Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Manfaat & Resiko Investasi Saham

Tentu Anda bertanya-tanya, manfaat apa yang bisa didapatkan dari investasi saham.

Namun, selain keuntungan, terdapat resiko kerugian yang mungkin bisa Anda alami saat berinvestasi saham.

Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari penjualan aset modal (investasi atau real estate) dimana harga jual melebihi harga pembelian investasi.

Contoh dari Capital Gain, misalnya Anda memberi sebuah saham dengan kode ABCD di harga Rp 1.000. Lalu setelah seminggu, saham tersebut naik menjadi Rp 1.200. Jika Anda menjual saham ABCD diharga Rp 1.200, maka Rp 200 merupakan keuntungan yang Anda dapatkan.

Artikel swing trading di bawah ini bisa Anda jadikan contoh asli dari capital gain.

TIPS BELI SAHAM: Ini Waktu Terbaik Untuk Koleksi Saham (Dengan Simulasi)

Tips beli saham - Momen beli saham adalah waktu yang deg-degan bagi para trader saham, karena mereka tidak tau apakah saham yang dibeli akan naik atau malah...

Dividen

Dividen merupakan manfaat yang bisa dirasakan oleh para investor nabung saham. Setelah membeli saham yang sama secara berkala setiap bulanannya, nabung saham akan berbuah manis berupa dividen.

Dividen merupakan sebuah aksi korperasi untuk mendistribukikan keuntungan perusahaan kepada para investornya. Semakin besar kepemilikan saham investor di sebuah perusahaan, maka semakin besar juga dividen yang didapatkan.

Ingin Cuan Dari Dividen, Begini Cara Mendapatkan Dividen Saham

Dividen saham - Merasa tidak pernah untung dari berinvestasi atau trading di saham? Jangan khawatir mungkin anda masih perlu lebih banyak belajar cara berinvestasi atau trading di...

Loss (Rugi)

Dibalik 2 cara untuk untung dari saham melalui capital gain dan dividen, terdapat juga resiko yang bisa saja dialami.

Resiko dalam investasi saham tergolong banyak dari pada untung yang didapat.

Penurunan harga saham bisa jadi salah satu contoh kerugian yang bisa saja terjadi. Disamping itu, ada juga kerugian faktor fundamental, seperti tidak mendapat dividen hingga perusahaan yang bisa saja bangkrut.

  • Capital Loss
  • Tidak Mendapat Dividen
  • Risiko Suspend
  • Risiko Delisting Saham
  • Risiko Bangkrut dan Dilikuidasi

Terus memperdalam ilmu saham di sisi fundamental dan teknikal dapat membantu Anda terhindar dari kerugian di investasi saham

Selesai

Kini Anda telah melengkapi semua tahap berinvestasi yang telah dijabarkan oleh Arin.Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin berinvestasi saham.