Ingin Berprofesi Sebagai Blogger, Penghasilannya Dari Mana Saja?

Penghasilan blogger bisa dari mana saja, ada yang dari iklan, menang lomba blog, kerjasama dan lainnya

Bloggerrrrr… sebutan bagi mereka yang suka menulis dan mempublikasikan tulisannya pada blog, sebuah media dimana tulisan-tulisan dapat dimuat. “Blogger” adalah sebutan untuk orang yang menulis, sedangkan “Blog” adalah tempat tulisan blogger di publikasikan. Umumnya seorang blogger itu punya blog masing-masing dan biasanya sudah menggunakan top level domain, jadi ada blogger yang menggunakan domain pribadi dan domain komersial seperti blogger.com atau wordpress.com serta media lainnya.

Rata-rata kalau ditanya ngapain ngeblog, para blogger biasa memberi jawaban karena hobi. Hobi ngeblog itu banyak sekali manfaatnya, selain dapat meningkatkan kualitas nulis, ngeblog juga dapat menambah teman dengan berinteraksi secara online maupun offline berkumpul dalam berbagai acara kopdar blogger.

Ngeblog itu bisa menghasilkan uang

Namun siapa sangka, dibalik hobi ngeblog itu ternyata tersimpan sebuah rahasia yang mana mungkin beberapa blogger pun tidak tahu akan rahasia ini, yaitu “ngeblog yang dapat menghasilkan uang”.

Yaa… ngeblog itu bisa menghasilkan uang lohh!

Jadi jangan heran kalau kamu pernah mendengar seorang blogger bisa kaya dengan hanya nulis dan blogger juga dapat uang bulanan (sebut saja gaji) dari hasil ngeblog. Sehingga tidak heran banyak orang yang ingin memulai menjadi seorang blogger, karena sejatinya blogger itu adalah profesi dan bukan hanya sekedar hobi belaka.

Lalu, jika benar berprofesi sebagai blogger itu dapat menghasilkan uang, bagaimana mana cara menghasilkan uang dari blog? dari mana uang itu datang?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, saya akan memberikan bocoran dari mana biasanya para blogger mendapatkan penghasilan dari sekedar hobi yang kini menjadi profesi.

Dari mana uang blogger itu datang?

Penghasilan dari ngeblog bisa datang dari mana saja, semua tergantung dari sang blogger. Kalau malas-malasan, ya tidak dapat uang. Karena rezeki itu hanya untuk mereka yang berusaha dan sungguh-sungguh untuk menggapainya.

Penghasilan dari ngeblog datang dari iklan, dari kerjasana dengan berbagai vendor dan dari lomba blog yang diselenggarakan setiap bulannya oleh berbagai perusahaan. Jadi, intinya penghasilan blogger itu bebas dan tidak terukur.

Dari sekian banyak jalan untuk menghasilkan uang dari ngeblog, ada beberapa yang sudah saya rasakan. Berikut ini adalah beberapa sumber penghasilan para blogger yang sudah pernah saya rasakan:

1. Dari iklan

Iklan merupakan sumber utama penghasilan seorang blogger, walaupun tidak semuannya. Dengan adanya iklan diblog, sudah dipastikan blog tersebut sudah di monetisasi untuk dapat menghasilkan uang secara berkala.

Untuk iklan sendiri terbagi menjadi dua, iklan dari advertiser  (seperti Google Adsense, Adchoice) atau iklan langsung dari perusahaan yang ingin menempatkan bannernya di sidebar blog.

Nahh… kebetulan untuk iklan dari Google Adsense, saya sudah terdaftar sebagai publisher Google. Setidaknya sudah sebulan setengah saya terdaftar di Google Adsense dan hasilnya bisa dilihat dibawah ini.

Penghasilan Google Adsense Irfan.ID selama 1 bulan setengah

Baca Juga: Alhamdulillah, Akhirnya Blog IRFAN.ID Diterima Google Adsense

Dengan visitor yang kurang dari 200 orang perhari, blog Irfan.ID ini memiliki penghasilan Adsense rata-rata 2rb/hari.

Sebagai catatan, bagi blogger yang ingin mendaftarkan blognya di Google Adsense harap betul-betul memperhatikan poin-poin S&K Google agar mudah diterima, karena daftar Google Adsense tidak mudah.

Baca Juga: Fakta Tentang Blog Saya Yang Diterima Daftar Google Adsense

Selain iklan dari Google Adsense, kamu dapat menawarkan slot iklan pada blog kamu pada adversiter secara manual. Ini contoh iklan mulai milik Irfan.ID untuk keperluan promosi.

Banner Irfan.ID

2. Dari kerjasama

Kerjasama dengan vendor juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Kerjasama tersebut bisa belum penempatan konten, membuat artikel sponsorhip, atau hal-hal lainnya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Untuk ini, kerjasama yang sudah saya rasakan yang itu berupa content placement dari beberapa vendor, hasilnya lumanyan.

Saya harap kedepannya dapat bekerja sama dengan vendor sebagai artikel sponsorship untuk meningkatkan pendapatan pada blog.

Tidak ada cara sepesifik untuk dapat bekerjasama dengan vendor, yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas blog dengan artikel-artikel bermanfaat. Dengan begitu blog kamu akan dirilik oleh vendor yang tertarik bekerjasama. Jangan lupa untuk memberikan info kontan atau halaman Advertise agar vendor dapat dengan mudah menghubungi kamu.

3. Dari lomba blog

Poin yang ketiga ini sedikit sulit, karena lomba blog ini dapatnya susah. Lomba blog juga bisa dijadikan salah satu media untuk mendapatkan uang dari ngeblog. Hadiahnya tidak tanggung-tanggung, bisa sampai puluhan juga.

Bayangkan saja kalau kamu bisa menang 1 lomba saja yang hadiahnya 5 juta setiap bulan, sudah dipastikan tidak perlu repot-repot untuk kerja di kantoran lagi.

Baca Juga: TIPS: Saya Ingin Menang Lomba Blog, Bagaimana Caranya?

Saya sendiri sudah mencicipi menghasilkan uang dari lomba blog untuk 9 bulan terhakhir, dan Alhamdulillah hasilnya dapat menutupi kebutuhan sehari-hari saya selama merantau di jakarta.

Selain dari 3 poin di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara untuk menghasilkan uang dari ngeblog, hanya saya saya baru merasakan 3 poin di atas saja.

Saya akan terus menggali potensi blog ini untuk dapat menghasilkan uang yang maskimal dan agar dapat membiayai dirinya sendiri (domain dan hosting).

Buat para blogger baru yang ingin menjadikan blogging sebagai profesi, dapat memulai dari “iklan” karena kualitas iklan menunjukkan kualitas blog.

Namun diluar semua itu, jangan pernah berpikir mencari uang melalui blog itu mudah, banyak pengorbanan yang dilakukan. Kamu harus berpikir bagaimana menjadi blogger yang baik dengan menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat untuk pembaca. Karena kalau hanya memikirkan uang, itu akan menjadi beban dan hanya membuat stres saja.

Demikian artikel kali ini tentang dari mana datang uang blogger. Jangan luma untuk memberi komentar dan masukan bila kamu punya media baru untuk menghasilkan uang dari ngeblog, siapa tahu saya juga bisa ikutan hehehe..

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
199PengikutMengikuti

2 KOMENTAR

    • Ada. tambahkan halaman Syarat&Ketentuan, halaman Privacy Policy dan halaman About Me. Hindari publish artikel kopas. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja