PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

KeuanganPengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya!

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya!

4 hari langsung disetujui. Kartu dikirim ke rumah gratis ongkir

Bikin belanja online lebih mudah dan aman, Tokopedia terbitkan kartu kredit co-brand BRI yang bernama Tokopedia Card.

Tokopedia bekerja sama dengan BRI untuk menerbitkan Tokopedia Card yang aja dirilis pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Belanja Online Makin Mudah, Tokopedia X BRI Luncurkan Tokopedia Card (1)

Kolaborasi ini bukan pertama kalinya ada di dunia e-commerce. Sebelumnya, sudah ada Mandiri ShopeeBCA Blibli Mastercard, dan BNI JD.ID.

Sebagai pengguna setia Tokopedia, tentu saya sangat penasaran untuk bisa mencoba langsung kartu kredit hasil kerja sama antara Tokopedia x BRI.

Ini bukan pertama kalinya saya share pengalaman apply kartu kredit online. Sebelumnya, saya sudah tulis tentang pengalaman apply Permata Shopping Card.

Tokopedia Card merupakan kartu kredit tercepat yang disetujui selama. Pengajuan Kartu Tokopedia yang saya lakukan hanya memakan waktu 4 hari kerja. Yaaa.. walaupun janjinya 2 hari kerja

Mengenal Tokopedia Card, keuntungan dan fitur-fiturnya

Yang pertanyaan awal, apa itu Tokopedia card?

Tokopedia Card adalah kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bekerjasama dengan Tokopedia. Kartu Tokopedia dapat digunakan di 44 juta merchant yang bermitra dengan Visa Logo, secara global baik online maupun offline.

Berikut ini adalah table spesifikasi Toped card VS kartu kredit lainnya.

KeteranganTokopedia CardKartu Kredit Lainnya*
Biaya TahunanGratis seumur hidupGratis tahun pertama
CashbackUntuk setiap kelipatan transaksi senilai Rp100 ribu akan memperoleh 500 GoPay Coins. Tidak ada maksimal GoPay Coins yang bisa didapat untuk cashback iniTidak pasti, tergantung promo dan kuota
Pengaturan kartuLangsung lewat aplikasiTelepon Customer Service
Fitur di Tokopedia  
Cek riwayat transaksi
Ajukan blokir
Ubah limit (SEGERA HADIR)
Ajukan kenaikan limit (SEGERA HADIR)
Ajukan cicilan
Cek dan bayar tagihan
 (Akses setiap saat melalui Tokopedia)(Akses sebulan sekali saat tagihan dikirim)
* Diambil dari rata-rata kartu kredit konvensional

Fitur Tokopedia

Lihat riwayat transaksi

Transaksi di mana pun pakai Kartu Tokopedia akan di-update di aplikasi kamu.

Ajukan cicilan 0%

Ada tagihan yang mau dicicil? Gampang, pembayarannya akan otomatis diubah.

Transaksi aman dengan proses verifikasi

Semua transaksi terbaru pakai Kartu Tokopedia akan bisa kamu lihat di aplikasi.

Dapatkan notifikasi saat tagihan terbit

Kami akan kabari dan kirim tagihan langsung ke kamu. Nggak akan lupa tanggal lagi!

Amankan kartu dengan mudah

Ubah PIN dan blokir kartu sementara atau permanen, semua lewat aplikasi.

Keuntungan Tokopedia

  1. Gratis biaya tahunan dengan syarat transaksi 3 kali per bulan.
  2. Welcome Bonus berupa GoPay Coins senilai hingga Rp500.000.
  3. Cashback hingga Rp 1,5 juta setiap bulan serta kemudahan untuk memantau/monitor aktivitas penggunaan kartu dalam satu aplikasi.
  4. Bebas Biaya layanan cicilan untuk transaksi cicilan 0% di Tokopedia.
  5. Cicilan mulai dari 0% untuk pembelanjaan di luar Tokopedia.
  6. Unlimited cashback 500 GoPay Coins untuk setiap transaksi kelipatan Rp 500.000 di semua merchant baik itu merchant daring (e-commerce) ataupun merchant tatap muka (offline) di Indonesia maupun mancanegara.
  7. Setiap bertransaksi di restaurant, cafe, atau outlet makanan dan minuman di manapun, pemegang Kartu Kredit Tokopedia juga dapat menikmati cashback hingga 50% berupa saldo kredit di billing berikutnya. Maksimal akumulasi cashback sebesar Rp100.000 setiap bulan selama masa promosi.
  8. Benefit Buy 1 Get 1 Paket Super Besar 2 di Hoka-Hoka Bento, diskon Rp200.000 berbelanja di Ace Hardware dan Informa dan Special Price (nonton dan jajan) di XXI selama masa promosi.

Biaya tahunan untuk Tokopedia Card adalah gratis untuk tahun pertama, untuk tahun kedua dan seterusnya kamu dapat mendapatkan keuntungan bebas biaya tahunan dengan syarat melakukan minimal 3x (kali) transaksi belanja dengan Tokopedia Card setiap bulan selama 12 bulan terakhir di seluruh merchant tanpa minimum transaksi. Namun, apabila kamu tidak memenuhi syarat diatas, maka kamu akan dikenakan biaya tahunan sebesar Rp 250.000.

Buat kamu yang berpikir untuk lakukan pengajuan Kartu kredit Tokopedia, ada 5 promo yang sedang berlangsung:

Hadiah Aktivasi, pemegang kartu akan mendapatkan GoPay Coins sebesar Rp125.000 secara langsung setelah berhasil melakukan aktivasi Kartu Tokopedia. Syarat dan Ketentuan:

  • Hanya untuk pemegang kartu utama dan berlaku untuk kartu baru dan bukan kartu pengganti (replacement card) atau perpanjangan (renewal card)
  • GoPay Coins akan diberikan langsung ke akun GoPay yang terhubung dengan akun Tokopedia pemegang kartu berdasarkan email dan no HP yang terdaftar saat pengajuan kartu melalui aplikasi Tokopedia.
  • GoPay Coins akan diberikan secara langsung apabila Pemegang Kartu melakukan aktivasi melalui Tokopedia Apps. Untuk aktivasi yang dilakukan diluar Tokopedia Apps, maka GoPay Coins akan diberikan di bulan berikutnya setelah tanggal aktivasi dilakukan.

Welcome Bonus, pemegang kartu akan mendapatkan tambahan GoPay Coins senilai hingga Rp375.000 setelah melakukan transaksi dengan Tokopedia Card total Rp5.000.000 dalam 60 hari sejak kartu disetujui. Welcome Bonus ini akan dikirimkan maksimum 3 hari kerja setelah tanggal cetak tagihan berikutnya. Syarat dan Ketentuan:

  • GoPay Coins senilai Rp375.000 berlaku untuk kartu yang disetujui mulai tanggal 17 May 2022 sampai dengan 31 Juli 2022. Kartu yang disetujui diluar periode tersebut akan mendapatkan GoPay Coins sebesar Rp125.000.
  • Hanya untuk pemegang kartu utama dan berlaku untuk kartu baru dan bukan kartu pengganti (replacement card) atau perpanjangan (renewal card)
  • Transaksi yang dihitung merupakan seluruh transaksi belanja baik di Tokopedia maupun di merchant lain
  • GoPay Coins akan diberikan langsung ke akun GoPay yang terhubung dengan akun Tokopedia pemegang kartu berdasarkan email dan no HP yang terdaftar saat pengajuan kartu melalui aplikasi Tokopedia.
  • GoPay Coins akan diberikan maksimum 3 hari kerja setelah tanggal cetak tagihan berikutnya apabila transaksi telah mencapai minimum Rp 5 juta.

Cashback 1.5jt, pemegang kartu akan mendapatkan GoPay Coins senilai hingga Rp1.500.000 setiap bulannya dalam bentuk cashback dari transaksi yang dilakukan di Tokopedia. Untuk mendapatkan cashback ini, pemegang kartu harus menggunakan kupon atau kode promo Tokopedia Card yang tertera di: https://www.tokopedia.com/discovery/tokopedia-card. Benefit cashback yang menggunakan kupon atau kode promo dari Kartu Tokopedia akan diberikan maksimal 1×24 jam setelah transaksi selesai.

Bebas Biaya Tahunan, pemegang kartu bebas biaya tahunan sejak mulai transaksi hingga selamanya dengan minimum melakukan 3 kali transaksi per bulan. Syarat dan Ketentuan:

  • Berlaku untuk biaya tahunan kartu utama.
  • Melakukan minimal 3x (kali) transaksi belanja dengan Tokopedia Card setiap bulan selama 12 bulan terakhir.
  • Tidak ada batasan nilai per transaksi.

Unlimited Cashback, pemegang kartu akan mendapatkan cashback sebesar Rp500 dalam bentuk GoPay Coins untuk setiap nilai transaksi Rp100.000 dan kelipatannya dari semua transaksi offline maupun online yang menggunakan Kartu Tokopedia. Syarat dan Ketentuan:

  • Transaksi yang dihitung merupakan seluruh transaksi belanja baik di Tokopedia maupun di merchant lain.
  • GoPay Coins akan diberikan langsung ke akun GoPay yang terhubung dengan akun Tokopedia pemegang kartu berdasarkan email dan no HP yang terdaftar saat pengajuan kartu melalui aplikasi Tokopedia.
  • Akumulasi total cashback akan diberikan maksimum 3 hari kerja setelah tanggal cetak tagihan. Pemegang kartu dapat memantau perkembangan GoPay Coins di halaman https://www.tokopedia.com/gopay.

Syarat untuk memiliki kartu kredit Tokopedia:

  1. Sudah berusia 17 (tujuh belas) tahun;
  2. Memiliki dokumen pendukung berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP); dan
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (opsional). Informasi lebih lanjut terkait pengajuan permohonan penerbitan Tokopedia Card dapat dilihat DI SINI.

Transaksi pembelian barang dengan menggunakan Tokopedia Card dapat dilakukan untuk transaksi pembelian barang dengan nilai total belanja minimal Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah) hingga maksimal hingga Rp50.000.000 (lima puluh juta Rupiah) untuk seluruh produk fisik

Transaksi pembelian yang menggunakan Tokopedia Card dengan pilihan pembayaran cicilan, tersedia pilihan cicilan sebagai berikut:

  • Cicilan 3 (tiga) bulan;
  • Cicilan 6 (enam) bulan; dan
  • Cicilan 12 (dua belas) bulan.

Untuk kamu yang mau tau lebih detail tentang kartu kredit Tokopedia x BRI ini, bisa langsung kunjungi halaman ini ya.

Detail Biaya Tokopedia Card

Berikut detail biaya yang akan dikenakan untuk penggunaan Tokopedia Card:

No.JENISTOKOPEDIA CARD
1Annual Fee pertahun 
a. BasicRp 250.000 atau bebas biaya tahunan selama melakukan transaksi min 3 kali setiap bulan* *Syarat & Ketentuan Berlaku
b. SupplementTidak ada kartu suplemen
2Maximum Cash Advance60% dari sisa limit atau Maksimal Rp 10.000.000,- per hari
3Biaya Over LimitRP. 50.000,-
4Biaya Keterlambatan Pembayaran1% dari tagihan atau maks. Rp 100.000 sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.    Biaya keterlambatan akan kembali menjadi 3% dari tagihan atau maks. Rp 150.000 setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir.
5Biaya Penggantian KartuRp 50.000,-
6Biaya Pencetakan Billing StatementRp 15.000,- sd 28 Februari 2022 Rp 20.000 berlaku per 1 Maret 2022
7Biaya Pencetakan Ulang Billing StatementRp 15.000,-
8Biaya Copy Sales Draft LokalRp 25.000,-
9Biaya Copy Sales Draft InternasionalRp 125.000,-
10Biaya Penggantian PIN MailerRp 25.000,-
11Biaya Ringkasan Transaksi TahunanRp 100.000,-
12Biaya Kenaikan LimitRp 75.000,-
13Biaya PenagihanRp 50.000,-
14Bunga Transaksi Ritel1,75% per bulan sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.    Bunga akan kembali menjadi 2,25% setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir.
15Bunga Pengambilan Tunai1,75% per bulan sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.    Bunga akan kembali menjadi 2,25% setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir. 
16Pembayaran Minimum per Bulan (selama Pandemi)5% dari tagihan sesuai kebijakan relaksasi Covid-19 Bank Indonesia.    Minimum payment akan kembali menjadi 10% dari tagihan setelah kebijakan relaksasi Covid-19 berakhir. Khusus  transaksi cicilan, minimum pembayaran sesuai tagihan cicilan per bulan.
17Biaya Administrasi Pengambilan Tunai3% atau minimal Rp 60.000
18Biaya Materai Atas Lembar Tagihan:  
a. Untuk Tagihan Rp 0 – Rp 5.000.000,-Gratis
b. Untuk Tagihan diatas Rp 5.000.000Rp 10.000,-
19Biaya NotifikasiGratis
20Biaya e-Billing5.000
21Biaya Refund Saldo KreditMinimum refund Rp 500.000 Transfer rekening BRI: Rp 25.000 Transfer rekening Bank Lain: Rp 50.000
22Jatuh Tempo17 hari sejak tanggal cetak tagih
(Data per 30 Juli 2022)

Cara apply Tokopedia Card

Oke, biar gak cuma jadi teori, langsung aja kita lakukan pendaftaran. Tapi sebelum itu, ada hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum daftar kartu Tokopedia:

  1. Perbaharui aplikasi Tokopedia di smartphone kamu, pastikan punya versi terbarunya.
  2. Siapkan kartu e-KTP fisik.
  3. Pastikan wajah dalam keadaan segar, penampilan rapi. Karena nanti ada verifikasi wajah, kan gak mungkin pakai mode muka baru bangun tidur.

Kalau sudah tersedia semua persiapannya, kamu bisa ikuti langsung tutorial cara daftar tokopedia card di bawah ini.

Total waktu pendaftaran: 4 days

Masuk ke halaman Tokopedia Card, ketuk “Daftar Sekarang”

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 1

Halaman Tokopedia Card bisa kamu temukan pada halaman profil atau pada banner di halaman awal aplikasi.

Ketuk “Mulai Daftar”

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 2

Pastikan kamu sudah siapkan foto KTP ya!

Lakukan foto KTP

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 3

Pastikan kamu punya cahaya yang cukup dalam ruangan agar foto KTP terlihat jelas.

Scan wajah

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 4

Sebelum scan wajah, harap baca dulu ketentuannya ya, seperti jangan pakai aksesoris.

Pastikan Dokumen data diri sudah lengkap

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 5

Jika sudah, ketuk “Lanjutkan”

Masukkan No. NIK dan tanggal lahir

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 6

Jangan lupa untuk contreng pada sebagai bukti persetujuan kepada Tokpedia untuk berikan data kamu ke Bank BRI. Lalu ketuk “Lanjutkan”

Lengkapi informasi pribadi

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 7

Masukkan data yang diminta dengan mengisi sejujur-jujurnya

Lengkapi data perkerjaan dan informasi pengiriman kartu

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 8

Perlu dicatat, kamu bisa pilih opsi kirim kartu ke alamat rumah atau kantor ya. Kalau sudah oke semua, ketuk ‘Kirim”

Review kembali data yang sudah dimasukkan

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 9

Cek lagi informasi data diri dan perkerjaan kamu untuk memastikan tidak ada yang salah. Lalu, ketuk “Kirim Pendaftaran”

Cek status pendaftaran secara berkala

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 10

Sampai di sini, kamu bisa cek secara berkala melalui aplikasi atau email untuk langkah selanjutnya, yaitu tangan tangan digital.

Lakukan tanda tangan digital

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 11

Masih di hari yang sama saat pendaftaran, langkah selanjutnya berupa tandan tangan digital akan muncul. Kamu cukup ketuk tombol “Tanda Tangan”

Masukkan kode OTP dari PrivyID

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 12

Kode dikirim dalam bentuk SMS ke nomor HP kamu yang terdaftar di Tokopedia.

Tunggu hingga proses tangan tangan selesai

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 13

Setelah tangan tangan, kamu bisa kembali lagi ke halaman Kartu Tokopedia.

Selamat, pendaftaran selesai!

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 14

Pendaftaran selesai, kamu hanya perlu tunggu proses verifikasinya.

Setelah menunggu 4 hari kerja, akhirnya aplikasi pengajuan Tokopedia Card saya diterima pada tanggal Juni 2022.

Selanjutnya, saya tinggal tunggu pengiriman kartu kredit BRI Tokopedia Card sesuai dengan yang dijadwalkan.

Yang jadi pertanyaannya, berlama lama kartu dicetak dan berapa lama proses pengiriman dilakukan?

Menurut informasi yang saya dapatkan, proses cetak Kartu Tokopedia membutuhkan waktu 1 hari kerja, kemudian membutuhkan waktu maksimal 4 – 9 Hari Kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah Libur Nasional) untuk proses pengiriman.

Berikut estimasi waktu dan lokasi pengiriman:

User-added image

Kalau pun nanti sudah lewat estimasi waktu tersebut dan kartu kredit kamu belum dikirim, silakan klik Tulis Kendala untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Atau… Kamu juga bisa menghubungi pihak bank BRI di 14017 atau 1 500 017 untuk informasi lebih lanjut ya!

Jika Tokopedia Card BRI sudah dicetak dan dikirimkan, notifikasinya akan seperti gambar di bawah ini.

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 17

Dilihat dari data pengiriman, kartu Tokopedia ini dikirim oleh Bank BRI. Sayangnya, kamu tidak bisa tracking pengiriman kartu, karena tidak disediakan no resi atau histori pengiriman.

Setelah mengunggu lebih dari seminggu dari waktu pengiriman yang ditetapkan, kartu saya tidak dikirim-kirim juga. Akhirnya pengiriman pertama gagal.

Lanjut pada tanggal 11 Juli, kartu Tokopedia saya kembali dikirimkan untuk kedua kalinya.

Total ada 3x kesempatan pengiriman kartu. Jika sudah dikirimkan 3 kali, tapi gak sampai-sampai juga. Maka pengajuan akan dibatalkan ya.

Cara aktivasi Tokopedia Card

Kartu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Kini saya sudah dapatkan paket pengiriman kartu kredit Tokopedia.

Paket yang terima bentuknya seperti surat biasa yang fotonya bisa kamu lihat di bawah ini.

Paket Tokopedia Card

Jika kamu kesulitan dalam aktivasi, bisa lihat gambar di bawah ini ya. Geser slide untuk lihat step by step cara aktivasi kartu Tokopedia.

Setelah kartu aktif, kamu juga harus pilih verifikasi transaksi, bisa menggunakan PIN atau kirim kode via SMS.

Oh ya, sesuai janji Tokopedia. Saat kartu sudah aktif, kita juga diberikan welcome bonus sebanyak Rp125 ribu ke GoPay Coin.

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 23

Saat masuk ke dashboard kartu, kita bisa menemukan informasi limit yang tersedia, histori transaksi, hingga menu untuk blokir permanen Tokopedia Card.

Pengalaman Apply Tokopedia Card, Begini Cara Daftarnya! 24

Limit tersedia ini sejatinya berbeda setiap user. Saya melihat user lain ada yang dapat limit hingga 10 Juta. Sepertinya ini dipengaruhi oleh catatan transaksi kita di Tokopedia.

Nah, sekarang semua sudah beres untuk tutorial cara daftar Tokopedia Card.

Oh ya, saat ini untuk mengelola kartu kredit BRI Tokopedia Card masih sangat terbatas di aplikasi Tokopedia. Tetapi kamu bisa menggunakan aplikasi BRI Credit Card Mobile.

BRI Credit Card Mobile untuk kartu kredit BRI
Tampilan aplikasi BRI Credit Card Mobile

Kamu bisa baca artikel terbaru saya tentang cara daftar BRI Credit Card Mobile.

Saya mau coba rekap dulu timeline dari pengajuan hingga kartunya sampai ke tangan ya.

  1. Pengajuan & Tanggal tangan: 14 Juni 2022 (6.44 WIB)
  2. Proses verifikasi: 14 Juni 2022 (06.44 WIB) sampai dengan 17 Juni 2022 (16:00 WIB)
  3. Disetujui: 17 Juni 2022
  4. Lama kartu dicetak Ke-1: 17 Juni 2022 (16:00 WIB) sampai dengan 20 Juni 2022 (18.05 WIB)
  5. Lama kartu dicetak Ke-2: 11 Juli 2022
  6. Proses pengiriman: 20 Juni 2022 (18.05 WIB) sampai dengan 19 Juli 2022 (17:00 WIB)
  7. Unboxing dan aktivasi Tokopedia Card: 20 Juli 2022

Bagaimana, tidak sulit bukan cara daftar Tokopedia Card?

Dengan begini, kita bisa lebih mudah berbelanja online di Tokopedia dengan berbagai keuntungan yang telah diberikan.

Kalau pun nanti kamu gak butuh lagi kartu Tokopedia ini, kamu bisa kok blokir sementara atau blokir permanen pada halaman Kartu Tokopedia.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Jika kamu ada pertanyaan atau mau sharing pengalaman apply Tokopedia Card, jangan ragu untuk tinggalkan komentar di bawah ini ya!

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

10 KOMENTAR

  1. Mantap mas artikelnya jelas dan padat…

    Cuma sayang belum dicantumkan kelebihan dan kekurangan kartu kredit ini…
    Mungkin next time bisa.. :)🙏

  2. Posisinya di mana mas? Apa selama itu posisi di jabodetabek yah? Apa kabar saya di luar P. Jawa 😁. Mudah²an lancat & cepat sampai ditangan saya. Agar memudahkan transaksi di tokopedia. Terima kasih infomasinya, sangat membantu sekali mas.

    • Sepertinya begitu mas. Karena sejatinya kartu Tokopedia ini fungsi dan ketentuan biayanya sama seperti kartu kredit pada umumnya. Tks

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend