Diera digital ini penggunakan cloud atau penyimpanan awal bukanlah hal yang biasa lagi. Dengan kebutuhan data yang semakin meningkat sepert data pribadi, file kuliah, file kantor, musik dan file atau file lainnya membuat kita harus menyimpkan alat penyimpan data bergiga-giga, sehingga pasti akan banyak menghabiskan uang karena kita harus membeli hard disk. Penyimpanan berbasis cloud adalah solusinya.

Cloud atau penyimpanan awal telah banyak digunakan banyak orang di dunia. permintaannya yang terus bertambah membuat para pengembang di dunia IT berlomba-lomba untuk memberikan layanan cloud, baik yang gratis atau pun yang berbayar. Seperti para raksasa internet Goolge dengan “Google Cloud”, Microsoft dengan “OneDrive”, ada Mega, Dropbox, Box dan masih banyak lagi. Kebanyakan dari perusahan tersebut memberikan layanan gratis, namun dengan kapasitas yang terbatas. Bila ingin memiliki kapasitas cloud yang lebih besar, kita harus siap menyiapkan sejumlah uang sesuai dengan kategorinya.

Bila kamu hanya menggunakan layanan cloud untuk menyimpan data sewajarnya mungkin cukup bilan mengguanakan layanan seperti Google Drive, One Drive, atau Dropbox. Tetapi bagi kamu yang hobi simpan data banyak pastinya membutuhkan penyimpan hingga puluhan GB untuk dapat memenuhi kebutuhkan data. Jadi tidak mungkin hanya menggunakan layanan gratis.

Dari masalah ini mungkin saya bisa katakan bahwa memiliki cloud sendiri adalah solusi yang tepat.

Mengapa membuat cloud sendiri lebih tepat?

Sudah pasti dengan membuat cloud sendiri kita dapat memasukkan data seberapapun yang kita inginkan tanpa batas. Saya membuat artikel ini karena saya merupakan pengguna cloud pribadi, sehingga tidak memiliki batas apapun dalam memasukkan data.

berikut ini adalah halaman cloud pribadi saya.

screenshot-24

Platform yang saya gunakan untuk cloud.irfan.id adalah Nextcloud. Nextcloud adalah sebuah platform cloud yang memberikan sistem yang baik untuk kita pakai sebagai rumah, serta memiliki berbagai fitur yang tidak kalah menarik seperti sync kalender, software untuk PC serta aplikasi mobile. Sehingga kita dapat dengan mudah mengsingkron semua data dari berbagai gadget.

adapun fitur lengkap dari Nextcloud adalah sebagai berituk:

Sampai saat ini, saya tidak menemukan kendala dalam penggunakan platform Nextcloud sebagai rumah cloud saya. kekurangan dan kelebihan cloud pribadi ditentukan oleh hosting yang kamu gunakan, jadi kembali ke layanan yang kamu pilih, sudah tepat atau belum. karena bila menggunakan storage yang telalu banyak pasti di perlukan paket hosting yang besar pula.

Oleh karena itu, saya menggunakan layanan niagahoster untuk beli domain dan hosting. disamping harganya yang terjangkau dengan kualitas terbaik, pelayanan CSnya juga sangat baik.

Untuk bisa membuat cloud pribadi seperti saya ini, kamu dapat membaca di cara membuat cloud pribadi dengan nextcloud. Terima kasih

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.