Wujudkan 1001 Impian Dengan Cara Cerdas Kelola Keuangan Bersama BNI “Pengelolaan Finansial Pribadi”

Kini mengelola keuangan lebih mudah dengan BNI Internet Banking yang dilengkapi dengan fitur "Pengelolaan Financial Pribadi"

2
124

Mengelola keuangan pribadi merupakan hal yang wajib dipelajari dan dilakukan oleh setiap individu, baik muda ataupun yang sudah berkeluarga. Ini bertujuan untuk mengwujudkan kestabilan keuangan dalam keadaan apapun. Mengelola keuangan pribadi berdampak baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, karena salah satu keuntungan memiliki pengelolaan keuangan yang baik adalah adanya alokasi dana untuk berbagai kebutuhan pribadi maupun keluarga jadi terpenuhi dan terarah.

Untuk mewujudkan hidup yang seimbang dan bahagia, kita tidak boleh hanya menghabiskan uang untuk kebutuhan primer saja, namun kebutuhan sekunder seperti liburan, beli kendaraan, serta belanja adalah salah satu cara membuat hidup lebih bahagia. Karena bagaimanapun, obat untuk meredakan stres adalah berlibur atau menyalurkan hobi.

Agar keseimbangan hidup tersebut terpenuhi, maka diperlukan sebuah skill untuk mampun mengelola keuangan pribadi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengelola keuangan pribadi secara baik, sehingga kebutuan primer dan kebutuhan sekunder dapat terpenuhi secara bersamaan.

Pengelolaan keuangan pribadi, sudah saya pakai sejak jaman kuliah dulu hingga sekarang. Walaunpun masih banyak yang kurang dalam pengelolan keuangan yang saya lakukan, saya terus melakukan pembenahan diri agar keuangan saya stabil dan aman meskipun sedang dalam masa krisis yang saya alami.

Dasar-dasar pengelolaan keuangan yang sudah saya lakukan adalah membuat tabungan berbeda, yaitu Tabungan BNI Taplus untuk transaksi keuangan sehari-hati dan Tabungan BNI Syariah IB Hasanah untuk keperluan darurat. Selain itu saya juga punya beberapa akun efek untuk transaksi saham dibursa IDX dengan BNI Sekuritas dan beberapa akun efek untuk membeli Reksa Dana.

Yang muda melek Cerdas Kelola Keuangan

Pengelolaan dana pribadi mungkin hanya dilakukan oleh mereka yang sudah berumah tangga dan usia lanjut guna untuk mengatur alokasi dana secara tepat pada saat gaji sudah turun. Bila Anda berpikir seperti itu, salah besar. Siapa bilang pengelolaan dana pribadi itu hanya dilakukan oleh orang yang berumah tangga dan lanjut usia? Justru disaat masih muda lah, Anda harus belajar bagaimana cara mengelola keuangan.

Kenapa harus diusia muda?

Usia muda adalah mereka yang ada dalam masa keemasan yaitu umur 20an, termasuk saya yang kebetulan masih berusia 23 tahun. Diusia tersebut, Anda yang masih 20an tidak perlu bersusah payah memikirkan hal-hal yang belum kamu lalui seperti memikirkan kredit rumah, kredit mobil, belum lagi memikirkan kebutuhan anak dan istri serta iuran-iuran lainnya.

Disaat muda dan usia produktif 20an, Anda hanya perlu berpikir bagaimana mencari uang dengan baik dan mengalokasikannya secara bijak. Bila sudah dapat meng-handle kebutuhan pribadi, maka tidaklah begitu sulit untuk menata keuangan bila sudah berkeluarga nanti karena bekal ilmu pengelolaan keuangan sudah rutin dilakukan.

Oleh karena itu, salah satu alasan saya membuat blog ini adalah untuk menyadarkan kepada gerenasi muda akan pentinganya mengatur keuangan pribadi dengan cara menabung hingga berinvestasi. Ini bertujuan agar keuangan generasi mudah tumbuh kuat dan tidak goyah bisa krisis kembali menimpa Indonesia.

5 tips kiat sukses agar dapat mengelola keuangan pribadi hingga dapat mewujudkan impian Anda

Pengelolaan keuangan pribadi tidak akan terwujud bila kita sendiri tidak disiplin dalam mengelola keuangan. Anda mungkin tertarik untuk mengetahui bagaimana cara agar pengelolaan keuangan dapat terwujudkan. Berikut ini adalah 5 tips kita sukses agar dapat mengelola keuangan pribadi yang saya rangkum dari beberapa sumber:

1. Berhenti membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu dibutuhkan

Menahan diri tidak membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu dibutuhkan mungkin terbilang sulit, apalagi untuk anak muda. Terlalu mengikuti gaya hidup modern dapat membuat keuangan jebol, mungkin itulah yang pernah saya rasakan dulu saat masih kuliah diperkotaan.

Godaan untuk lebih konsumtif selalu mengintai

Setidaknya saya bisa menghabiskan jutaan rupiah dalam sehari untuk mengikuti gaya hidup bersama teman-teman saya, mulai dari belanja pakaian, nonton hingga nongkrong di cafe-cafe mahal.

Ketika saya sadar bahwa hal tersebut melukai keuangan pribadi, saya langsung menahan diri untuk tidak lagi royal dalam pergaulan dan fokus mengalokasikan uang pada tujuan yang tapat.

Jadi, buat Anda yang masih royal dengan gaya hidup, coba untuk dikurangi sedikit dan berpikir jerni mengalokasikan dana ke berbagai hal positif yang bermanfaat untuk masa yang akan datang.

2. Mulailah sedini mungkin untuk mengelolaan keuangan pribadi

Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Berapapun usia Anda saat ini, untuk menjadi diri yang lebih baik dalam mengelola keuangan pribadi dapat dimulai detik ini juga. Mulailah dari poin pertama diatas, yaitu mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan dan hanya bernilai untuk sesaat saja.

Belajar cara mengelola keuangan. banyak artikel dan buku yang mengajarkan manajemen keuangan

Membaca artikel tentang pengelolaan finansial pribadi juga bisa menjadi cara bagi Anda untuk menambah pengetahuan. Tidak sedikit portal berita yang menyediakan tips dan trik cara mengelola keuangan pribadi dengan baik dan benar.

3. Alokasikan hasil gaji atau pendapatan lainnya dengan bijak

Gaji adalah sumber dana segar yang dimiliki setiap mereka yang bekerja. Setiap awal bulan atau akhir bulan, gaji akan turun berikut dengan bonus-bonusnya. Saat tanggal gajian tiba, janganlah sekali-kali menggunakannya uang tersebut tanpa arah dan tujuan yang jelas.

Bagi penghasilan untuk keperluan sehari-hari dan sebagian untuk investasi

Buatlah list pengeluargan wajib terlebih dahulu, seperti biaya listrik rumah/kosan perbulan, biaya asuransi kesehatan/kendaraan, biaya belanja bahan pokok dan biaya primer lainnya. Barulah jika memang ada sisa, usahakan untuk dialokasikan sebagai investasi, baik berupa emas, reksadana ataupun saham.

Walaupun saat ini saya belum memiliki gaji pokok, saya selalu menyisihkan uang dari menang lomba blog untuk di simpan ke tabungan darurat dan diinvestasikan.

4. Berinvestasilah

Investasi adalah hal wajib yang Anda lakukan. Ketidakpastian masa depan dapat diminimalisir dengan memiliki investasi di berbagai instrumen agar harta kekayaan Anda bisa aman. Yaa… walaunpun investasi sebernarnya tidak selalu bebuah manis, namun bila ditempatkan pada instrumen yang tepat, hasil investasi tersebut akan terasa di masa depan.

Investasi dapat dinikmati kapan saja

Investasi sendiri bentuknya banyak sekali, bisa seperti properti, reksa dana, saham, deposito, asuransi kesehatan dan lainnya. Jadi mulalah dari instrumen investasi yang paling cocok dengan keuangan Anda saat ini.

5. Buat daftar impian Anda dengan BNI Internet Banking fitur “Pengelolaan Financial Pribadi” (Saya juga buat… loh)

Bila semua poin diatas dapat Anda penuhi, maka kini saatnya untuk membuat daftar impian yang ingin Anda wujudkan dalam waktu dekat. Mulai membuat catatan impian dengan menentukan jumlah dana yang dibutuhkan hingga menentukan dari dan sampai kapan program menabung sampai impian Anda tersebut terlaksana.

Karena bagaimanapun Anda berhak mendapatkan reward untuk menggunakan uang yang sudah ada alokasi untuk masa depan, sehingga dapat disisih juga untuk memanjakan diri dengan mewujudkan impian.

Ngomongin impian.. saat ini ada 2 keinginan yang ingin saya wujudkan dalam 2 tahun kedepan, yaitu liburan keluar negeri dan punya smartphone bagus.

Oleh karena itu, saya telah membuat 1 dari 2 list tersebut yaitu smartphone. Setidaknya sudah setahun lebih saya tidak menggunakan smartphone, alasanya karena rusak dan di sisi lain saya sedang fokus pada tugas akhir kuliah, sehingga sangat sedikit bercengkrama dengan smartphone.

BNI Internet Banking dengan fitur “Pengelolaan Finansial Personal”

Untuk mewujudkan impian tersebut, saya mempercayakan sepenuhnya dengan BNI Internet Banking yang sudah dilengkapi dengan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi.

Wujudkan 1001 impian dengan BNI Internet Banking fitur “Pengelolaan Finansial Pribadi”

Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM) adalah sebuah fitur yang hanya ada di BNI bertujuan untuk mengelola keuangan pribadi Anda sehingga menjadi solusi yang tepat untuk mencapai tujuan finansial untuk berbagai kebutuhan. Pengelolaan Finansial Pribadi membantu Anda untuk mencapai impian yang seperti membeli mobil baru, rumah baru dan berbagai kebutuhan lainnya. Termasuk saya, yang juga memakai fitur BNI Internet Banking ini.

Situs BNI Internet Banking aman digunakan karena dilengkapi berbagai fitur keamanan.

Dengan Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM), Anda tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan catatan dan kalkulator untuk menentukan impian Anda dimasa datang. Cukup masukkan impian Anda, fitur Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM) akan membuat impian tersebut terwujud.

Bila masih baru dengan Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM)?, maka saya akan mengajak Anda bagaimana fitur ini dapat membantu saya dalam mencapai impian memiliki smartphone baru.

Karena tutorial ini khusus nasabah BNI, Anda yang belum memiliki tabungan BNI harap terleibh dahulu membuatnya di cabang terdekat. Jangan lupa untuk mendaftarkan tabungan Anda ke BNI Internet Banking.

Untuk memulai, buka tautan https://ibank.bni.co.id.

Bila sudah masuk, Anda akan melihat halaman Login BNI Internet Banking. Masukkan User ID, Password dan No. verifikasi untuk masuk ke Beranda.

Setelah masuk BERANDA, lihat pada menu sisi kanan. Lalu, klim menu “PENGELOLAAN FINANSIAL PRIBADI”

Lihat pada sidebar, klik “Pengaturan Tujuan” untuk memulai menikmati fitur Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM).

Bila Anda baru dengan fitur Pengelolaan Finansial Pribadi (PFM), maka tidak terdapat list tujuan keuangan. Untuk menambahkan tujuan keuangan, klik “Tambah Tujuan Keuangan“.Ada banyak pilihan tujuan keuangan, pilih yang cocok dengan Anda. Targer keuangan yang saya patok untuk mewujudkan impian mempunyai smartphone baru adalah Rp. 10,000,000, saya rasa itu cukup untuk memberi sebuah smartphone high-end impian. Untuk dapat menyelesaikan transaksi pengelolaan finansial pribadi, BNI mengharuskan Anda untuk memulai transfer sebesar Rp.500,000 untuk setiap tujuan keuangan yang dibuat.

Bila sudah memasukkan preferensi rekening dan nominal untuk setoran awal. Penting diingat untuk setoran awal tidak boleh dibawah Rp.500,000, pastikan sumber dana di rekening mencukupi.Setelah menekan proses, selanjutnya adalah massukan KODE rahasia pada kolom response, ini merupakan tahap akhir untuk menyelesaikan proses “Pengelolaan Fianansial Pribadi” yang saya lakukan untuk mewujudkan impian smartphone baru.

Token BNI e-Secure

Setelah tahap akhir tadi diproses, kini proses transkasi untuk membuat wishlist impian telah terwujud. Disertakan juga dengan no rekening virtual untuk mengirimkan dana agar target pembelian smartphone yang sudah saya rencanakan dapat terwujud.

Setelah semua proses proses diatas selesai. Saya melihat kembali pada halaman Pengaturan Tujan keuangan sudah ter isi 5% dari pencapaian tujuan keuangan saya.

Bila Anda juga melakukan hal yang sama dengan saya membuat tujuan keungan yang jelas dengan fitur “Pengelolaan Finansial Pribadi”, maka Anda juga dapat dengan mudah menentukan frekuensi memasukkan dana mulai dari sekali transfer hingga bulanan dengan klik “Pendanaan Tujuan” (lihat gambar dibawah)

Menariknya, setelah saya melihat kehalaman saldo rekening, saya menemukan rekening virtual yang telah saya buat untuk mewujudkan impian saya membeli smartphone baru. Sehingga saya tidak perlu takut dana saya lari kemana-mana.

Dengan begini, saya dapat merealisasikan impian untuk mempunyai smartphone baru pada awal tahun depan.

Alasan kenapa Anda harus coba fitur “Pengelolaan Finansial Pribadi” di BNI Internet Banking

Dengan menggunakan fitur “Pengelolaan Finansial Pribadi” Anda kini tidak perlu lagi repot-repot untuk menulis keinginan untuk masa depan dengan note atau menghitung dengan kalkulator hingga menyimpan uang dalam celengan. Karena “Pengelolaan Finansial Pribadi” dapat membantu anda mewujudkan impian Anda tersebut.

Cukup membuat wishlist pada fitur “Pengelolaan Finansial Pribadi”, maka semua estimasi keunagan Anda akan dihitung dan di auto-debit dengan fitur ini.

Jadi, tunggu apa lagi.. segera buka tabungan BNI di cabang terdekat Anda dan aktifkan  BNI Internet Banking serta gunakan fitur “Pengelolaan Finnasial Pribadi” untuk mempermudah Anda dalam mewujudkan 1001 impian.

Sekilah tentang BNI

Berdiri sejak 71 tahun silam, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau biasa disebut BNI merupakan bank pertama yang didirikan setelah kemerdekaan Indonesia. Jadi, tidak heran kalau di logo BNi terdapat tulisan dalam kotak berwana orange nomor 46, yaitu tahun kelahiran BNI 1946.

Kantor BNI Cabang Banda Aceh

BNI telah melayani masyarakat lebih dari setengah abad hingga saat ini dengan berbagai macam produk yang mempermudah transaksi perbankan kita dan aktivitas lainnya yang menyangkut masalah keuangan, baik personal maupun unit usaha (PT).

Untuk melihat lebih banyak profil BNI seperti sejarah, visi misi dan penghargaan yang sudah dicapai, kamu dalam melihat infografis dibawah ini.

Infografis profil BNI oleh irfan.id/gallery

Sebagai informasi, BNI merupakan salah satu saham kelompok LQ45 yang merupakan saham favorit para investor.

Sejak menjadi perusahaan terbuka, saham BNI terus naik secara konsisten hingga saat ini (klik “Max” pada chart untuk melihat history harga saham BNI). Oleh karena itu, dengan kinerja perusahaan yang bagus membuat BNI merupakan salah satu saham favorit saya saat trading.

Nahhh… sampai disini dulu artikel tentang Cara Cerdas Kelola Keuangan Bersama BNI Internet Banking, semoga dapat memberikan pecerahan kepada Anda yang ingin mewujudkan impian.

Referensi:

Situs BNI

Cermati

 

2 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu