Lebih suka browsing internet lewat mobile? Kabar baik ini datang dari saya untuk yang sering main-main ke blog ini, karena sudah mendukung penuh browsing lewat mobile super cepat. Hari ini secara resmi blog ini mendukung Accelerated Mobile Pages (AMP).

Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan cara untuk membangun laman web untuk materi statis yang merender dengan cepat. Dengan kata lain, bila blog memakai AMP akan lebih cepat diakses dalam bentuk mobile.

Sebenarya blog saya ini memiliki tema yang responsive sehingga mendukung semua bentuk ukuran layar, baik PC, tablet atau smartphone, hanya saja saya berpikir akan lebih baik menggunakan AMP agar pengguna yang mengakses blog saya lewat mobile mendapatkan pengalaman lebih baik dengan akses laman yang super cepat.

Ditambah lagi saya melihat pada statistik pengunjung melalui mobile hampir menyeimbangi pengguna laptop/PC. Jadi, untuk menambah pengunjung mobile lebih banyak saya menggunakan Accelerated Mobile Pages dalam blog ini.

Untuk mengetahui sebuat situs atau blog menggunakan AMP, kamu dapat melihat logo AMP tersebat di sebelah tanggal pada pencarian Google seperti gambar dibawah ini.

Bila kamu klik link yang menyediakan AMP, maka tampilan yang muncul akan seperti gambar diatas sebelah kanan.

Tampilan Accelerated Mobile Pages bisa di desain sesuai keinginan. Seperti tampilan AMP blog ini menggunakan header berwarna hijau dan warna hitam sebagai latar belakang, saya memberikana warna hitam agar pengguna mobile bisa lebih hemat dalam pemakaian baterai.

Blog yang menggunakan AMP sangat cepat bila dibuka hanya dengan hitungan detik. Hal ini terjadi karena AMP membuang semua script seperti HTML, CSS, dan Javascript yang tidak berguna. Hanya artikel dan gambar saja yang ditampilkan pada halaman situs, sehingga waktu aksesnya super cepat.

Dengan memasang AMP sebenarnya juga merugikan, karena fitur-fitur blog seperti tombol share, widget dan subscribe tidak berjalan disini.

Alasan pakai Accelerated Mobile Pages (AMP)

  1. Dapatkan peringkat tinggi dihalaman Google
  2. Mendongkrak jumlah visitor mobile
  3. Memberikan pengalaman lebih baik untuk visitor mobile
  4. Loading blog super cepat

Mungkin itu alasan kenapa saya pasang AMP pada blog ini.

Tertarik untuk memasang Accelerated Mobile Pages di blog kamu? tunggu tutorialnya dari saya pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.