Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Investasi Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19)

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19)

Kelebihan dari Tokopedia Emas adalah Anda bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah sekalipun, minimum Rp500(Lima ratus rupiah)

Pilihan Editor

#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling dekat dan paling dikenal oleh masyarakat luas. Bagaimana tidak, bank merupakan lembaga dimana kita dapat menyimpan...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Mulai Halal Lifestyle Dari Sekarang

Pemeritah Indonesia kini tengah berusaha keras untuk meningkatkan pertubuhan ekonomi syariah di Indonesia.Oleh karena itu, pemerintah melalui instansi terkait terus berupaya mendorong pertubuhan ini...

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19)

Kelebihan dari Tokopedia Emas adalah Anda bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah sekalipun, minimum Rp500(Lima ratus rupiah)

Tepat 27 Maret 2018, Tokopedia meluncurkan produk terbarunya, yaitu Tokopedia Emas. Produk emas ini memberikan kemudahan Toppers (pengguna Tokopedia) untuk membeli dan menabung emas digital dalam jumlah (gram) kecil.

Jika umumnya masyarakat harus membeli emas batangan dengan jumlah terkecil 0,5 atau 1 gram (di Tabungan Emas Pegadaian mulai Rp 5000), lewat Tokopedia Emas mereka bisa membeli mulai dari 500 rupiah. Wowww… kecil banget kan minimal beli emasnya?

tokopedia emas cover
- Iklan -

Saya pribadi baru tahu Tokopedia memiliki produk emas karena tiba-tiba muncul pop up layanan beli emas. Karena lumayan jarang juga belanja di Tokopedia.

Investasi emas adalah hal yang baru bagi saya, karena biasa cuma kenal saham dan reksa dana saja. Tapi, saya sudah memberanikan diri untuk berinvestasi di emas via tabungan emas Pegadaian, tapi tidak berjalan mulus karena kurangnya minat investasi di emas dan malasnya tubuh ini bergerak ke kantor Pengadaian.

BACA JUGA: Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Sampai akhirnya saya akhirnya di pertemukan kembali oleh investasi emas melalui Tokopedia Emas. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ini membahas cara membeli emas di Tokopedia Emas dan kelebihannya.

Kenapa saya beli emas di Tokopedia Emas?

Seperti yang sudah saya katakan tadi, sebenarnya saya sudah malas investasi emas karena ribet harus bolak-balik saat beli atau jual emas, sampai akhrinya jumpa Tokopedia Emas yang membuat saya kembali bersemangat.

Adapun alasan utama saya berinvestasi emas kembali adalah karena beli/jual emas bisa hanya lewat genggaman lewat smartphone. Dengan begini saya tidak perlu keluar rumah hanya untuk transaksi emas. Selain itu, alasan lainnya adalan tidak dikenakan biaya apapun saat membeli, menjual ataupun biaya bulanan.

Dengan 2 alasan tersebut, saya rasa sudah cukup untuk kembali menguatkan niat untuk berinvestasi emas.

Tokopedai Emas hanya dapat diakses melalui aplikasi mobile saja, jadi pastikan Anda punya smarphone.

Cara membeli emas di Tokopedia Emas

Tanpa bertel-tele lagi, saya akan coba menjabarkan mudahnya membeli emali melalui Tokopedia Emas.

Pertama, Pastikan Anda telah menginstall aplikasi Tokopedia di perangkat, baik Android atau iOS. Selanjutnya buka pencarian dan ketik “emas”, maka nanti akan keluar opsi INVESTASI EMAS seperti dibawah ini.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 1

Klik “Beli Sekarang” untuk mulai membeli emas.

Kedua, Anda akan disuguhkan dengan tampilan awal Tokopedia Emas yang berisikan harga jual dan harga beli terbaru. Lalu, dibawahnya juga ada fitur untuk mengimput nominal emas yang ingin di beli.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 2

Ketiga, untuk membeli emas, masukkan nilai yang inginkan, bisa dalam jumlah Rupian atau jumlah Gram emas. Dalam hal ini, saya memberi contoh untuk pembelian emas sebesar Rp 100.000, Klik “Beli Emas” untuk melanjutkan.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 3

Keempat, lakukan pembayaran. Anda dapat memilih berbagai metode pembayaran emas sama halnya seperti membeli barang pada umumnya di Tokopedia. Dalam hal ini, saya memilih metode pembayaran Mandiri Clickpay.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 4

Kelima, akhirnya, emas pun terbeli. Setelah melakukan pembayaran, maka notifikasi pembelian berhasil akan terlihat seperti ini.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 5

Nahh…. dengan begini saya sudah berhasil membeli emas di Tokopedia Emas sebesar Rp 100.000, lumayan untuk awal baru investasi emas. Tampilan awal tadi yang Rp 0, kini menjadi Rp 95.266.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 6

Untuk memperbaharui informasi update nilai emas jual dan beli, Anda bila klik menu “Lihat Grafik Harga Beli & Jual Tokopedia Emas” diantara fitur portofolio dan beli/jual emas. Grafiknya akan terlihat seperti ini.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 7

Beres deh investasi emas di Tokopedia. Dengan ini saya mencoba untuk terus menambah emas yang saya miliki di Tokopedia secara berkala.

Tokopedia Emas

Berikut adalah tanya-jawab seputar Tokopedia Emas yang saya ambil langsung dari blognya Tokopedia.

Syarat dan Ketentuan Tokopedia Emas

Syarat dan Ketentuan Pembelian

  • Jumlah pembelian emas minimum adalah senilai Rp500(Lima ratus rupiah).
  • Harga beli emas mengikuti harga resmi emas dunia dengan nilai yang dapat berubah sewaktu-waktu, disertai dengan notifikasi dari Tokopedia.
  • Investasi emas tercatat di Tokopedia tanpa batasan waktu dan bebas biaya penyimpanan.
  • Tokopedia berhak membatalkan transaksi yang mencurigakan dan melanggar syarat & ketentuan yang berlaku.

Syarat dan Ketentuan Penjualan

  • Penjualan hanya bisa dilakukan jika memiliki saldo atau investasi emas di Tokopedia Emas.
  • Harga emas mengikuti harga resmi emas dunia dengan nilai yang dapat berubah sewaktu-waktu, disertai dengan notifikasi dari Tokopedia.
  • Tokopedia berhak membatalkan transaksi yang mencurigakan dan melanggar syarat & ketentuan yang belaku.

FAQ Seputar Tokopedia Emas

1. Apa itu Tokopedia Emas?Jawab: Tokopedia Emas adalah cara baru investasi emas yang mudah dan terjangkau. Tak berbeda dengan sistem investasi emas konvensional, Anda bisa membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan. Untuk saat ini, emas yang Anda investasikan masih berbentuk digital. Tokopedia sedang dalam proses mengupayakan agar investasi emas Anda bisa berubah bentuk menjadi emas fisik. Kelebihan dari Tokopedia Emas adalah Anda bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah sekalipun, minimum Rp500(Lima ratus rupiah). 2. Apa keuntungan investasi di Tokopedia Emas? Jawab:

  1. Aman Tak perlu khawatir tentang keamanan investasi emas Anda. Tokopedia Emas bekerja sama dengan PT Aurum Karya Indonesia memastikan investasi emas Anda tercatat dan tersimpan dengan baik.
  2. Harga jualnya terus naik Emas adalah unit investasi yang sangat menguntungkan karena harga pasarnya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Melakukan investasi emas di Tokopedia Emas, Anda juga bisa menghemat biaya produksi dan pengrajin.
  3. Mudah diakses Anda bisa memantau investasi emas Anda kapan pun dan di mana pun. Tokopedia Emas dapat diakses 24/7 nonstop. Selain itu, proses transaksi emas di sini pun mudah dan transparan.

3. Siapa saja yang bisa melakukan investasi emas di sini?

Jawab: Seluruh pengguna Tokopedia bisa melakukan investasi emas melalui Tokopedia Emas.

4. Bagaimana cara membeli emas di Tokopedia Emas?

Jawab:

  1. Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui situs resmi Tokopedia.
  2. Tentukan berapa rupiah yang ingin Anda belanjakan atau berapa gram emas yang ingin Anda beli.
  3. Pilih metode pembayaran yang paling mudah dan sesuai kebutuhan.
  4. Setelah pembayaran Anda terverifikasi, emas akan langsung masuk ke tabungan Tokopedia Emas Anda.

5. Bagaimana cara menjual emas di Tokopedia Emas?

Jawab: Sebelum melakukan transaksi penjualan, pastikan Anda memiliki tabungan emas di Tokopedia Emas, lalu ikuti langkah mudah berikut ini:

  1. Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui situs resmi Tokopedia.
  2. Tentukan berapa jumlah emas dalam rupiah atau gram yang ingin Anda jual.
  3. Setelah menyelesaikan proses penjualan, Anda dapat menentukan kemana dana penjualan akan diterima. Anda dapat memilih Saldo Tokopedia atau TokoCash untuk menerima dana hasil penjualan.

6. Bagaimana jika terjadi perubahan harga di tengah proses transaksi?

Jawab: Jika terjadi perubahan harga di tengah proses transaksi, kami akan mengirimkan notifikasi secara langsung. Notifikasi ini berisi informasi tentang perubahan harga dan konfirmasi apakah Anda ingin melanjutkan transaksi dengan harga baru atau membatalkannya.

Tokopedia Emas kini kembali lagi (Update 17/1/19)

Buat pengguna Toped (Tokopedia) tentu sangat terkejut dengan dihentikannya layanan pembelian emas di Toped pada tahun lalu.

Pemberhentian layanan pembelian emas digital tersebut diakibatkan oleh pembekuan izin oleh OJK terhadap penyedia emas
PT Aurum Karya Indonesia melalui aplikasinya e-mas, karena dianggap investasi bodong.

Kabar baiknya, ketika pembekuan izin tersebut, penggunak Toped tetap bisa menjual emas yang mereka miliki, namun tidak untuk membeli.

BACA JUGA: Pengalaman Beli Emas Batangan Di Tokopedia, Dapat CASHBACK Rp 500,000

Setelah melalu proses yang panjang, sepertinya izin milik PT Aurum Karya Indonesia tak kunjung usai, sehingga Toped akhirnya berpaling ke lain hati.

Ya, Toped ternyata telah menghentikan kerja sama mereka dengan PT Aurum Karya Indonesia untuk jual/beli emas dan beralih ke PT Pegadaian (Persero).

Pihak e-mas juga sudah memberikan pernyataan selamat tinggal pada Tokopedia dalam sebuah artikel yang dipublish pada 14 Januari 2019 dengan catatan baik.

Tercatat, dari Januari 2018 hingga Januari 2019, ada 327.330 pengguna yang telah membeli emas di Tokopedia Emas. Selama periode itu pula, Tokopedia Emas menjual total 62, 5 kg emas.

Kerja Sama Berakhir, Tokopedia Emas dan Aplikasi e-mas Catat Penjualan Memuaskan

Saya tidak tau persis kapan kerja sama Tokopedia dan Pegadaian terwujud, tapi yang pasti mulai kemarin (14 Januari 2019) banner notifikasi bahwa pembelian emas bisa dilakukan di Toped kembali tampil.

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500* (Update 17/1/19) 8

Menariknya, dengan ada kerja sama baru ini, penjualan dan pembelian emas di Toped kini berbeda, karena ada tingkatan membership.

Gold ClubGold PrimeGold Prestige
Miliki tabungan emas hingga 1 gramMiliki tabungan emas hingga 10 gramBebas menabung emas tanpa batas
Jual & beli hingga 10 gram per bulan Jual & beli hingga 10 gram per bulan Jual & beli tanpa batas bulanan
Bebas berlangganan emasBebas berlangganan emas
*Tanpa syarat dan dokumen apa pun *Isi data identitas diri *Registrasi di kantor Pegadaian

Gak perlu pusing dengan skema membership diatas. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika hanya iseng-iseng beli emas sampai 1 gram, cukup Gold Club saja, tapi kalau ingin lebih mungkin lebih baik langsung ke Gold Prestige saja, karena tanggung kalau ambil Gold Prime.

Lalu, bagaimana dengan keamanan dan izinnya? apakah hal sebelumnya bisa terjadi lagi?

Menurut saya tidak. Karena Pegadaian merupakan perusahaan milik negara dan sudah memiliki izin untuk melakukan jual beli emas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga bukan investasi bodong.

Tapi ngomongin tabungan emas di Toped, sebenarnya pegadaian juga punya produk tabunan emas sendiri loh?

Jadi, pilih Tabungan Emas oleh Tokopedia atau Tabungan Emas oleh Pegadaian?

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

100% Siap Jalankan Qanun Lembaga Keuangan Syariah Untuk Ekonomi Aceh Lebih Baik

Pada 31 Desember 2018 silam, pemerintah Aceh resmi menerapkan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS), sebagai trobosan...

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Beberapa bulan terakhir hati saya sedang berbunga-bunga..Bukan karena penghasilan Google Adsense meningkat atau cuan investasi, tapi sebuah...

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.Berikut...

Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan pinjaman dana tunai tidak mengherankan jika banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tawaran...

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi....

38 KOMENTAR

  1. Malam, Kak. Saya mulai tertarik utk mencoba menabung emas di tokped. Sebelumnya saya belum pernah inves2 dlm bentuk apapun secara online. Sehingga msh bingung dg sistem dan alur nabung emas toped ini. Di FAQ tertulis “Tokopedia sedang dalam proses mengupayakan agar investasi emas Anda bisa berubah bentuk menjadi emas fisik”, apakah berarti emas yg kita tabung nantinya bs kita tarik secara fisik? Terima kasih.

    • Ceritanya sekarang Toped kerjasama dengan Pegadaian dalam hal Toped Emas ini. Dalam kerja sama ini menghasilkan 3 kelas investasi emas di Toped, jadi kelas yang paling tinggi itukan namanya “Gold Prestige”, harus daftar dulu tabungan emasnya di Pegadaian sebelum terhubung ke paltform Toped.

      Saya sendiri tidak tahu maksud bisa tarik emas dalam bentuk fisik yang di FAQ itu,… Tapi kalau dilihat dari kerja sama ini, hal tersebut bisa diupayakan untuk mengambil dalam bentuk emas, mungkin hanya berlaku untuk tingkat membership Gold Prestige.

      Soalnya Gold Prestige ini kan daftarnya di Pegadaian, kalau pun nabungnya via Toped, bisa tarik di kantor Pegadaian emas fisiknnya, mungkin. Soalnya kalau tingkat membership lainnya seperti Gold Club dan Gold Prime juga terbatas.

      Saran saya, jika memang serius mau nabung emas di Tokopedia, pilih saja tingkat membership tertinggi yaitu Gold Prestige, jadi daftarnya di Pegadaian nanti. Siapa tau untuk tarik emas batang itu hanya berlaku untuk tingkat tertinggi saja dan ambilnya di kantor Pegadaian.

      Untuk informasi lebih lengkap bisa tanya langsung ke pihak Toped. Soalnya saya kurang tau juga, tapi feeling saya sih mekanisme masuk akalnya seperti itu, karena Toped gak mungkin kirim ekspedisi emas, paling ambilnya di kantor-kantor cabang Pegadaian. Tks

      • Oh begitu. Kira2 nanti tempat daftar dan pengambilan emasnya harus di kantor pegadaian yg sama atau di seluruh cabang ya? Mohon maaf bawel dan terima kasih atas penjelasannya sebelumnya.🙏

        • Iya tidak apa-apa. Blog ini dibuat memang tujuannya untuk diskusi.

          Yang perlu diketahui saya bukan orang dalam Pegadaian atau Toped, jadi saya tidak tahu persis mekanisme kerja sama tabungan emas di Toped tersebut.

          Tapi kalau dilihat dari kasat mata, seharusnya semua cabang terkoneksi. Saya punya tabungan emas pegadaian juga dan berlaku sama seperti kita simpan uang dibank, cabang mana saja bisa digunakan untuk transaksi asal punya buku tabungannya.

          Untuk dapat jawaban yang tepat dari pertanyaan Anda, sebaiknya langsung bertanya pada pihak Pegadaian atau Toped. Tapi saran saya tanya langsung ke kantor pusat domisili Anda, jangan dicabang, soalnya mereka kurang tau juga soal tabungan emas Toped ini. Tks

    • Mohon maaf untuk hal ini saya kurang tahu juga. Saya pernah tanya ke pihak cabang Pegadaian, tapi mereka juga tidak tahu. Coba bertanya langsung ke kantor Pegadaian atau Toped untuk jawaban pastinya. Tks

    • Setahu saya, tidak bisa dicetak fisik. karena di FAQ juga tidak dijelaskan mengenai hal ini. Untuk jawaban pastinya silakan bertanya langsung ke pihak Toped. Tks

    • Maksud tingkat kemanan apa yang dimaksud? Kalau keamanan data jelas saya tidak tahu. Kalau Tokopedia pindah negara diragukan, karena legalnya di Indonesia. Tapi, kalau keamanan Tokopedia Emas bisa dilihat dari mana produknya berasal. Tokopedia emas adalah kerja sama dengan Pegadaian. Pegadaian adalah perusahaan persero milik negara. Tks

  2. Kalau irfan lebih pilih beli emas di tabungan emas tokopedia atau tabungan emas pegadaian atau beli emas fisik seperti antam dan ubs ?

    • Kala saya pribadi lebih pilih Emas Toped… karena secara emas yang jual Toped juga punya pegadaian.

      Saya tidak pernah berpikir untuk beli emas fisik, disamping resiko kehilangan, untuk jual dan belinya juga harus ke tempat tertentu. Jika emas Toped, bisa dijual kapanpun dan saldonya bisa di pindah ke OVO untuk transaksi di Toped juga. Tks

  3. selama ini saya masih ragu mo invest emas di toped. takut hp hilang atau hp kita rusak, maka emas yg di tabung di toped nggak bisa kita ambil alias hilang juga. tks

    • Benar, itu memang sebuah kekhawatiran. Tapi perlu diketahui kalau Login Akun Toped bisa menggunakan opsi verivikasi melalui No hp terlebih dahulu. Jadi fitur ini diaktifkan, Anda membutuhkan kode khusus yang dikirimkan dalam bentuk SMS berbentuk kode. Saya rasa ini pengamanan yang cukup baik.

      Terlepas HP hilang, saya rasa Anda bisa langsung login ke Toped dan mengubah password. Saya lupa apakah untuk menjual saldo emas membutuhkan PIN khusus atau tidak. Informasi validnya bisa tanyakan langsung ke pihak Toped. Tks

    • Dari FAQ Toped Emas, tidak menyinggung emas bisa diambil fisik. Tapi kalau nabung emas di Toped, nantinya uang yang kita setor akan din jadikan emas fisik melalui Pegadaian. Karena Toped ini kerja sama dengan Pegadaian dalam hal tabungan emas ini. Tks

    • Saya sudah cairkan emas dulu di Toped, tapi lupa caranya.. tapi saya nemu di FAQ:

      Bagaimana cara menjual emas di Tokopedia Emas?

      Jawab: Sebelum melakukan transaksi penjualan, pastikan Anda memiliki tabungan investasi emas di Tokopedia Emas, lalu ikuti langkah berikut ini:
      1. Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui Situs Tokopedia (dari aplikasi Anda, masuk ke pilihan “Keuangan” dan pilih “Emas”, atau dari website http://www.tokopedia.com/emas/).
      2. Tentukan berapa jumlah harga emas dalam rupiah atau harga emas per gram yang ingin Anda jual.
      3. Setelah menyelesaikan proses penjualan, hasil penjualan dapat Anda akan masuk ke dalam Saldo Tokopedia Anda yang kemudian dapat ditarik ke bank.

    • Saat ini perusahaan emas yang di gandeng Toped lagi urus izin (di cap investasi bodong), jadi gak bisa beli emas, tapi tetap bisa jual emas kalau masih pegang… artinya Toped masih menjamin penggunanya. Tks

      Kalau mau lebih aman, bisa pakai Tabungan emas dari pengadaian saja… punya pemerintah kan kecil kemungkinan bangkrut.

  4. kl buka dr situs webnya kok ga bisa ke halaman pembayaran. cm bisa sampe input nominal abis itu pas pencet beli ga muncul apa2. lagi error ya?

    • Saya sudah baca faq Tokopedia emas, tidak ada keterangan yang mengatakan emas dapat diklaim.

      Perlu diketahui bahwa Tokopedia hanya penjual saja, beda dengan tabungan emas pegadaian yg bisa klaim emas, karena pegadaian jg berhubungan langsung dengan emas. Tks

  5. saya ingin menukarkan poin sy di toped dgn pembelian emas senilai 50.000, tapi masih ragu karena tidak paham , apakah dg menukarkan poin tsb sy otomatis py tabungan emas di tokopedia? bagaimana caranya. sy sudah membuka tabungan emas di pegadaian, apakah bisa di gabung, atau nanti saya akan punya 2 tabungan emas, di tokopedia dan pegadaian?

    • Bila poin ditukar dengan emas, sudah pasti nanti akan menjadi emas tokopedia. Emas yang ada di tokopedia di sediakan oleh e-mas.

      e-mas ini milik PT Aurum Karya Indonesia, sedangkan Tabungan Emas adalah milik PT. Pegadaian. jadi, keduanya sangat berbeda. Tks

  6. Ini yang saya cari dari dulu, tabungan emas “online” dari tempat yang terjamin.
    Dulu hanya ada Pegadaian Tabungan Emas, tapi tidak bisa transfer, hanya bisa nabung langsung ke kantornya.
    Dan saya malas beli emas batangan, karena saya tidak butuh fisiknya, dan untuk jual juga malas mencari toko emasnya.

    Sebagai freelancer, saya kerja di malam hari, siang tidur, jadi tidak ada waktu untuk pergi ke toko emas atau bank, transaksi online sangat membantu.

    Tokopedia emas ini sangat membantu, termudah daripada yang lain, bisa beli cuma 50rb… wkwkwk

    • Saat membeli emas.. harga saldonya berubah langsung ke “Harga Jual Saat Ini”, itu memang sudah ketentuan dalam pembelian emas, dimanapun itu. Ini sama halnya dengan beli saham, kalau beli di harga Rp500, maka harga jualnya Rp.450, kira-kira seperti itu.

      Untuk mengetahui tentang perbanding harga beli dan jual emas, kamu bisa baca lebih banyak artikel emas di google. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu