PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

General 3 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea, Tempat Belajar Bahasa Korea Gratis!

3 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea, Tempat Belajar Bahasa Korea Gratis!

Siapa tau mau baca

BTN Digital Solution, Kemudahan Transaksi Apapun Dalam Genggaman

BTN Digital Solution - Memasukin era globalisasi digital, kini manusia terus dituntun mengerjakan sesuatu dengan cepat, mudah, dan aman.

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Oleh Pemula Sebelum Trading Forex

Mencicipi semua jenis instrumen investasi adalah hal yang paling saya gemari. Mulai dari hanya mengerti investasi saham, kini sudah tahu investasi reksa dana, obligasi...

REVIEW: Jenius BTPN, Lebih Dari Sekedar Tabungan Biasa (Update 10/4/20)

Setelah lama pengen punya, akhirnya bisa pakai aplikasi Jenius.Udah lama pengen punya tabungan Jenius BTPN sejak tahun lalu,...

3 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea, Tempat Belajar Bahasa Korea Gratis!

“Bahasa adalah jendela dunia” mungkin itu adalah kalimat yang mungkin biasa kita dengan dimana-mana kalau udah bicarain soal belajar bahasa korea. Selain sebagai alat komunikasi bila pergi keluar negeri, belajar bahasa asing dapat meningkatkan daya ingat otak karena terus diasah dengan kosa kata baru.

Bahasa asing yang semakin sering kita lihat dan dengar memaksa kita untuk membuka google translate dan kamus agar dapat mengetahui artinya. Sedikit cerita pribadi saya lebih sering terdorong menggunakan bahasa asing sejak kelas lulus SD, karena setelah lulus SD saya masuk Pesantren selama 4 tahun, sehingga bahasa Arab dan bahasa inggris sudah jadi makanan sehari-hari belum lagi saat kuliah juga full-english hingga kerja saat juga sama bule, jadi masih pakai bahasa inggris juga.

- Iklan -

Jadi… Pada artikel kali ini saya akan membahas cara belajar bahasa dengan mudah, khususnya Korea. Kenapa belajar bahasa Korea yang saya bahas? Ya… simplenya karena kebetulan saat ini saya sedang mencoba belajar bahasa Korea untuk mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan S2 di Korea, walaupun tercapai atau tidak yang pasti coba belajar dulu.

Tidak bisa dipungkiri lagi pasti kebanyakan orang (tidak hanya di Indonesia) belajar bahasa Korea karena demam K-POP, K-Drama, K-RealityShow, dan K… lainnya termasuk saya sendiri dan orang yang sedang baca artikel ini. Pasti kita akan menemukan kesulitan untuk memahami bahasa mereka karena kalakter huruf yang beda, alhasil ketika dengan lagu Kpop dan KDrama cuma bisa terpaku pada subtitle yang kadang hilang kadang ada.

Oleh karena itu, saya mau mengajak yang ingin belajar bahasa korea untuk berbagi cara belajar bahasa korea tanpa mengeluarkan uang (biaya internet gak termasuk). Ada banyak cara untuk belajar bahasa sebenarnya, khususnya korea. Karena kita bisa mengandalkan media musik dan video untuk belajar.


Step 1: Mengenal Huruf bahasa Korea

Belajar bahasa korea adalah menguasai karakter huruf. Berikut ini adalah komponen penting bahasa, yaitu huruf hidup dan huruf matinya. perlu dingat saya disini tidak mengajarkan bahasa korea, tapi hanya memberi referensi cara belajar dan tempat dimana biasa saya belajar bahasa korea.

Vowels : –
“a” “ya” “eo” “yeo” “o”
“yo” “oo” or “u” “yoo” or “yu” “eu” “i”
Consonants : –
“g” or “k” “n” “d” or “t” ” r ” or ” l ” “m”
“b” or “p” “s” ” ch ” ” ch’ ”
” g’ ” or ” k’ ” ” d’ ” ” p’ ” ” h ”

Oke… kalau sudah lihat tabel diatas dan merasa tambah penasaran untuk belajar bahasa korea. saya akan memberikan table yang sudah berbentuk silabus dan sudah ada bunyinya. silahkan download dan print table warna di bawah ini, lalu tempelkan di tempat kamu bisa lihat setiap hari.

bahasa korea
Hangul

Agar kareakter hangul diatas lebih meresapi hati, cobalah tulis dan temukan nama artis favorit kamu, atau coba cari sebuah kaliat hangul lalu tulis dalam karakter alpabet. Sering-sering dilihat tabelnya agar selalu nempet di otak.

Step 2: Pengenalan & cara baca hangul

Setelah pengenalan hangul selesai, disini kamu akan belajar lebih dari dari karakter-kareakter diatas melalu media video yang akan saya arahkan langusng untuk belajar bahasa korea ke ahlinya. Kabar buruknya adalah sang guru merupakan orang korea yang native berbahasa inggris, jadi tidak ada bahasa indonesia disini… eemmm tapi akan saya usahakan mencari sumber baru dengan bahasa indonesia.

Guru bahasa korea yang saya masuk adalah nara sumber dari situs Seemile.com, kamu dapat langsung belajar melalui website atau video.

Saya pribadi lebih senang melalui video, karena disamping mudah untuk dipahami karena kita langsung mendengarkan dan juga dapat langsung melihatnya. berikut ini saya berikan playlist step 2 untuk memahami hangul.

Kalau sudah menguasai pengentahuan dasar, boleh dilanjut ke playlist selanjutnya untuk pemula bahasa korea. di playlist ini kamu akan di ajarkan mengekspresikan berbagai ungkapan seperti memperkenalkan diri, tanya waktu, lokasi dan masih banyak lagi. silahkan liat dibawah ini untuk lebih lanjut.

Nahh… kalau sudah sampai sini, sudah mantap. saya pribadi baru sampai pemula video diatas. tapi akan saya lanjut lagi kebagian selanjutknya. Setelah belajar dasar karakter dan kelas pemula, pasti sudah tau banyak dong.

Step 3: Korean Basic Conversation

Disini kamu akan belajar percapakan sehari-hari bila suatu saat kamu terpilih traveling ke korea, bisa jadi dasar untuk berinteraksi dengan warga sekitar.

Berikut ini ada 2 playlist yang masih sama nara sumbernya Seemile.com, percakapan dasar 1 dan percakapan dasar 2.

Yeee… Lengkap sudah untuk pendidikan dasar belajar bahasa korea. perlu diingat lagi ini adalah sumber yang saya pakai selama ini, kalau ada kekurangan harap di maklumi.

Tapi.. pasti tidak lengkap kalau kita belajar bahasa tapi tidak menambah kosa kata baru disetiap harinya. tenang saja, saya punya sumber bagus lainnya untuk belajar bahasa korea, yaitu KoreanClass101.com. Situs belajar bahasa korea ini memiliki fitur-fitur terbaik untuk belajar bahasa, sehingga perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan fitur premium. Tapi saya tidak mengarah ke sana, karena ada fitur gratis yang bisa kita dapatkan, yaitu kosa kata harian. Dimana setiap hari kamu akan mendapatkan emial berupa kosa kata baru besarta kalimatnya, sehingga dapat menambah ilmu bahasa korea, bagus bukan?

Untuk mendaftar, bisa langsung ke KoreaClass101.com melalui email atau sosial media.

screenshot-25

Setelah mendaftar dan menjadi anggota, kamu akan di tawarkan paket premium untuk memakai fitu-fitur terbaik mereka, tapi sebelumnya ada TRIAL selama 7 Hari.

screenshot-27

Ini dia contoh email yang akan di dapatkan setiap hari.

screenshot-26

Selain belajar bahasa korea melalui situs dan video kursus, kamu juga dapat belajar melalui lagu Kpop atau Reality Show korea, jangan hanya mendengar dan melihat, tapi coba artikan dan pahami, sehingga bisa jadi mendorong semangat belajar bahasa.

Seemile.com adalah situs favorit saya untuk belajar bahasa korea, bila kamu punya referensi lainnya bisa saling share di kolong komentar. Mohon maaf karena saya hanya bisa memberikan sumber tempat belajar yang berbasis bahasa inggris karena belum coba mencari versi bahasa indonesia.

Cukup sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. silahkan bertanya apabila ada yang kurang jelas di kolom komentar atau untuk saling sapa. Terima Kasih.

- Iklan -

DISCLAIMER: Artikel ini hanya bertujuan untuk edukasi saja, bukan sebuah perintah namun sebagai bahan pertimbangan dalam bertransaksi. Segala keuntungan maupun kerugian menjadi tanggung jawab investor dan merupakan bagian dari risiko fluktuasi pasar. BUY/SELL/HOLD ada ditangan Anda.

Cari artikel belajar investasi di Indonesia

  • Baca artikel GRATIS
  • Konsultasi investasi via email
  • Review platform investasi

Ingin belajar saham dari Nol hingga mahir? Meet Arin!

Terbaru

9 Marketplace Reksadana Online Terbaik 2020, Ulas Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan markerplace reksadana online semakin hari semakin mudah saja, khususnya untuk investor pemula. Saat ini, sudah banyak platform reksa dana online yang...

Apa itu Saham? Ini Cara Investasi dan Dapat Untung dari Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang populer dikalangan investor, karena memberikan return yang tinggi. Sebut saja seperti Lo Kheng Hong, yang dijuluki Warren...

Hadapi Pandemi Virus Corona, 6 Kiat Ini Bisa Selamatkan Keuangan Kamu

Dampak virus corona bukan saja mengerikan dari sisi kesehatan, tapi juga berdampak parah pada kondisi ekonomi. Jika ingin selamat dari krisis ekonomi...

Pengalaman Deposito Bank Mandiri via Aplikasi Mandiri Online (UPDATE: 18/5/2020)

Deposito Bank Mandiri merupakan salah satu produk deposito yang banyak dicari orang, karena berstatus bank kompeten dan memberikan bunga yang menarik.

Pengalaman Deposito Syariah Rp 10 Juta Di Bank Permata via PermataMobile X (UPDATE: 14/5/20)

Deposito atau deposito syariah merupakan jenis investasi yang cocok untuk investor bertipe konservatif, karena resikonya yang rendah dan memberikan bunga/bagi hasil yang...

Mengenal P2P Lending, Landasan Hukum, Cara Investasi, Untung dan Ruginya

Peer to peer lending atau yang bisa dikenal P2P lending merupakan instrumen investasi yang populer ditengah gejolak padar modal. Saat ini, kesadaran...

2 KOMENTAR

  1. Sorry ka mau nanya kalo setelah 7 hari trial dan kita gak mau lanjutin ke premium nya itu akunnya langsung ke hapus ya? (Yg koreanclass101). Makasih ka

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu