PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Siapa tau mau baca

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai (UPDATE: 11/3/19)

PermataMobile X - Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu...

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.Berikut...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Daftar akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka akun saham, bisa datang langsung ke sekurtias terkait, minta dijemput berkas, hingga pendaftaran online.

Setiap kesulitan dan kemudahan tentu memili nila plus dan minusnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ingin membahas dua metode yang sering dipakai calon investor untuk membuka aku efeknya, yaitu datang langsung ke sekuritas atau daftar via online akun saham.

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas? 2
- Iklan -

BACA JUGA: 1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Baik datang langsung ataupun daftar online memilik kelebihan dan kekurangannya. Saya pribadi dulu buat akun saham datang langsung ke sekuritas terkait. Tapi, tidak ada salahnya juga bila Anda mungkin lebih memilih daftar secara online.

Daftar akun saham dengan cara datang langsung ke kantor sekuritas

Daftar akun saham

Opsi pertama untuk membuat akun saham atau akun efek bisa dengan cara datang langsung ke sekuritas terkait (tatap muka), menurut saya ini cara yang paling baik diaplikasikan untuk mereka yang baru pertama kali kenal saham.

Ini bertujuan agar saat mendaftarkan akun, Anda bisa dengan leluasa bertanya tentang saham atau informasi lainnya.

Mendaftar secara langsung akan mempertemukan Anda dengan CS sekuritas terkait. Namun, sebelum datang ke sekuritas, pastikan Anda memiliki dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar, seperti KTP, NPWP (optional) dan Cover buku tabungan.

Kelebihan daftar offline

  • Bisa bertanya tentang saham lebih banyak
  • Dibantu isi formulir pendaftaran oleh CS
  • Materai disediakan sekuritas (biaya tambahan)

Kekurangan daftar offline

  • Menyita waktu Anda karena harus meninggalkan kegiatan lainnya
  • Lupa bawa KTP atau Cover tabungan bisa berakibat gagal daftar

Membuat akun saham secara online

Pendaftaran akun saham online adalah kemudahan yang luar biasa dari sekuritas dan IDX. Pendaftaran online ini sangat berguna untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu ke sekuritas atau bagi mereka yang di daerahnya belum tersedia sekuritas.

Hampir semua sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh IDX sudah memiliki sistem daftar online akun saham atau akun efek dengan produser yang sama dengan daftar offline, hanya saja terdapat upaya lebih untuk mendaftar online ini.

Anda harus bersedia mengeluarkan uang lebih untuk biaya print formulir, fotokopi, materai hingga biaya pengiriman jasa kurir (kurir apa aja boleh). Namun, setidaknya dengan cara ini Anda bisa lebih menghemat waktu dalam mendaftar akun saham.

Kelebihan daftar online

  • Waktu untuk mendaftar lebih flexible
  • Tidak banyak menyita waktu Anda, karena disini secara online

Kekurangan daftar online

  • Tidak bisa bertanya tentang saham lebih lanjut
  • Tidak ada yang bantu dalam pengisian form
  • Harus menyiapkan Materai sendiri
  • Menyiapkan dokumen untuk dikirim
  • Biaya extra untuk pengiriman (kecuali minta pick up)
  • Waktu pendaftaran lebih lama karena termakan waktu pengiriman kurir

Jadi, lebih baik daftar secara online atau datang langsung ke sekuritas?

Sampai disini jelas, kalau mendaftar secara offline atau online memiliki kekurangan dan kelebihan masing-maising. Lalu, cara mana yang terbaik untuk mendaftar akun saham?

Jawabnya dua dan tergantung Anda sendiri.

Pertama: mendaftar secara offline menjadi keharusan menurut saya, bila anda seorang pemula saham yang baru pertama kali buka akun saham. Ini karena, bila Anda seorang pemula dapat bertanya banyak hal tentang saham, tentu pertanyaan simple saja.

Saya pribadi dulu pertama kali kenal saham juga daftar secara offline guna untuk bertanya secara detail tentang saham, mulai cari pembelian, jam dagang bursa, hingga komisi yang dibebankan. Semua bisa dijawab dengan mudah oleh CS bila Anda mendaftar secara tatap muka langsung.

Jadi, saya menyarankan untuk Anda yang pemula untuk menyempatkan waktu untuk pergi ke kantor sekuritas terdekat di kota Anda. Saat ini banyak sekuritas yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Kedua: mendaftar secara online lebih baik dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa dengan saham dan untuk mereka yang di daerahnya memang belum tersedia kantor cabang sekuritas.

Karena secara garis besar tidak ada prosedur yang berbeda antara daftar secara offline maupun online. Formulir yang disuguhkan juga sama dan perlakuannya juga sama, hanya saja akan terasa sulit mengisinya bagi mereka yang pertama kali buka akun saham.

——————–

Nahh… begitulah sekiranya tentang pendapat saya tentang pendaftaran akun sekuritas baik secara tatap muka atau secara online. Semua ada kelebihan dan kekurangnya, sehingga Anda tidak perlu galau untuk berpikir lebih baik daftar offline atau online.

Sekian artikel saya kali ini, bila Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang pendaftaran silahkan meninggalkan komentar atau bertanya langsung via email: halo@irfan.id.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

Apa itu Saham? Ini Cara Investasi dan Dapat Untung dari Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang populer dikalangan investor, karena memberikan return yang tinggi. Sebut saja seperti Lo Kheng Hong, yang dijuluki Warren...

Hadapi Pandemi Virus Corona, 6 Kiat Ini Bisa Selamatkan Keuangan Kamu

Dampak virus corona bukan saja mengerikan dari sisi kesehatan, tapi juga berdampak parah pada kondisi ekonomi. Jika ingin selamat dari krisis ekonomi...

Pengalaman Deposito Bank Mandiri via Aplikasi Mandiri Online (UPDATE: 18/5/2020)

Deposito Bank Mandiri merupakan salah satu produk deposito yang banyak dicari orang, karena berstatus bank kompeten dan memberikan bunga yang menarik.

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta Di Bank Permata via PermataMobile X (UPDATE: 14/5/20)

Deposito atau deposito syariah merupakan jenis investasi yang cocok untuk investor bertipe konservatif, karena resikonya yang rendah dan memberikan bunga/bagi hasil yang...

Mengenal P2P Lending, Landasan Hukum, Cara Investasi, Untung dan Ruginya

Peer to peer lending atau yang bisa dikenal P2P lending merupakan instrumen investasi yang populer ditengah gejolak padar modal. Saat ini, kesadaran...

7 KOMENTAR

  1. Januari 2019 saya mendaftar sekuritas indopremier full online (tanpa pengiriman berkas cetak dan dengan tanda tangan online). Saya cari referensinya ternyata itu memang layanan terbaru dari indopremier bekerja sama dengan Permata bank untuk mempermudah investor baru terjun ke dunia saham. Barangkali bisa diulas juga mas.

  2. Aku waktu daftar di bni sekuritas dengan datang langsung ke kantor cabangnya di daerah saya tapi setoran awalnya 10juta tapi kalau daftar online setoran awalnya 1juta jadi aku daftar lewat online

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu