Introducing Arin

asisten pribadi dalam belajar investasi saham

|

Keuangan Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Persiapan untuk membangun rumah tangga harus dimulai dari sebelum nikah, menyiapkan biaya nikah, persalinan, pendidikan anak hingga asuransi untuk melindungi satu keluarga.

Pilihan Editor

TIPS BELI SAHAM: Ini Waktu Terbaik Untuk Koleksi Saham (Dengan Simulasi)

Tips beli saham - Momen beli saham adalah waktu yang deg-degan bagi para trader saham, karena mereka tidak tau apakah saham yang...

REVIEW: Gara-Gara PermataMobile X, Rekening Bank Lain Terbengkalai (Update 11/3/19)

Melakukan rutinitas tahunan untuk membayar asuransi, saya bergerak kesalah satu bank swasta yang cabangnya hanya satu di Aceh, yaitu Bank Permata.

#SyariahLebihBaik: Buka Tabungan BNI iB Hasanah, Bebas Biaya Administrasi

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling dekat dan paling dikenal oleh masyarakat luas. Bagaimana tidak, bank merupakan lembaga dimana kita dapat menyimpan...

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Persiapan untuk membangun rumah tangga harus dimulai dari sebelum nikah, menyiapkan biaya nikah, persalinan, pendidikan anak hingga asuransi untuk melindungi satu keluarga.

Beberapa bulan terakhir hati saya sedang berbunga-bunga..

Bukan karena penghasilan Google Adsense meningkat atau cuan investasi, tapi sebuah kesenangan yang belum saya rasakan seumur hidup, yaitu rencana menuju ke pernikahan.

- Iklan -

Yaaa… sebulan yang lalu saya mulai melakukan ta’aruf dengan seorang akhwat. Keluarga saya dan keluarga calon sudah bertemu dan proses ta’aruf saat ini masih berjalan.

Karena di islam pacaran itu hanya berlaku setelah menikah, saya baru Nazhar (melihat langsung calon pasangan) pertama kali kerumahmnya bulan Agustus ini.

Dalam pertemuan perdana tersebut, kami banyak berbincang. Kebanyakan ngomongnya nostalgia kehidupan pesantren, karena kebetulan saya dan dia dulu SMP dan SMAnya mondok. Disitu saya rasa kami menemukan kecocokan.

Rencananya, jika semua berjalan lancar.. Saya akan mengkhitbah pada akhir tahun atau awal tahun 2020, insya Allah…

Nah…. selagi menunggu proses khitbah hingga ke akad dan walimah, saya sedang mempersiapkan semua perencanaan.

Mulai dari persiapan tunangan, biaya nikah hingga biaya setelah nikah sedang di pos-poskan terlebih dahulu.

Karena saya lumayan mengerti investasi, semua pos-pos keuangan yang saya butuhkan untuk membangun rumah tangga sudah dimasukkan dan dicicil dalam investasi saham dan reksa dana.

Merencanakan keuangan “keluarga Milenial” ala Saya

Sebagai seorang milenial yang peduli dengan kesehatan keuangan, saya sangat peduli dengan jumlah uang yang masuk maupun yang keluar.

Karena, kalau mengurus keuangan saja tidak bisa, bagaimana mau menguruh keluarga? Bener gak?

Yaa.. walaupun masa depan belum bisa ditebak bagaimana, kita sebagai manusia setidaknya punya rencana.

Kali ini saya mau coba berbagi isi kepala untuk persiapan berkeluarga, mungkin rencananya tidak sebagus para senior yang sudah berkeluarga, tapi kan gak salah juga kalau milenial awam seperti saya ikut coba buat perencanaan keuangan keluarga sejak dini.

Untuk pembagian rencana keuangan, bagi saya sudah terbagi jadi 3. Pertama jangka pendek, yaitu kebutuhan 1-2 tahun kedepan termasuk persiapan nikah. Kedua jangka menengah, yaitu 2-5 tahun kedepan untuk kebutuhan persalinan dan pendidikan anak tentunya. Ketiga adalah untuk jangka panjang, meliputi 5 tahun keatas yang didalamnya terdapat biaya untuk naik haji, punya rumah, dan kebutuhan jangka panjang lainnya.

Agar semua planning saya tersusun rapi, maka dibutuhkan sebuah aplikasi keuangan, dalam hal ini saya pakai aplikasi Money Lover untuk mencatat arus kas keuangan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 1

Nah untuk tahap awal goals keuangan jangka pendek saya adalah mempersiakan dana untuk pernikahan tahun depan. Lebih kurang yaa….. harus ada 50 Juta. Kalau lebih dari pada itu harus kerja keras lagi :D.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 2

Diluar dari biaya untuk pernikahan, ada 3 bagian investasi yang mulai saya terapkan dalam hidup dan akan berlanjut saat berkeluarganya nanti, yaitu:

Investasi keuangan

Saya punya prinsip agar bisa mendapatkan uang dengan mudah, yaitu dengan cara membuat mesin uang melalui blog dan investasi instumen pasar modal.

Karena saya bukan tipe orang yang konsumtif, gaji pekerjaan dan hasil dari blog biasa saya investasikan ke pasar modal dalam bentuk saham dan reksa dana.

Saham masih menjadi instumen favorit saya untuk mendapatkan uang lebih, karena lebih mudah mengaturnya.

Saham merupakan salah satu intrumen investasi yang akan saya jadikan sebagai salah satu sumber penghasilan untuk keluarga kelak.

Investasi pendidikan

Selain investasi keuangan, pendidikan menurut saya merupakan salah satu insturmen investasi yang wajib diperhatikan, khususnya untuk anak saya nanti.

Biaya pendidikan pada umumnya bisa terus naik setiap tahunnya, agar tidak pusing saya sudah mempercayai instumen resksa dana sebagai tempat menabung pendidikan anak mulai dari sekarang. Dengan proyeksi keuntungan 10% per-tahun, saya rasa reksa dana merupakan instumen investasi yang baik untuk persiapan pendidikan anak.

Contoh simulasinya bisa di lihat seperti dibawah ini. Dengan masa 10 tahun, berinvestasi 500 ribu setiap bulannya dengan estimasi return 10% per-tahun, maka akan menghasilkan uang hingga 102 juta rupiah. Jumlah yang ideal untuk pendidikan anak dimasa depan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 3

Reksa dana termasuk produk pasar modal yang aman, karena portofolio investasi dikelola oleh Manajer Investasi, jadi saya tidak perlu analisis seperti halnya investasi saham.

Investasi kesehatan

Terlepas dari investasi keuangan dan investasi pendidikan, ada sebuah investasi yang tidak kalah penting untuk masa dapan, yaitu investasi kesehatan.

Mulai lindungi diri sendiri dan keluarga sedini mungkin

Terkadang milenial ini terlalu terlena dengan dunia kerja mereka, salah satunya dengan melakukan hobi lembur sebagai bentuk gaya kerja milenial. Padahal kerja lembur itu resiko kesehatan yang didapat begitu besar dan berpotensi merusak tubuh.

Oleh karena itu, memiliki perlindungan dari asuransi kesehatan adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh keluarga milenial.

Pentingnya asuransi kesehatan untuk keluarga milenial terencana

Dari antara semua poin perencanaan keuangan diatas, hanya arusansi yang masih belum saya penuhi (jujur-jujuran saja). Pernah ada saya baca sebuah kalimat yang mengatakan “bila kamu mulai memperhatikan kesehatanmu, maka kamu berarti sudah tua” begitulah bunyinya.

Jadi bisa saya simpulkan tidak heran kalau banyak anak muda yang masih tidak peduli dengan asuransi karena beranggapan masih kuat dan masih sehat, sehingga tidak butuh asuransi.

Dengan berasuransi, berarti kamu telah melindungi diri dan aset kamu dari segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Saya masing ingat betul kejadian tahun 2015, dimana saat itu saya masuk rumah sakit karena masalah lambung. Tidak sampai rawat inap, tapi saya sempat 2 kali masuk rumah sakit.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 4

Sebelum saya tahu ternyata saya bermasalah lambung, sempat pernah periksa jantung dengan ECG, karena penyakit lambung ini ternyata membuat jantung berdebar.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 5
Periksa ke Dokter Jantung. BTW, itu gak tau deh kenapa gender saya di buat female -_-

Dengan status yang masih anak rantau saat 2015-2016, saya lumayan merasakan tekor keuangan yang luar biasa hingga juataan rupiah.

Setelah kejadian itu, saya sadar betul ternyata asuransi kesehatan sangat.. sangat… sangat.. perlu sekali!

Yaa… saya bilang sangat perlu sekali karena dengan asuransi kesehatan, biaya rumah sakit yang seharusnya tidak bikin sobek dompet bisa teratasi.

5 alasan kenapa harus berasuransi dibawah ini bisa jadi jawaban, bagi yang masih enggan memiliki asuransi kesehatan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 6

Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian serupa pada istri dan anak-anak saya kelak. Saya berkomitmen untuk langsung memberikan asuransi kesehatan sedini mungkin. sehingga orang tersayang bisa terproteksi tanpa takut kehabisan uang untuk biaya kesehatan.

Nah… buat kamu yang punya jalan yang sama sepertinya untuk mewujudkan keluarga milenial yang bahagia dan terlindungi, maka bisa memilih untuk berasuransi kesehatan bersama Sequis.

Sequis merupakan perusahan asuransi ternama di Indonesia yang kinerjanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, lebih dekat dengan Sequis dengan nonton video dibawah ini.

Untuk melindungi diri dan sekeluarga, produk asuransi Sequis Q Health Platinum Plus Rider bisa jadi pilihan yang tepat, karena dapat melindungi dari usia 1 bulan hingga 85 tahun.

Tidak hanya asuransi kesehatan, Sequis juga memiliki produk unggulan TelePro Beasiswa Berjangka,  membayar Premi selama 8 tahun untuk Masa Pertanggungan Asuransi hingga 18 tahun.

Investasi dapat meningkatkan kekayaan, pendidikan bisa membuat orang lebih berilmu.. Asuransi melindungi segalanya

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 7

Jika asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan anak bisa dimiliki oleh keluarga milenial, maka harmonisasi dalam rumah tangga akan baik, tak perlu lagi memikirkan masalah biaya yang berlebih tak terduga.

Jadi… pastikan kamu juga bangun keluarga milenial yang peduli investasi dan juga melindungi orang yang tersayang dengan asuransi kesehatan.

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang 8

Jangan sampai deh… kejadian masuk dalam kategori “Keluarga tak terencana” seperti web series dibawah ini 😀

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Terpopuler

BNI Sekuritas: Cara Mendaftar, Beli Saham Dan 5 Kelebihannya (Update 1/5/19)

Dunia saham bukan lagi hal yang tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan tingkat resiko...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Mandiri Sekuritas, Reguler Dan Syariah (Update 19/1/18)

Setalah sebelumnya saya membuat artikel cara mendaftar dan beli saham melalui BNI Sekuritas, kali ini saya akan membuat artikel tentang cara membuat akun di...

Cara Mendaftar Dan Beli Saham Melalui Indo Premier Sekuritas “IndoPremier” (Update 12/2/19)

Perhatian: Saat ini membuka akun efek di IndoPremier sudah paperless, sehingga tidak diperlukan lagi mengirim berkas. Klik Disini untuk cara daftar...

Wajib Untuk Pemula, Sekolah Pasar Modal Level 1 & Level 2 (Update 24/2/18)

Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat...

1 Jam Langsung Jadi, Cara Daftar Akun IndoPremier Sekuritas + Cara Beli Saham

Indopremier - Semakin hari dunia investasi saham semakin maju. Hal ini dapat saya rasakan sendiri mulai dari mudahnya belajar saham dengan mengikuti...

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

Gaya Milenial Bangun Rumah Tangga, Mulai dari Investasi hingga Melindungi yang Tersayang

Beberapa bulan terakhir hati saya sedang berbunga-bunga..Bukan karena penghasilan Google Adsense meningkat atau cuan investasi, tapi sebuah...

Ingin Cari Pinjaman Tanpa Riba & Bunga? Ini 5 Tempatnya

Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Memangnya ada ya? Ternyata jawabannya ada.Berikut...

Wajib Teliti, Ini 4 Ciri Pinjaman Abal-Abal yang Harus Diwaspadai

Mengingat saat ini banyak yang membutuhkan pinjaman dana tunai tidak mengherankan jika banyak bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan tawaran...

Hindari, 6 Kesalahan Umum dalam Investing di Indonesia

Berinvestasi atau investing bisa kita lakukan dibanyak instrumen, mulai dari deposito yang memiliki resiko rendah hingga investasi saham yang memiliki resiko tinggi....

Pengalaman Jual Emas Antam 10 Gram Batangan di Pegadaian

Pegadaian - Dua bulan yang lalu saya beli emas Antam batangan secara online di marketplace.Alasan saya beli...

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu