0
0
InvestasiWujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App

Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App

Menyiapkan dana pendidikan anak untuk masa depan kini semakin mudah berkat Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dari Maybank. Registrasi mudah, beli emas langsung dari genggaman, otomatis secara berkala.


Alhamdulillah kandungan istri saya sudah memasuki 7 bulan sekarang. Semoga keduanya sehat selalu hingga hari kelahiran yang diprediksi jatuh pada akhir Maret 2024.

5Untuk menyambut buah hati kami, tentu sudah banyak persiapan yang dilakukan.

Mulai dari memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin sejak awal kandungan, perlengkapan baju bayi, tempat persalinan nanti hingga yang tidak kalah penting mempersiapkan dana pendidikan untuknya kelak.

Mungkin kamu berpikir….

“Ehh… menyiapkan dana pendidikan anak kok buru-buru banget?”

Gak terlalu dini loh, jika ingin menyiapkan dana pendidikan anak saat dia masih bayi.

Ini justru langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depannya yang lebih baik.

Apalagi, biaya pendidikan konsisten naik setiap tahunnya.

Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya dalam hal apa pun, termasuk dalam hal pendidikan.

Sudah seharusnya kita para orang tua harus peduli pada biaya pendidikan anak. Jadi saat dia mulai masuk sekolah, tidak pusing lagi harus menyisihkan gaji bulanan atau biaya yang mahal.

Yang jadi pertanyaannya, “Bagaimana cara menyiapkan dana pendidikan anak?”

Nah, pada artikel kali ini, saya ingin mencoba membagikan pengalaman saya dalam menyiapkan dana pendidikan anak.

Siapa tau, cara yang saya terapkan cocok untuk kamu.

Menyiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin

Sebelum kita ke cara menyiapkan dana pendidikan anak, saya mau ajak kamu para orang tua untuk tau kenapa dana pendidikan anak itu harus disiapkan sedini mungkin.

Yaa… siapa tau kamu gak percaya dan masih belum peduli.

Kamu harus tau, biaya pendidikan anak selalu naik setiap tahun.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10-15% per tahun.

Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 1

Kenaikan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Inflasi. Inflasi merupakan kenaikan harga secara umum yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kenaikan harga bahan baku, biaya tenaga kerja, dan permintaan yang meningkat.
  • Peningkatan kualitas pendidikan. Tentu Sekolah-sekolah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan mereka, baik dari segi fasilitas, kurikulum, maupun tenaga pengajar. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  • Permintaan yang meningkat. Semakin banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah berkualitas, baik negeri maupun swasta. Hal ini menyebabkan persaingan yang semakin ketat di antara sekolah-sekolah, sehingga mereka berupaya menarik calon siswa dengan menawarkan fasilitas dan program yang lebih menarik, yang tentu saja membutuhkan biaya yang lebih tinggi.

Kenaikan biaya pendidikan yang tinggi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu para orang tua untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak:

  • Buatlah anggaran biaya pendidikan. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran biaya pendidikan yang mencakup seluruh jenjang pendidikan yang akan ditempuh anak. Anggaran ini dapat dibuat berdasarkan perkiraan biaya pendidikan di sekolah-sekolah yang menjadi pilihan kamu.
  • Mulailah menabung sejak dini. Menabung adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. Kamu dapat menyisihkan sebagian penghasilannya setiap bulan untuk ditabung khusus untuk biaya pendidikan anak.
  • Investasi. Investasi juga dapat menjadi pilihan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. Dengan berinvestasi, kamu dapat memperoleh keuntungan yang dapat digunakan untuk menutupi kekurangan biaya pendidikan di masa depan.

Berinvestasi merupakan hal yang harus dilakukan jika ingin menggapai suatu tujuan finansial.

Jika tepat memilih instrumen investasi, maka imbal hasil yang didapatkan dapat memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak.

Tips memilih instrumen investasi untuk menyiapkan biaya pendidikan anak

Sebagai salah satu cara untuk menyiapkan dana pendidikan anak, pemilihan instrumen investasi yang tepat merupakan sebuah keharusan.

Di Indonesia, ada banyak investasi legal yang diawasi oleh negara, di antaranya deposito, obligasi, reksa dana, saham, EBA ritel hingga emas.

Yang menjadi pertanyaan, di mana tepat menyimpan dana pendidikan yang bagus, aman dan tentunya memberikan imbal hasil yang cukup.

Dalam memilih instrumen investasi untuk menyiapkan biaya pendidikan anak, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

1. Jangka waktu investasi

Jangka waktu investasi akan menentukan instrumen investasi yang cocok. Untuk jangka pendek, misalnya untuk biaya pendidikan anak di sekolah dasar, instrumen investasi yang cocok adalah instrumen dengan risiko rendah, seperti deposito atau tabungan pendidikan.

Sedangkan untuk jangka panjang, misalnya untuk biaya pendidikan anak di perguruan tinggi, instrumen investasi yang cocok adalah instrumen dengan risiko moderat atau tinggi, seperti reksa dana, saham atau emas.

2. Profil risiko

Profil risiko adalah tingkat toleransi seseorang terhadap risiko.

Orang yang memiliki profil risiko rendah akan lebih memilih instrumen investasi yang aman, sedangkan orang yang memiliki profil risiko tinggi akan lebih memilih instrumen investasi yang berpotensi menghasilkan keuntungan lebih tinggi.

Dalam memilih instrumen investasi untuk menyiapkan biaya pendidikan anak, penting untuk mempertimbangkan profil risiko orang tua.

3. Pertimbangkan tujuan investasi

Tujuan investasi adalah hal yang juga perlu dipertimbangkan dalam memilih instrumen investasi.

Jika tujuan investasi adalah untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak, maka sebaiknya memilih instrumen investasi yang dapat menghasilkan keuntungan yang cukup untuk memenuhi biaya pendidikan anak di masa depan.

Bagaimana, sudah ada pencerahan setelah mengetahui 3 tips investasi di atas?

Pemilihan instrumen investasi yang cocok untuk dana pendidikan anak semua kembali ke diri masing-masing.

Jika memiliki waktu yang banyak untuk menganalisa pasar dan punya nyali besar dalam mengambil risiko investasi, saham bisa menjadi pilihan kamu.

Tapi jika kamu orangnya tidak ingin ambil pusing dengan analisis dan ingin pilih investasi yang aman, maka emas bisa menjadi pilihan terbaik.

Seberapa oke investasi emas untuk persiapan dana pendidikan anak?

Investasi emas untuk dana pendidikan anak

Investasi emas merupakan salah satu instrumen investasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.Terbukti, dikutip dari Databoks, hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bekerja sama dengan Stockbit, investasi emas menjadi pilihan investasi favorit di Indonesia.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat emas memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan investasi yang menarik.

Apalagi dalam lima tahun terakhir, harga emas Antam tercatat tumbuh 60,7%, dari Rp670.000/gram (4 Mei 2018) menjadi Rp1.077.000/gram (4 Mei 2023).

“Harga Emas Antam Naik 60% dalam 5 Tahun Terakhir”

Berikut adalah beberapa keuntungan investasi emas:

1. Memiliki nilai intrinsik yang tinggi: Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai intrinsik yang tinggi. Nilai intrinsik adalah nilai suatu barang yang berasal dari bahan bakunya. Dalam hal ini, emas memiliki nilai intrinsik yang tinggi karena merupakan logam yang langka dan tahan lama.

2. Merupakan aset yang aman: Emas merupakan aset yang aman karena tidak terpengaruh oleh inflasi. Hal ini karena emas memiliki sifat sebagai penyimpan nilai. Ketika inflasi naik, maka harga emas juga akan naik. Oleh karena itu, emas dapat menjadi sarana untuk melindungi kekayaan dari inflasi.

3. Memiliki likuiditas yang tinggi: Emas memiliki likuiditas yang tinggi, artinya emas dapat dengan mudah diubah menjadi uang tunai. Hal ini karena emas merupakan komoditas yang diperdagangkan secara global.

4. Mudah untuk diakses: Emas dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat umum. Emas dapat dibeli dalam berbagai bentuk, mulai dari emas batangan, perhiasan emas, hingga tabungan emas.

Jika kamu memilih emas sebagai salah instrumen untuk menyiapkan dana pendidikan anak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama dengan membeli emas batangan dan kedua dengan memiliki tabungan emas.

Buat kamu yang masih bingung perbedaan jika investasi emas dengan cara beli emas batangan atau tabungan emas, bisa lihat table di bawah ini.

KriteriaEmas BatanganTabungan Emas
BentukFisikDigital
KepemilikanLangsungTidak langsung
KetersediaanTerbatasTidak terbatas
PembelianDapat dilakukan di tempat-tempat tertentuDapat dilakukan secara online
PenjualanDapat dilakukan di tempat-tempat tertentuDapat dilakukan secara online
Biaya penyimpananBiaya penyimpanan dapat dikenakan, tergantung pada tempat penyimpananHanya biaya tahunan
Biaya transaksiBiaya transaksi dapat dikenakan, tergantung pada tempat pembelian dan penjualanBiaya transaksi dapat dikenakan, tergantung pada platform tabungan emas
Nilai jual kembaliNilai jual kembali dapat berbeda dengan harga beliNilai jual kembali mengikuti harga emas di pasar
FleksibilitasKurang fleksibelLebih fleksibel
RisikoLebih tinggiLebih rendah
RekomendasiUntuk investor yang memiliki profil risiko tinggiUntuk investor yang memiliki profil risiko rendah atau sedang

Setelah melihat perbandingan antara emas batangan dan tabungan emas, tentu tabungan emas merupakan pilihan terbaik.

Fleksibilitas tabungan emas membuat produk investasi emas ini menjadi primadona.

Buat kamu yang sedang mencari produk tabungan emas untuk menyimpan dana pendidikan anak, bisa mencoba produk Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App.

Penuhi kebutuhan dana pendidikan anak dengan Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App

Sebagai salah satu bank ternama di Indonesia, Maybank Indonesia pada 30 Januari 2024 lalu telah meluncurkan produk Tabungan Emas Pegadaian via M2U ID App.

Tabungan emas ini merupakan kolaborasi antara Maybank dengan Pegadaian, yang memudahkan menabung emas secara digital. 

Dengan hanya menjadi nasabah Maybank, kamu bisa buka tabungan emas langsung dari aplikasi M2U ID.

Menariknya tabungan Emas nya itu punya Pegadaian, tapi bisa di beli di Maybank via M2U ID App, kamu bisa lakukan pembelian emas secara berkala baik secara mingguan atau bulanan. Jadi kamu gak perlu khawatir kelupaan nabung emas.

Adapun Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian lainnya, yaitu:

  1. Tersedia di M2U ID App (mobile banking) sehingga transaksi lebih mudah dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus ke kantor cabang.
  2. Tanpa biaya transaksi. Tidak ada biaya administrasi untuk transaksi pembelian dan penjualan untuk saat ini.
  3. Dijamin 24 karat. Emas yang dijual di M2U ID App (mobile banking) memiliki kadar kemurnian 24 karat dan dijamin oleh Pegadaian.
  4. Registrasi mudah, dapat dilakukan hanya melalui M2U ID App (mobile banking).
  5. Dikelola secara profesional dan transparan.
  6. Harga beli dan jual yang kompetitif. Tersedia informasi harga emas terkini setiap hari.
  7. Pembelian secara berkala. Nasabah dapat melakukan pembelian emas secara otomatis (mingguan/bulanan).
  8. Nasabah dapat melakukan transaksi emas mulai dari 0,01 gram atau Rp10.000,- Nasabah dapat melakukan penjualan dan pembelian emas maksimum masing-masing 100 gram/hari.

Nah, buat kamu yang sedang mencari produk tabungan emas untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank ini cocok banget untuk masuk dalam portofolio investasi kamu.

Pengalaman Investasi Emas di M2U ID App

Saya selalu mengimpikan bisa menjadi keluarga yang melek finansial untuk kebutuhan kini dan nanti. Maka dari itu, saya dan pasangan selalu berusaha untuk mengelola keuangan kami dengan baik.

Alasan saya memilih emas menjadi salah satu aset dalam portofolio adalah karena harganya yang stabil dan cenderung naik dari waktu ke waktu.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah keuangan yang berbunyi…. “Jangan tempatkan semua telur pada satu keranjang yang sama”

Berdasarkan petuah tersebut, saya menempatkan dana ke berbagai instrumen investasi.

Tujuannya sederhana, sebagai diversifikasi investasi dan untuk mendapatkan keuntungan yang berbeda sesuai dengan tren pasar saat ini.

Maka tidak heran, selain punya investasi dalam bentuk saham, reksa dana dan obligasi, saya juga punya tabungan emas di Maybank.

Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App memiliki banyak kelebihan yang memudahkan saya dalam menyiapkan dana pendidikan anak.

Apalagi minimal pembeliannya juga terjangkau, mulai dari Rp10 ribu aja. 

Tapi yang menjadi catatan dalam menabung emas, pastikan kamu melakukannya secara konsisten agar emas yang ditabung memiliki imbal hasil yang cukup untuk menutupi biaya administrasi tahunan.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa ada biaya penitipan emas sebesar Rp30 ribu pertahun. Tapi tenang aja, di tahun pertama nasabah Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App tidak dikenakan biaya penitipan emas. 

Jangan sampai imbal hasil tabungan emas kamu tidak bisa menutupi biaya administrasi tersebut ya.

Oleh karena itu, pastikan menggunakan pilihan transaksi rutin/berkala yang ada pada fitur Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App, agar investasi emas kamu bisa konsisten.

Cara Berinvestasi Emas di M2U ID App

Nah, kita telah sampai pada bagian yang paling menarik dari artikel ini, yaitu praktik langsung membuka tabungan emas dan beli emas dari M2U ID App.

Tentu kamu penasaran kan, cara membuka tabungan emas Pegadaian di M2U ID App?

Oh ya, sebelum kamu baca lebih lanjut tentang cara buka Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App, pastikan kamu telah menjadi nasabah Maybank ya. Aplikasi M2U tersedia untuk iOS dan Android.

Cara menjadi nasabah Maybank mudah banget loh, sebelumnya kamu bisa buka Tabungan secara online dengan aplikasi M2U ID. Kamu bisa baca panduan buka Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App pada halaman ini.

Oke, jika sudah menjadi nasabah Maybank, kamu bisa lanjut baca artikel ini.

Di sini saya akan coba membagikan tutorial registrasi dan pembelian pertama saya melalui fitur Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dengan modal Rp250 ribu.

Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 2
  1. Pilih menu bertanda (+) pada halaman utama rekening

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 3

    Menu tersebut terdapat pada bagian atas aplikasi berwarna kuning.

  2. Pilih produk Emas Pegadaian

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 4
  3. Baca informasi detail produk

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 5
  4. Masukkan jumlah emas yang ingin dibeli

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 6
  5. Buka akun Pegadaian

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 7
  6. Lengkapi data diri

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 8
  7. Baca dan setujui S&K yang berlaku

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 9
  8. Pilih sumber pembayaran

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 10
  9. Konfirmasi pembukaan tabungan emas

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 11
  10. Selamat, pembukaan tabungan emas berhasil

    Wujudkan Impian Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas Pegadaian dari Maybank M2U ID App 12

Setelah berhasil melakukan pembukaan tabungan emas, kamu bisa melihat detail holding pembelian emas seperti pada gambar di bawah ini.

M2U ID App

Halaman Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App juga dilengkapi dengan harga harian dan grafik harga emas yang memudahkan kamu dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Bagaimana, tidak sulit kan buka tabungan emas Pegadaian di M2U ID App?

Dengan mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini, kamu dapat meringankan beban keuangan di masa depan dan memastikan bahwa anak-anakmu dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas.

Selain untuk biaya pendidikan anak, kamu juga bisa menabung emas untuk tujuan finansial lainnya yang ingin diwujudkan dalam jangka panjang.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Jika kamu punya pengalaman dan pertanyaan dalam menyiapkan tujuan finansial dengan tabungan emas, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini ya!

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah anjuran atau rekomendasi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada di tangan kamu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.