Nokia 2: Smartphone Ekonomis Dengan Daya Tahan Baterai Premium

Nokia 2 dilengkapi dengan baterai 4.100 mAh yang membuatnya mampu bertahan selama 2 hari penuh dalam sekali charger

Smartphone, siapa sih yang gak punya? Semua kalangan tanpa terkecuali mulai dari anak remaja hingga yang orang tua pun kini rata-rata sudah punya smartphone. Kehadiran ponsel pintar ini tentu sebagai salah satu sarana untuk alat komunikasi, hiburan hingga meningkatkan produktifitas bak komputer.

Namun tanpa terasa kini smartphone kemampuannya seperti semakin terbatas, salah satunya dibagian baterai yang memiliki kapasitas terbatas yang memaksa kita kembali ke jaman dulu tidak bisa jauh-jauh dari soket listrik. Alhasil, orang yang punya smartphone identik membawa charger kemana-mana dan mengincar soket listrik disetiap kesempatan berteduh.

Tentu ini merupakan masalah bagi kita semua sebagai pengguna smartphone. Tapi untungnya, masih ada provider smartphone yang mendengarkan keinginan kita untuk melepas diri dari ketergantungan charger dan soket listrik dengan merilis produk smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar.

Jaman modern rasa jaman dulu

Garing gak sih cara bacanya, “jaman modern rasa jaman dulu”. Mungkin ungkapan saya ini terasa aneh untuk diucapkan dan membingungkan, tapi ini lah faktanya. Walaupun kita hidup di jaman modern yang teknologinya serba canggih, tapi sebenarnya kita justru masih merasakan jaman dulu. Kenapa demikian? perhatikan disekitar kamu!

poeple charging
sumber foto: qz.com (Getty Images / Jeff Zelevansky)

Sebagai alat komunikasi, tentu smartphone sangat bermanfaat hingga dapat menggantikan telepon kabel yang dulu ada di wartel-wartel atau telepon dirumah.

Sebagai anak kelahiran milennial, saya paham betul rasanya transformasi digital. Mulai awalnya pakai telpon di wartel, kini sudah pakai smartphone tanpa kabel yang mudah dibawa kemana-mana.

Namun dibalik canggihnya dunia saat ini, ternyata kita masih sama saja kehidupannya dengan jama dulu. Seperti yang sudah saya sebutkan saat pembukaan artikel ini, kita masih terlalu tergantung dengan charger dan soket listrik.

main smartphone
dokumen pribadi

Jujur saja saya salah satu korban dari kecanggihan dunia, rasa jaman dulu. Saat ini smartphone saya sangat tergantung dengan listrik karena kapasitas baterainya yang kecil, padahal smartphone saya masuk dalam kategori high-end.

Akibatnya lemahnya smartphone yang saya miliki saat ini, dengan terpaksa saya membeli telpon klasik untuk telpon dan SMS saja.

starter kit meme
dokumen pribadi

Miris ya? punya smartphone tapi berasa seperti hidup di jaman dulu yang masih pakai telpon kabel.

Gara-gara baterai yang lemah, produktivitas pun jadi terhambat dan membatasi banyak ruang gerak saya karena mau tidak mau harus berduaan dengan smartphona dekat soket listrik untuk membalas chat, sosial media dan aktifitas lainnya.

Untungnya, kini hambatan tersebut telah terpecahkan. Nokia sebagai vendor smartphone legendaris di dunia kembali mejawab keinginan konsumen dengan menghadirkan smartphone generasi terbaru yang kapasitas baterainya beesssaaaarrrrrr banget.

Penasaran smartphone apa itu? perkenalkan….. Nokia 2

Nokia 2, lakukan lebih banyak hal tanpa khawatir

Nokia 2 adalah smartphone keluaran terbaru dari Nokia oleh HMD Global yang masuk Januari 2018 lalu. Pertama kali diperkenalkan secara internasional pada akhir Oktober 2017, masuk dalam kategori kelas low-end smartphone Android baru Nokia.

Tentu hadirnya Nokia 2 dalam keluarga Nokia bukan semerta-merta untuk menambah lini produknya saja, tapi sebagai jawaban untuk mereka yang membutuhkan smartphone dengan daya tahan tangguh untuk segala aktifitas tanpa harus bawa charger kemana-mana.

Nokia 2 Key Feature

Nokia 2 diklaim dapat bertahan selama 2 hari dalam sekali charger semalaman. Gila gak tuh?

Saya sebenarnya tidak terlalu kaget saat tau Nokia 2 ini memiliki keunggulan baterai yang luar biasa, karena pada dasarnya Nokia selalu menawarkan produk-produk smartphone yang sangat kita butuhkan saat ini.

Kalau sudah begini, saya, kamu dan kita semua bisa ngapain aja sesuka hati tanpa takut kehabisan baterai.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membawa lebih detail kenapa Nokia 2 ini cocok banget buat kita semua.

10 Alasan kenapa harus punya Nokia 2 

nokia 2 inside the box
Nokia 2 Inside The Box – Sumber foto: GSMArena.com

Untuk membeli sebuah produk, desain merupakan salah satu poin yang sering diperhatikan. Karena tidak sedikit konsumen yang memberikan nilai lebih untuk desain, mungkin termasuk kamu.

Nokia 2 memiliki desain yang tidak kalah keren dari smartphone di kelas mid-end atau high-end walaupun berada di kelas low-end. Ini dibuktikan dengan di sematkannya alumunium pada bingkai, akan terasa keren dan mewah dengan balutan bahan plastik di belakangnya.

Nokia 2 body

Yang menariknya, cover belakang Nokia 2 dapat di buka-tutup sehingga mempermudah menggunakan untuk melakukan pergantian baterai bila rusak. Disisi lain, pengguna tidak perlu menggunakan jarum khusus untuk memasukkan SIM atau memori yang bikin ribet.

Nokia 2 memiliki dimensi 143.5 x 71.3 x 9.3 mm (5.65 x 2.81 x 0.37 in), dengan bobot 161 g (5.68 oz).

Yang ini nih yang bikin saya dan semua orang jatuh cinta dengan Nokia 2, kapasitas baterainya gede banget.

Ya, dengan kapasaitas baterai 4.100 mAh Li-Ion, Nokia 2 diklaim mampu bertahan hingga 2 hari penuh dengan sekali pengisian beterai, menajubkan bukan?

Nokia 2 baterai Kelebihan Nokia 2 yang satu ini membuatnya jauh lebih unggul dibanding dengan smartphone yang berasa di kelas yang sama bahkan kelas mid-end sekali pun yang terkadang rata-rata smartphonenya masih memiliki kapasitas betarai yang rendah.

Berdasarkan hasil tes dari situs review, GSMArena, Nokia 2 benar-benar membuktikan ketangguhan daya tahan baterai hingga 109 jam.

Dengan ketahanan selama 2 hari penuh, pengguna bisa melakukan banyak hal diluar batasan smartphone biasa pada umumnya. Kalau sudah begini, rasanya pengen punya Nokia 2 agar tidak repot lagi membawa charger saat bepergian.

Ketahanan Nokia 2 dalam 2 hari dengan sekali pengisian baterai terasa semakin sempurna dengan chipset pintar Prosesor Quad-core Qualcomm® Snapdragon™ 212 yang memiliki RAM 1GB, diklaim hemat daya dan dapat diandalkan menyajikan pengalaman pengguna yang lancar tanpa mengorbankan masa pakai baterai.

qualcomm Jodoh banget nih Nokia 2 dan Snapdragon™ 212.

Kesempurnaan Nokia 2 semakin terasa dengan hadirnya Android yang mengusung konsep “Pure Android”.

Pure Android

Berbeda dengan kebanyakan smartphone, Nokia 2 dibekali dengan Android murni tanpa kostumisasi tema ataupun pengaturan. Berkat kemurnian ini, Nokia 2 yang kini menggunakan Android 7.1.1 (Nouget) dapat diperbaharui ke Android 8.1 (Orea) bila waktunya sudah tiba serta tingkat keamanan yang tinggi.

Dengan adanya Android murni ini, Nokia 2 dapat bekerja dengan maksimal untuk memanfaatkan fitur-fitur terbaik di Android, tanpa harus membebani kinerja dengan UI yang tidak diperlukan.

Ditambah lagi dengan hadirnya Google Asistent yang membuat Nokia 2 sudah seperti teman sejati yang bisa melakukan apapun yang kita mau dengan hanya menggunakan perintah suara.

Dibalik indahnya desain Nokia 2, smartphone ini juga dilengkapi dengan spesifikasi layar yang mumpuni.

Memiliki bentang layar 5.0″ IPS LCD (720 x 1280) dengan rasio 16:9 (294 ppi), spesifikasi layar seperti ini bisa dikatakan wah untuk smartphone sekelas Nokia 2. Bahkan layar LCD Nokia 2 menggunakan teknologi LTPS yang mampu memberikan efisiensi daya sebesar 15% dan diklaim layar ini juga memberikan pengalaman menonton yang jernih dan tajam.

Nokia 2 semakin elegan dengan di sematkannya Corning® Gorilla® Glass 3, sehingga tidak perlu dipasang anti-gores lagi, smartphone kekinian banget.

Dibalik sempurnanya ketahanan baterainya yang luar biasa, Nokia 2 juga memiliki kemampuan jepret foto yang bagus. Nokia memiliki kamera bawaan di Android yang dibekali kamera utama 8MP auto fokus dengan flash dan kemera depan 5MP mixed fokus.

Dengan kemampuan kamera tersebut, Nokia 2 dapat diandalkan untuk mengabadikan moment penggunanya.

Dengan kamera ini, Nokia 2 mampun menghasilkan foto dengan resolusi sebesar 3264X2448 pixel (Wow… gede banget). Berikut ini adalah beberapa hasil fotonya yang saya ambil dari GadgetTren:

Untuk melihat ukuran file asli, klik link Foto Makro, Foto Indoor, dan Foto Outdoor. (klik link akan membuka tab baru)

Ini salah satu contoh hasil video yang dihasilkan Nokia 2 dengan 720p. Kualitas rate video 14.5Mbps dan audio 96kbps.

Asik banget kan? Kualitas kameranya bisa diandalkan untuk aktifitas sehari-hari.

Punya hobi mandi sambil bawa smartphone untuk karokean? Nokia 2 adalah teman terbaik. Smatphone ini bisa diajak mandi bareng tanpa takut rusak bila terkana air atau nemplung di dalam bak mandi.

Nokia 2 juga dilengkapi dengan fitur perlindungan anti air bersertifikat IP52. IP52 sendiri memiliki spesifikasi sertifikat berupa “Dilindungi dari masuknya debu yang terbatas” dan “Dilindungi dari semprotan air kurang dari 15 derajat dari vertikal”. Lihat demo dibawah ini untuk melihat aksi Nokia 2 dalam air.

Tapi harus di ingat, walaupun anti air bukan berarti bisa dibawa berenang suka-suka. Tetap memiliki batasan agar smartphone tidak rusak.

Berada dikelas low-end, Nokia 2 tetap memiliki konektivitas yang paling kekinian untuk membuat smartphone lebih berguna.

Nokia 2 memiliki jaringan mulai dari 4G LTE, 3G HSDPA dan 2G GSM untuk membuat pengalaman berselancar di internet lebih cepat. Jaringan yang disematkan berupa Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, dengan kecepatan Bluetooth 4.1.

Selain itu, Nokia 2 juga dilengkapi dengan pelengkapan konektivitas standar seperti Radio FM dan GPS.

Sebagai bawaan, Nokia 2 memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8GB, mungkin ini terlalu kecil buat kamu yang hobi menyimpan file berupa foto atau video di smartphone.

Tenang saja, kemampuan penyimpanan pada Nokia 2 dapat ditingkatkan dengan menggunakan SDcard yang dapat menampung hingga 128GB, sehingga kekhawatiran kamu terhadap isu penyimpanan bukanlah hal yang besar bagi Nokia 2.

Kalaupun terlalu malas untuk upgrade penyimpanan melalui SDcard, dapat dilakukan juga upload foto ke dalam Google Photos sebagai salah satu kelebihan menggunakan Android.

Sudah tau semua kehebatan Nokia 2, lalu berapa harganya?

Nokia 2 dipatok dengan harga 1.499.000 saja di Indonesia. Dengan kelebihan-kelebihan yang saya sebut diatas, harga ini sudah sangat cocok dan melebihi ekspektasi.

Daripada beli smartphone mahal-mahal dengan kualitas baterai lemah, mending beli Nokia 2 saja. Smartphone ekonomis dengan daya tahan baterai premium.

Apa kata mereka tentang Nokia 2?

Hadirnya Nokia 2 ternyata memberikan respon positif dari fans Nokia maupun pengguna yang ingin memiliki smartphone dengan kapasitas baterai besar. Berikut ini adalah beberapa opini penggunanya:

Kemarin saya membeli Nokia 2 dan gaya menu kerennya yang luar biasa menakjubkan dan sangat mengagumkan, love nokia  – VIVEK GUPTA @ GSMArena

Dengan nokia 2 ini Anda punya kurva bodi yang indah dengan kekuatan terakhir yang bertahan lama dengan RAM 1GB yang pada dasarnya tidak pernah melambat pada performa – Mr Technology @ GSMArena

Nokia 2 memberi saya pengalaman terbaik dalam masa pakai baterai. Saya tidak khawatir dengan telepon saya jika saya di kampus. – Anonymous @ GSMArena

Benar-benar ponsel yang hebat dari Nokia. Suka mendengarkan lagu online via aplikasi, video calling via whatsapp, browsing internet tapi Nokia 2 ibu saya masih bekerja dalam 4 hari dan tanpa diduga masih tersisa 36% lagi. Pertama saya takut bagaimana telepon pintar dengan ram 1 GB dapat bekerja, tapi kinerjanya bagus dan puas dengan itu, tidak banyak lag untuk aplikasi berat tapi aplikasi berat ringan yang lumayan seperti aplikasi built-in berfungsi dengan baik, foto dll. Telepon pintar hebat dari Nokia untuk ibuku –Anonymous @ GSMArena

Saya membeli nokia 2. Saya puas dengan itu, Kualitas build yang bagus, layarnya sangat bagus, lebih cepat dari yang saya harapkan. – tifa01 @ GSMArena

Nokia 2 mungkin memiliki ROM kecil namun dalam hal tampilan mengagumkan, kejernihan kamera, daya tahan baterai hingga tampilan rampingnya. saya percaya ponsel ini mengesankan. Saya suka itu. – Shohe @ GSMArena

Saya menggunakan nokia 2 dalam 8 hari terakhir dan kinerjanya secara keseluruhan sangat bagus .. 13 tahun terakhir saya hanya menggunakan Nokia mobile …. Terima kasih NOKIA – Minka @ GSMArena

Saya mendapat ponsel ini dari toko eceran lokal .. Dengan ponsel yang menakjubkan .. Kamera yang bagus, baterai yang menakjubkan, layar yang sangat bagus, RAM 1gb, tapi manajemen RAM bagus, prosesor bekerja dengan baik, telepon cepat. Harus beli. 🙂 – Suraj @ GSMArena

Apa pendapatkan kamu tentang Nokia 2? Tulis di komentar ya.

Kesimpulan…

Nokia 2 bisa dibilang sebagai solusi buat kamu yang membenci smartphone dengan daya tahan baterai rendah, karena memiliki kemampuan bertahan selama 2 hari penuh dalam sekali charger.

Harga yang dipatok juga tidak terlalu mahal dan melebihi kemampuan smartphone low-end pada umumnya, seperti Gorilla Glass 3 dan 4G LTE.

Sudah siap ucapkan selamat tinggal pada charger dan Powerbank? Miliki smartphone Nokia 2 segera!

Spesifikasi lengkap Nokia 2

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh JalanTikus X Nokia

SourceNokia 2

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

269FansSuka
53PengikutMengikuti
208PengikutMengikuti

2 KOMENTAR

  1. Bisa gue bilang kalau Nokia 2 ini hanya diciptakan hanya untuk optimalisasi baterai, karena semua hardwarenya diseleksi dengan amat teliti dan efisien, biar kapasitas baterainya yang gede bisa benar-benar menunjukkan kehebatannya. Bagus banget dah Nokia 2 ini, benar-benar membuat kita bisa melakukan banyak hal. Artikelnya bagus, dan gue suka banget. Kunjungan balik ya ke bit.ly/NokiakinidenganAndroid untuk saling berbagi informasi mengenai Nokia 2. Terima kasih.

    • Hehe iya mas… Nokia kan ikonnya smartphone yang tahan apapun, baik hardware maupun software, khusus Nokia 2 ini memang baterai yang menjadi selling point, awet sepanjang hari.

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

#BuatKamu, Internet Untuk Semua

Siapa sih yang gak punya sosok inspiratif di dunia ini? Pasti semua punya dong! Coba saya tebak... Kebanyakan kita pasti memilik orang tua dan keluarga sebagai...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...