Blog merupakan media online yang sering digunakan oleh orang-orang, ntah itu buat curhat lah, buat berbagi ilmu atau bahkan buat berbagi tips dan trik dalam kategori tertentu. Dengan blog seseorang atau komunitas dapat mengekspresikan diri dengan membuat tulisan-tulisan sehingga terbentuk sebuah artikel.

Oke tanpa panjang lebar, disini saya akan bahas berbagai tips dan trik agak menjadi blogger yang lebih profesional. Karena tampilan, isi blog adalah karakter si pemilik blog. Jadi bila isi blognya alay, maka alay pula pemiliknya.

Berikut ini adalah tips dari saya untuk membuat blog profesional:

1. Kukuhkan niat ngeblog

Yang pertama kali harus dilakukan untuk membuat blog profesional adalah niat. Niatlah terlebih dahulu bahwa membuat blog itu adalah untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain serta kesenangan untuk berbagi. Ingat, buat blog itu bukan hanya untuk diri sendiri, karena ketika blog diterbitkan dan mulai online akan ada jutaan orang yang bisa jadi singgah ke blog kamu.

Jadi… mantapkan lah niat agar tidak salah arah dikemudian hari.

2. Cari nama domain yang tepat

Domain adalah indentitas, bisa dibilang sebagai alamat rumah. Bila kamu ingin orang mudah mencari rumah kamu, maka buatlah alamat rumah yang mudah dingat. Bila kamu menggunakan platform seperti blogger.com atau wordpress.com akan di berikan sub-domain secara gratis, mungkin ini bisa dipakai dulu oleh pemula blogger sebagai perkenalan.

Namun, menurut saya bila ingin mempunyai blog yang keren dan esklusif lebih baik nama domain pakai nama sendiri saja, selain dapat meningkatkan image juga dapat membentuk branding pribadi, yaa… hitung-hitung biar terkenal di dunia maya. Kebanyakan orang yang suda terjun ke dunia blogging juga memilih nama pribadi sebagai domain.

Saya pribadi sebenarnya tidak mudah mendapatkan domain irfan.id ini, butuh 1 tahun untuk tunggu expired dari orang lain karena tidak dipakai, jadi ketika available langsung saya takeover. 

2. Pilih platform dan web hosting

Bila domain adalah alamat rumah, maka platform dan hosting adalah rumahnya. Seperti yang telah saya mention diatas untuk memulai blog bisa pakai platform apapun, namun saya lebih menyarankan blogger.com atau wordpress.com karena kedua platform ini sangat familiar di dunia blogging.

Tapi bisa saya katakan, untuk membuat blog lebih profesional kamu dapat memakai hosting sendiri dengan menggunakan wordpress.com agar ada semangat blogging yang tinggi. Maklum saja biaya hosting dan domain yang mahal tentu tidak membuat kamu main-main dalam menekuni kegiatan blogging sehingga uang yang kamu keluarkan untuk membeli hosting dan domain tidaklah sia-sia.. yaaa setidaknya bisa ikutan ngiklan google adsense untuk menutup biaya operasional blog.

3. Pakai tema yang berkualitas dan responsive

Disamping memiliki isi artikel yang berkualitas, tema juga salah satu faktor membuat blog terlohat lebih profesional. Pemilihan tema yang tepat pada blog dapat membuat pengunjung lebih betah untuk berlama-lama di blog kamu.

Yang perlu kamu lakukan agar tema terlihat profesional adalah dengan memilih dan customize tema yang layak untuk parang penggunjung, misalnya memberikan latar belakang tulisan berwarna putih dan memberikan warna yang tidak terlalu cerah untuk beberapa bagian lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman pada pengunjung, jangan sampai gara-gara masih ingin alay-alayan tema blog di berikan gambar yang tidak jelas dan membuat orang susah membaca artikel di blog kamu, sayang kan kalau artikel bagus-bagus tapi gara-gara tema yang alay membuat mereka langsung kabur.

Dan jangan lupa untuk menggunakan tema yang responsive. Tahu kan tema responsive itu bagaimana dan apa? tema yang responsive adalah tema yang dapat menyesuaikan diri dengan semua gadget apapun untuk menampilkan blog. Karena setelah saya cek sendiri khususnya untuk blog saya, pembaca melalui smartphone dan gadget lainnya mulai tumbuh dan muncul, sehingga diperlukan tema yang responsive sehingga saat dibuka di gadget yang memiliki layar kecil blog tetap memberikan tampilan terbaiknya.

4. Hindari melakukan hal yang bodoh, gunakan widget seperlunya

Menambahkan widget jam, kalender, animasi gif dan pernak lainnya pada blog, itu buat apa? Ada beberapa blog yang saya kunjungi dan beberapa diantaranya memasang widget seperti yang saya sebutkan tadi diblognya dan itu membuat saya heran kenapa mereka melakukan itu.

Bila kita berpikir logis sebaiknya tidak perlu melakukan hal seperti itu, karena jam dan kalender sudah ada dilaptop masing-masing dibagian toolbar, jadi untuk apa sibuk-sibuk menambahkan widget tersebut? agar membuat blog lebih berat?

Cobalah menggunakan widget atau plugin dengan bijaksana dan bermanfaat. cukup beri populer post, populer coment, archives dan kategori untuk sidebar kamu sehingga tida membebani blog dengan widget atau plugin yang tidak berguna.

Nah… itu dia beberapa poin penting yang menurut saya pentign diperhatikan oleh para blogger agar blog merekaya terlihat profesional dan layak untuk di kunjungi.

Sekian artikel tentang cara membuat blog profesional dari saya, semoga bermanfaat.

 

9 KOMENTAR

  1. hallo mas irfan, untuk pemula, dengan tujuan cari uang (adsense), apakah bisa pake blogger ato wordpress yg gratisan? mana yg lebih mudah di-monetize?

    bagaimana plus-minusnya kalo kita bikin blog dengan blogger atau worpress yg berbayar? maksud saya dibanding kalo saya beli domain dan hosting diperusahaan hosting (bukan wordpressnya langsung)

    tq

    • kalau untuk pure cari uang saya sarankan pakai blogger saja, karena
      blogger langsung di bawah google yang merupakan tuannya adsense. di
      blogger sendiri sudah otomatis ada menu untuk adsense, sedangkan kalau
      wordpress harus install plugin terlebih dahulu.

      saya sarankan
      kalau keperluannya cuma ngeblog, lebih baik beli domain dan tetap
      menggunakan hosting dari blogger atau wordpress, ini bertujuan agar mas
      heri tidak perlu repot2 takut berlebihan pakai data seperti upload
      gambar karena unlimited disk space.

      sedangkan kalau beli domain
      dan hosting sendiri itu biasa repot dibiaya. karena kan biasa penyedia
      hosting ngasih disk space terbatas, jadi kalau mau upload data
      kapasitasnya terbatas, kecuali kalau mas heri pakai punya niagahoster, mereka kasih unlimited data.

      dan
      jujur saya sebernarnya saya beli domain dan hosting sendiri bukan
      kepeluan blog semata, tapi juga buat cloud dan beberapa situs lainnya,
      jadi uang yang dikeluarkan juga impas hehehe..

      Tapi kembali lagi
      ke niat blognya, kalau mau fokus adsense saya sarankan beli domain dan
      hosting langsung dari blogger. karena pengguna blogger itu lebih di
      dahulukan soal adsense menurut yang saya baca-baca gitu sih.

      sebagai
      catatan, beli domain baru + hosting ibarat bayi baru lahir, jadi perlu
      perjuangan biar eksis karena belum terdeteksi oleh mesin pencari.
      lumayan ribet sih kalau pakai selft hosting

      terima kasih telah mampir dan memberi komentar

      • Mas irfan, klo beli domain + hosting langsung dari blogger, url nya jadi seperrti apa? Ada tulisan “blog” seperti di “blog.irfan.id” gitu ya?

        • ngak kok mas, blogger gak menjual apapun. biasa ntar mas heri beli domain di layanan lain, baru nanti domainnya dipasang ke blogger.com.

          untuk nama domain terserah mas heri. misalnya www(dot)heriyadi(dot)com. kalau yang saya pakai itu subdomain jadi pakai blog(dot) didepan domain intinya. karena www(dot)irfan(dot)id saya pakai sebagai landing page saja.

          ntar mas heri kalau beli domain juga bisa buat gituan, tambah subdomain sendiri

          • Halo mas irfan saya balik lagi nih hehe,
            Saya sudah mulai bikin blog baru 3 postingan, berikutnya musti diapain biar bisa dikenali google n bisa daftat adsense. Urutan langkah2nya gitu, kayaknya masih buanyak yg musti saya lakuin ya sampe bisa ikut adsense.

            Klo sempat bole liat http://www.beritapeluang.com kali aja ada saran2 mas

            Tq mas

          • saya sudah jalan-jalan ke blognya mas heri. desain template sudah bagus, widget juga oke. mas heri sepertinya blognya fokus ke finance ya? nanti tambahin menu khusus seperti investasi, reksa dana, dan tips dan trik investasi di bagian menunya.

            nah.. setelah udah oke konten dan temanya yang wajib mas heri lakukan adalah mendaftarkan blog ke google webmaster, google analytic dan search engine lainnya. coba aja cari di google dgn keyword “cara daftar google webmaster” nanti diarahkan blogger lain, soalnya saya belum punya tutorial itu.

            untuk daftar adsense nanti saja, setidaknya umur blog sudah 6 bulan dan artikel memadai.

            yg harus diingat blog harus fokus… kalau mas heri suka finance, post aja tentang finance, google lebih senang gitu.. katanya mudah di approve adsanse ntar.

            untuk sekarang yg terpenting daftar google webmaster dulu aja biar masuk ke mesin google dulu. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu