Komentar spam bukanlah hal baru lagi di dunia blogging, tidak sedikit komentar-komentar yang tidak berbobot tersebut menghampiri blog-blog dan situs-situs yang menyediakan kolom komentar.

Sebenarnya komentar spam dapat dihindari dan dicegah dengan menggunakan sistem “sign in” sebelum komentar atau menggunakan sistem komentar dari Disqus. Namun, bagaimana dengan nasib blog yang tidak menggunakan sistemn komentar login seperti blog saya? Komentar spam adalah makanan sehari-hari yang harus daya hadapi.

Terkadang saya pernah menurunkan sebuah artikel karena sudah terlanjur terkena penyakin komentar spam yang membuat artikel tersebut di serang komentar spam hingga puluhan dalam sehari.

Baca Juga: Ngeblog Like A Boss, Cara Membuat Blog Profesional

Tapi untungnya dalam dunia blogging tak ada yang mustahil. semua dapat ditangkal dengan plugin yang sudah disediakan oleh WordPress yang merupakan sebagai penyedia platform blog. Plugin ciptaan WordPress yang menjadi penangkal komentar spam adalah Akismet Anti-Spam.

Akismet Anti-Spam merupakan plugin yang diciptakan oleh perusahan pembuat WordPress, Automattic yang berfungsi untuk melindungi blog dari komentar spam yang menggangu. Plugin ini sudah tersedia secara otomatis di blog kamu saat pertama kali menginstall WordPress, hanya saja butuh beberapa tahap lagi seperti login, pilih paket hingga Akismet Anti-Spam benar-benar berfungsi dengan baik.

Cara mendaftar dan menggunakan Akismet Anti-Spam

Sekali lagi, karena Akismet Anti-Spam juga buatan darin Automattic, maka untuk pembuatan akun Akismet Anti-Spam dapat dihubungkan dengan WordPress.com yang juga terintegrasi dengan Jatpack. Berikut ini saya memaparkan bagaimana cara mengaktifkan Akismet Anti-Spam:

  1. Seperti biasa, untuk menambahkan plugin baru kamu cukup ke halaman Plugins > Add New. Lalu cari dengan keyword “Akismet Anti-Spam” (biasanya plugin ini tampil di featured).
  2. Setelah menginstall dan mengaktifkan plugin ini, kini yang harus kamu lakukan adalah mendaftar dan memasukkan API key. Connect with Jetpack untuk melanjutkan.Setelah diarahkan ke halaman lain, kamu akan login terlebih dahulu dengan akun WordPress.com atau Jetpack, kalau akan muncul Pilihan paketnya. Secara default, Akismet Anti-Spam akan memunculkan paket yang berbayar. Namun kamu bisa memakai paket yang gratisan dengan cara menggeres tombol harga ke $0/year (lihat gambar tombol hitam). Kalau sudah berubah menjadi $0 maka yang perlu kamu masukkan untuk berlangganan paket gratisan Akismet Anti-Spam adalah mengisi nama kamu dan URL blog yang ingin dilindungi dari komentar spam.
  3. Nah, sampai disini setelah mendaftar dan memilih paket akan terlihat seperti ini dihalaman login. Akun kamu berhasil dibuat dan siap melindungi blog kamu dari komentar spam.
  4. Yeeee… blog kini sudah terlindungi dari komentar spam.

Cara alternatif lain untuk menghubungkan blog dengan akun Akismet juga dapat dilakukan dengan cara menyalin API KEY (lihat gambar dibawah) ke halaman akun wordpress di Jetpack > Akismet Anti-Spam > Or enter an API KEY.

Dengan adanya plugin Akismet Anti-Spam maka kamu tidak perlu lagi takut blog akan dihujani oleh komentar spam karena sudah di proteksi.

Bagaimana, mudah bukan untuk menangkal komentar spam para blog berbasis WordPress? Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.