sy jual 3.280. namun justru yang muncul angka avg menjadi 3.225 dan posisi saya telah gain sebesar 25 poin (harga penutupan senin, 28 Mei 2018 kemarin 3.250).

    kenapa angka yang muncul 3225? kenapa tidak angka perolehan yaitu 3.260? mohon penjelasannya..

  7. mas irfan. saat ini harga saham blue chip dan beberapa saham lainnya sdh mulai meningkat. biasanya sepengalaman mas, adakah sentimen negatif thdp situasi lebaran mas? dan adakah sentimen positif menjelang pengumuman neraca publikasi? in case bulan Juni ini. thanks

    • Saya pribadi belum pernah beli saham khusus untuk lebaran.. tapi biasa masa puasa dan lebaran, saham sektor konsumer bakalan naik (indofood, kalbe farma, unilever), dan juga biasa saham meperti Matahari Mall (LPPF) akan naik.

      Saya lebih sering beli saham dengan sentimen komoditi minyak, CPO, batubara seperti contoh ini https://irfan.id/tips-beli-saham-ini-waktu-terbaik-untuk-koleksi-saham/

      Kalau sentimen neraca biasa berpengaruh, kalau kinerjanya bagus, sahamnya naik juga dan sebaliknya (tapi saya gak bisa jamin, semua ditangan pelaku pasar). Tks

  8. Kalo yang diatas, saya beli saham di Pt. Timah Tbk.
    seandaiya saya beli sahamnya 870 dengan 45 Lot. sama persis yang contohnya diatas itu,,, jadi kalo udah sentuh 870nya. maka keuntungan yang saya dapat itu berapa ya Pak..???,,,

    Mohon bantuan penjelasannya dongg,

    • kalau beli di harga 870 dengan 45 lot dan harganya naik menjadi 875… cukup hitung dengan perkalian sederhanan.. dengan kenaikan 5 angka, berarti hitungnya 45 (lot) X 5 (selisih harga) X 100 (1 lot = 100 lembar saham) = Rp 22,500. hasil ini sama seperti screenshot saya diatas.

      Tapi perlu diingat, keuntungan ini belum Anda dapat kalau belum dijual sahamnya. Tks

  9. Mas irfan,bisa minta contoh kasus gak tentang T+1 sampe T+4 dan force sell,saya belum terlalu paham klo gak ada contoh kasus ny mas,terima kasih.

    • Baik, minggu depan saya akan coba transksi margin sampai kena force sell. Silahkan berlangganan email untuk permbalasan komentar ini. Tks

  10. Mas Irfan, mau tanya dong. pergerakan saham itukan setiap harinya berbeda2. Hari ini bisa naik besok bisa turun atau sebaliknya. yg mau saya tanyakan : pada saat kapan , waktu yg tepat untuk membeli saham atau menahan atau menjual saham tersebut? untuk meminimalisir kerugian.
    *saya masih baru bgt di saham ini, mohon masukannya mas.

    • Pergerakan saham itu tidak ada yang bisa tebak, siapa pun dia. Oleh karena itu, sangat mustahil menetukan waktu yang tepat untuk beli saham, karena setiap saham punya history dan karakter masing-masing. Jadi, intinya saya tidak tahu waktu yang tepat.

      Sebenarnya cara yang paling simpel untuk mengetahui harga itu naik atau turun agar tidak salah beli adalah dengan cara analisa teknikal (itu pun belum tentu akurat 100%).

      Saran saya ikut sekolah pasar modal saja, disana bisa tanya bebas ke pemateri. Tks

  11. Mas Irfan, mau pastikan saja bhw aplikasi most itu betul bisa utk trading juga bisa untuk Hold/Invest dalam jangka waktu yg lama… Pertanyaan selanjutnya kalau trading saham itu Beli harga Offer, jual harga Bid ya. Menurut pengalaman Mas sendiri pergerakan saham itu sehari harinya fluktuatif sekali atau biasa biasa saja. Maksud sy kalau beli diharga 870 itu naik turunnya besar selisihnya atau kecil saja perharinya. Terima Kasih

    • Selama pakai Aplikasi MOST official ManSek saya rasa aman-aman saja. Iya benar, bid/offer.

      Fluktuatif biasa identik dengan saham yang liquiditasnya tinggi, biasa yang termasuk dalam index LQ45. Tapi tidak menutup kemungkinan saham-saham yang sedang diperbincangkan, seperti “buy on news” atau “sell on news” bisa memperngaruhi gerakannya cepat atau lambat. Intinya kalau mau tau saham apa yang banyak gerak nantinya, bisa lihat di berita sebelum jam buka bursa. Tks

  12. Kalau mau buka mandiri sekuritas harus ke mandiri cabang terdekat ya ?
    Terus kalau saya mahasiswa kan bisa masuk dengan 5.000.000. Itu rata rata harga untuk membeli saham kira2 berapa ya ?

    • Iya, bisa juga melakukan pendaftaran online. Tapi lebih bagus langsung ke cabang. Untuk modal awal ManSek saya dengar-dengar mulai dari 2-3juta.

      Untuk membeli saham bisa dimulai dari harga Rp50/lembar = Rp 5000 (50X1 lotX100 lembar saham). Jadi Anda bebas mau beli harga saham di berapa aja. Tks

  13. Mas Irfan, sebelumnya saya sudah memiliki rekening sekuritas
    Kalau saya membuka account yang ke 2, apa bisa menggunakan bank yang sama atau harus bank yang berbeda?
    Tks

  14. Mas Irfan..Saya mau buka account di mandiri sekuritas tapi sya saat ini berada di luar negri.bagaiman solusinya apakah bisa daftar online.solusinya giman jika buka account

    • Menurut informasi yang saya dapatkan katanya bisa. Nanti daftar dulu secara online, setelah data dikirim ke email lalu di cekat dan berkasnya di kirim ke ManSek… mengenai pengiriman nanti akan dibantu oleh pihak ManSek langsung. Oleh karena itu, saya sarankan untuk ikutan tweet di percakapan saya dengan ManSek > https://twitter.com/Mandiri_OLT/status/964087252614709248.

      Mereka tanya luar negerinya dimana, mohon di balas via twitter dengan mention langsung ke ManSek di link percakapan ditas. Tks

    • Di ManSek tidak bisa, tapi kalau mau invest di NYSE bisanya di Danareksa Sekuritas, setau saya ada 5 negara termasuk eropa salah satunya, tapi.. yaa setiap bulan ada biaya subscribe market lagi. Tks

  15. Numpang tanya mas, kalo sy ingin daftar di mandiri sekuritas apakah wajib membuka tabungan mandiri? Soalnya sy hanya punya tabungan bank mandiri syariah & tabungan bbrp bank syariah swasta

    • Tidak perlu mas, di saham itu ada namanya rekening RDI itu sama seperti tabungan biasa tapi khusus untuk akun saham sekuritas. Nanti saat mendaftar mas cukup memberi info tabungan yang mas punya, nanti akan di hubungkan ke rekening RDI tersebut. kalau mas memberi infonya tabungan mas yang mandiri syariah, maka ketika pencairan hasil investasi di rekening RDI akan di kirimkan ke tabungan mandiri syariah. Tks

    • T+1 sampai T+3 adalah istilah yang biasa digunakan untuk penyelesaian transaksi. Biasa yang memperhatikan T+1 atau T+3 adalah mereka yang memakai margin untuk transaksi saham. Margin adalah cara untuk membeli saham melebih cash yang kata miliki. Jadi, ketentuan pakai margin itu harus menyelesaikan transaksinya pada T+3, kalau sudah T+4 bisa kena denda bahkan force sell.

      Di lain khasus T+1 sampai T+3 memperlihatkan cash on hand (uang yang tersedia) yang kita miliki. Misalnya habis melakukan transaksi buy/sell di T+0 atau T+1, tidak semua dana kita langsung kembali utuh, butuh waktu untuk menyelesaikan transkasi jual/beli saham tersebut dan maksimalnya adalah T+3. Kira-kira seperti itu, Tks

    • Kalau memang Anda menelpon langsung CS ManSek dan mereka bilang 2juta, berarti buka akunnya 2 juta. Karena saya dengar-dengar beda wilayah, beda lagi setoran awalnya. Intinya berpatok pada official ManSek saja. saya disini hanya berbagi info saja dan artikelnya belum tentu akurat 100%. Tks

    • T+1 sampai T+3 adalah istilah yang biasa digunakan untuk penyelesaian transaksi. Biasa yang memperhatikan T+1 atau T+3 adalah mereka yang memakai margin untuk transaksi saham. Margin adalah cara untuk membeli saham melebih cash yang kata miliki. Jadi, ketentuan pakai margin itu harus menyelesaikan transaksinya pada T+3, kalau sudah T+4 bisa kena denda bahkan force sell.

      Di lain khasus T+1 sampai T+3 memperlihatkan cash on hand (uang yang tersedia) yang kita miliki. Misalnya habis melakukan transaksi buy/sell di T+0 atau T+1, tidak semua dana kita langsung kembali utuh, butuh waktu untuk menyelesaikan transkasi jual/beli saham tersebut dan maksimalnya adalah T+3. Kira-kira seperti itu, Tks

    • BIla Kang Agus ingin belajar dan peraktek langsung, saya sarankan untuk mengikuti sekolah pasar modal. Silahkan kunjungi laman sekolahpasarmodal.idx.co.id untuk pendaftaran dan ketersediaan jadwal di wilayah Anda. Tks

  16. Mas saya tertarik lalu minta trial MOST tapi kok ga pernah di follow up ya.. sudah via email dan telfon langsung ke care center mandiri sekuritas.. tapi sampai sekarang masih belum ada feedback ya gan.. Mohon saran nya gan

  17. Halo mas Irfan
    1. apakah di mandiri ada Paper Moner(uang bohongan) sehinggal saya bisa trial applikasi most?
    2. Jika ada. bagaimana cara mendaftar nya? apakah harus membuka rekening saham terlebih dahulu? apakah dikenakan biaya terkait realtime data market?
    3. Apakah membuka rekening saham hanya bisa dilakukan via datang kecabang mandiri?

    • Hi Krisna,
      1. setahu saya tidak ada. kalau mau paper moner gitu ada permainnya di aplikasi android
      3. dan setahu saya juga, pembukaan rekening efek hanya bisa dilakukan di Mandiri sekuritas, tapi tidak menutup kemungkinan bisa daftar via bank kalau memang ada CS manseknya. Tks

  18. Menurut anda untuk pemula lebih baik pilih reksadana yg di kelola manager investasi atau Online trading sendiri?
    saya sih yg penting untungnya bisa cepet dan pengen beli saham saham yg blue chip gitu dengan instrumen yg berbeda beda..

    • investasi yang dilakukan sendiri atau investasi di MI sebernarnya memiliki plus minusnya sendiri-sendiri.. kalau trading sendiri sih lebih bagus karena bisa sambil belajar juga cara membeli saham yang baik, kalau investasi melalui MI mungkin hasilnya lebih maksimal karena dikelola oleh org2 professional. namun untuk mengurangi resiko kerugian, ada baiknya anda berinvestasi dgn trading sendiri dan juga menyisihkan untuk investasi melalui MI juga. Yang penting jangan menempatkan telur pada keranjang yang sama 🙂

    • Kalau mau belajar saham bisa ke: sekolahpasarmodal.idx.co.id, cek saja jadwalnya di daerah anda kapan pelaksanaannya. Kalau mau tanya-tanya ke saya bisa via message FB yang di fanpage saya fb.com/www.irfan.id, teman-teman lain juga chat saya lewat FB. Tks

    • Semua aplikasi sekuritas bisa untuk hold untuk waktu lama. Aplikasi seperti MOST hanya perantara untuk membeli saham, Anda simpan sampai bertahun-tahun juga tidak apa-apa karena juga tercatat di Akses KSEI. Tks

  19. mas saya mau tanya, jd sy mau beli saham tp bukan untuk ditransaksikan. sy mau hold beberapa tahun. pertanyaannya

    1. bisa sampai berapa lama sy hold itu saham?
    2. bagaimana kalau sy meninggal? apakah saham tsb dapat diwariskan? meskipun account tsb tidak diketahui passwordnya oleh ahli waris
    3. apabila ada stock split, apakah langsung secara otomatis bertambah jumlah saham kita?

    maaf pertanyaan ane terlalu dasar. ane newbie banget untuk main beginian. tq

    • 1. saham bisa mas hold selama mas mau… 5 tahun.. 10 tahun lebih
      2. Seingat saya ketika isi form buka akun sekuritas ada formulir ahli waris. selain itu mungkin juga dapat diceritakan ke sanak keluarga kalau mas punya akun saham di sekuritas agar keluarga juga tau aset mas dimana-mana saja.
      3. Split stock itu seperti potong kue. mas punya 1 kue yang dipotong jadi 4 bagian, tapi semuanya masih punya mas. jadi pasti bertambah otomatis lotnya.

      Gak apa2… semua org pro itu dulunya juga newbie.. mana tau besok mas bisa jadi trader handal 🙂 . Tks

      • mas irfan. saat ini harga saham blue chip dan beberapa saham lainnya sdh mulai meningkat. biasanya sepengalaman mas, adakah sentimen negatif thdp situasi lebaran mas? dan adakah sentimen positif menjelang pengumuman neraca publikasi? in case bulan Juni ini. thanks

  20. Gan, saya udah dapat account MOST, trus gmana lagi ya gan??? mau deposit dimintain pin, dmana saya harus dapatin PIN nya. email yg dikirim ke saya hanya user id dan password aja. maaf gan, masih newbie di saham

    • Waduh, saya juga kurang tau. tapi seingat saya dulu saat di email user dan password juga di sertai PIN, lalu PIN otomatis minta di ganti langsung saat pertama kali login. coba tanya ke CSnya ManSek langsung kalau memang tidak ada PINnya. Tks

  21. mau nanya bang…apakah saham ini seperti forex transaksinya?yg membutuhkan equity yg ditahan gitu? jd klo loss equity kita ketarik ampe margin call…apakah di saham ini ada seperti itu jg?

    • Kalau itu saya kurang tau mas, karena belum pernah belajar dan trading di forex. di saham, broker juga kasih uang lebih hingga 2x lipat dari modal kita dan ada batas waktunya pemakaian limit tersebut sampai T+3, jadi mau sahamnya untung atau rugi saat T+5 tetap kena margin call, karena T+4 biasa kena warning dulu sebelum di margin call. Lagian saya belum pernah kena margin call, karena selalu tepat waktu jual sahamnya saat masuk T+3 atau T+4. kalau ditanya level marginnya berapa persen saya juga kurang tau 😀

      Soal equity yang mas maksud saya kurang mengerti, tapi singkatnya tentang margil cell di saham seperti penjelasan saya diatas. Tks

  22. bang.. kalau tidak punya kartu nama bisa daftar gan..?? maaf pertanyaan sepele.. hehe,
    tolong pencerahanya gan… sy mau daftar onlen soalnya.. makasih

    • Maksudnya tidak punya kartu nama? KTP ya? Untuk perndaftar mahasiswa pakai KTM untuk buat surat keterangan tidak memiliki NPWP. Kalau punya kendala tentang daftar online, coba hub lagsung CS ManSek. Tks

  23. Klo philips securitas pernah tau gak. Mnurut km brmain dstu aman ga. Dan mnurut km ap setiap securitas memiliki reksadana dan memiliki robot secutitas yg dpt memantau. Km pake securitas apa aja klo boleh tau…
    Makasih

    • Iya, saya pernah dengar philips sekuritas. Kalau aman atau tidak saya kurang tau, karena bukan nasabahnya. Namun selama terdaftar dan di awasi OJK gak masalah sih, karena ada jaminan investornya. Biasa sekuritas yg jual reksa dana adalah sekuritas yg punya anak perusahan manajer invesatsi, seperti mansek dan danareksa. Saat ini saya cuma pakai bni sekritas dan mandiri sekuritas. Terima kaaih

  24. Komentar:siang Bang. saya blm pernah kenal nih sama yg namanya
    saham.
    itu tadi saya liat komen2 diatas abang bilang bisa mulai dari 100rb. itu daftarnya kemana ya?
    makasi..

    • Untuk mendaftar dengan modal 100rb, silahkan untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM). Di SPM Nana cukup mendaftar 100rb melalui IDX dan akan langsung dapat membeli saham dengan uang tersebut. begitu info yang saya terima tentang regulasi baru untuk mengikuti SPM.

      Atau bisa juga daftar ke Sinarmas Sekuritas dengan modal awal 500rb. Tks

  25. mas misal jika kita sudah membayar 10 juta nih , apakah uang tersebut bisa hilang semua apa tidak, trus cara kita mencairkan saham ke bentuk uang caranya gmn mas..trim sebelumnya

    • selama mas adi tidak melakukan transaksi, uang tersebut akan utuh. untuk mencairkan dana ke RDI, mas bisa lihat di menu pojok atas kiri aplikasi MOST, klik Account > Fund Withdrawal Instruction > masukkan PIN (abaikan bila sudah) > masukkan Amount yang diinginkan > Submit. Penarikan jumlah dana tergantung dari tersediannya uang di T+1 hingga T+3. Terima Kasih

  26. Gan contoh foto copy cover buku tabungan itu seperti apa ya?kemaren saya sudah kirim foto buku tabungan saya,nah hari ini saya depat email disuruh upload ulang cover buku tabungannya,mohon dibantu gan,terima kasih

    • Secara detail saya tidak tahu persis benefit dari full service, namun secara general yang dijelaskan CS, Full service ini memberikan kemudahan buat nasabah untuk bertransaksi saham dibantu dgn broker, mungkin nanti broker yang akan membelikan sahamnya dan nasabah yg menentukan. Seperti itu sih kilasnya. Terima Kasih

  27. Inikan yg pembukaan awal buat mahasiswa 5jt..klo yg umum 10jt..apakah bisa klo yg umum cuman 5jt? Misal klo mw 1jt aja gimana? Masih awam soalnya jd mw coba dlu dgn nanam saham 1jt..thanks

    • Untuk mendaftar saya sarankan untuk langsung datang ke cabang ManSek terdekat dgn membawa KTP, NPWP (jika ada) dan buku tabungan. Bila datang langsung berkas yang perlu diisi sudah disediakan tanpa harus didownload lagi. Tks

  28. Saya mau tanya nih.. kan kita buka rekwning saham 10jt.. itu 10jt bisa buat tranding smua apa gmn?? Maaf saya masih awam

  29. pengen juga siih bermain saham tapi belum paham seberapa besar kira-kira modal kita bisa terjun dibursa saham agar aman dan nyaman??

  30. beneran tuh bebas biaya info market yg 33ribu sebulan? dulu bukannya ada?

    satu lagi, itu minimum fee 5.000 masi berlaku ngga? jadi kalo fee beli 0.18% dibawah 5.000 ya tetep dipungut 5.000 ???

    • kalau info market 33rb saya kurang tau mas, namun sampai saat ini saya masih menerima info market, matrix report dan daily report secara gratis melalui email saya.

      Minimum fee saya juga kurang tau mas, karena belum pernah belanja saham Rp.50 dengan 1 lot. Tks

    • Emm.. benar juga. sepertinya kurang tepat bilang menggunakan “kamu”. Ini akibat saya sudah terbiasa menggunakan kata2 “kamu” untuk semua artikel. Nanti khusus tentang investasi akan saya ubah gaya bahasnya.

      Terima kasih atas masukkannya.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja