profit loss risk

Meresa tidak pernah untung dari berinvestasi atau trading di saham? Jangan khawatir mungkin anda masih perlu lebih banyak belajar cara berinvestasi atau trading di saham. Sekali, dua kali, kita kali loss tidak apa-apa, masih banyak cara untuk mendapatkan untung dari saham.

Kalau anda sudah muak karena sering loss saat trading, mungkin tidak ada salahnya anda mencoba trik untuk profit yang sudah mainstream, yaitu dengan mengambil dividen saham.

Apa itu dividen? Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. (Wikipedia)

Dividen sendiri banyak jenisnya, ada Dividen tunai, Dividen saham, Dividen properti dan Dividen interim. Namun kali ini saya akan saya bahas adalah tentang dividen saham. Dividen pun juga tidak selalu dibagikan oleh emiten. Biasa setahun sekali dan ada juga yang 2 kali setahun, semua tergantung dari performa emiten itu sendiri.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mendapatkan dividen emiten tanpa harus menunggu setahunan. Cara ini biasa saya pakai kalau tidak tau mau beli apa pada akhir perdagangan.

Cara mendapatkan profit dari pembagian dividen

Untuk mendapatkan profit dari pembagian dividen tidaklah sulit, anda cukup mengikuti cara mainnya saja.

Pertama, yang harus anda ketahui adalah emiten apa saya yang akan membagikan dividen hari ini atau besok harinya. Untuk mengetahuinya anda dapat meng-install aplikasi RTI di PC Windows 8 ke atas melalui Windows Store, atau melalui smartphone android kamu. Kalau terlalu malas install di gadget, bisa melihat di halaman ini.

RT calenderKedua, lihat gambar diatas, yang perlu kamu perhatikan adalah Price, Cum date dan Payment date. Price adalah harga yang diberikan per lembar saham dan Cum date adalah tanggal terakhir di mana anda sebagai pemegang hak saham, cum date singkatan dari cumulative date. Payment date adalah waktu di mana dividen dicairkan dalam bentuk uang.

Ketiga, yang perlu anda lakukan adalah membeli saham pada saat cum datenya tiba. Belinya terserah, mau diawal jam perdagang saham boleh, diakhir pun juga boleh, yang penting beli sahamnya sebelum jam 4:00 PM (jam tutup bursa indonesia).

Tapi perlu diingat, jangan penjual saham tersebut hingga masuk ex date. Tahan sampai seharian dan jual lagi keesokan harinya.

Keempat, bila saham sudah terbeli, maka akan ada pemberitahuan anda termasuk penerima dividen pada tanggal recording date dan dividen anda siap diterima dividen sesuai dengan tanggal payment date.

Catatan

Cum Date: Hari terakhir untuk mendapatkan dividen.

Ex Date: Hari berakhirnya dividen, membeli saham dihari tersebut tidak akan memberikan dividen bagi anda.

Recording Date: Hari di mana pencatatan anda sebagai penerima dividen suatu emiten

Payment Date: Hari di mana penyaluran dividen dilakukan, biasa dalam bentuk cash.

Tapi perlu diingat lagi, membeli saham hanya untuk cum date dividen adalah hal yang paling berbahaya dilakukan, terutama bagi emiten yang punya kinerja bagus dan memberikan dividen yang besar. Kenapa?

Pada umumnya saham-saham seperti ini akan naik tinggi beberapa hari sebelum cum-date dan akan langsung longsor pada ex-date. Jadi, kalau anda membeli saham emiten yang cum-date pada jam 03:45, itu sangat beresiko karena bisa saham sahan yang anda beli itu akan gap-down ketika pembukaan besoknya.

Nahh… kira-kira begitulah cara mendapatkan untung dengan hanya membeli saham yang sedang bagi dividen. Tidak sulit bukan? selamat mencoba

halo@irfan.id

31 KOMENTAR

  1. Di aplikasi RTI mobile ada recording date. Apa maksudnya?
    Urutannya berdasarkan waktunya cum date, ex date, recording date, dan payment date.
    Dan kalau saya tidak melakukan penjualan hingga payment date maka saya akan tetap dapat dividen kan?

    • Recording date adalah waktu pencatatannya. Anda sudah bisa menjual sahamnya di ex-date. Terima kasih atas pertanyaannya, saya sudah meng-update artikelnya dengan maksud dari cum date, ex date, recording date, dan payment date. Tks

          • Halo mas irfan. Mau tanya kalau mau liat list perusahaan yg membagi dividen lewat RTI harus log in dulu ya biar lengkap datanya?
            Trus kalo log in dikenakan biaya enggak? Soalnya saya buka RTI kalau belum terdaftar& log in maka datanya cuma sebagian saja yg muncul

  2. Brti untk mndpatkan dviden qta hanya mnahan saham tsb saat cum date smpe closing.. Ex date hri brikutnya qta lgsung jual saham tsb jg tdk ngaruh trhdap pmbgian dividen, qta tetep dpet dividenya?

    • Mohn maaf, maksudnya instrumen apa ya? Untuk mendapatkan dividen dari saham beli sahamnya via broker (dalam hal ini sekuritas) yang bisa kita beli sendiri melalu platform broker.Tks

  3. Saya beli saat cumdate wsbp 12 april jual saat exdate 13 april tapi saya kok blm mendapat pemberitahuan email bahwa sy termasuk yg dapat dividen sampai 20 april ini ya..recording date 17 april kalo g salah

    • Iya. Pelan2 saja belajarnya. Beli buku atau ikut sekolah pasar modal juga. Kalau ada yg ingin ditanyakan, email saya saja juga boleh. Tks

    • Untuk rekomendasi waktu pembelian semua kembali lagi ke diri investor. saya tidak bisa menentukan waktu yang tepat. Hanya Anda yang tau 🙂 Tks

  4. Sore mas…
    Mau tnya nih
    Saya kn beli tlkm tgl 4 mei
    Trus itu saham jadi on hand kn +3 hari kerja
    Pdhal cum date nya tgl 7 mei
    Kalo saya hitung itu saham baru on hand tgl 8 mei
    Jadi apakah saya bakal dapat deviden atau tidak mas ?
    Mhon pnjelasan mas irfan

      • Mau tnya lagi mas
        Kn itu tlkm dibeli tgl 4 mei
        Jadi pertanggal 4 mei saham itu sudah punya saya ya ??
        Gk nunggu on hand 3hari kerja baru punya saya ?
        Mohon info mas yo..
        Soalnya newbe

        • Terhitung sejak transaksi saham dilakukan dan berhasil, maka saham itu sudah menjadi miliknya mas. jadi, tidak perlu tunggu 2-3 hari kedepan, karena saham itu diperdagangkan secara real time. Tks

  5. kalau saya punya saham A ketika cum date. lalu saya jual setelah tutup bursa di hari cum date yg sama, lets say jam 17.00. apakah terhitung mendapat dividend?

  6. siang mas Irfan, kalau saya baru membeli ketika ex-date, apakah saya masih bisa mendapatkan dividen? terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.