PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Reksa DanaFitur Performa Portofolio Bisa Pantau Perkembangan Investasi Reksadanamu di Aplikasi Bibit

Fitur Performa Portofolio Bisa Pantau Perkembangan Investasi Reksadanamu di Aplikasi Bibit

Punya aset investasi dengan kinerja positif tentu diinginkan oleh semua investor. Untuk memantau perkembangan investasimu, aplikasi Bibit kini sudah dilengkapi dengan fitur baru, yaitu Fitur Performa Portofolio.

Untuk investor pemula, pasti bertanya-tanya.

Bagaimana cara mengetahui kinerja investasi yang kita lakukan selama ini?

Kalau mau sedikit kerja keras, sebenarnya kinerja investasi bisa dilihat di halaman portofolio. Apa pun instrumennya, baik saham atau reksa dana ada halaman portofolio reksadana yang memperlihatkan kinerja investasi kita.

Hanya saja, biasa kinerja yang diperlihatkan hanya berupa angka plus minus dalam bentuk persentase dan rupiah.

Mungkin sebagian kita ada yang kurang puas dengan visual seperti itu.

Untungnya, di Bibit sekarang sudah ada fitur performa portofolio yang memudahkan kita melihat performa investasi jadi kamu bisa dengan mudah memantau perkembangan uang yang kamu investasikan di aplikasi Bibit

Kenalan dengan Fitur performa portofolio Bibit

Performa Portofolio adalah laporan investasi yang Bibit hadirkan untuk kamu yang ingin melihat kinerja Manajer Investasi mengelola dana kamu secara keseluruhan.

Performa investasi yang dimaksud bukan hanya sekedar melihat nilai presentase plus minus saja.

Kamu juga bisa melihat performa investasi secara keseluruhan, baik bulanan, tahunan hingga sepanjang kamu berinvestasi di Bibit. 

Semua performa itu bisa kamu lihat dalam bentuk visual berupa grafik.

3 Cara membaca fitur performa portofolio Bibit

Dalam fitur performa portofolio, kamu bakalan menemukan 3 bagian utama, yaitu:

1. Grafik kinerja reksa dana. Dari grafik ini, kamu bisa tau bagaimana kinerja reksa dana sepanjang berinvestasi di aplikasi Bibit.

Fitur Performa Portofolio Bisa Pantau Perkembangan Investasi Reksadanamu di Aplikasi Bibit 1

Grafik bisa di kostum sesuai kebutuhan dan keinginan kamu. Bisa di sort harian, bulanan, YTD, per tahun hingga sepanjang berinvestasi.

2. Ringkasan portofolio. Masih di halaman yang sama, kamu bisa temukan ringkasan investasi yang di dalamnya terdapat total riwayat transaksi kamu.

Fitur Performa Portofolio Bisa Pantau Perkembangan Investasi Reksadanamu di Aplikasi Bibit 2

Dari kotak merah di atas, kamu bisa temukan total pembelian, total penjualan, modal investasi, hingga keuntungan yang sudah di dapat sepanjang berinvestasi di Bibit.

3. Alokasi portofolio. Pada tab halaman alokasi, kamu bisa melihat pada reksadana jenis apa uang kamu ditempatkan. Termasuk besaran alokasinya.

Fitur Performa Portofolio Bisa Pantau Perkembangan Investasi Reksadanamu di Aplikasi Bibit 3

Keuntungan juga bisa dilihat dalam bentuk rupiah per jenis reksa dana yang teralokasi.

Untuk yang beli reksa dana USD.

Semua reksa dana USD akan dikonversikan menjadi rupiah berdasarkan kurs saat pembelian (untuk harga beli) dan kurs saat penjualan (untuk harga jual) dengan menggunakan acuan kurs pada Bank BCA.

Sehingga akan ada kemungkinan selisih apabila waktu pencairan dana dari bank penampung terlambat atau menggunakan acuan kurs selain dari Bank BCA.

Tapi perlu diingat ya.

Fitur performa portofolio reksadana ini akan muncul kalau kamu sudah investasi minimal 4x pembelian reksa dana atau sudah berinvestasi selama 1 bulan di aplikasi Bibit.

Jadi, pastikan kamu sudah mulai investasi reksa dana bersama Bibit.

Jika belum, kamu bisa daftar dulu akunnya dan beli reksa dana sekarang dengan mengikuti tutorial yang sudah saya buat di artikel Cara Mendaftar, Beli dan jual Reksa Dana Online di Bibit.

Oh ya, kamu juga punya kesempatan untuk dapatkan CASHBACK Bibit sebesar Rp25.000 dalam bentuk reksa dana, jika investasi mulai dari Rp100.000 loh.

Cara dapatnya juga gampang banget.

Kamu download dulu aplikasi Bibit untuk smartphone kamu

Kalau udah, mulai daftar dan masukkan KODE REFERRAL: irfan

Fitur Performa Portofolio Bisa Pantau Perkembangan Investasi Reksadanamu di Aplikasi Bibit 4

Selanjutnya kamu bisa isi semua data yang diminta. Gak perlu ragu untuk kasih data, karena Bibit terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga kamu memberi data yang pihak yang tepat dan terlindungi.

Gimana, mantap kan fitur performa portofolio di aplikasi Bibit?

Dengan begini kamu bisa lebih mudah  memantau perkembangan investasimu dan gak perlu lagi buat manual grafik atau table excel untuk hitung keuntungan performa reksa dana kamu.

Karena, kalau pakai Bibit sudah ada fitur yang memudahkan kamu untuk melihat performa portofolio investasi.

Buat yang pengen join Bibit tapi masih mau cari tau banyak tentang Bibit, bisa baca semua artikel saya di sini ya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan terkait fitur performa portofolio di aplikasi Bibit atau mau sharing pengalaman menggunakan fitur tersebut. Jangan ragu untuk tulis komentar di bawah ini ya!

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar kamu!
Silakan masukkan nama kamu di sini

Send this to a friend