Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Saham Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Pilihan Editor

Perkembangan Ekonomi Syariah Di Indonesia

Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi syariah secara global terus mengalami pertumbuhan yang fantastis. Ini dibuktikan dengan mulai banyaknya negara-negara yang menggunakan sistem ekonomi...

Ingin Menghindari Pajak Tapi Tetap Berpenghasilan Tinggi? Ini Caranya!

Pajak, sebuah kata yang mungkin mengerikan bagi beberapa orang. Ntah itu karena mereka tidak mengerti pajak, ntah itu mereka takut karena bayarnya mahal, ntah...

Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Pernah dengar kalimat "Yuk Nabung Saham"? Yaitu sebuah program yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor di...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham betul dengan masalah yang calon investor hadapi dalam memilih sekuritas yang tepat.

Perlu diketahui, sekuritas di Indonesia jumlahnya sangat banyak hingga puluhan. Dengan jumlah yang sangat banyak ini, tentu memilihnya cukup sulit. Apalagi semuanya kebanyakan sudah berlisensi IDX.

- Iklan -

Berikut ini adalah beberapa perusahaan sekuritas yang masuk dalam list IDX:

broker
List Perusahaan Sekuritas di Indonesia

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya mau coba mengulas secara umum cara pilih Sekuritas yang cocok untuk Anda, sesuai dengan profil.

Karena sekuritas jumlanya sangat banyak, kita harus tahu dulu faktor apa-apa saja yang dijadikan acuan untuk memilih broker yang sesuai dengan Anda.

1. Reputasi broker

Broker atau sekuritas yang patut menjadi pertimbangan awal adalah yang memiliki reputasi yang baik dipasar modal. Dalam hal ini, sekuritas ini dipandang baik oleh regulator seperti IDX.

Sering melaksanakan training untuk investor, memberikan berita pasar setiap pagi adalah contoh sekuritas yang baik.

2. Fitur yang lengkap

Fitur yang ditawarkan oleh sekuritas dalam sistem trading online merupakan hal yang juga harus diperhatikan. Semakin bagus fitur yang miliki, maka semakin mudah trader dan investor melakukan aktivitas investasinya.

Contoh sekuritas yang memberikan fitur auto buy dan auto sell atau fitur kemudalan beli saham dan reksa dana dalam satu aplikasi dan masih banyak lagi fitur unggulan yang dimiliki oleh sekuritas.

3. Keramahan setoran awal

Perlu Anda ketahui, setiap sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam hal kewajiban setoral awal dalam akun trading saham. Ada yang mewajibkan melakukan setoran awal 100rb, ada yang 500rb, 1 juta hingga puluhan juta.

Saya tidak tau persis kenapa ada kewajiban setoran awal ini, tapi kalau dilihat sekilas mungkin lebih ke komitmen investor dan kesanggupan investor dalam berinvestasi di dalam pasar saham. Jadi, pilihlah sekuritas yang memberikan kemudahan dalam setoran awal yang sesuai dengan profil Anda.

4. Dukungan broker untuk nasabahnya

Peran CS dalam bisnis servis tentu hal yang utama, begitu juga dalam dunia sekuritas dan broker. Sekuritas yang baik sangat peduli dengan nasabahnya.

Membantu investor dalam menggunakan aplikasi trading, membuat training gratis dan kopdar merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh sekuritas untuk memaksimalkan layanan mereka ke nasabah.

5. Biaya yang ditanggung investor

Sebagai perantara dalam pembelian saham, tentu ada bayaran yang harus dipenuhi investor untuk brokernya, salah satunya dengan memenuhi fee untuk BUY dan SELL.

Setiap sekuritas memiliki fee BUY dan SELL yang berbeda-beda. Semakin murah feenya, tentu semakin menarik untuk investor.

Selain fee BUY dan SELL, beberapa sekuritas juga membebankan biaya info market bulanan kepada nasabahnya. Oleh karena itu, harap bertanya sedetail mungkin kepada sekuritas tentang fee.

Setelah beres mengetahuik faktor-faktor diatas, kini saatnya untuk membasa lebih detail lagi tentang sekuritas yang cocok untuk Anda.

Perlu diketahui, saya tidak bekerja sama dengan pihak sekuritas mana pun saat ini. Cara pilih sekuritas yang saya sampaikan dibawah adalah murni pengalaman pribadi, sehingga tidak semua sekuritas saya bahas.

Jadi, ulasan ini tidak 100% akurat, karena Anda harus melakukan perbandingan lagi dengan sekuritas yang tidak saya sebutkan dibawah ini.

Sekuritas untuk investor pemula

Semua trader pro pasti pernah menjadi pemula.

Sebagai pemula, tentu sangat kesusahan dengan hal yang baru seperti investasi saham, butuh ilmu dan adaptasi untuk memahami cara kerja dan mendapatkan keuntungan dari investasi saham.

Oleh karena itu, untuk tahap awal sebaiknya pemula invetor saham pilih sekuritas yang miliki sistem dan tata letak menu yang simpel saja.

1. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas merupakan sekuritas yang memiliki sistem trading saham yang mudah digunakan untuk pemula saham.

Baca Juga: Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui BNI Sekuritas (Update 10/8/17)

UI aplikasi trading BNI Sekuritas
UI aplikasi trading BNI Sekuritas

Menu yang ditawarkan dalam sistem online trading BNIS tidak sulit dimengerti asalkan baca pentunjun manualnya.

Sekuritas untuk investor modal kecil

Hanya punya modal pas-pasan?

Tidak masalah, investasi saham ramah dengan modal berapapun yang Anda miliki.

Keterbatasan modal biasanya dialamai oleh pelajar dan mahasiswa yang ingin masuk pasar modal. Oleh karena itu, saya merekomendasikan Indo Premier Sekuritas sebagai broker Anda.

1. Indo Premier Sekuritas

Sekuritas yang satu ini menurut saya sangat cocok untuk investor dengan modal kecil. Pasalnya, Indo Premier tidak menentukan setoral awal untuk investor, sehingga Anda bisa mulai investasi dengan modal berapapun. 10 ribu, 50 ribu atau 100 ribu, semua cocok dengan sekuritas ini.

Selain Indo Premier, ada beberapa sekuritas lain yang setoran awalnya cukup ringan, yaitu:

  • Trimegah Sekuritas = 100rb

  • MNC Sekuritas = 100rb

  • Sinarmas Sekuritas = 500rb

Sekuritas untuk investor anti-ribet

Tidak tau saham apa yang mau dibeli dan malas imput order? Dua sekuritas ini bisa jadi pilihan yang tepat.

1.RHB Sekuritas

Bingung mau beli saham apa saat trading? ARO bisa membantu Anda. Fitur ARO mampu memberi notifikasi realtime sinyal saham-saham apa saja yang trending pada perdagangan bursa hari itu.

Saya pribadi belum pernah coba ARO, karena memang tidak punya akun di RHB.

2. Mandiri Sekuritas

Anak perusahaan Bank Mandiri ini merupakan pemenang pangsa pasar nasabah terbanyak di pasar modal Indonesia, setahu saya.

Baca Juga: Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

ManSek sendiri merupakan sekuritas yang saya pakai dari tahun 2015, dengan alasan fiturnya yang menarik serta training yang diadakan.

Mandiri Sekuritas

Tampilan software ManSek memang terlihat kompleks, tapi fiturnya sangat membantu untuk kegiatan investasi. Salah satu fitur kebanggaan ManSek adalah auto order BUY dan SELL.

Sekuritas untuk investor profesional

Ingin memulai investasi dengan big step? Bisa!

Investor profesional yang saya maskud adalah investor yang punya banyak modal dan siap untuk melakukan transaksi besar dibursa saham lainnya selain di Indonesia.

Bagi anda yang memiliki modal yang kuat dan ingin berinvestasi di pasar saham bursa lain, ada beberapa sekuritas yang bisa jadi pertimbangan Anda.

1.CGS-CIMB Securities

Sekuritas multi-nasional yang satu ini memberikan layanan kepada nasabahnya berupa kemudahan berinvestasi di 8 bursa terkemuka di dunia, yaitu Bursa Malaysia Securities (Bursa Malaysia), Singapore Exchange (SGX), Bursa Saham Thailand (SET), Hong Kong Exchanges dan Kliring (HKEx), New York Stock Exchange (NYSE), National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ) dan American Stock Exchange (AMEX) dan NYSE ARCA.

CGS-CIMB Securities

Selain CGS-CIMB, Danareksa Sekuritas juga memiliki fitur untuk trading di bursa saham negara lainnya.

Berdasarkan kategori sekuritas sesuai profil diatas, calon investor dapat menentukan sekuritas atau broker mana yang cocok sebagai perantara perusahaan dan Anda.

Untuk memudakan dalam membandingkan sekuritas, saya punya beberapa list sekuritas dengan detailnya:

Daftar Sekuritas Syariah Indonesia

Daftar Sekuritas Terbaik Di Indonesia

Tentu sejumlah sekuritas diatas tidak bisa saya bilang broker terbaik, karena masih banyak sekuritas yang oke lainnya diluar sana. Ini hanya sebagai gambaran saja untuk Anda. Kemana Anda mendaftar semua sepenuhnya tanggung jawab Anda pribadi.

Semoga artikel Cara Pilih Sekuritas ini bermanfaat untuk calon investor yang masih galau pilih broker saham.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

simulasi nabung saham - Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.Berikut...

Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan pinjaman dana tunai tidak mengherankan jika banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tawaran...

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi....

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Pegadaian - Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.Alasan saya beli...

Bibit: Cara Mendaftar, Beli Reksa Dana Online dan 6 Kelebihannya

Bibit - Saat ini membeli reksa dana semakin mudah tanpa harus lagi ke bank, karena reksa dana sudah dijual secara online melalui...

4 KOMENTAR

  1. Saya pakai Indopremier. Tapi untuk trading, dan sebagainya, jarang sekali. Dipantaunya juga sebulan sekali aja. Dulu pernah install aplikasinya di Android, jadinya malah keseringan mantau. Jadi gak produktif.

    Oh ya, sama mau nanya, untuk desktop application gitu, sekuritas mana yang aplikasinya tersedia buat desktop Linux?

    Terimakasih loh atas postingannya. Bermanfaat. Hehe.

    • Saya cuma pakai 2 sekuritas, yang ada linux itu BNI Sekuritas. Untuk sekuritas lain saya kurang tau ada atau tidak.

      Terima kasih atas feedbacknya

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu