Lomba blog adalah kegiatan yang biasa diikuti oleh seorang blogger, walaupun tak semuanya ikut. Lomba blog biasa dilaksanakan oleh perusahaan atau instansi di Indonesia dengan harapan untuk memperkenalkan produk mereka atau memberi edukasi kepada masyarakat

Mengikuti lomba blog itu ada suka dan dukanya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas poin apa-apa saja yang biasa dirasakan oleh blogger yang sering ikutan lomba blog. Berikut ini adalah 6 hal yang akan kamu raskan bila menjadi blogger lomba blog hunter bedasarkan pengalaman saya selama ini ikut lomba blog:

1. Siap bersaing dengan lebih dari ratuan blogger di seluruh Indonesia

Lomba blog biasa dibuat untuk umum seluruh masyarakat Indonesia, itu merupakan salah satu syarat utama. Dengan kata para blogger di seluruh Indoensia akan bersaing ketat untuk mendapatkan juara 1, juara 2, juara 3 dan juara di kategori lainnya.

Jadi… kalau mau ikutan lomba blog harus siap menghadapi persaingan dengan ratuan bahkan ribuan blogger di seluruh Indonesia.

2. Yang hobi nulis ketika deadline

Saya yakin kebanyakan kita menjadi blogger karena hobi yang ingin disalurkan, sehingga untuk membuat artikel yang banyak dalam sehari untuk memperbaharui blog bukanlah hal yang mudah. Karena ada tugas pokok yang harus dilakukan, seperti belajar untuk mereka yang masih palajar dan bekerja selama 9 jam bagi mereka yang sudah pegawai.

Walaupun pada dasarnya tenggang waktu lomba blog itu diadakan selama sebulan atau 2 bulan, tentu kita tidak pernah sadar kalau ternyata deadline untuk pengumulan artikel sudah mendekat, sehingga hobi membuat artikel lomba blog saat deadline menjadi kebiasaan dan menjadi hobi tersendiri.

3. Deadline lomba tiba-tiba diperpanjang

Setiap penyelenggara lomba blog pasti memiliki batas minimal sendiri untuk menentukan berapa banyak blog yang terdaftar sebelum lomba ditutup, sehingga apabila saat detik-detik lomba blog akan ditutup dan ternyata jumlah peserta yang diinginkan tidak sesuai harapan, maka lomba blog akan otomatis di perpanjang.

Perpanjang waktu lomba blog merupakan sebuah pro dan kontra, pro bagi mereka yang belum sempat membuat artikel, sehingga mereka memiliki waktu lagi untuk mengikuti lomba. kontra bagi mereka yang sudah jauh-jauh hari buat artikel, ehh ternyata lombanya diperpanjang, tentu ini membuat jengkel.

Tapi kembali lagi ke S&K penyelenggara lomba, karena setiap peraturan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Jadi, buat blogger harap bersabar saja dan menaati semua aturan yang ada.

4. Pengumuman Lomba yang sering di ulur-ulur

Setelah diundur deadline lomba, muncul lah diundurnya pengumuman pemenang lomba. Hal ini biasa terjadi dan kamu sebagai blogger harus memakluminya. Walaupun terlihat tidak profesional karena mengundur waktu pengumuman, tapi ada alasan logis yang mungkin bisa dipahami bersama. Banyaknya peserta dengan artikel kualitas tinggi membuat panitia kebinggungan untuk menentukan pemenangnya.

Harap dimaklumi dan dinikmati saja bila hal ini terjadi pada kamu.

5. Hadiah lama sampai

Tidak sampai di poin 3 dan 4, ada lagi yang lebih tragis yang dialami oleh peserta lomba blog, yaitu keterlambatan hadiah sampai. Bagi mereka yang sudah terbiasa menang mungkin sudah memaklumi hal ini, namun bagi mereka yang baru menang sekali dua kali akan merasa risih karena hadiah tidak diterima dengan cepat.

Perlu diingat pemberian hadiah tidaklah instan, ada prosuder yang harus dipenuhi pemenang seperti memberikan data diri dan konfirmasi lain-lainnya.

6. Merasakan kekalahan yang tidak terhitung

Poin teakhir ini merupakan pil pahat yang harus diterima setiap blogger, yaitu kekalahan. Kekalahan merupakan hal yang biasa terjadi kalau ikut lomba blog. Bayangkan saja, yang ikut lomba blog sampai ratuan orang tapi yang jadi pemenang hanya 3 orang saja.

Termasuk saya yang sering ikut lomba blog dan tidak terhitung jumlah kekalahannya. Saya hanya melihat kekalahan kebagai motivasi agar manjadi lebih baik untuk lomba berikutnya.

Nahh… itu dia beberapa poin yang mungkin akan kamu rasakan bila menjadi blogger sebagai lomba blog hunter.

8 KOMENTAR

  1. nomor 6 tuh paling nyakitin. saya pernah ikutan lomba blog cuman beda 1 poin dari peringkat 3 aja.alhasil kalah deh.Secara konten saya gak kalah tapi saya jatuh di komentar blog. kecewa sih iya tapi yang nilai kan juri jadi mau bagaimana lagi.Protes pun gak bakal buat jadi juara,tetap terima aja.

    • Jadi pelajaran aja mas… makanya kenapa saya gak pernah ikut lomba blog yg menilai pemenang dari banyak jumlah komen ataupun view page, soalnya gak masuk akal penilaian gitu.. jadi ikut lomba yang benar-benar menilai kualitas dan kreativitas konten saja.

    • gak apa Mbak, terus belajar dan tingkatkan kualitas nulisnya, kalau bisa buat keunikan tersendiri diblog Mbak biar menarik perhatian juri.. saya sendiri banyak belajar dari kekalahan lomba blog yang tidak terhitung lagi hehe

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu