Menelusuri Surga Bawah Laut Tersembunyi Di Pulau Pahawang

Kembali lagi ke dunia pariwisata, setelah sebelumnya saya ke Indramayu melalui penjelajahan dunia maya, kini saya kembali lagi menjelajahi pariwisata Indonesia yang memukau dan unik lainnya. Ekspedisi dunia maya saya kali ini akan membawa saya dan para pembaca untuk sama-sama menelusuri surga bawah laut yang tersembunyi di Pulau Pahawang. Woww… surga bawah laut, berarti indah dong!

Yupss…. keindahan bawah laut Pulau Pahawang ini bisa saya bilang sebagai surganya pecinta diving. Kenapa? Kononk katanya Pulau Pahawang memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa. Jadi, tidak heran bila pulau pahawang dijadikan spot wajib bagi para pecinta diving.

Pulau Pahawang, The Hidden Paradise

Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau ini terbagi menjadi dua yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil.

pahawang

Pulau Pahawang menyimpan banyak pemandangan yang indah, seperti pasir pantai yang putih, keindahan alam yang menakjupkan. Tentu ini dapat memanjakan mata kamu. Yang paling unik di Pulau Pahawang ini adalah terdapat jempatan alami yang menghubungkan antara pahawang besar dan pawang kecil. Tentu jembatan alami ini bisa diakses bila air laut telah surut dan jembatan alami yang disebut sering disebut dengan Tanjung Putus. Tanjung Putus menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Bila air laut naik, maka jembatan ini otomatis akan tertutup.

[ytp_video source=”3SU8ah7VclM”]

Keindahan bawah laut dan kondisi alam yang masih sangat alami menjadi daya tarik utama pulau tersebut. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Bandar Lampung maupun Jakarta, serta aksesnya yang cukup mudah memberi nilai tambah terhadap destinasi wisata ini. Jadi, pastikan pulau pahawang masuk dalam daftar kunjungan wisata kamu ya.

Jika kamu berencana menghabiskan akhir pekan atau berwisata dengan berlibur ke Pahawang, berikut ini asalah 5 hal yang bisa  lakukan di Pulau Pahawang:

1.  Snorkeling

Snorkeling sudah pasti menjadi check list pertama kamu bila ke pulau pahawang. Keindahan alam bawah lautnya tidak bisa dipungki lagi, jadi tidak heran kalau disebut “The hidden under water paradise“.

Di perairan pulau Pahawang, terdapat banyak spot snorkeling yang patut untuk dicoba. Berbagai jenis ikan bisa bisa temui di spot-spot snorkeling. Ada juga satu spot snorkeling yang merupakan penangkaran ikan nemo. Ikan-ikan nemo tersebut juga sudah akrab dengan manusia, jadi… jangan takut kalau mereka akan pergi bila kamu menghampirinya.

[ytp_video source=”p8ogfVXf1RI”]

Terdapat pula transplantasi terumbu karang yang dibuat oleh penduduk setempat. Kamu juga bisa berfoto dengan foreground plang bertuliskan “Taman Laut Pahawang”.

2.  Pasir Timbul yang eksotis

Rasanya tidak lengkap kalau sebuah pulau yang indah tidak dilengkapi dengan pasir putihnya. Ya, pulau Pahawang memiliki kawasan pasir timbul yang indah. Seperti yang telah saya sebutkan diatas tentang jembatan Tanjung Putus, diantara Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar, terdapat hamparan pasir putih memanjang yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Jika sedang beruntung, kamu dapat menjejakkan kaki di Pasir Timbul. Sebab, Pasir Timbul hanya ada ketika laut surut, dan akan tenggelam ketika laut pasang. Perpaduan warna putih pasir, biru laut dan hijau perbukitan menjadi pesona tersendiri bagi pulau pahawang.

3.  Free Diving & Diving

Selain snorkeling, kamu juga dapat menikmati keindahan bawah laut perairan sekitar Pahawang dengan cara free diving dan diving. Kedua kegiatan tersebut bisa dilakukan di pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi. Keunikan masing-masing spot ialah, di Tanjung Putus terdapat bangkai kapal karam yang telah menjadi habitat ikan-ikan laut. Sementara di perairan Pulau Legundi banyak terdapat goa bawah laut. Jadi, buat kamu pencinta diving tidak ada alasan untuk tidak kesini.

[ytp_video source=”ERAHWXBTUb0″]

4.  Water Sport

Ingin cari kegiatan yang lebih extreme? Jika berlibur ke Pahawang, kamu juga bisa menjajal berbagai olahraga air, seperti banana boat dan sofa boat. Kamu bisa melakukannya di Pulau Kelagian Besar yang berada tak jauh dari Pulau Pahawang.

5.  Bermain di pulau-pulau sekitar

Untuk menambah kepuasan dalam berwisata, kamu dapat menjelajahi pulau-pulau lain yang tak kalah indah disekitaran Pulau Pahawang. Seperti Pulau Kelagian Besar, Pulau Tanjung Putus dan Pulau Kelagian Kecil. Kamu bisa bermain-main di tepi pantai, menikmati panorama sekitar dan mengabadikan momen terbaik kamu.

Surga Bawah laut yang mengagumkan

Dunia Bawah yang dimiliki oleh Pulau Pahawang sangat mengangumkan dan luar biasa. Pulau Pahawang memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya, jadi tidak heran kalau disibut hidden paradise karena berada dikepulawan yang sangat indah.

Untuk mengintip lebih banyak keindahan di Pulau Pahawang, saya telah memilih beberapa foto dan video yang mempelihatkan betapa indahnya pulau ini. Berikut foto dan video yang saya rangkum dari Instagram:

#pahawangisland

A photo posted by Encep Wahyudan (@encepwahyudan) on

A photo posted by Go Trip (@_gotrip) on

Playing with fish… 🐠🐠🐠🐠 #pahawangisland #freediving

A photo posted by ike ario (@ikeario) on

Spot Snorkeling Cukuh Bedil, Pahawang. . Fasilitas: . * Kapal eksplore pulau indah * Tiket masuk spot snorkeling * Alat snorkeling (kaki katak, kacamata) * Pelampung/life jacket * Foto underwater (foto dalam air) * Drone DJI Phantom 3 (foto udara) * Free flashdisk 8 gb * Makan 1 kali * P3K * Foto kamera DSLR * Air mineral . Wisata yang akan dikunjungi: * Pulau Kelagian Kecil * Pulau Pahawang Besar * Pulau Pahawang Kecil * Snorkeling Taman Nemo/Terumbu Karang * Cukuh Bedil Harga terjangkau: * 15 orang 180 ribu/orang * 10 orang 210 ribu/orang * 5 orang 350 ribu/orang . Lebih lanjut hubungi: 📞Cp/WA: 081367085323 📱BBM: D0D1CBAD . Enjoy your holiday in Lampung! . #lampungtrip #pahawang #pesawaran #lampung #pahawangisland #pulaupahawang #kelagian #explorelampung #bandarlampungku #lampunginsta

A photo posted by Visit Lampung (@visit.lampung) on

Vitaminsea #pahawangisland #snorkling #indonesia

A photo posted by fremantara (@fremantara) on

Sebenarnya masih banyak lagi foto yang keren-keren Pulau Pahawang di Instagram, hanya saja tidak mungkin saya masukkan semua. Untuk melihat foto dan video lebih banyak, kamu bisa lihat di Instagram dengan hastag #PahawangIsland dan temukan keindahan lainnya.

[ytp_video source=”2cnwiErLn1Y”]

Oya, Pulau Pahawang juga merupakan habitnya ikan badut a.k.a nemo loh. Ikan yang populer dikalangan anak-anak ini berkembang biak dibawah laut Pulau Pahawang dengan beberapa jenis ikan lainnya yang membuat dunia bawah laut lebih berwarna-warni, ditambah lagi terumbu karang yang indah juga terdapat disini. Yakin gak mau kesana?

Transportasi ke Pulau Pahawang

Kalau ngomongin tempat wisata rasanya tak lengkap bila tidak dilengkapi bagaimana cara agar kita bisa sampai kesana. Lalu bila ingin ke Pulau Pahawang, bagaimana caranya?

pahawang-trip

  • Perjalanan Udara :

Bandara Soekarno Hatta – Bandara Raden Intan (30 Menit). Sesampainya di Bandara Raden Intan langsung kita jemput dan langsung menuju kiluan atau singgah dulu di Hotel. Pesawat Udara tersedia banyak sekali mulai dari jam 05.00 Pagi sampai jam 20.00 malam. Maskapai yg tersedia antara lain : Garuda Indonesia (5 X), Sriwijaya Air (6 X), Lion Air (2X), Merpati, Sky Aviation.

Rute : Bandara Soekarno Hatta – Bandara Raden Intan – BandarLampung – Pahawang

  • Perjalanan Darat :

Bisa ditempuh dengan Langsung Naik Damri dari stasiun Gambir dengan Tarif 145.000/orang atau Travel agent. Damri tersedia dari pukul 20.00 malam s/d 22.00 malam, begitu juga pagi tersedia pukul 09.00 – 10.00 Pagi.

Rute : Stasiun Gambir – Stasiun Tanjungkarang, Bandar lampung – Kiluan

Perjalanan Darat juga bisa ditempuh dengan Mutus-Mutus dengan Rute sbb : Terminal Kampung Rambutan / Kali Deres,Cari Arimbi / Primajasa Jurusan Merak – Merak – Kapal Ferry ke Bakauheni – Travel (45rb) atau Bis (20rb) ke Bandarlampung – Pahawang

  • Perjalanan Laut:

Dari pusat kota Bandar Lampung, kamu dapat menuju ke Pantai Klara yang ada di Kabupaten Pesawaran terlebih dahulu. Pantai tersebut merupakan titik penyeberangan ke Pulau Pahawang. Waktu tempuh dari pusat kota Bandar Lampung ke Pantai Klara sekitar 70 hingga 90 menit perjalanan.

Dari sini kamu dapat menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Pahawang dengan biaya sekitar Rp 500.000 per hari (sudah termasuk pengemudinya). Perahu tersebut dapat menampung sekitar lima belas orang.

Saat menyewa perahu, kamu bisa juga menyewa perlengkapan snorkeling dengan biaya sekitar Rp 50.000 per orang. Waktu tempuh menuju ke lokasi sekitar 90 menit perjalanan.

Festival Pahawang 2016

Untuk menambah minat para traveler dan juga guna mewujudkan promosi pariwsiata Pulau Pahawang, pemerintah Kabupaten Pasawaran akan menggelar Festival Pahawang Teluk Ratai pada tanggal 25-27 November 2016. Pahawang juga diharapkan bisa menjadi salah satu ikon pariwisata Lampung.

Dikutip dari Detik.com, Bupati Kabupaten Pesawaran, Bpk Dendy Romadhona mengatakan “Target minimalnya adalah menyadarkan masyarakat bahwa kita punya pulau dengan potensi wisata alam bawah laut yang luar biasa,”. Ini menunjutkkan bahwa pulau Pahawang sejatinya memang memilik dunia bawah laut yang luat biasa dan sangat potensial sebagai ikon pariwisata Lampung.

Sehingga tak mengherankan jika sebelumnya, pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2016 yang digelar Kementerian Pariwisata, Pulau Pahawang sempat masuk nominasi kategori Surga Tersembunyi Terpopuler atau Most Popular Hidden Paradise.

Festival ini sendji juga dimeriahkan dengan lomba foto, lomba menulis di blog, lomba perahu hias, lomba layang-layang. Ada pula event sepeda santai menjelajahi pulau. Dengan begini dapat diharapkan bahwa Lampung dapat terus menggali semua potensi pariwisata yang ada di wilayahnya.

Woww… gimana asik-asik bukan yang bisa dilakukan selama berwisata ke pulau pahawang, Lampung? Saya sendiri telah memasukkan pulau pahawang sebagai daftar tempat liburan selanjutnya setelah mempelajadi keindahannya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk berlibur ke pulau pahawang.

Referensi:

Lutfi Fauziah, National Geographic Indonesia. http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/04/5-hal-yang-bisa-anda-lakukan-ketika-berlibur-ke-pahawang

Pulau Pahawang, http://pulaupahawang.com/

Kurnia Yustiana, Untuk Pertama Kalinya, Festival Pahawang Akan Digelar di Lampung http://travel.detik.com/read/2016/10/18/132000/3323354/1382/untuk-pertama-kalinya-festival-pahawang-akan-digelar-di-lampung

festival-pahawang-2016Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Festival Pahawang 2016

Bergabung dengan irfan™

260FansSuka
50PengikutMengikuti
265PengikutMengikuti
200PengikutMengikuti

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Sukses Menjadi Full-Time Blogger Bersama ASUS X555

Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan profesi sebagai seorang full-time blogger. Menggeluti semua bidang yang saya senangi, mulai dari berinvestasi hingga blogging. Jauh sebelum...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata. Kali ini sedikit berbeda...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea 100 Days My Prince Ep.1 – Ep.16

Yahhooo.... review drama korea di blog irfan.id telah kembali. Bulan ini banyak banget drama yang patut ditunggu, salah satunya adalah 100 Days My Prince. 100...

Trading On The Go, 6 Aplikasi Wajib Untuk Investor Saham

Aplikasi investor saham - Jaman dulu sekali, investasi saham hanya berupa sebuah kertas lembar fisik, bentuknya seperti sebuah sertifikat yang harus dijaga sebaik mungkin...

Mandiri Online, Sahabat Setia Untuk Kemudahan Dalam Belanja Online

Mandiri Online - Belanja merupakan sebuah aktivitas rutin yang selalu dilakukan masyarakat, baik untuk kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Pada umumnya, belanja kebutuhan biasa...

1 Tahun Bersama Google Adsense: Payout Pertama Dan Selamat Hari Jadi Ke-15

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

LIVE: Review & Rekap Drama Korea Thirty But Seventeen (Still 17) Ep.1 – Ep.32

Setelah sukses menulis review drama korea What’s Wrong With Secretary Kim yang telah dibaca sebanyak netizen sebanyak 21,000+ kali, kali ini saya ingin kembali...

Daftar Akun Saham, Lebih Baik Online Atau Datang Langsung Ke Sekuritas?

Membuat akun saham untuk investasi saham di sekuritas kini semakin mudah. Ini karena sekuritas atau broker di Indonesia sudah memberikan banyak kemudahan untuk membuka...

Wajib Baca

Ngobrol santai seputar investasi saham dan investasi reksa dana via email

Tanya yang gampang-gampang aja