Blogging Ingin Buat Blog Seperti Irfan.ID? Ini Kisaran Biayanya

Ingin Buat Blog Seperti Irfan.ID? Ini Kisaran Biayanya

Punya blog bagus, cantik dan cepat bukan hanya dapat menyenangkan hati sendiri, tapi juga pengunjung yang datang ke blog kamu

Baca Juga

[Advertorial] 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

Walaupun tidak ada yang bertanya langsung, tapi saya yakin diantara pengunjung blog ini mungkin ada yang penasaran, berapa sih uang yang akan dikeluarkan untuk membuat blog seperti irfan.id?

Kalau tidak penasaran tidak apa-apa, saya membuat artikel ini hanya sekedar iseng saja, sekaligus ingin memberikan gambar kepada para blogger yang ingin upgrade blognya ke level lebih tinggi dengan membeli domain, hosting dan tema agar blog terlihat lebih fresh.

Oke… pertama yang perlu kamu perhatikan 3 elemen yang bikin kantong blogger terkuras.. pertama domain, kedua hosting, dan ketiga tema. 3 elemen itu akan menentukan seberapa besar uang yang akan dikeluarkan untuk membuat blog keren. Jadi, blogger harus pintar-pintar menetukan dimana dan kapan akan membeli 3 elemen itu agar mendapatkan harga terbaik dan kantong tidak terkuras banyak.

Walaupun sebenarnya bisa saja mengeluarkan uang lebih banyak karena ada elemen satu lagi yaiut plugin. Tapi menurut saya tidak perlu sampai mengeluarkan uang untuk berlangganan plugin premium, karena masih banyak plugin-plugin gratis yang bagus-bagus.

Berikut ini adalah harga yang harus saya bayar untuk membuat blog irfan.id

Domain

Untuk domain, saya membeli dengan ekstensi .ID, yaitu domain top level di Indonesia. Sebagaian orang yang baru dengan dunia maya mungkn merasa tabu dengan domain .ID karena biasa hanya dengar .CO.ID, OR.ID, atau AC.ID. Semua ekstensi itu merupakan domain dilevel kedua, level pertamanya adalah .ID.

Mungkin kamu akan bertanya kenapa saya lebih memilih domain .ID daripada .COM atau .NET yang lebih keren dan terkenal.

Alasan saya memilih .ID tentu karena nama saya mainstream, domain irfan.com dan muhammadirfan.com sudah dibeli orang. Jadi, opsi saya hanya bisa beli .ID, itupun domain recycle karena yang beli domain irfan.id ditahun 2014 tidak memperpanjang lagi, jadi memang domain irfan.id ini sudah saya incar dan berdoa yang punya tidak memperpanjangnya.

Lagian dengan domain .ID kini email saya jadi lebih keren, karena bisa pakai nama email: muhammad@irfan.id.

Bersenanglah bagi yang baru beli domain .ID tahun ini, kalau beli ditahun 2014 dan perpanjang di tahun 2016 seperti saya harganya masih Rp 500,000/tahun, untungnya mulai tahun 2017 domain ini harganya dipotong 50%. Huuffff… syukurlah ya bisa perpanjang lebih murah (walaupun saya rasa masih mahal).

Harga domain .ID: Rp 250.000/Tahun

Hosting

Setelah membeli domain, yang harus dilakukan selanjutnya adalah membeli hosting. Mungkin kamu akan menemukan banyak sekali perusahaan penyedia, sehingga bingung mau beli dimana. Saya sarankan untuk memilih hosting sesuai keperluan kamu saya. Kalau butuh data besar yaa beli hosting yang unlimited, kalau butuh yang cepat yaa  pakai VPS.

Untuk memilih perusahaan hosting terbaik, kamu bisa lihat di Top 10 Web Hosting Companies in Indonesia dan membandingkannya.

Blog irfan.id ini memakai hosting dari Niagahoster, dengan pilihan paket Pelajar. Alasan saya pakai Niagahoster karena murah dan unlimited. Saya sudah 2 tahun pakai hosting disini.

Harga hsoting: Rp 777.600/Tahun biasa ada diskon 30%, jadi Rp 537.600/Tahun

Tema (WordPress)

Ini nih yang bikin level ngeblog jadi naik, yaitu dengan menggunakan tema berbayar. Dengan membeli tema premium, artinya kamu telah naik level dari segi tampilan (karena bagaimana pun tulisan rajanya).

Untuk itu, beli tema pun juga ada tempatnya, yaitu di Themeforest.

ThemeforestDisini, kamu bisa tamukan puluhan ribu tema WordPress mudal dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Memilih tema untuk dibeli juga tidak bisa asal-asal, kamu harus perhatikan beberapa aspek seperti support, teknikal SEO, dan dukungan lainnya untuk membuat blog kamu lebih bagus.

Nah… saat saya membeli tema untuk irfan.id, saya memilih tema Newspaper. tema ini sudah dibeli lebih dari 54,000 lisensi, jadi tidak perlu diragukan lagi kualitas temanya.

Harga tema: $59 dalam rupiah Rp 791.780 (kurs: 4 Jan 18)

 

Nah itu, dia 3 elemen yang harus dibeli untuk memiliki blog seperti irfan.id. Yukk.. kita hitung berapa semuanya.

DomainRp 250.000
HostingRp 537.600
TemaRp 791.780
TotalRp 1.579.380

 

Ingin saya tegaskan sekali lagi, bahwa harga diatas hanyalah sebuah kirasan saja. Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah, seperti mengganti domain .ID yang semuanya berada di harga 250rb ke domain .COM yang harganya 115rb. Malahan kalau mau bersabar, sebenarnya domain .ID itu juga banjir diskon kalau lagi event gede sepeti peringatan 17 Agustus, harganya bisa cuma 150rb saja.

Begitu juga dengan hosting, bisa diakali lagi harganya dengan menbayar perbulan atau per-6 bulan, jadi lebih murah dari harga yang diatas dan tidak sedikit pula provider hosting yang memberikan potongan diskon untuk pembelian baru atau perpanjang. Seperti hosting saya itu harganya cuma 300ribuan pertahun karena sudah dipotong diskon 50%.

Akhir tahun adalah saat yang paling tepat untuk beli tema, karena biasanya banyak diskon

Untuk tema juga sama, kembali lagi ke diri masing-masing harus pintar pilih tema terbaik dengan harga murah atau menunggu harga diskon. Mungkin kamu sudah lihat screenshot diatas yang memperlihatkan tema Newspaper hanya $29 atau Rp.400ribuan, itu merupakan harga diskon saat “Cyber Week” yang diadakan oleh Themeforest. Jadi, secara teknikal saya beli tema blog ini dengan harga diskon 50% di harga Rp 400ribuan.

Ini real situasi bagaimana saya memanfaatkan skill belanja online yang di implementaskan ke blogging. Berikut ini rincian yang sebenarnya saya keluarkan tahun 2017 lalu:

Hosting yang sudah di diskon

Beli tema saat event Cyber Week, lebih murah dengan diskon 50%

DomainRp 250.000
HostingRp 304.568
TemaRp 388.890
TotalRp 943.458

 

Bagaimana, lebih murah bukan dari harga kirasan awal? Beli domain, hosting dan tema untuk blog itu juga sama seperti kita belanja online pada umumnya. Ada saat-saat tertentu diskon gede, sehingga anggaran jadi lebih murah. Untuk mendapatkan informasi potongan harga domain, hosting dan tema tidak ada salahnya kamu berlangganan email notifikasi promo dari prodiver.

kalau beli tema di Themeforest cukup sekali, yang perlu di perpanjang itu adalah dukungannya. Jadi setiap tahun kamu cukup membayar domain dan hostingnya saja.

Oke sampai disini, sudah siap untuk membuat blog lebih keren?

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

277FansSuka
65PengikutMengikuti
223PengikutMengikuti
Loading...

19 KOMENTAR

  1. saya suka ukuran tulisa di blog ini. ukurannya besar, bacanya enak… cara settingannya bagaimana ya di wordpress?

    oh ya, btw hosting di domainesia lbh murah lho..ga nyampe 400 ribu setahun udah 2 giga. saya ga affiliasi disana. saya cuma cerita hosting yg saya pake.

    • Untuk settingan font saya lewat tema blog langsung, jadi bukan bawaan dari WPnya.

      Terima ksih atas sarannya.
      Tapi bukanya lebih value hosting yang saya pakai? di niaga saya 300rb disknya Unlimited, sedangkan di domainesia 396rb cuma dapat disk 2GB.

      Saya pakai hosting disknya sudah makan 10GB lebih karena ada situs klien juga. kalau pindah ke domainesi malah gak cukup mas hehe

  2. wahhha asiquueee sekali, aku juga udah beli hosting, tapi belum theme wp, rencana tahun ini ada mau bikin blog niche khusus disana, sekalian belajar pakai wp juga sih…

    sejauh ini pakai blogger cuma bayar domain aja,

    Harapannya biaya yang dikeluarkan untuk ngeblog, bisa tertutupi dari hasil pendapatan blog ya

    • Kalau untuk senang nulis dan gak mau repot, bagusnya memang blogspot saja sudah oke. tapi kalau ingin kreasi tanpa batas, worpdress ini sangat bagus. jadi bisa, mengelola blog sesuka hati… hanya saja berat diongkos haha

  3. Hostingku mahal sih, tapi saya suka karena gak pernah kendala sekalipun, pernah 1 kali, itupun karena mati listrik. Untuk tema saya pilih divi karena buildernya keren

    • Terima kasih mas atas feedback dan kunjungannya.

      Iya, saya pilih hosting yang murah-murah saja.. asal kebutuhan data terpenuhi, hosting cepat terpenuhi.

      Saya juga pernah pakai hosting gratis, tapi karena keterbatasan fitur, mau tidak mau lebih baik pindah ke yang berbayar. Lagian semakin banyak yang yang dikeluarkan untuk hosting, semakin bagus juga hostingnya.

  4. Mahar alias mas kawinnya mahal amiirr.. Sebenarnya minat pakai domain ID, hitung2 menegaskan identitas negara pada nama blog. Tapi kalau lebih mahal dari domain mainstream seperti COM atau NET susah larisnya.

    • Domain .ID memang mahal.. Tapi perlu diketahui domain .ID adalah investasi yang menjanjikan.

      Perlu digaris bawahi juga, saat ada domain regional seperti .ID di Indonesia, maka COM dan NET posisinya dibelakang ID. blog dengan market Indonesia sangat cocok pakai .ID.

      Saya sudah buat blog dari 2011 dengan berbagai domain, tapi yang paling bagus posisinya .ID. Jadi, pernyataan ID kalah dari COM dan NET di Indonesia itu kurang tepat, karena ID sifatnya Tld (Top level domain) prioritas di Indonesia. Mas ngerti SEO, pasti tau lah maksud saya 🙂

      Kalau niat serius untuk blogging, tidak ada salahnya mencoba beli domain premium, hosting dan tema.. karena uang yang dikeluarkan sangat worth it untuk penghasilan.

      Biaya operasional blog ini dibawah 10% dari total penghasilan blog setiap tahunya. masih ketolong lah biayanya hehehe 🙂

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

irfan+ v7.0: Introducing LiteSpeed, Pink Living Coral, WordPress 5.0 and more

2019 akhirnya datang...dengan adanya tahun baru, maka akan ada banyak hal baru juga yang terjadi pada blog...

REVIEW: Logitech K380, Keyboard Bluetooth Yang Serba Bisa

Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat elektronik seperti PC, Notebook, atau smartphone. Yaaa.. jelas lah, kalau tidak ada keyboard,...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Memories of the Alhambra Ep.1 – Ep.16

  Memories of the AlhambraJudul Memories of the Alhambra (English title) - Hangul: 알함브라 궁전의 추억 - Romanization: Alhambeuraui Gungjeonui ChooeokDirector Ahn Gil-HoPenulis Song Jae-JungGenre Fantasi, Romantis,...

[Advertorial] 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk...

Ingin Mulai Investasi Saham Agar Untung? Ini 3 Tahap Yang Harus Dilalui

Investasi saham bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang menarik. Selain cara investasinya yang mudah, saham juga memberikan lebih dari sekedar keuntungan/kerugian bagi investornya. Oleh karena...

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...