“Alhamdulillah, Akhirnya Diterima Google Adsense”, merupakan kalimat yang saya ucapkan dalam hati ketika muncul iklan di irfan.id. Kini blog saya sudah menuju ke level yang lebih tinggi dengan memiliki iklan dari Google Adsense.

Tepat tanggal 27 Juli 2017 jam 00:03 saya kedatangan email dari Google Adsense yang menyatakan blog saya telah disetujui sepenuhnya untuk dapat menayangkan iklan dari Google Adsense.Pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa bagi saya sendiri karena setelah berkali-kali ditolak akhirnya blog saya diterima juga. Setidaknya saya sudah ditolak 7 kali saat mendaftar, memang sih tenggang waktu penolakannya sangat dekat, karena setelah ditolak dan membenahi blog saya langsung ajukan permintaan lagi dan ditolak lagi, seperti yang terlihat gambar dibawah ini.

Blog ini sebernya baru saya buat sekitar 1 tahun lebih tepatnya bulan juni awal artikel pertama saya tulis, dengan artikel yang masih pas-pasan dan tidak mengerti S&K Google Adsense, saya PD langsung ajukan GA pada bulan 10 tahun 2016. Alhasil, penolakan tak terhindarkan, plus saat itu sebenarnya saya memakai blog dengan subdomain yang jelas-jelas tidak mungkin di setujui google.

Namun, seiring jalannya waktu dan blog saya sudah berusia setahun lebih, akhirnya saya menguatkan niat kembali mendaftarkan Google Adsense dengan perubahan format blog yang drastis.

Saya mulai dari mengubah domain dari blog.irfan.id menjadi irfan.id, sehingga kendala awal syarat mutrak harus main domain terpenuhi. Lalu saya juga melengkapi blog dengan halaman baru, seperti Terms and Conditions, Privacy Policy, dan Contact. Karena sesuai ketentuan halaman-halaman tersebut harus ada di navigasi menu. Selain itu saya juga lebih menyederhanakan URL lebih pendek dengan menghapus /%category%/ hingga menjadi /%postname%/ saja. Tak lupa juga saya menyematkan sertifikat SSL HTTPS pada domain sebagai upaya mengikuti peraturan baru dari Google yang lebih suka dengan domain ber-SSL.

Bermodalkan dari berubahan drastis diatas, akhirnya blog saya diterima oleh Google Adsense.. Eemmm jadi tambah semangat buat nulis artikel.

 

 

6 KOMENTAR

  1. Wah selamat ya Mas Irfan. Saya justru baru ditolak beberapa minggu lalu. Tapi kalau saya lihat blognya Mas Irfan memang sudah oke. Artikelnya pun bagus-bagus. Mungkin boleh nanti dishare tipsnya di blog. Salam kenal.

    • Terima kasih Mbak.. Salam kenal juga
      Saya sudah lihat blognya mbak nisa. kalau bisa satu artikel dimuat dalam 1 kategori saja, jgn sampai satu artikel double kategori. coba tambahkan halaman “Terms and Conditions” dan “Privacy Policy”, lalu submit kembali ke GA. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu