Digital Marketing: Optimasi SEO Dan Dapatkan Banyak Pengunjung

Digital Marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online. Baik di dunia asli ataupun dunia maya, marketing sangatlah dibutuhkan untuk memikat pelanggan atau penggunjung mengunjungi dan melihat-lihat produk yang kita tawarkan, baik dalam bentuk produk fisik ataupun servis.

Bila membicarakan digital marketing kita tidak hanya bicara soal kualitas konten, namun juga berbicara “bagaimana cara konten yang ditulis dapat menguasai Google?” dengan kata lain kita harus menulis konten dimana dengan berbagai kata kunci konten tersebut dapat diakses.

Dalam dunia digital marketing bisa dikatakan saya tidak buruk-buruk sekali dalam memahaminya, karena pada dasarnya saya juga seorang yang kuliah jurusan bisnis yang juga pernah mempelajari digital marketing dan juga plus sekorang blogger gado-gado yang menulis suka-suka.

Sejak kembali aktif ngeblog pada tahun lalu, banyak cara yang saya lakukan agar blog berserta isi didalamnya eksis di dunia maya, khususnya pada mesin pencari Google.

Berikut ini adalah beberapa screeenshot yang saya ambil dari Google sebagai catatan keeksisan blog saya pada halaman pertama google dengan kata kunci yang bisa dikatakan mainstream. Contohnya saja seperti kata kunci “cara membuka akun saham” “review terbang dengan garuda indonesia” “apa itu google tag manager” “review album twice” dan beberapa kata kunci mainstream lainnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bahkan bila kamu melihat gambar diatas, salah satu artikel blog ini juga pernah menjadi cuplikan artikel yang direkomendasikan Google untuk dibaca. Gambar diatas hanya beberapa artikel dengan kata kunci mainstream saja yang saya beri contoh.

Membuat konten dan blog menjadi no 1 di google menurut saya tidaklah begitu sulit walaupun tidak mudah, hanya saja butuh ketelitian dan kemampuan dalam menulis konten yang baik dan disukai banyak orang.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas strategi apa-apa saja yang saya pakai sehingga artikel pada blog disukai oleh Google dan ditempatkan pada halaman pertama. Saya akan membagikannya menjadi 2 elemen.

  1. Optimasi SEO blog/situs (from inside)
  2. Optimasi SEO mesin pencari (from offside)

Sebelum saya membahas lebih detail 3 jurus saya diatas, saya ingin memberi gambaran terlebih dahalu apa itu SEO dan bagaimana cara menghadapi digital marketing yang semakin pesat.

Bagaimana cara menang dalam kompetisi digital marketing?

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Kenapa blog saya tidak banyak pengunjungnya?” atau “Kenapa blog saya tidak muncul di halaman pertama Google?” Yaa… pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas di pikiran para blogger, termasuk saya. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan menambah ilmu tentang digital marketing, kini pertanyaan tersebut tidak lagi muncul.

Menurut yang saya baca, digital marketing atau pemasaran digital (dalam bahasa) adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Dalam digital marketing sendiri terdapat beberapa teknik, yaitu: Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), content marketing, influencer marketing, content automation, campaign marketing, data-driven marketing dan e-commerce marketing, social media marketing, social media optimization, e-mail direct marketing, display advertising dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan internet.

Karena saya seorang blogger, teknik digital marketing yang saya gunakan untuk meningkatkan jumlah penggunjung dan posisi di halaman Google adalah Search Engine Optimization (SEO).

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Buka-bukaan saja, sejak saya menggunakan teknik SEO pada akhir tahun 2016, penggunjung saya mulai meningkat. Semulanya penggunjung harian saya hanya puluhan, kini setelah menerapkan SEO penggunjung blog sudah menyentuh ratusan.

Seperti yang dapat kamu lihat dibawah ini, penggunjung blog 1 bulan setengah ditahun 2017 sudah melewati penggunjung ditahun 2016.

Berkat digital marketing yang saya terapkan, penggunjung blog menjadi bertambah dan posisi artikel pada Google menjadi halaman pertama.

Oleh karena itu, untuk memenangkan kompetisi digital marketing menurut saya sangat diperlukan teknin SEO. Mau tidak mau, bila seorang blogger ingin kontennya dirilik Google haruslah menerapkan teknis SEO.

SEO merupakan satu-satunya teknik digital marketing yang saya terapkan. Blogwalking, guest posting ataupun tukaran link belum pernah saya terapkan. Mungkin kedepannya teknik yang lain akan saya terapkan.

Kembali ke bahasan awal, saya akan berbagi tips bagaimana memaksimalkan teknik SEO agar konten jadi nomor 1 di Google. Tips ini tidak hanya berguna untuk para blogger, namun situs komersial juga dapat menerapkan agar produk dan servisnya terkenal secara online.

TIPS 1: Optimasi SEO blog/situs (from inside)

Maksud optimasi SEO from inside adalah dimana kita dapat mengoptimalkan segala sumber daya yang ada dalam blog kita untuk mendongkrak SEO. Optimasi SEO pada blog/situs adalah awal sebelum konten diterbitkan, jadi harus teliti. Kamu akan saya ajak, sebaiknya apa-apa saja yang harus diperbaharui pada blog/situs agar teknik SEO manjadi sempurna.

Kenapa pakai WordPress?

Disini paltform yang saya pakai adalah WordPress, yang tak lain adalah platform terbanyak di pakai di dunia ini. Alasan saya memakai wordpress adalah karena tampilan platformnya bagus, open source, temanya banyak yang bagus (premium) dan pluginnya banyak. Dibanding dengan blogger, wordpress lebih mudah digunakan. Jadi, saya merekomendasikan kamu untuk menggunakan wordpress.

Pilih themes mendukung SEO

Pilihan tema yang banyak dan bagus menjadi daya tarik tersendiri bagi WordPress, sehingga tidak heran banyak tema-tema yang dijual secara premium di marketplace. Namun yang harus diingit adalah pilih tema wordpress tidak boleh asal bagus saja, perhatikan spesifikasi tema.

Seperti gambar dibawah adalah spesifikasi dari tema blog saya. Selain memastikan kalau tema tersebut di bangun dengan dukugan SEO, pastikan juga tema juga memiliki tampilan yang responsif, dengan kata lain tema dapat dimuat diberbagai gadget yang memiliki resolusi layar yang berbeda-beda.

Apalagi buat kamu yang gemar memberikan review terhadap suatu produk. Sangat menguntungkan bila tema dilengkapi dengan rich snippet, sehingga tidak perlu lagi pergi ke google webmaster untuk pengaturan.

Sebernya tidak hanya tema premium saya yang memiliki fitur-fitur yang bagus, namun tema yang gratisan juga ada yang memberikan fitur SEO yang bagus.

SEO Plugin

Yang pelung diperhatikan selanjutkan adalan automatic SEO. Automatic SEO ini sangat membantu kamu untuk menentukan kata kunci sehingga akan muncul di halaman pertama Google.

Blog saya memiliki fitur yang mendukung plugin SEO pihak ketiga meskipun sebenarnya tema ini sudah dilengkapi juga dengan optimasi SEO khusus. Saya lebih memilih plugin SEO pihak ketiga untuk urusan optimasi SEO karena lebih akurat dan mudah digunakan seperti gambar dibawah ini.

Kalau sudah dilengkapi dengan plugin SEO, tidak ada lagi yang perlu kamu takutkan soal persaingan peringkat di halaman Google.

Semakin panjang tulisan, semakin bagus

Nihh… buat kamu yang malas-malasan nulis artikel, buang jauh-jauh rasa malas untuk menulis artikel panjang. Menurut yang saya pelajari, Google mencintain artikel yang panjang-panjang. Yaa… setidaknya kamu menulis lebih dari 1500 kata lebih, semakin panjang artikelnya semakin bagus dan akan muncul di halaman pertama Google.

Jadi jangan heran kenapa artikel kamu tidak muncul di halaman pertama Google, bisa jadi karena faktor panjang artikel yang terlalu pendek.

Tombol Sharing

Walaupun terdengar sepele sebenarnya tombol share ini sangat bermanfaat bila di sematkan dalam halaman blog. Dengan begini para pembaca dapat membagikan artikel yang telah dia baca, dengan kata lain dia juga telah membantu dalam menyebarkan link konten dan dapat diakses oleh orang lain. Oleh karena itu, yang awalnya tombol share saya ada di bawah kini mudah ditemukan disamping layar dan menempel dengan sempurna.

Tombol share dapat meningkatkan kepedulian untuk berbagi ke sesama.

TIPS 2: Optimasi SEO mesin pencari (from offside)

Artikel di halaman pertama google, siapa sih yang tidak mau? Saya rasa semua blogger memiliki tujuan agar tulisannya berada dihalaman pertama google. Selain sebagai kebanggaan tersendiri, artikel pada halaman pertama google dapat mendongrak penggunjung sehingga dapat meningkatkan reputasi domain di peringkat alexa rank.

Pada Optimasi SEO from offside dimaksudkan untuk mengoprimasi SEO yang dilakukan oleh mesin pencari yang diluar kendali kita. Optimasi SEO from inside tadi akan melengkapi SEO dari mesin pencari.

Disini saya akan sharing tahap-tahap apa saya yang harus dilakukan agar blog kamu mendapat tempat terbaik di halaman google.

Daftar produk Google

Seperti yang kita ketahui bersama, Google memiliki banyak produk yang dapat meningkatkan reputasi sebuah situs/blog dilayanannya, mulai dari Google Webmaster, Google Analytic, Google Adwords, Google Tag Manager.

Mendaftar di produk Google hukumnya wajib. Yaa.. Sebut saja seperti daftar Google Webmaster. Bila blog kamu ingin masuk dalam index Google, maka sudah seharusnya mendaftar. Sebernarnya tidak hanya Google, mesin pencari Bing juga memiliki webmaster yang wajib kamu daftar agar blog terindex dengan baik.

Selain itu, daftar juga Google Analytic untuk memantau unique visitor, ini berguna untuk menganalisi pengunjung seperti apa saja yang pernah singgah ke blog kamu.

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa mendaftar di Google Tag Manager untuk mengait pengunjung lebih banyak dengan fitur-fitur filternya.

Kalau saya pribadi memakai semua produk tersebut. Terutama Google Adwords yang sangat bermanfaat untuk menganalisa tren kata kunci tertentu.

Gunakan SSL untuk domain (HTTPS)

Mungkin terdengar sepele bagi sebagain orang, namun memasang sertifikas SSL pada domain membuat reputasi blog lebih baik dimata google. Hal ini sudah saya terapkan pada seluruh domain dan sub-domain saya.

Sertifikat SSL sendiri sebenarnya adalah fitur berbayar, namun seiring dengan pentingnya pengamanan tinggi pada situs agar data pengguna tidak dicuri, maka sudah ada sertifikat SSL gratis yang disediakan oleh Let’s Encrypt.

Sertifikat SSL gratisan sudah dapat dinikmati di beberapa layanan hosting di Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada teknisi tempat kamu membeli domain apakah mereka dapat membantu menginstall sertifikat SSL pada domain kamu.

Seperti grafik dibawah ini yang memperlihatkan kebanyakan situs yang menggunakan HTTPS lebih banyak berada di halaman tertinggi Google.

Karena menurut yang saya baca, Google lebih senang dengan domain yang dilengkapi dengan sertifikat SSL. Google sendiri telah memberi keterangan dalam tulisan blog tentang pentinggnya kemananan situs menggunakana HTTPS


Utamakan kecepatan blog

Mungkin ini problematika bagi mereka yang senang main grafis diblognya. Usahakan untuk tetap membuat blog tetap ringan saat di muat dengan memperhatikan besaran file gambar yang dimuat, jangan sampai nanti satu halaman blog bisa memakan puluhan MB data.

Namun perlu diketahui juga, masalah kecepatan blog bukan hanya gara-gara gambar yang dimuat saja, tapi juga bisa pada script yang dipakai. Kamu bisa mengecek blog pada GTmetrix untuk mengetahui apakah blog kamu sudah cepat atau belum.

Seperti yang telihat pada gambar dibawah bahwa semakin cepat waktu muat blog, maka semakin bagus juga posisinya di halaman Google.

Nahh.. Itu di tips-tips digital marketing yang biasa saya pakai sampai secara ini. Dengan menerapkan semua pengalaman saya diatas, kemungkinan blog/situ kamu di halaman pertama Google dapa tercapai.

Walaupun kelihatan sulit, namun bila dipelajari baik-baik akan sangat mudah di terapkan di blog. Dari pada membuat artikel yang alas-asalan dan tidak menghasilkan apapun, lebih baik menulis dengan sepenuh hati dan memperhatikan keinginan pembaca.

Mungkin cara-cara diatas akan membuat kamu sedikti binggung bila baru pertama kali mendengar cara-cara tersebut. Namun percayalah, bila kamu ingin serius untuk mengembangkan digital marketing blog/situs kamu, cara-cara diatas sangat manjur untuk diterapkan karena saya sendiri juga sudah merasakan manfaat dari teknik SEO tersebut.

Sebenarnya dalam membuat konten digital marketing kini sudah tidak perlu ambil pusing lagi, karena sudah ada penyedia layanan pembuat konten hingga spesial sosial media yang siap membantu kamu.

Tentu ini akan sangat mudah bagi kamu yang ingin memaksimalkan potensi digital marketing itu sendiri. Jadi waktu tidak banyak terbuang untuk berpikir solusi dalam pembuatan konten, karena sudah ada master yang siap membantu kamu dalam membuat konten digital marketing.

Sebut saja seperti Abah Digital Marketing Agency, yang merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan digital marketing terbaik di Jakarta.

Solusi Memecahkan Masalah Digital Marketing

Menaklukkan hati Google dan pengguna internet kini sudah

Referensi:

Backlinko

Wikipedia

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
199PengikutMengikuti

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja