PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Reksa DanaAplikasi Reksadana Terbaik yang Pernah Saya Coba

Aplikasi Reksadana Terbaik yang Pernah Saya Coba

Artikel ini adalah

Membeli produk reksa dana kini semakin mudah, karena sudah bisa lewat aplikasi reksadana di smartphone kamu.

Kamu gak perlu lagi ribet untuk pergi ke bank atau ke Manajer Investasi langsung.

Sejak kenal investasi reksa dana pada tahun 2015, saya sudah mencoba berbagai media dan platform untuk beli reksa dana.

Memang saya belum pernah beli reksa dana secara offline yang datang langsung ke bank, soalnya ribet kan harus isi surat ini itu.

Jadi saya lebih memilih untuk mencoba beli reksa dana secara online. Itu pun gak cuma dari satu platform.

Ada beberapa aplikasi reksa dana yang pernah saya coba, mulai dari Bareksa, Ajaib, tanamduit, Bibit, hingga FUNDtastic.

Saya pernah buat artikel yang membahas aplikasi reksa dana yang bisa kamu baca di 9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2021.

Tentu kamu bertanya-tanya, dari banyak aplikasi reksa dana yang pernah saya coba, mana sih aplikasi reksadana yang paling oke untuk digunakan?

Tips memilih aplikasi reksadana

Sebelum saya kasih tau tempat beli reksadana terbaik yang pernah saya coba. Ada baiknya kamu tau dulu tips memilih platform beli reksa dana.

Apa aja itu?

  1. Pilih aplikasi berjenis APERD. Beli reksa dana bisa aja langsung ke Manajer Investasi karena beberapa dari MI ini punya aplikasi juga. Tetapi mereka varian produknya terbatas, hanya jual produk reksa dana milik sendiri. Jika kamu beli reksa dana di aplikasi APERD, maka akan menemukan berbagai jenis produk reksa dana dari Manajer Investasi yang beragam.
  2. Punya lisensi OJK. Ini wajib. Agar transaksi kamu aman. APERD yang punya lisensi dari OJK bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu.
  3. Memiliki banyak varian produk reksa dana. Beli reksa dana di APERD yang punya banyak produk reksa dana pasti asik banget. Karena kamu bisa pilih reksa dana yang kamu suka. Kalau APERD cuma menyediakan produk reksa dana terbatas, kamu hanya akan punya sedikit pilihan untuk membeli. Jadi pastikan APERD yang kamu pilih punya banyak produk reksa dana.
  4. Dilengkapi fitur yang memudahkan beli reksa dana. Gak semua kita ngerti reksa dana, apalagi buat investor pemula. Oleh karena itu, pastikan kamu pilih aplikasi reksadana yang punya fitur untuk memudahkan kamu membeli reksa dana pertama kamu.
  5. Metode pembayaran yang bervariasi. Untuk meminimalisir biaya admin, memilih aplikasi reksadana yang punya banyak pilihan metode pembayaran adalah wajib. Lumayan kan bisa hemat biaya admin transfer antar bank untuk beli reksa dana.

Nah, sampai di sini kita udah tau bagaimana cara memilih aplikasi reksa dana yang bagus.

Kembali lagi ke bahasan sebelumnya, saya mau kasih tau aplikasi reksadana terbaik yang pernah saya pakai selama beberapa tahun terakhir.

Bibit adalah aplikasi reksadana favorit saya untuk saat ini.

Saya sudah coba bandingan Bibit dengan berbagai aplikasi reksa dana lainnya, contohnya saja yang paling dekat adalah Ajaib. Detail perbandingannya bisa kamu baca di Adu 4 Marketplace Reksa Dana: Bareksa, Tanamduit, Ajaib, Bibit (irfan.id).

Kedua start-up ini secara garis besar hampir-hampir mirip, karena menggunakan metode yang sama dalam memberikan rekomendasi investasi untuk investor, yaitu dengan metode “Modern Portfolio Theory” milik Harry Markowitz.

Hanya saja, Bibit dan Ajaib memiliki perbedaan pada produk yang ditawarkan, layanan dan tampilan aplikasinya.

Untuk yang hanya fokus pada reksa dana, Bibit adalah aplikasi yang tepat untuk kamu.

Bibit punya tampilan yang lebih mudah dipahami oleh investor pemula berkat teknologi dari Robo Advisor.

Robo Advisor bukan hanya membantu kamu memilih produk reksa dana yang tepat, tetapi juga membantu mengalokasikan dana yang sesuai dengan profil risiko.

Aplikasi Reksadana Terbaik yang Pernah Saya Coba 1
Halaman untuk mengatur profil risiko di aplikasi Bibit

Bibit telah mengantongi izin resmi sebagai Agen Penjual Reksa Dana dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan kami terdaftar dan diawasi OJK. Lihat izin OJK di sini.

Pembelian reksa dana bisa dimulai dengan minimum pembelian Rp 10.000, dengan berbagai pilihan metode pembayaran. Kamu bisa pilih metode transfer tanpa takut ada biaya tambahan, karena semua bervariasi.

Kamu bisa pilih metode pembayaran menggunakan LinkAja, Virtual Account dan Gopay bahkan kamu bisa melakukan autodebit dari GoPay. Jadi, gak perlu lagi pusing untuk takut lupa top up produk reksa dana favorit kamu.

Namun yang paling penting dari semua itu, Bibit juga punya customer service handal yang siap mengatasi masalah kamu sepanjang hari 24 jam. 

Karena kalau investor pemula kan pasti banyak yang ingin ditanyakan. Kamu bisa langsung chat aja CS Bibit di halaman “Support”, seperti gambar di bawah ini.

CS Bibit

Yang jadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara mulai berinvestasi reksa dana dengan aplikasi Bibit?

Mulai investasi reksa dana pakai aplikasi Bibit

bibit

Untuk kamu yang gak sabaran pengen investasi reksa dana bersama Bibit, bisa download dulu aplikasinya di smartphone Android atau iPhone kamu.

Kalau sudah punya aplikasinya, kamu bisa ikuti cara buka akun Bibit di bawah ini.

*Klik tulisan untuk memperbesar gambar

Bagaimana, mudah kan daftar akunnya?

Kini kamu bisa langsung beli reksa dana sesuai dengan pilihan Robo Advisor, cara belinya bisa lihat di artikel REVIEW Bibit 2021: Cara Daftar, Beli dan Cairkan Reksa Dana.

Dengan investasi reksa dana di Bibit, kamu telat berhasil memilih aplikasi reksadana terbaik untuk dijadikan daily driver investasi.

Apalagi Bibit rajin banget loh bikin promo dan cashback untuk penggunanya. Jadi, kamu bisa lebih untung investasi reksa dana bersama Bibit. Pastikan kamu follow Instagram mereka untuk update terbaru seputar informasi reksa dana dan penawaran menarik lainnya.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya!Jika ada pertanyaan seputar aplikasi reksadana khususnya aplikasi Bibit, jangan ragu untuk tinggalkan komentar di bawah ini!

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend