Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Tekno REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade?

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade?

Perubahan mencolok pada Xiaomi Mi Band 4 adalah layar yang kini berwarna dan sensor kesehatan baru

Xiaomi Mi Band 4 – Setahun yang lalu saya beli Xiaomi Mi Band 3 disalah satu marketplace. Saat itu belinya karena kepo dan terpikir untuk lebih menjaga kesehatan dengan tracking langkah kaki.

Setelah setahun pakai, ternyata punya gelang pintar itu asik juga, hitung-hitung bisa jaga kesehatan juga, karena fiturnya Mi Band 3 juga banyak dan sangat bermanfaat untuk saya.

Seperti biasa, Xiaomi merilis kembali versi terbaru dari Mi Band ini. yaitu Mi Band 4. Katanya Mi Band 4 ini banyak sekali dicari orang-orang. Bahkan dalam 8 hari, Xiaomi Mi Band 4 berhasil terjual sebanyak 1 juta unit.

Pertanyannya, kenapa begitu heboh dan laku keras?

Walaupun saya pengguna Xiaomi Mi Band 3, tapi tidak pernah update kalau ada produk baru dari Mi Band. Barulah saat menonton video di Youtube, saya mendapat kabar bahwa Mi Band 4 sudah diluncurkan, release data pada 16 Juni 2019.

Setelah melihat video unboxing dan review Xiaomi Mi Band 4, barulah saya tahu alasan kenapa Mi Band 4 kali ini begitu istimewa, yaitu karena kini layarnya sudah berwarna dan dilengkapi dengan sensor kesehatan terbaru.

BACA JUGA: REVIEW: Logitech K380, Keyboard Bluetooth Yang Serba Bisa

Saya rasa 2 kelebihan ini menjadi nilai tambah, sehingga orang-orang ingin membelinya. Bagi pengguna baru, saya rasa ini bagus sekali sebagai moment untuk membeli Xiaomi Mi Band 4.

Tapi timbul pertanyaan untuk pengguna Mi Band 3 seperti saya, “Apakah layak upgrade ke Mi Band 4?

Xiaomi Mi Band 4, spesifikasi dan harganya

Xiaomi Mi Band 4
Xiaomi Mi Band 4
ModelXiamo Mi Band 4
Rilis16 Juni 2019, China
Berat22,1 gram
Water Resistance5 ATM
Tipe LayarAMOLED
Ukuran Layar0.95″
Resolusi120 x 240 RGB
Colour Depth24bit
Kecerahan LayarSampai 400 nits (kecerahan maks), kecerahan dapat disesuaikan
Jenis layar sentuhLayar sentuh kapasitif sel
Perlindungan layar2.5D kaca tempered dengan lapisan anti-sidik jari
TombolTombol sentuh tunggal (bangun, kembali)
Jenis tali, lebarTali pergelangan tangan yang bisa dilepas
(Mi Smart Band 4 kompatibel dengan tali Mi Band 3), 18mm
Material taliPoliuretan termoplastik
Panjang tali tangan disesuaikan155-216mm
RAM, ROM512KB, 16MB
SensorAccelerometer 3-sumbu + giroskop 3-sumbu;
Sensor detak jantung PPG;
Sensor kedekatan kapasitif
Konektivitas nirkabelBT5.0 BLE
BateraiLiPo, 135mAh
Jenis Pengisian2Pin Pogo Pin
Waktu Pengisian≤ 2 jam
Waktu siagaHingga 20 hari
Tipe MotorRotor
Body materialPolycarbonate
AplikasiMi Fit
Persyaratan sistemAndroid 4.4, iOS 9.0 atau lebih tinggi

Desain

Tidak ada perubahan dari dimensi, Mi Band 4 ukurannya sama dengan Mi Band 3, sehingga kalau pakai strap Mi Band 3 ke Mi Band 4 tetap cocok.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade? 1
Xiaomi Mi Band 4 [strap hitam] VS Xiaomi Mi Band 3 [strap abu-abu]

Hanya saja Mi Band 4 layarnya datar, tidak lagi cekung seperti versi sebelumnya. Menurut saya pribadi sebenarnya lebih suka dengan layar yang cekung, agar terlihat beda.

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade? 2
Xiaomi Mi Band 4 [strap hitam] VS Xiaomi Mi Band 3 [strap abu-abu]

Bagian menarik lainnya adalah bentuk tombol sentuh yang berbeda dari sebelumnya. Kini tombol sentuhnya sudah datang dengan layar.

Meskipun dimensinya sama, saya rasa ini cukup menarik. Karena bagi pengguna Mi Band 3 seperti saya bisa menggunakan strap yang sudah ada untuk dipasangkan ke Mi Band 4.

Fitur

Mi Band 4 memiliki fitur umum yang sama dengan versi sebelumnya, namun memiliki kualitas yang lebih baik di bagian hardware.

Mi Band 4 sudah menggunakan sensor 3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope; PPG heart rate sensor; Capacitive proximity sensor, sehingga akurasinya lebih tepat. Jika sebelumnya di Mi Band 3 kalau kita tidur langkahnya nambah sendiri, di Mi Band 4 tidak lagi.

Fungsi Olahraga6 mode latihan: Treadmill, olahraga, lari di luar ruangan, bersepeda, berjalan, berenang di kolam renang; Hitung langkah, jarak, dan kalori yang terbakar
Pemantauan kesehatanPemberitahuan penyelesaian latihan, penetapan tujuan, pemantauan tidur, pemantauan detak jantung, pemeriksaan detak jantung sepanjang hari, istirahat detak jantung, bagan detak jantung, peringatan siaga
Fitur lainnyaAlarm, sensor jarak, tampilan jam yang telah disetel sebelumnya, tampilan jam yang dapat disesuaikan, layar kunci, timer, stopwatch, alarm telepon dan notifikasi, masuk panggilan, pemberitahuan pesan, pemberitahuan kalender, pemberitahuan aplikasi, Prakiraan cuaca, Temukan ponsel saya, buka kunci ponsel, pemberitahuan acara, Mode malam, Jangan ganggu mode (bekerja bahkan tanpa ponsel), musik kontrol pada band, siaran Bluetooth, tampilan level baterai, berbeda cara pakai, pembaruan OTA

Disamping sensor kesehatan, ada fitur lain yang menarik dari Mi Band 4, yaitu fitur pengatur musik dan mengganti watch face.

Fitur pengatur musik sangat berguna untuk mengatur lagu yang kita ingin dengar melalui Mi Band selama aktifitas seperti olah raga atau jalan santai, sehingga tidak perlu lagi akses via smartphone.

Hal menarik lainnya dari Mi Band 4 adalah kemapuannya untuk berganti watch face atau tampilan jam pada gelang pintar, sehingga kita tidak mudah bosan dan dapat menentukan tema watch face tergantung dari kegiatan kita saat itu.

Hanya saja, sampai artikel ini di terbitkan, cara mengubah bahasa Mi Band 4 ke Bahasa Indonesia belum bisa dilakukan. Tapi biasanya akan ada update firmware agar Mi Band 4 bisa Bahasa Indonesia.

Harga Xiaomi Mi Band 4 dibandrol antara Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu rupiah. Kalau beli di toko online biasa harganya beda-beda.

Kelebihan Mi Band 4

  • Layar berwarna 24bit
  • Sensor kesehatan baru, sehingga tracking kesehatan lebih akurat
  • Dimensi sama dengan Mi Band 3, sehingga strap Mi Band 3 dapat digunakan pada Mi Band 4

Kekurangan Mi Band 4

  • Kebanyakan desain watch face kekanak-kanankan [semoga tersedia watch face keren di masa depan]

Layak upgrade ke Xiaomi Mi Band 4?

Yes… layak banget untuk di upgrade.

Bukan karena faktor layarnya aja yang udah berlayar, sensor yang makin akuran saya rasa menjadi alasana kenapa penggunaka Mi Band 1, Mi Band 2, dan Mi Band 4 layak untuk upgrade ke Mi Band 4.

Awalnya saya juga ragu upgare atau gak, tapi setelah lihat review sana-sini, ternyata wajib upgrade.

Nah, buat yang galau upgrade, semoga artikel ini bisa membantu Kamu untuk mengambil keputusan apakan beli Mi Band baru, atau tetap stay dengan Mi Band yang sudah dimiliki saat ini. Terima kasih

Terpopuler

Xiaomi Mi Band 4

REVIEW Xiaomi Mi Band 4: Akhirnya Punya Layar Berwarna, Layak Upgrade?

Xiaomi Mi Band 4 - Setahun yang lalu saya beli Xiaomi Mi Band 3 disalah satu marketplace. Saat itu belinya karena kepo...
Logitech K380

REVIEW Logitech K380: Keyboard Bluetooth Yang Serba Bisa

Logitech K380 - Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat elektronik seperti PC, Notebook, atau smartphone. Yaaa.. jelas lah, kalau...
Zenfone Max M2

ASUS Zenfone Max M2: Smartphone Gaming Ekonomis Dengan Performa Premium

Saat senggang waktu enaknya ngapain ya?Chatting teman? Stalking socmed mantan? (uppsss) atau main game di smartphone?
nokia 2 baterai tahan 2 hari(1)

REVIEW Nokia 2: Smartphone Ekonomis Dengan Daya Tahan Baterai Premium

Smartphone, siapa sih yang gak punya? Semua kalangan tanpa terkecuali mulai dari anak remaja hingga yang orang tua pun kini rata-rata sudah...
Xiaomi Mi Band 4 di review berdasarkan pengalaman penggunakannya. Penilaian ini murni dari penulis, perbedaan pendapat dengan pembaca bisa saja terjadi.
Desain
Fitur
Performa
Harga

9 KOMENTAR

    • Coba minimalisir gerakan tangannya… Ini mi band 4, walaupun cuma ayun tangan aja dihitung langkah. Yaaa, minimal gak separah mi band 3 yang tidur aja dihitung jalan 😂.

      Semoga mi band 5 lebih bagus lagi sensornya ya. Tks

  1. saya sudah beli di toko online tapi kenapa sensor ntuk gerak nya gak aktif ya , jd kalo untuk liat jam harus menyentuh layar dulu.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu