Untuk Investasi Investasi Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500*

Cara Membeli Emas Melalui Tokopedia Emas, Mulai Dari Rp 500*

Baca Juga

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Kelebihan dari Tokopedia Emas adalah Anda bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah sekalipun, minimum Rp500(Lima ratus rupiah)

Tepat 27 Maret 2018, Tokopedia meluncurkan produk terbarunya, yaitu Tokopedia Emas. Produk emas ini memberikan kemudahan Toppers (pengguna Tokopedia) untuk membeli dan menabung emas digital dalam jumlah (gram) kecil.

Jika umumnya masyarakat harus membeli emas batangan dengan jumlah terkecil 0,5 atau 1 gram (di Tabungan Emas Pegadaian mulai Rp 5000), lewat Tokopedia Emas mereka bisa membeli mulai dari 500 rupiah. Wowww… kecil banget kan minimal beli emasnya?

tokopedia emas coverSaya pribadi baru tahu Tokopedia memiliki produk emas karena tiba-tiba muncul pop up layanan beli emas. Karena lumayan jarang juga belanja di Tokopedia.

Investasi emas adalah hal yang baru bagi saya, karena biasa cuma kenal saham dan reksa dana saja. Tapi, saya sudah memberanikan diri untuk berinvestasi di emas via tabungan emas Pegadaian, tapi tidak berjalan mulus karena kurangnya minat investasi di emas dan malasnya tubuh ini bergerak ke kantor Pengadaian.

Sampai akhirnya saya akhirnya di pertemukan kembali oleh investasi emas melalui Tokopedia Emas. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya ini membahas cara membeli emas di Tokopedia Emas dan kelebihannya.

Kenapa saya beli emas di Tokopedia Emas?

Seperti yang sudah saya katakan tadi, sebenarnya saya sudah malas investasi emas karena ribet harus bolak-balik saat beli atau jual emas, sampai akhrinya jumpa Tokopedia Emas yang membuat saya kembali bersemangat.

Adapun alasan utama saya berinvestasi emas kembali adalah karena beli/jual emas bisa hanya lewat genggaman lewat smartphone. Dengan begini saya tidak perlu keluar rumah hanya untuk transaksi emas. Selain itu, alasan lainnya adalan tidak dikenakan biaya apapun saat membeli, menjual ataupun biaya bulanan.

Dengan 2 alasan tersebut, saya rasa sudah cukup untuk kembali menguatkan niat untuk berinvestasi emas.

Tokopedai Emas hanya dapat diakses melalui aplikasi mobile saja, jadi pastikan Anda punya smarphone.

Cara membeli emas di Tokopedia Emas

Tanpa bertel-tele lagi, saya akan coba menjabarkan mudahnya membeli emali melalui Tokopedia Emas.

Pertama, Pastikan Anda telah menginstall aplikasi Tokopedia di perangkat, baik Android atau iOS. Selanjutnya buka pencarian dan ketik “emas”, maka nanti akan keluar opsi INVESTASI EMAS seperti dibawah ini.

Klik “Beli Sekarang” untuk mulai membeli emas.

Kedua, Anda akan disuguhkan dengan tampilan awal Tokopedia Emas yang berisikan harga jual dan harga beli terbaru. Lalu, dibawahnya juga ada fitur untuk mengimput nominal emas yang ingin di beli.

Ketiga, untuk membeli emas, masukkan nilai yang inginkan, bisa dalam jumlah Rupian atau jumlah Gram emas. Dalam hal ini, saya memberi contoh untuk pembelian emas sebesar Rp 100.000, Klik “Beli Emas” untuk melanjutkan.

Keempat, lakukan pembayaran. Anda dapat memilih berbagai metode pembayaran emas sama halnya seperti membeli barang pada umumnya di Tokopedia. Dalam hal ini, saya memilih metode pembayaran Mandiri Clickpay.

Kelima, akhirnya, emas pun terbeli. Setelah melakukan pembayaran, maka notifikasi pembelian berhasil akan terlihat seperti ini.

Nahh…. dengan begini saya sudah berhasil membeli emas di Tokopedia Emas sebesar Rp 100.000, lumayan untuk awal baru investasi emas. Tampilan awal tadi yang Rp 0, kini menjadi Rp 95.266.

Untuk memperbaharui informasi update nilai emas jual dan beli, Anda bila klik menu “Lihat Grafik Harga Beli & Jual Tokopedia Emas” diantara fitur portofolio dan beli/jual emas. Grafiknya akan terlihat seperti ini.

Beres deh investasi emas di Tokopedia. Dengan ini saya mencoba untuk terus menambah emas yang saya miliki di Tokopedia secara berkala.

Tokopedia Emas

Berikut adalah tanya-jawab seputar Tokopedia Emas yang saya ambil langsung dari blognya Tokopedia.

Syarat dan Ketentuan Tokopedia Emas

Syarat dan Ketentuan Pembelian

  • Jumlah pembelian emas minimum adalah senilai Rp500(Lima ratus rupiah).
  • Harga beli emas mengikuti harga resmi emas dunia dengan nilai yang dapat berubah sewaktu-waktu, disertai dengan notifikasi dari Tokopedia.
  • Investasi emas tercatat di Tokopedia tanpa batasan waktu dan bebas biaya penyimpanan.
  • Tokopedia berhak membatalkan transaksi yang mencurigakan dan melanggar syarat & ketentuan yang berlaku.

Syarat dan Ketentuan Penjualan

  • Penjualan hanya bisa dilakukan jika memiliki saldo atau investasi emas di Tokopedia Emas.
  • Harga emas mengikuti harga resmi emas dunia dengan nilai yang dapat berubah sewaktu-waktu, disertai dengan notifikasi dari Tokopedia.
  • Tokopedia berhak membatalkan transaksi yang mencurigakan dan melanggar syarat & ketentuan yang belaku.

FAQ Seputar Tokopedia Emas

1. Apa itu Tokopedia Emas?

Jawab: Tokopedia Emas adalah cara baru investasi emas yang mudah dan terjangkau. Tak berbeda dengan sistem investasi emas konvensional, Anda bisa membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan. Untuk saat ini, emas yang Anda investasikan masih berbentuk digital. Tokopedia sedang dalam proses mengupayakan agar investasi emas Anda bisa berubah bentuk menjadi emas fisik. Kelebihan dari Tokopedia Emas adalah Anda bisa membeli dan menjual emas dalam nominal paling rendah sekalipun, minimum Rp500(Lima ratus rupiah).
2. Apa keuntungan investasi di Tokopedia Emas?
Jawab:
  1. Aman Tak perlu khawatir tentang keamanan investasi emas Anda. Tokopedia Emas bekerja sama dengan PT Aurum Karya Indonesia memastikan investasi emas Anda tercatat dan tersimpan dengan baik.
  2. Harga jualnya terus naik Emas adalah unit investasi yang sangat menguntungkan karena harga pasarnya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Melakukan investasi emas di Tokopedia Emas, Anda juga bisa menghemat biaya produksi dan pengrajin.
  3. Mudah diakses Anda bisa memantau investasi emas Anda kapan pun dan di mana pun. Tokopedia Emas dapat diakses 24/7 nonstop. Selain itu, proses transaksi emas di sini pun mudah dan transparan.

3. Siapa saja yang bisa melakukan investasi emas di sini?

Jawab: Seluruh pengguna Tokopedia bisa melakukan investasi emas melalui Tokopedia Emas.

4. Bagaimana cara membeli emas di Tokopedia Emas?

Jawab:
  1. Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui situs resmi Tokopedia.
  2. Tentukan berapa rupiah yang ingin Anda belanjakan atau berapa gram emas yang ingin Anda beli.
  3. Pilih metode pembayaran yang paling mudah dan sesuai kebutuhan.
  4. Setelah pembayaran Anda terverifikasi, emas akan langsung masuk ke tabungan Tokopedia Emas Anda.

5. Bagaimana cara menjual emas di Tokopedia Emas?

Jawab: Sebelum melakukan transaksi penjualan, pastikan Anda memiliki tabungan emas di Tokopedia Emas, lalu ikuti langkah mudah berikut ini:
  1. Buka halaman Tokopedia Emas Anda melalui situs resmi Tokopedia.
  2. Tentukan berapa jumlah emas dalam rupiah atau gram yang ingin Anda jual.
  3. Setelah menyelesaikan proses penjualan, Anda dapat menentukan kemana dana penjualan akan diterima. Anda dapat memilih Saldo Tokopedia atau TokoCash untuk menerima dana hasil penjualan.
6. Bagaimana jika terjadi perubahan harga di tengah proses transaksi?
Jawab: Jika terjadi perubahan harga di tengah proses transaksi, kami akan mengirimkan notifikasi secara langsung. Notifikasi ini berisi informasi tentang perubahan harga dan konfirmasi apakah Anda ingin melanjutkan transaksi dengan harga baru atau membatalkannya.

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

272FansSuka
55PengikutMengikuti
214PengikutMengikuti

15 KOMENTAR

    • Saat ini perusahaan emas yang di gandeng Toped lagi urus izin (di cap investasi bodong), jadi gak bisa beli emas, tapi tetap bisa jual emas kalau masih pegang… artinya Toped masih menjamin penggunanya. Tks

      Kalau mau lebih aman, bisa pakai Tabungan emas dari pengadaian saja… punya pemerintah kan kecil kemungkinan bangkrut.

  1. kl buka dr situs webnya kok ga bisa ke halaman pembayaran. cm bisa sampe input nominal abis itu pas pencet beli ga muncul apa2. lagi error ya?

    • Saya sudah baca faq Tokopedia emas, tidak ada keterangan yang mengatakan emas dapat diklaim.

      Perlu diketahui bahwa Tokopedia hanya penjual saja, beda dengan tabungan emas pegadaian yg bisa klaim emas, karena pegadaian jg berhubungan langsung dengan emas. Tks

  2. saya ingin menukarkan poin sy di toped dgn pembelian emas senilai 50.000, tapi masih ragu karena tidak paham , apakah dg menukarkan poin tsb sy otomatis py tabungan emas di tokopedia? bagaimana caranya. sy sudah membuka tabungan emas di pegadaian, apakah bisa di gabung, atau nanti saya akan punya 2 tabungan emas, di tokopedia dan pegadaian?

    • Bila poin ditukar dengan emas, sudah pasti nanti akan menjadi emas tokopedia. Emas yang ada di tokopedia di sediakan oleh e-mas.

      e-mas ini milik PT Aurum Karya Indonesia, sedangkan Tabungan Emas adalah milik PT. Pegadaian. jadi, keduanya sangat berbeda. Tks

  3. Ini yang saya cari dari dulu, tabungan emas “online” dari tempat yang terjamin.
    Dulu hanya ada Pegadaian Tabungan Emas, tapi tidak bisa transfer, hanya bisa nabung langsung ke kantornya.
    Dan saya malas beli emas batangan, karena saya tidak butuh fisiknya, dan untuk jual juga malas mencari toko emasnya.

    Sebagai freelancer, saya kerja di malam hari, siang tidur, jadi tidak ada waktu untuk pergi ke toko emas atau bank, transaksi online sangat membantu.

    Tokopedia emas ini sangat membantu, termudah daripada yang lain, bisa beli cuma 50rb… wkwkwk

    • Saat membeli emas.. harga saldonya berubah langsung ke “Harga Jual Saat Ini”, itu memang sudah ketentuan dalam pembelian emas, dimanapun itu. Ini sama halnya dengan beli saham, kalau beli di harga Rp500, maka harga jualnya Rp.450, kira-kira seperti itu.

      Untuk mengetahui tentang perbanding harga beli dan jual emas, kamu bisa baca lebih banyak artikel emas di google. Tks

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Hari Gini Ajukan KTA Masih Ke Bank? Gak Jaman, DISITU.com Aja!

Untuk memenuhi kebutuhan dan impian memang tidaklah mudah. Ada biaya yang harus dikeluarkan. Mau liburan lah, mau punya kendaraan pribadi, atau mau punya rumah...

Gak Usah Bingung, Ini Cara Pilih Sekuritas/Broker Yang Tepat Sesuai Profil Anda

Akhir-akhir ini ada beberapa pertanyaan dari teman-teman calon investor yang bingung cara pilih sekuritas terbaik untuk dijadikan broker dalam investasi saham. Saya pribadi paham...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya.Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...