PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Reksa DanaNyobain Nabung Reksadana Bareng Pasangan Pakai Fitur Bibit Bareng

Nyobain Nabung Reksadana Bareng Pasangan Pakai Fitur Bibit Bareng

Fitur ini bisa memudahkan kamu untuk bisa nabung reksa dana bareng keluarga, saudara, atau teman kamu untuk mencapai tujuan investasi bersama.

Bisa tinggal di rumah sendiri setelah menikah adalah hal yang paling diimpikan oleh pasangan yang ingin segera menikah, termasuk saya. Untuk mewujudkan impian tersebut, kamu bisa mulai investasi bareng pasangan kamu dari sekarang dengan Fitur Bibit Bareng.

Kalau ditelusuri lebih dalam, ternyata tinggal di rumah sendiri dan tinggal bareng orang tua atau mertua ada sisi plus minusnya.

Setidaknya, saya menemukan perbandingan antara keduanya yang bisa kamu lihat seperti di bawah ini.

Tinggal di rumah sendiri VS rumah orang tua atau mertua (1)

Kalau dilihat plus minusnya, saya pilih tinggal sendiri. Walaupun sebenarnya nanti bakalan ngontrak dulu.

Tentu kita dalam berumah tangga gak mau tinggal di kontrakan terus dan harus punya rumah yang dibuat atau dibeli sendiri bersama pasangan kita.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana sih cara mewujudkan impian untuk beli rumah bersama pasangan?

Jawabannya adalah dengan investasi reksa dana bareng di Bibit dengan Fitur Bibit Bareng.

Apa itu Bibit? bagaimana cara kerja dan keunggulan dari Fitur Bibit Bareng?

Yuk lanjut baca!

Cari tau tentang Bibit dan Fitur Bibit Bareng yang bikin nabung lebih mudah

Buat yang baru pertama kali dengar kata-kata Bibit, yaitu sebuah aplikasi marketplace reksa dana di Indonesia.

Saya sudah pakai aplikasi Bibit sejak 2019 silam dan telah banyak membantu saya dalam mencapai tujuan dengan instrumen investasi reksa dana.

Kamu bisa baca review aplikasi Bibit saya di sini.

Ada banyak keunggulan Bibit dengan berbagai fitur yang sangat berguna, khususnya untuk kamu investor reksa dana pemula.

Nah, pada bulan Agustus 2021 ini, Bibit kembali merilis fitur terbarunya, yaitu Fitur Bibit Bareng.

Fitur ini bisa memudahkan kamu untuk bisa nabung reksa dana bareng keluarga, saudara, atau teman kamu untuk mencapai tujuan investasi bersama. Termasuk juga dengan pasangan kamu yang mungkin mau nikah nih.

Siapin biaya nikah, rencana liburan honeymoon hingga beli rumah bisa kamu lakukan bersama pasangan kamu dengan mudah.

Apa kegunaan dari Fitur Bibit Bareng?

  • Kamu bisa undang dan kelola investasi kamu bersama keluarga, teman atau saudara kamu.
  • Bisa tetapkan target investasi bareng. Pantau bareng. Capai tujuan bareng.
  • Setiap reksa dana tetap menjadi milik masing-masing. Setiap anggota memiliki akses bersama dan Bibit Bareng bisa dibubarkan setiap saat.
  • Masing-masing bisa nabung secara  rutin dengan Gopay Autopay atau Bank Jago Autodebit.
  • Apabila tujuan investasi sudah tercapai dan portofolio Bibit Bareng dibubarkan, maka nilai investasi akan dibagi secara proporsional sesuai kontribusi masing-masing anggota.

Canggih banget kan keunggulan dari fitur ini.

Uniknya, kegiatan portfolio dari partner kamu juga bisa dilihat.

Kamu juga gak perlu khawatir untuk masalah hasil investasi bareng bakal dibagi bagaimana. Karena masing-masing anggota tetap memiliki kontrol penuh atas penjualan dan dana hasil penjualan reksa dana… Aman pokoknya!

Bagaimana unik kan fitur Bibit bareng?

Cara menggunakan fitur Bibit bareng untuk beli rumah bareng pasangan

Tentu kamu gak sabar kan untuk cari tau dan coba sendiri bagaimana cara menggunakan fitur ini bareng pasangan atau keluarga dan teman kamu?

Cara memakai fitur ini mudah banget, kamu bisa lihat contoh yang saya lakukan di bawah ini.

Pertama, tentukan tujuan investasi.

Saya kasih contoh dari diri sendiri ya.

Seperti yang sudah saya bahas di awal artikel, setiap pasangan yang baru menikah tentu punya tujuan untuk punya rumah sendiri. Jadi, gak tinggal bareng ortu atau ngontrak lagi.

Saya dan pasangan saat ini ingin komitmen untuk bisa beli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, kami sudah coba buat hitungan untuk modal yang diperlukan.

Di domisili saya, harga rumah bisa di kisaran 240 juta dengan target pencapaian selama 2 tahun.

Kalau kamu mau sekalian coba juga, bisa pilih kategori lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Mari kita aplikasikan ke Bibit.

Kedua, buat tujuan investasi baru.

Yang asik dari Bibit ini, kamu gak perlu lagi ribet pilih reksa dana yang mau di pilihin. Karena sudah ada Robo Advisor yang bantuin kamu pilih produk terbaik sesuai dengan profil risiko kamu tentunya.

Ketiga, ajak pasangan/keluarga/teman untuk ikutan bareng nabung reksa dana di Bibit.

Kamu bisa invite langsung dari kontak smartphone.

Keempat, mulai investasi bareng.

Kalau akun sudah terhubung, sekarang saya sudah bisa untuk mulai nabung bareng pasangan saya.

Komitmennya kami bagi berdua, jadi saya setor Rp4.450.000 sehingga totalnya nabung Rp8.900.000 sesuai dengan anjuran Bibit.

Kamu bisa lihat proses pembeliannya di sini.

Sebagai catatan, kamu gak harus langsung deposit bulat-bulat seperti yang sudah dianjurkan oleh Bibit.

Bisa cicil aja sampai 1 bulan penuh sesuai dengan anjuran Bibit, jadi gak memberatkan.

Kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini yang merupakan screenshot portfolio saya.

Nyobain Nabung Reksadana Bareng Pasangan Pakai Fitur Bibit Bareng 14

Meskipun beda akunnya. Nanti bakalan kelihatan total semua investasi di portfolio dan juga total keseluruhan dari nabung bareng pasangan saya.

Jika klik halaman “Kontribusi Member”, maka akan memperlihatkan berapa kontribusi setiap member untuk nabung bareng.

Nyobain Nabung Reksadana Bareng Pasangan Pakai Fitur Bibit Bareng 15

Jika sekiranya partner kamu kurang kontribusinya, kamu bisa juga ingatkan dia untuk segera melakukan pembelian di portfolio kamu.

Cara mengakhiri tabungan bersama dan tarik dana

Mau batalkan nabung bareng di tengah jalan? Bisa dong!

Kamu gak bakalan terikat dengan member lain yang tergabung dalam fitur Bibit Bareng. Kamu bebas bisa keluar kapan aja dari program yang sudah kamu buat bersama teman atau keluarga kamu.

Caranya dengan:

  1. Buka portfolio bersama pada aplikasi Bibit
  2. Ketuk icon titik 3 (…) yang terdapat pada pojok kanan atas aplikasi.
  3. Pilih “Batalkan Bibit Bareng”
  4. Masukkan “Alasan Keluar”, lalu ketuk “Submit”
  5. Overview kembali aksi yang kamu lakukan.
  6. Kalau oke, pilih “Ya, keluar”

Dengan begitu, kamu sudah berhasil keluar dari Fitur Bibit Bareng.

Untuk menjual reksa dana dari Bibit Bareng, bisa kamu lakukan seperti menjual reksa dana di Bibit pada umumnya.

Bagaimana, mudah banget kan wujudkan impianmu bersama pasangan atau keluarga bersama Bibit?

Kamu sekarang gak harus lagi untuk gabung uang dulu baru di setor ke bank untuk komitmen bareng, karena sekarang ada fitur Bibit bareng yang bisa bikin kamu lebih mudah untuk menggapai tujuan dan goal bersama orang terdekat.

Doain ya biar saya bisa wujudkan beli rumah impian bersama pasangan dalam waktu 2 tahun ke depan… Aaminnn

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan terkait fitur Bibit Bareng atau mau sharing pengalaman kamu menggunakan fitur yang kece ini. jangan ragu untuk tinggalkan komentar di bawah ini ya!

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend