Jakarta – Tepatnya 2 tahun lalu adalah pertama kali saya masuk ke pasar modal saham. Pada saat itu, saya masih berstatus mahasiswa di President University. Awal mulanya kenal pasar saham itu saat tahun 2011, tahun pertama saya menempuh kuliah di PresUniv. Saya mengikuti pelatihan saham dengan menggunakan software analysis Chatnexus dan itupun hanya ikut-ikutan teman, alias belum tertarik dunia saham dan cuma isi waktu luang doang, Jadi belum mulai masuk.

1.Bukan akun efek di BNI Sekuritas

Ketertarikan saya pada investasi saham terjadi pada tahun 2014, karena ada beberapa teman saya yang sudah masuk ke investasi saham. Lalu tanpa pikir panjang saya coba mencari tahu bagaimana cara agar saya juga bisa masuk kedapam pasar saham. Sebenarnya pada saat itu masuk pasar saham bukan karena ingin dapat profit, tapi karena keren aja, hahaha…

Apakah saya memulai berbisnis di pasar modal saham dengan berbekalkan pengetahuan?

Tidak, saat pertama kali saya berniat masuk pasar modal saham, saya hanya berbekal Ingin tahu dan Ingin belajar tanpa mengerti bagaimana cara kerjanya pasar saham dan apa-apa saja yang harus disiapkan sebelum masuk pasar modal pun saya tidak tahu.

Awal mulanya pasti setiap orang berpikiran bahwa untuk terjun ke pasar modal butuh dana yang besar. Kata siapa? sebenarnya untuk memulai untuk masuk ke dunia pasar modal tidaklah membutuhkan dana yang besar karena ada sekuritas-sekuritas yang menawarkan untuk membuka akun efek dengan dana yang terbilang cukup kecil, seperti BNI Sekuritas yang mematok minimal deposit yaitu Rp.1.000.000,00 (khusus mahasiswa). Dengan dana sebesar itu, seseorang bisa langsung memulai jual beli di pasar saham.

Nah…. berbekal rasa ingin tahu dan ingin belajar ini, saya memutuskan untuk masuk ke pasar modal saham dengan mengunjungi salah satu kantor sakuritas, BNI Securities.

Untuk dapat membuka rekening efek, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu, menyediakan KTP sebagai identitas, serta Kartu Mahasiswa (untuk membuat keterangan tidak memiliki NPWP) dan jangan lupa bawa uang tunai sekitar Rp 50.000, karena saat pengisian dokumen pembukaan rekening saham akan di perlukan materai bernilai Rp 6.000 (kalau tidak salah membutuhkan ± 2-3 materai) biasanya telah disediakan oleh pihak sekuritas.

Setelah saya mendaftarkan akun di BNI Sekuritas maka prosesnya menunggu hingga akunya jadi lebih kurang 1 minggu. Setelah seminggu belalu akhirnya akun efek saya selesai, pihak BNI Sekuritas mengimkan detail akun seperti User ID, Password dan PIN.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.