Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Blogging Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilan Blogger Dari Mana Saja?

Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilan Blogger Dari Mana Saja?

Penghasilan blogger bisa dari mana saja, ada yang dari iklan, menang lomba blog, kerjasama dan lainnya

Pilihan Editor

BTN Digital Solution, Kemudahan Transaksi Apapun Dalam Genggaman

Memasukin era globalisasi digital, kini manusia terus dituntun mengerjakan sesuatu dengan cepat, mudah, dan aman. Dengan adanya dunia digital, semua orang dapat melakukan apapun...

Ingin Investasi Saham Tapi Tidak Punya NPWP? Begini Caranya

Beberapa tahun terakhir saya sangat impresif terhadap jumlah investor di Indonesia yang terus meningkat tajam. Hal ini bukti dari suksesnya BEI dan Instansi terkait...

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19)

Tepat 27 Maret 2018, Tokopedia meluncurkan produk terbarunya, yaitu Tokopedia Emas. Produk emas ini memberikan kemudahan Toppers (pengguna Tokopedia) untuk membeli dan...

Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilan Blogger Dari Mana Saja?

Penghasilan blogger bisa dari mana saja, ada yang dari iklan, menang lomba blog, kerjasama dan lainnya

Bloggerrrrr… sebutan bagi mereka yang suka menulis dan mempublikasikan tulisannya pada blog, sebuah media dimana tulisan-tulisan dapat dimuat. “Blogger” adalah sebutan untuk orang yang menulis, sedangkan “Blog” adalah tempat tulisan blogger di publikasikan. Umumnya seorang blogger itu punya blog masing-masing dan biasanya sudah menggunakan top level domain, jadi ada blogger yang menggunakan domain pribadi dan domain komersial seperti blogger.com atau wordpress.com serta media lainnya.

Rata-rata kalau ditanya ngapain ngeblog, para blogger biasa memberi jawaban karena hobi. Hobi ngeblog itu banyak sekali manfaatnya, selain dapat meningkatkan kualitas nulis, ngeblog juga dapat menambah teman dengan berinteraksi secara online maupun offline berkumpul dalam berbagai acara kopdar blogger.

Ngeblog itu bisa menghasilkan uang

Namun siapa sangka, dibalik hobi ngeblog itu ternyata tersimpan sebuah rahasia yang mana mungkin beberapa blogger pun tidak tahu akan rahasia ini, yaitu “ngeblog yang dapat menghasilkan uang”.

Yaa… ngeblog itu bisa menghasilkan uang lohh!

Jadi jangan heran kalau kamu pernah mendengar seorang blogger bisa kaya dengan hanya nulis dan blogger juga dapat uang bulanan (sebut saja gaji) dari hasil ngeblog. Sehingga tidak heran banyak orang yang ingin memulai menjadi seorang blogger, karena sejatinya blogger itu adalah profesi dan bukan hanya sekedar hobi belaka.

Lalu, jika benar berprofesi sebagai blogger itu dapat menghasilkan uang, bagaimana mana cara menghasilkan uang dari blog? dari mana uang itu datang?

pUntuk menjawab pertanyaan diatas, saya akan memberikan bocoran dari mana penghasilan Blogger itu datang.

Dari mana uang blogger itu datang?

Penghasilan blogger bisa datang dari mana saja, semua tergantung dari sang blogger. Kalau malas-malasan, ya tidak dapat uang. Karena rezeki itu hanya untuk mereka yang berusaha dan sungguh-sungguh untuk menggapainya.

Penghasilan dari ngeblog datang dari iklan, dari kerjasana dengan berbagai vendor dan dari lomba blog yang diselenggarakan setiap bulannya oleh berbagai perusahaan. Jadi, intinya penghasilan blogger itu bebas dan tidak terukur.

Dari sekian banyak jalan untuk menghasilkan uang dari ngeblog, ada beberapa yang sudah saya rasakan. Berikut ini adalah beberapa sumber Penghasilan blogger yang sudah pernah saya rasakan:

1. Dari iklan

Iklan merupakan sumber utama penghasilan seorang blogger, walaupun tidak semuannya. Dengan adanya iklan diblog, sudah dipastikan blog tersebut sudah di monetisasi untuk dapat menghasilkan uang secara berkala.

Untuk iklan sendiri terbagi menjadi dua, iklan dari advertiser  (seperti Google Adsense, Adchoice) atau iklan langsung dari perusahaan yang ingin menempatkan bannernya di sidebar blog.

Nahh… kebetulan untuk iklan dari Google Adsense, saya sudah terdaftar sebagai publisher Google. Setidaknya sudah sebulan setengah saya terdaftar di Google Adsense dan hasilnya bisa dilihat dibawah ini.

Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilan Blogger Dari Mana Saja? 1
Penghasilan Google Adsense Irfan.ID selama 1 bulan setengah

Baca Juga: Alhamdulillah, Akhirnya Blog IRFAN.ID Diterima Google Adsense

Dengan visitor yang kurang dari 200 orang perhari, blog Irfan.ID ini memiliki penghasilan Adsense rata-rata 2rb/hari.

Sebagai catatan, bagi blogger yang ingin mendaftarkan blognya di Google Adsense harap betul-betul memperhatikan poin-poin S&K Google agar mudah diterima, karena daftar Google Adsense tidak mudah.

Baca Juga: Fakta Tentang Blog Saya Yang Diterima Daftar Google Adsense

Selain iklan dari Google Adsense, kamu dapat menawarkan slot iklan pada blog kamu pada adversiter secara manual. Ini contoh iklan mulai milik Irfan.ID untuk keperluan promosi.

Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilan Blogger Dari Mana Saja? 2
Banner Irfan.ID

2. Dari kerjasama

Kerjasama dengan vendor juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Kerjasama tersebut bisa belum penempatan konten, membuat artikel sponsorhip, atau hal-hal lainnya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Untuk ini, kerjasama yang sudah saya rasakan yang itu berupa content placement dari beberapa vendor, hasilnya lumanyan.

Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilan Blogger Dari Mana Saja? 3

Saya harap kedepannya dapat bekerja sama dengan vendor sebagai artikel sponsorship untuk meningkatkan pendapatan pada blog.

Tidak ada cara sepesifik untuk dapat bekerjasama dengan vendor, yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas blog dengan artikel-artikel bermanfaat. Dengan begitu blog kamu akan dirilik oleh vendor yang tertarik bekerjasama. Jangan lupa untuk memberikan info kontan atau halaman Advertise agar vendor dapat dengan mudah menghubungi kamu.

3. Dari lomba blog

Poin yang ketiga ini sedikit sulit, karena lomba blog ini dapatnya susah. Lomba blog juga bisa dijadikan salah satu media untuk mendapatkan uang dari ngeblog. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung, bisa sampai puluhan juga.

Bayangkan saja kalau kamu bisa menang 1 lomba saja yang hadiahnya 5 juta setiap bulan, sudah dipastikan tidak perlu repot-repot untuk kerja di kantoran lagi.

Baca Juga: TIPS: Saya Ingin Menang Lomba Blog, Bagaimana Caranya?

Saya sendiri sudah mencicipi menghasilkan uang dari lomba blog untuk 9 bulan terhakhir, dan Alhamdulillah hasilnya dapat menutupi kebutuhan sehari-hari saya selama merantau di jakarta.

Selain dari 3 poin di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara untuk menghasilkan uang dari ngeblog, hanya saya saya baru merasakan 3 poin di atas saja.

Saya akan terus menggali potensi blog ini untuk dapat menghasilkan uang yang maskimal dan agar dapat membiayai dirinya sendiri (domain dan hosting).

Buat para blogger baru yang ingin menjadikan blogging sebagai profesi, dapat memulai dari “iklan” karena kualitas iklan menunjukkan kualitas blog.

Namun diluar semua itu, jangan pernah berpikir mencari uang melalui blog itu mudah, banyak pengorbanan yang dilakukan. Kamu harus berpikir bagaimana menjadi blogger yang baik dengan menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat untuk pembaca. Karena kalau hanya memikirkan uang, itu akan menjadi beban dan hanya membuat stres saja.

Demikian artikel kali ini tentang dari mana penghasilan blogger. Jangan luma untuk memberi komentar dan masukan bila kamu punya media baru untuk menghasilkan uang dari ngeblog, siapa tahu saya juga bisa ikutan hehehe..

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

simulasi nabung saham - Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.Berikut...

Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan pinjaman dana tunai tidak mengherankan jika banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tawaran...

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi....

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Pegadaian - Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.Alasan saya beli...

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit - Saat ini membeli reksa dana semakin mudah tanpa harus lagi ke bank, karena reksa dana sudah dijual secara online melalui...

4 KOMENTAR

  1. Saya seorang pelajar SMA. Saya ingin punya pekerjaan sambilan untuk membantu kedua orangtua saya. Saya akan belajar untuk yang pertama kalinya membuat blog. Kuncinya saya harus sabar dan ikhlas dalam menjalaninya, bismillah…

    • Wah bagus sekali SMA sudah ngeblog.

      Iya kuncinya harus sabar, karena tidak instan suksesnya. Kamu bisa mulai dengan membuat konten yang berkualitas sesuai hobi.

      Selamat mencoba blogging, kalau ada kendala, bisa tanya ke saya saja. Tks

    • Ada. tambahkan halaman Syarat&Ketentuan, halaman Privacy Policy dan halaman About Me. Hindari publish artikel kopas. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu