Setiap nama pasti memiliki makna, itu sudah pasti. Oleh karena itu, nama bukanlah hanya sebuat indentias dan hiasan belaka, karena semua kita memiliki arti nama termasuk saya sendiri.

Saya masih teringat pertama kali penasaran dengan nama saya saat masih duduk SMP dulu di pesantren. Saya bertanya langsung kepada ustad saya tentang apa arti nama Muhammad Irfan. Untuk nama Muhammad sudah jelas itu merupakan nama dari rasulullah SAW yang artinya “Yang terpuji” (menurut yang saya cari di Google), namun saya tidak tahu arti nama Irfan yang ada di belakang nama saya.

Ternyata arti nama Irfan memiliki beberapa makna. berikut lengkapnya:

  1. Yang sudah pasti adalah kata Irfan berasal dari bahasa Arab = عِرفان (pengetahuan yang banyak) yang merupakan sifat musyabbahah berwazan fi’laan (فِعلان) dan memiliki arti yang sama dengan kata ilmu (العلم).  Lafaz عرف memiliki 27 buah mustaqat (turunan kata) dan telah disebutkan sebanyak 71 kali di dalam al-Qur’an. Sedangkan arif (jamaknya adalah urafaa) adalah isim faa’il dari kata kerja arafa.
  2. Dari segi bahasa Ma’rifat berasal dari kata arafa, ya’rifu, irfan, ma’rifat yang artinya pengetahuan dan pengalaman.
  3. Dalam bahasa Indonesia, IRFAN =Kebijaksanaan, kesyukuran
  4. Irfan adalah nama untuk anak Laki-Laki di mana nama tersebut berasal dari India / Hindu dengan pengertian, definisi atau arti nama berpengetahuan.
  5. Menurut Guru ngaji saya, irfan memiliki makna orang yang baik yang selalu dekat dengan Allah SWT. Amiinnn…

Fun factnya nama Muhammad Irfan ini banyak dipakai di Indonesia dan Pakistan. Kalau cari di Google yang terkenal dengan nama Muhammad Irfan berada di kalangan atlet atau ulama.

Tidak disangka nama saya ternyata memiliki makna yang indah.. Alhamdulillah

 

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.