PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Reksa Dana 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

[Advertorial] 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Siapa tau mau baca

Apa Itu “Yuk Nabung Saham”? Bagimana Cara Memulainya?

Pernah dengar kalimat "Yuk Nabung Saham"? Yaitu sebuah program yang dilaksanakan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah investor di...

Mengenal Kartu AKSes KSEI, KTPnya Para Investor Saham (UPDATE: 20/6/19)

Sudah punya kartu AKSes KSEI? kalau belum punya berarti anda belum termasuk sebagai investor saham di Indonesia. Jika anda sudah punya kartu...

Ingin Menghindari Pajak Tapi Tetap Berpenghasilan Tinggi? Ini Caranya!

Pajak, sebuah kata yang mungkin mengerikan bagi beberapa orang. Ntah itu karena mereka tidak mengerti pajak, ntah itu mereka takut karena bayarnya mahal, ntah...

[Advertorial] 5 Tips Melakukan Investasi Reksa Dana Yang Baik Dan Benar

Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi favorit yang banyak dipilih oleh masyarakat. Reksa dana adalah sebuah insturmen investasi yang merupakan wadah untuk menampung dana masyarakat untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi lainnya, seperti saham, obligasi dan pasar uang.

Reksa dana merupakan jenis investasi yang aman karena sudah dijamin dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

- Iklan -

Perlu Anda ketahui, bahwa investasi merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menggunakan uang Anda secara bijak. Bagi Anda yang sudah memiliki penghasilan sendiri, ada baiknya Anda segera memilih jenis investasi terbaik untuk dilakukan.

Berinvestasi menjadi cara terbaik untuk mempersiapkan masa depan Anda. Dengan berinvestasi Anda bisa menabung dengan cara yang lebih aman dan efisien.

Bagi Anda yang baru akan mulai investasi reksa dana, mungkin masih merasa bingung cara berinvestasi yang baik dan benar. Oleh karena itu, saya akan membahas beberapa tips untuk melakukan investasi dalam bentuk reksa dana, terutama bagi Anda yang masih pemula di dunia investasi.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi, Anda harus mengetahui dulu bahwa investasi reksa dana dan investasi saham itu berbeda. Karena sering kali masyarakat salah kaprah tentang kedua investasi ini. Berikut ini adalah perbeda kedua investas tersebut.

investasi reksa dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang memiliki resiko dibawah saham dan diatas obligasi. Sebelum Anda mencoba investasi saham, investasi reksa dana bisa dijadikan alternatif yang baik dan tepat.

Tips Investasi Reksa Dana

Ketika akan mulai berinvestasi reksa dana, Anda harus berhati-hati memilih jenis reksa dana apa yang dingingkan. Jika memang sudah mantap melakukan investasi dalam bentuk reksa dana maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berinvestasi memang bisa memberikan keuntungan namun pada kondisi tertentu juga bisa membuat Anda justru menanggung kerugian.

Berikut adalah beberapa tips melakukan investasi reksa dana yang tepat untuk para pemula :

1. Pelajari Detail Reksa Dana

Sebelum Anda memulai berinvestasi, maka sebaiknya Anda memahami jenis investasi yang akan Anda ambil. Perlu diketahui bahwa investasi saham terbagi atas 4 jenis, yaitu Reksa dana saham, Reksa dana pendapatan tetap, Reksa dana pasar uang dan Reksa dana campuran.

BACA JUGA: Mengenal 4 Jenis Reksa Dana, Mana Yang Paling Cocok Dengan Anda?

Jika Anda sudah mantap mengambil reksa dana, maka Anda harus tahu apa itu reksa dana, seperti apa cara kerjanya, dan hal-hal lainnya seputar reksa dana. Carilah informasi dari internet atau langsung bertanya kepada orang yang berpengalaman seputar reksa dana.

2. Tentukan Tujuan Melakukan Investasi

Apa tujuan Anda melakukan investasi? Setiap orang harus tahu apa tujuannya berinvestasi. Tujuan ini akan berpengaruh pada langkah berikutnya yang Anda ambil ketika melakukan investasi. Jika Anda tahu apa tujuannya, Anda bisa menentukan jumlah uang untuk diinvestasikan dan bijak mengatur investasi yang Anda lakukan.

Pada umumnya investasi reksa dana cocok untuk jangka menengah dan jangka panjang.

3. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Tentukan berapa lama Anda akan melakukan investasi. Jangka waktu investasi bisa berupa jangka panjang dan jangka pendek. Coba sesuaikan dengan tujuan Anda berinvestasi dan pilihlah mana yang paling pas untuk Anda lakukan, apakah investasi jangka panjang atau jangka pendek. Sesuaikan juga pilihan jangka waktu ini dengan kemampuan Anda pribadi.

4. Cari Simulasi Investasi

Jangan hanya sebatas mencari tahu teori dari program reksa dana yang akan Anda ambil tanpa melihat bagaimana praktik nyatanya. Sebelum mantap mengambil reksa dana, ada baiknya Anda mencari tahu bagaimana simulasi reksa dana. Dengan melihat simulasinya, Anda bisa memperkirakan lebih jauh bagaimana keuntungan dan kerugian investasi tersebut.

5. Bandingkan Kelebihan dan Kerugiannya

Ketika akan berinvestasi, tentu Anda harus mengambil pilihan jenis investasi yang paling menguntungkan bagi Anda. Setelah mengetahui simulasi reksa dana, sebaiknya Anda membandingkan kelebihan dan kerugian investasi ini dengan jenis investasi lainnya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui seperti apa peluang untung rugi yang bisa Anda dapatkan.

BACA JUGA: Cara Membaca Laporan Reksa Dana “Fund Fact Sheet”

Itulah tadi beberapa tips melakukan investasi dalam bentuk reksa dana bagi pemula. Anda bisa mengambil investasi reksa dana lewat toko online Bukalapak. Seperti apa mekanismenya?

Langsung saja unduh dan buka aplikasi Bukalapak untuk mengetahui lebih jauh tentang cara investasi reksa dana dan jika Anda sudah merasa yakin, langsung saja ambil investasi ini.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

Apa itu Saham? Ini Cara Investasi dan Dapat Untung dari Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang populer dikalangan investor, karena memberikan return yang tinggi. Sebut saja seperti Lo Kheng Hong, yang dijuluki Warren...

Hadapi Pandemi Virus Corona, 6 Kiat Ini Bisa Selamatkan Keuangan Kamu

Dampak virus corona bukan saja mengerikan dari sisi kesehatan, tapi juga berdampak parah pada kondisi ekonomi. Jika ingin selamat dari krisis ekonomi...

Pengalaman Deposito Bank Mandiri via Aplikasi Mandiri Online (UPDATE: 18/5/2020)

Deposito Bank Mandiri merupakan salah satu produk deposito yang banyak dicari orang, karena berstatus bank kompeten dan memberikan bunga yang menarik.

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta Di Bank Permata via PermataMobile X (UPDATE: 14/5/20)

Deposito atau deposito syariah merupakan jenis investasi yang cocok untuk investor bertipe konservatif, karena resikonya yang rendah dan memberikan bunga/bagi hasil yang...

3 KOMENTAR

  1. Kayaknya, anak-anak milenial macam saya dimudahkan dengan teknologi dan kemajuan jaman. Reksadana informasinya sudah luas, itu petama. Kedua, membuka akunnya gampang sekali, tinggal klik ini dan itu, bahkan gak punya NPWP juga gak papa. Ketiga, minimum pembeliannya bisa rendah. Enak ya berarti dengan adanya kemajuan teknologi.

    Eh, Bang Irfan, mau tanya. Betul gak sih kalau Manajer Investasi di reksadana itu juga ambil untung dari trading saham harian? Ini khusus untuk reksadana saham.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu