Happy Anniversary 2 Tahun Blog Irfan™ –Tidak terasa kini blog irfan™ sudah memasuki usia 2 tahun. Yeeeeaaaa selamat ya!!!!

Banyak kisah suka dan duka selama blog ini mengudara, kisah sukanya karena bisa menghasilkan uang tambahan dari iklan dan lomba blog, kisah dukanya datang dari kekalahan lomba blog hahaha (banyak kalah pahit juga)

Pada kesempatan kali ini, saya hanya ingin membuat sebuah artikel yang mana pada hari ini pula tepat pertama kali saya menerbitkan artikel pertama blog irfan™. Ini hanya sebuah reminder bagi saya kalau ternyata blog ini sudah berjalan 2 tahun… Alhamdulillah masih semangat ngeblognya:)

Pada tanggal 13 April 2016 adalah hari pertama artikel blog irfan™ diterbitkan.

Untuk merayakan ulang tahun blog irfan™ yang ke-2. Saya tidak menyiapkan apa-apa hanya sebuah banner perayaan 2 tahun blog irfan™ yang ditempel disemua akun sosial media, bentuknya seperti dibawah ini.

 

Flashback 2 tahun Blog Irfan™

Gak terasa sudah 2 tahun, berikut ini adalah kilas balik perjalanan blog irfan™:

1. Fokus pada dunia investasi

Awal tujuan saya membuat blog ini adalah untuk menuliskan beberapa opini dan ilmu yang sudah saya dapatkan sepanjang hidup ini.

Dengan ilmu sekedarnya, saya mencoba untuk fokus membuat artikel tentang investasi, mulai dari saham, reksa dana, emas dan juga akan mencoba menulis artikel investasi di instrumen lainnya.

Pengalaman lebih dari 3 tahun dalam investasi saham membuat saya tertarik untuk mengangkat tema investasi di blog ini.

2. Menang dibeberapa lomba blog

Pertama kali ikut lomba pada akhir 2016 dan memenangkan lomba blog pertama saya, membuat saya jadi ketagihan untuk mengikuti lomba blog lainnya. Setidaknya sudah sekitar 10 lomba blog yang sudah saya menangkan hingga 2018.

Saya sadar lomba blog tidak hanya mendatangkan rezeki saja, namun juga meningkatkan kualitas tulisan saya dan bisa berjumpa dengan blog-blog master yang sangat bagus kualitas tulisannya.

Lihat beberapa lomba blog yang pernah saya menangkan disini.

3. Ubah alamat blog demi Google Adsense

Jauh sebelum irfan.id, blog ini awalnya saya buat dengan subdomain, yaitu blog.irfan.id. Tujuannya adalah agar domain utama bisa saya gunakan sebagai intro saja.

Tapi saya mendapat masukan dari abang saya agar blog saya sebaiknya di monetasi. Berdasarkan nasehat tersebut, pada juli 2017 saya mengubah dari blog.irfan.id ke irfan.id, hingga akhirnya pada bulan yang sama irfan.id terdaftar di Google Adsense.

4. Penantian setahun mendapatkan domain irfan.id

Domain irfan.id bukanlah barang yang mudah saya dapatkan. Kerena keterbatasan uang, saya tidak mampu membeli domain ini saat pertama kali domain anything.id di rilis 2014 lalu, sampai akhirnya di sambar duluan oleh orang lain. Karena seperti yang kita ketahui nama irfan sangat pasaran di Indonesia.

Saya berdoa agar domain irfan.id tidak diperpanjang oleh pemiliknya dan doa itu terkabul. Tepat 2015 lalu saya berhasil mengakuisisi irfan.id.

5. Blog irfan™ terus berinovasi dan mengedepankan teknologi mutakhir

Blog irfan™ saya bangun secara profesional yang tidak kalah dari situs-situs ternama lainnya.  Hal ini terbukti dengan disematnya HTTPS/SSL, CDN, loading yang cepat and teknologi lainnya sebagai salah satu standar Google.

Teknologi terbaru yang saya aplikasikan adalah AMP. AMP dapat memberikan pengalaman baru bagi penguna mobile untuk mengakses irfan.id.

Mau tau bagaimana blog ini dibuat? baca disini.

6. Butuh 5 tahun bagi saya untuk berada di level ini

Tidak ada yang instan di dunia… itu sangat jelas. Membangun blog irfan.id bukanlah saya kalukan kemarin sore. Butuh sekitar 5 tahunan bagi saya untuk bisa dapat mencapai di level ini.

Pertama kali ngeblog tahun 2011, saya membuat sebuah blog yang isinya artikel copas dengan domain sharingfile4u.blogspot.com (sudah saya hapus). Saat itu saya hanya mengenal blog dengan platform Blogger saja.

karena pasang surut ngeblog membuat saya malas-malasan untuk menulis artikel hingga tidak ngeblog lagi sampai 2015.

Saya mengenal WordPress pada tahun 2014, saat itu sedang ada project buat situs online shop. Perlahan tapi pasti, disitu saya belajar banyak tentang hosting dan wordpress.org.

Alhasil, pada 2016 saya sudah bisa membuat blog dengan subdomain seperti dibawah ini.

Tampilan awal blog irfan.id saat masih pakai subdomain

Terus belajar banyak tentang wordpress, saya akhirnya bermain-main dengan page builder. Berkat page builder, saya bisa membuat blog dengan tampilan seperti saat ini yang tidak terlalu vakum seperti blog pada umumnya.

Oh ya.. semua perubahan yang terjadi pada blog irfan™ di record loh. Jadi bagi kamu yang penasaran dengan perubahan blog ini dari masa ke masa bisa ke halaman ini.

7. Blog irfan™ sudah bisa membiayai dirinya sendiri

Ini adalah syukur terbesar saya, yaitu kemampuan blog irfan™ membiayai dirinya sendiri. Saat ini saya tidak pusing lagi dengan biaya penyembangan blog irfan™ seperti biaya hosting, domain, tema, dan plugin, karena blog ini sudah mandiri dengan dua sumber penghasilan.

Baca Juga: Ingin Buat Blog Seperti Irfan.ID? Ini Kisaran Biayanya

Pertama dari Google Adsense dan yang kedua dari hasil lomba blog. Payout GA setahun sekali membuat blog ini lebih mandiri, ditambah lagi ada hasil lomba blog yang sebagiannya saya sisihkan untuk biaya operasional blog ini.

Apa yang akan saya lakukan kedepannya dengan Blog Irfan™?

Saya berharap blog ini bisa terus hidup dah berjalan dengan baik. Agenda saya kedepan bersama blog ini adalah membuat modul. Modul tersebut akan mulai terbit mulai dari bulan ini.

Modul Panduan Dari Blog irfan

Lalu, untuk rencana kedepannya saya belum punya. Belum ada pikiran untuk membuat blog ini sebagai sumber mata pencaharian utama saya. Karena tujuan blog ini sampai saat ini masih sebatas sebagai sarana saya berbagi ilmu dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Saya masih berusaha keras di dunia nyata untuk menggapai impian menjadi pengusaha 🙂

 

Eehhh… ucapin selamat ulang tahun dong dikomentar biar rame hehehe.. Salamat blogging buat semua blogger!

 

4 KOMENTAR

  1. Saya takjub melihat blog mas irfan. Sangat profesional. Bahkan sampai submenunya juga menarik. Benar-benar ada perkembangan signifikan dalam 5 tahun. Saya ngeblog dari 2009 tapi ya gitu-gitu aja haha

    Selamat mas untuk usia 2 tahun blog ini. Semoga tetap konsisten update sampe bertahun-tahun kemudian hehe

    • Terima kasih mas. Saya coba untuk tetap konsisten ngeblog dan berinovasi. semoga ke depannya kita semua bisa lebih baik lagi

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.