Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah + Simulasinya

Jakarta – Pesawat adalah salah satu transportasi yang di gemari banyak orang. Selain dapat menghemat waktu dengan perjalanan yang cepat, harga tiketnya pun juga bersaing dengan beragam pilihan maskapai. Dengan dunia teknologi yang semakin maju, kini pembelian tiket pesawat tidak perlu lagi harus repot-repot datang ke kantor travel untuk melakukan pemesanan tiket pesawat, namun dapat dilakukan dengan cara beli tiket online di marketplace atau situs maskapai itu sendiri.

Harga tiket murah pasti sudah jadi idaman setiap mereka yang ingin membeli tiket pesawat, oleh karena itu saya akan coba memberikan sedikit tips bagaimana cara mendapatkan harga tiket pesawat yang sesuai dengan kantong kamu, dengan harapa yaaa… tiket pesawat yang kamu incar lebih murah.

Cara ini sudah saya terapkan selama 6 tahun naik pesawat. Jadi, artikel ini bukan dibuat untuk iklan maskapai atau situs markeplace tiket ya, ini hanya untuk sekedar berbagi saja.

1. Tentukan jadwal penerbangan sejak dini.

Menentukan jadwal adalah faktor yang paling penting agar sukses mendapatkan tiket dengan harga yang murah, karena kalau jadwalnya tida diatur atau di tentukan tiket pesawat dapat berubah setiap harinya, yaaa…. misalkan saja seperti mudik lebaran. Tidak mungkin pesan tiket H-5 lebaran kalau tidak mau kena harga yang tinggi, pastinya harus di pesan tiketnya 1-2 bulan sebelum H lebaran.

Bila kamu seorang mahasiswa perantau tidak ada salahnya melihat kalender akademik dan melihat kapan liburan lebaran akan dimulai, jadi bisa pesan tiket jauh-jauh hari sebelum bulan puasa dan biasanya tiketnya belum mahal-mahal banget.

Nah… bila pesan tiket pesawat murah untuk lebaran atau liburan akhir tahun dilakukan jauh-jauh hari, beda halnya bila kamu pesan tiket pesawat untuk perjalanan non-liburan. bila kamu ingin berpergian naik pesawat saat tidak liburan, cobalah pesan tiket seminggu sebelum keberangkatan biasa tiketnya tidak terlalu mahal dan usahakan penerbangannya bukan di hari libur sabtu-minggu, weekdays akan lebih murah.

2. Pesan tiket pesawat via marketplace

Di Indonesia selain situs belanja online yang berjamur, ada juga situs etiket yang banyak sebut saja seperti Traveloka.com, Tiket.com, Ezytravel.co.id, Utiket.com, Via.com. Mereka adalah situs-situs terpercaya yang menjual tiket pesawat ke seluruh dunia.

Marketplace tiket ini sangat kompetitif persaingaanya, jadi kamu silahkan buka semua situs yang saya sebutkan diatas, lalu coba cek penerbangannya yang diinginkan karena pasti setiap situs menawarkan harga yang berbeda.

3. Diskon dan Voucher everywhere

Diskon dan voucher yang di tawarkan maskapai dan situs marketplace menjadi daya tarik tersendiri untuk menggoda konsumen membeli tiket pesawat di situs mereka (marketplace travel). Diskon dan voucher gila-gilaan pasti akan di adakan tanpa pemberitahuan, tidak peduli itu liburan atau tidak pasti ada saja penawaran dari situ-situ marketplace tiket pesawat ini, jadi cobalah untuk berlangganan newsletter mereka.

Lihat saja seperti di bawah ini, bagaimana hebohnya marketplace tiket pesawat memberikan diskon dan voucher untuk menarik konsumen dan yang untung kita juga karena bisa mendapatkan tiket yang murah.

https://i1.wp.com/da8hvrloj7e7d.cloudfront.net/imageResource/2016/06/05/1465117310041-829f119a128c51cfbbc75780975cf0b9.jpeg?resize=696%2C159&ssl=1

https://i2.wp.com/cdn01.tiket.photos/img/banner/p/r/banner-promo_all_flight-hotel_citi_home_banner_978x250.banner978x250.jpg?w=696

https://i1.wp.com/cdn01.tiket.photos/img/banner/p/r/banner-promo_powerbank-citilink_jun2016_home_banner_978x250.banner978x250.jpg?w=696

Dan jangan lupa juga untuk cek situs maskapai penerbangan, kali aja mereka kasih diskon, seperti Garuda Indonesia di bawah ini.

Selesai sudah poin-poin cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Namun, itu hanya awal dari artikel ini saja. kalau yang diatas cuma poin-poinnya saja, karena simulasi itu lebih penting.

Berikut ini saya akan paparkan bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah dengan cara menggabungkan semua poin diatas. Saya akan coba simulasikan dengan maksimal untuk tiket pesawat murah.

Saya akan mengambil contoh untuk penerbangan untuk mudik lebaran Jakarta – Banda Aceh untuk tanggal 28 Juni 2016 dengan jam yang flexible.

Yang harus saya lakukan adalah membuka semua situs yang menjual tiket pesawat, Traveloka.com, Tiket.com, Ezytravel.co.id, Utiket.com, Via.id, Saya akan mengambil tiker pesawat dengan penawaran terbaik.

ezy

tiket

utiket

via

Saya tidak memsukkan Traveloka karena harganya tidak kompetitif lagi, sudah terlalu mahal walaupun saya masukan voucher “RINDU100”.

Dari simulasi yang saya lakukan untuk membandingkan harga tiket pesawat untuk Jakarta – Banda Aceh tanggal 28 Juni 2016 memperlihatkan bahwa Ezytravel memberikan harga yang paling murah di Rp 1,599,000 sedangkan situs lainnya sama di harga Rp 1,606,000. Sebenarnya ini buka harga yang saya harapkan, tapi harap dimaklumi karena artikel ini saya buat 3 minggu sebelum lebaran harga tiket pesawatnya sudah sangat mahal. Normalnya tiket Jakarta – Banda Aceh itu harusnya 700 rb – 800 rb dengan Lion Air.

Simulasi di atas hanya sebagai sundut pandang dalam membandingkat tiket saja dan ternyata simulasinya tidak maksimal karena diskon dan voucher tidak sesuai dengan yang saya harapkan.

Intinya untuk membeli tiket itu jangan terlalu kaku, cobalah untuk cari tau dengan membuka beberapa situs penyedia e-tiketing sehingga dapat membeli tiket yang lebih murah dan cobalah juga untuk membeli tiket online pada malam hari karena jarang orang berebut tiket malam. Jangan malas untuk membaca newsletter dari marketplace atau maskapai, kali aja ada promo atau diskon.

Sekian artikel kali ini… Selamat berburu tiket murah

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
199PengikutMengikuti

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja