PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Saham Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas? (UPDATE: 29/6/20)

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas? (UPDATE: 29/6/20)

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas? (UPDATE: 29/6/20)

Daftar akun saham pada 2020 untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah.

Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka akun saham, bisa datang langsung ke sekurtias terkait, minta dijemput berkas, hingga pendaftaran online.

Setiap kesulitan dan kemudahan tentu memili nila plus dan minusnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ingin membahas dua metode yang sering dipakai calon investor untuk membuka aku efeknya, yaitu datang langsung ke sekuritas atau daftar via online akun saham.

BACA JUGA: 1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Baik datang langsung ataupun daftar online memilik kelebihan dan kekurangannya. Saya pribadi dulu buat akun saham datang langsung ke sekuritas terkait.

Tapi, tidak ada salahnya juga bila kamu mungkin lebih memilih daftar secara online.

Daftar akun saham dengan cara datang langsung ke kantor sekuritas

Daftar akun saham

Opsi pertama untuk membuat akun saham atau akun efek bisa dengan cara datang langsung ke sekuritas terkait (tatap muka), menurut saya ini cara yang paling baik diaplikasikan untuk mereka yang baru pertama kali kenal saham.

Ini bertujuan agar saat mendaftarkan akun, kamu bisa dengan leluasa bertanya tentang saham atau informasi lainnya.

Mendaftar secara langsung akan mempertemukan kamu dengan CS sekuritas terkait. Namun, sebelum datang ke sekuritas, pastikan kamu memiliki dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar, seperti KTP, NPWP (optional) dan Cover buku tabungan.

Kelebihan daftar offline

  • Bisa bertanya tentang saham lebih banyak
  • Dibantu isi formulir pendaftaran oleh CS
  • Materai disediakan sekuritas (biaya tambahan)

Kekurangan daftar offline

  • Menyita waktu kamu karena harus meninggalkan kegiatan lainnya
  • Lupa bawa KTP atau Cover tabungan bisa berakibat gagal daftar

Membuat akun saham secara online

Pendaftaran akun saham online adalah kemudahan yang luar biasa dari sekuritas dan IDX. Pendaftaran online ini sangat berguna untuk mereka yang tidak memiliki banyak waktu ke sekuritas atau bagi mereka yang di daerahnya belum tersedia sekuritas.

Hampir semua sekuritas yang terdaftar dan diawasi oleh IDX sudah memiliki sistem daftar online akun saham atau akun efek dengan produser yang sama dengan daftar offline, hanya saja terdapat upaya lebih untuk mendaftar online ini.

Kamu harus bersedia mengeluarkan uang lebih untuk biaya print formulir, fotokopi, materai hingga biaya pengiriman jasa kurir (kurir apa aja boleh). Namun, setidaknya dengan cara ini kamu bisa lebih menghemat waktu dalam mendaftar akun saham.

Kelebihan daftar online

  • Waktu untuk mendaftar lebih flexible
  • Tidak banyak menyita waktu kamu, karena disini secara online

Kekurangan daftar online

  • Tidak bisa bertanya tentang saham lebih lanjut
  • Tidak ada yang bantu dalam pengisian form
  • Harus menyiapkan Materai sendiri
  • Menyiapkan dokumen untuk dikirim
  • Biaya extra untuk pengiriman (kecuali minta pick up)
  • Waktu pendaftaran lebih lama karena termakan waktu pengiriman kurir

Jadi, lebih baik daftar secara online atau datang langsung ke sekuritas?

Sampai disini jelas, kalau mendaftar secara offline atau online memiliki kekurangan dan kelebihan masing-maising. Lalu, cara mana yang terbaik untuk mendaftar akun saham?

Jawabnya dua dan tergantung kamu sendiri.

Pertama: mendaftar secara offline menjadi keharusan menurut saya, bila kamu seorang pemula saham yang baru pertama kali buka akun saham. Ini karena, bila kamu seorang pemula dapat bertanya banyak hal tentang saham, tentu pertanyaan simple saja.

Saya pribadi dulu pertama kali kenal saham juga daftar secara offline guna untuk bertanya secara detail tentang saham, mulai cari pembelian, jam dagang bursa, hingga komisi yang dibebankan. Semua bisa dijawab dengan mudah oleh CS bila kamu mendaftar secara tatap muka langsung.

Jadi, saya menyarankan untuk kamu yang pemula untuk menyempatkan waktu untuk pergi ke kantor sekuritas terdekat di kota kamu. Saat ini banyak sekuritas yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Kedua: mendaftar secara online lebih baik dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa dengan saham dan untuk mereka yang di daerahnya memang belum tersedia kantor cabang sekuritas.

Karena secara garis besar tidak ada prosedur yang berbeda antara daftar secara offline maupun online. Formulir yang disuguhkan juga sama dan perlakuannya juga sama, hanya saja akan terasa sulit mengisinya bagi mereka yang pertama kali buka akun saham.

UPDATE: 29/6/20 – PENTING!!!!!

Saya membuat artikel pada tahun 2018, pada masa itu, daftar akun saham sebenarnya sudah online dan saya lebih merekomendasikan pemula untuk daftar offline saja, yaitu dengan daftar langsung ke kantor cabang sekuritas di domisili terdekat.

Tapi sekarang sudah berubah.

Ditahun 2020, daftar akun saham jauh lebih mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Ini karena alur pendaftaran online lebih mudah dengan aplikasi terbaru dari sekuritas yang saya lihat sudah mulai terus membaik.

Apalagi, daftar online juga cocok untuk investor saham pemula, karena sekuritas kini sudah melengkapi dengan edukasi online via webinar dengan aplikasi meeting online ZOOM, yang memudahkan kamu untuk belajar langsung cara investasi saham dengan ahlinya.

Bahkan, broker saham seperti Ajaib Sekuritas memiliki tim support yang bagus dan juga konsultasi gratis untuk tanya-jawab seputar investasi saham.

Jadi, kalau bisa daftar online, bagus juga. Jadi tidak ada pengaruhnya mau daftar offline atau online untuk buka akun saham.

Sekarang yang paling penting adalah, bagaimana kamu memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk maksimal belajar saham.

Materi saham tidak hanya bisa didapatkan melalui Sekolah Pasar Modal, tapi juga modul-modul online tersedia gratis dari sumber terpecaya.

——————–

Nahh… begitulah sekiranya tentang pendapat saya tentang pendaftaran akun sekuritas baik secara tatap muka atau secara online. Semua ada kelebihan dan kekurangnya, sehingga kamu tidak perlu galau untuk berpikir lebih baik daftar offline atau online.

Sekian artikel saya kali ini, bila kamu punya pertanyaan lebih lanjut tentang pendaftaran silahkan meninggalkan komentar atau bertanya langsung via email: halo@irfan.id.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

9 KOMENTAR

    • Kalau mau gampang, pakai aplikasi Ajaib Sekuritas juga bagus. Saya baru aja bikin artikelnya, simulasinya juga 100 ribu, linknya ini > https://irfan.id/investasi-saham-aplikasi-ajaib/.

      Nanti kalau mau belajar saham lebih banyak lagi dengan aplikasi yang lebih profesional, bisa buka akun saham lain di Indopremier sekuritas, soalnya mereka punya aplikasi baru yang namanya IPOT. Tks

  1. Januari 2019 saya mendaftar sekuritas indopremier full online (tanpa pengiriman berkas cetak dan dengan tanda tangan online). Saya cari referensinya ternyata itu memang layanan terbaru dari indopremier bekerja sama dengan Permata bank untuk mempermudah investor baru terjun ke dunia saham. Barangkali bisa diulas juga mas.

  2. Aku waktu daftar di bni sekuritas dengan datang langsung ke kantor cabangnya di daerah saya tapi setoran awalnya 10juta tapi kalau daftar online setoran awalnya 1juta jadi aku daftar lewat online

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini