BTN Digital Solution, Kemudahan Transaksi Apapun Dalam Genggaman

Memasukin era globalisasi digital, kini manusia terus dituntun mengerjakan sesuatu dengan cepat, mudah, dan aman. Dengan adanya dunia digital, semua orang dapat melakukan apapun dengan mudah, seperti mencari bahan kuliah di Google untuk mahasiswa, melakukan pembayaran online di Internet Banking tanpa harus ke bank atau ATM, hingga pembayaran belanja online hanya dengan smartphone.

Di Indonesia sendiri, seperti yang saya kutip pada media Kompas.com mengambil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet.

Survei yang dilakukan sepanjang 2016 itu menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet. Adapun total penduduk Indonesia sendiri sebanyak 256,2 juta orang.

Hal ini mengindikasikan kenaikan 51,8 persen dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2014 lalu. Survei yang dilakukan APJII pada 2014 hanya ada 88 juta pengguna internet.

“Penyebab pertumbuhan pengguna internet di Indonesia adalah perkembangan infrastruktur dan mudahnya mendapatkan smartphone atau perangkat genggam,” – Ketua APJII Jamalul Izza.

Dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi di Indonesia, maka tidak heran Indonesia masuk dalam 20 negara dengan pengguna internet terbanyak di urutan 5 seperti pada chart dibawah ini

Data survei juga mengungkap bahwa rata-rata pengakses internet di Indonesia menggunakan perangkat genggam. Statistiknya sebagai berikut:

  • 67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses melalui perangkat genggam dan komputer.
  • 63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses dari smartphone.
  • 2,2 juta orang atau 1,7 persen mengakses hanya dari komputer.

Kebutuhan Transaksi Online terus meningkat

Dengan jumlah pengguna internet yang besar, bagaimana dengan arus transaksi online Indonesia?

Tingginya pengguna internet di Indonesia ternyata merupakan angin segar untuk mereka pembisnis e-commerce. Ramainya pengguna e-commerce di Indonesia membuat nilai transaksinya terus bertumbuh. Menurut lembaga kajian ekonomi Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan, nilai transaksie-commerce Indonesia mencapai US$24.6 miliar atau setara dengan Rp319.8 triliun pada 2016. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibandingkan dengan dua tahun lalu.

Tahun 2014, transaksi dagang secara elektronik di Indonesia masih US$12 miliar, setara Rp157 triliun. Jumlah ini pun melonjak 150% ketimbang tahun sebelumnya.

Asumsi tersebut didukung oleh pernyataan Masaya Ueno, Director of Rakuten Asia Pte Ltd, Head of Business Development Division dan Country Head Indonesia, yang menyatakan bahwa pasar e-commerce Indonesia mencapai Rp120 triliun pada 2015.

Sebelumnya, Rudiantara yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), memasang target keuntungan e-commerce mampu mencapai US$ 130 miliar, atau sekitar Rp 1.500 triliun pada 2020.

Dari sisi teknis pembayaran transaksi online oleh masyarakat, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Sebanyak 36,7 persen orang Indonesia menggunakan ATM sebagai tempat membayar, diikuti dengan Cash On Delivery (COD) sebesar 14 dan Internet banking 7,5 persen. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia perbankan untuk mendorong penggunanya untuk beralih ke sistem permbayaran yang lebih mudah dan aman.

Hasil Surver APJII 2016

Masih tingginya angka penggunaan sistem pembayaran via ATM tentu menjadi PR perbankan untuk menyiapkan strategi baru agar pembayaran transaksi online dapat dilakukan dengan mudah.

Disamping itu ternyata dalam belanja online transaksi pembelian tiket lebih mendominsi di Indonesia, diikuti dengan transaksi online untuk kebutuhan rumah tangga, pakaian dan terakhir transaksi hotel.

Hasil Surver APJII 2016

Pertumbuhan e-commerce meningkat sejalan dengan peningkatan pengguna internet dan kepercayaan masyarakat akan keamanan bertransaksi elektronik.

Hasil Surver APJII 2016

Dalam transaksi online perbankan, pada pengguna kini lebih percaya terhadap keamanan transaksinyanya. Ini dapat dilihat pada tabel disamping ini yang memperlihatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan perbankan online yang menyentuh 70,4 persen.

Respon ini tentu menunjukkan nilai positif bagi perbankan untuk terus mengembangkan produk banking online agar pengguna terus percaya ke pada bank miliknya dari pada penyedia transaksi online pihak ketiga.

Pertumbuhan transaksi online yang pesat di Indonesia membuat bank-bank membuat terobosan baru dengan mengembangkan berbagai aplikasi mobile untuk transaksi online, tentu ini didasari karena penggunaan smartphone di indonesia lebih besar daripada pengguna komputer, sebut saja seperti bank BTN.

Yaa… Bank Tabungan Negara atau BTN adalah salah satu bank di Indonesia yang tengah mengembangkan kemudahan untuk nasabahnya dalam bertransaksi online melalui aplikasi mobile, BTN Digital Solution namanya.

Sekilas tentang Bank Tabungan Negara (BTN)

Seperti yang telah banyak orang ketahui, BTN adalah salah satu bank milik negara yang mempunyai fokus untuk pembiayaan perumahan untuk masyarakat.

Cikal bakal BTN dimulai dengan didirikannya Postspaarbank di Batavia pada tahun 1897. Pada tahun 1942, sejak masa pendudukan Jepang di Indonesia, bank ini dibekukan dan digantikan dengan Tyokin Kyoku atau Chokinkyoku. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia bank ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan diubah menjadi Kantor Tabungan Pos. Nama dan bentuk perusahaan selanjutnya berubah beberapa kali hingga akhirnya pada tahun 1963 diubah menjadi nama dan bentuk resmi yang berlaku saat ini.

[ytp_video source=”vW-drm4yUu0″]

BTN adalah satu-satunya bank yang ditunjuk pemerintah menyalurkan KPR bagi golongan masyarakat menengah kebawah untuk mewujudkan rumah idaman mereka.Dengan kode saham BBTN, Bank Tabungan Negara ,Tbk (Persero) adalah salah satu bank BUMN yang merantai dibursa saham. Jadi, buat kamu yang pengen jadi pemiik bank yang kece ini bisa investasi di pasar modal.

 

Trasformasi Digital BTN Menjawab kebutuhan konsumen untuk transaksi online

Menghadapi era digital yang terus berkembang, BTN sebagai salah satu bank terkemuka yang paling mengerti masyarakat menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah setiap transaksi nasabahnya.

Mungkin kamu sudah biasa melakukan transaksi online dengan internte banking web based untuk pembanyaran e-commerce atau transfer biasa. Namun, bagaimana jika semua yang biasa telah kamu tersebut kini dapat dilakukan hanya dalam genggaman dengan berbagaimacam keunggulan dan kemudah? Pasti menarik, bukan?

Yaa… BTN kini telah memiliki sebuah terobosan berupa aplikasi yang hadir dengan berbagai fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh bank manapun. Aplikasi tersebut bernama, BTN Digital Solution.

BTN Digital Solution adalah produk terbaru dari BTN yang memberikan solusi perbankan untuk kamu. Seperti kemudahan untuk membuka rekening BTN secara online, informasi ATM BTN disekitar kamu, pembayaran belanja online di merchant terkemuka, transaksi BTN Properti dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya.

Tentu dengan hadirnya BTN Digital Solution, para nasabah akan sangat terbantu untuk melakukan transaksi berbasis digital yang tengah berkembang pesat di Indonesia saat ini.

Pemanfaatan aplikasi BTN Digital Solution tidak hanya mempermudah kamu dalam transaksi perbankan, namun juga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi, sehingga tidak perlu takut terjadi tindak kriminal penipuan online yang juga marak terjadi.

Aplikasi ini dapat kamu unduh pada perangkat Android dan iOS kamu.

Apa saja kehebatan dari BTN Digital Solution?

Seperti yang sudah saya jabarkan diatas, BTN Digital Solution memiliki 7 fitur unggulan, yaitu:

BTN Properti

Sebagai bank yang berfokus pada penyaluran KRP Perumahaan rakyat, BTN kini telah memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi KPR dalam genggaman. BTN Properti merupakan salah satu fitur unggulan BTN Digital Soplution untuk mewujudkan masyarakat memiliki rumah impiannya.

Dalam menu BTn Properti, kamu dapat menemukan kemudahan mencari rumah yang dijual, menemukan anggunan BTN, melakukan simula pinjaman, dan harga pasar properti. Dengan menu ini, kamu dapat melihat rumah-rumah siap huni yang dijual layaknya seperti aplikasi belanja online.

 

Pembukaan Rekening Online

Membuka rekening ke bank sudah bukan jamannya lagi, mungkin itu yang akan terpintas di pikiran kamu. Bagaimana tidak, di BTN kini buka rekening bisa lewat genggaman saja. Cukup mendownlaod aplikasi BTN Digital Solution, kamu akan dibimbing untuk membuat rekening BTN secara online, jadi… tidak perlu lagi repot-repot ke bank.

Pembuatan Kartu Suka-suka

Tidak suka dengan desain kartu yang gitu-gitu aja? Di BTN kamu bisa mendesain sendiri kartu debit kamu sesuai dengan selera.

Jadi, sekarang kamu gak bakalan mati gaya karena kartu costum yang kamu miliki berbeda dari orang lain, keren kan?

E-Commerce

Seiring dengan perkembangan e-commerce yang sangat tinggi di Indonesia, BTN juga menjalin kerjasama dalam membangun kemudahan pembayaran belanja online dengan perusahaan-perusahaan e-commerce terbaik.

Terdapat 15 e-commerce yang tersedia pada BTN Digital Solution.

[logooos id=”logooos3550″ columns=”4″ itemsheightpercentage=”0.80″ backgroundcolor=”transparent” layout=”grid” category=”159″ orderby=”rand” order=”DESC” tooltip=”enabled” responsive=”enabled” grayscale=”disabled” border=”disabled” borderradius=”logooos_no_radius” onclickaction=”openLink” hovereffect=”effect4″ ]

E-Banking

Menu e-Banking pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sudah terbiasa bertransaksi online. Pada e-banking terdapat 3 pilihan, yaitu SMS banking, Mobile Banking dan Internet Banking. Dengan menu ini, maka lengkap sudah sistem pembayaran digital untuk transaksi online.

Cari ATM Terdekat

Kehabisan uang dijalan? jangan panik! Dengan BTN Digital Solution, kamu juga dapat melihat ATM BTN terdekat dan bank BTN cabang disekitar kamu.

Promo terbaru

Tidak mau ketinggalan, ternyata juga da menu promo juga loh.. Nikmati promo-promo dari BTN untuk mendapatkan beberbagai keuntungan, seperti diskon makanan hingga diskon wahana.

Kenapa harus memakai BTN Digital Solution?

Saya merupakan orang yang sangat sering pengguna jasa transaksi online, mulai dari belanja online, membayar tiket pesawat, membayar tagihan domain hingga isi pulsa pun menggunakan transaksi online. Saya memanfaatkan transaksi online bukan karena keamanannya saja, namun juga dari segi praktis dan tidak perlu buang-buang waktu ke ATM untuk melakukan semua hal itu. Namun, saya belum menemukan bank yang memiliki produk aplikasi yang all in one seperti BTN.

BTN Digital Solution ini sangat berbeda dari produk-produk aplikasi mobile yang dimiliki oleh bank lain karena semua sudah tersedia dalam satu aplikasi. Yaa… sepeti bayar KPR properti, bayar e-commerce, buka rekening online, internet banking, SMS banking, pembuatan kartu dan mobile banking semua ada dalam satu aplikasi, hebat bukan?

Fitur yang paling mengesankan buat saya adalah adanya BTN Properti dan pembukaan tabungan online pada BTN Digital Solution, bayangkan betapa mudahnya memiliki sebuah rumah dan membuka tabungan hanya lewat genggaman tanpa harus repot ke bank BTN. Dengan harapan pengguna transaksi online via ATM dapat menggunakan fasilitas aplikasi pada smartphone mereka.

Jadi, tunggu apalagi? segera daftarkan diri kamu sebagai nasabah BTN agar dapat menikmati kemudahan bertransaksi online di BTN Digital Solution.

Referensi:

Situs Bank BTN

Data Survey diambil dari APJII 2016

Kompas Tekno

Internet World Stats

Kredit Go Go

Kamu mungkin juga suka

Bergabung dengan irfan+

269FansSuka
53PengikutMengikuti
208PengikutMengikuti

4 KOMENTAR

  1. Dengan BTN Digital Solution, bisa membuat kita lebih produktif karena urusan transaksi perbankan bisa dilakukan lewat smartphone di genggaman tangan. Jadi gak perlu keluar keluar lagi deh kalau mau beli pulsa, cek saldo, transfer dan lain sebagainya

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

#BuatKamu, Internet Untuk Semua

Siapa sih yang gak punya sosok inspiratif di dunia ini? Pasti semua punya dong! Coba saya tebak... Kebanyakan kita pasti memilik orang tua dan keluarga sebagai...

BIG UPDATE: irfan+ v6.0 – Pembaruan Layout, Segmen, Font & Tagline

Demi memberikan pengalaman terbaik untuk pembaca, blog irfan+ terus melakukan inovasi terbaru. Telah banyak inovasi yang dilakukan di blog irfan+ salah satunya dengan mengimplimentasikan...

Lama Dinanti, 4 Girlband Korea Ini Akhirnya Konser Di Indonesia. Ada Bias Kamu?

Konser musik idola adalah salah satu ritual yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, sebuah konser adalah ajang dimana para penggemar bisa melihat langsung idola mereka....

5 Alasan Kenapa Investasi Saham Dan Reksa Dana Harus Dilakukan Bersamaan

Jauh tahun 2014 lalu saya pertama kali mengenal investasi saham. Dengan modal terbatas, saya coba beranikan diri untuk mulai berinvestasi. Setelah menjalani investasi saham...

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

Simulasi Asli “Yuk Nabung Saham”, Lengkap Dengan Laporan Bulanan

Banyak email masuk ke saya seputar investasi saham, pertanyaan yang paling sering adalah bagaimana cara menabung saham, harus kebank mana saya pergi? dan seterusnya. Tidak...

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Payroll System

Keamanan Ketika memilih payroll system, yang pertama ditargetkan adalah harus mencari payroll system dengan keamanan tingkat tinggi. Memiliki perlindungan perangkat lunak yang dilindungi terhadap gangguan...

Jangan Lakukan! 9 Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Blogger Pemula

Udah lama gak nulis lagi artikel tentang blogging karena terlalu asik nulis artikel investasi dan drakor. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya...