PANDUAN INVESTASI UNTUK PEMULA

/

Blogging Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google

Sertifikat SSL tidak hanya dapat meningkatkan keamanan pada website, tapi juga menjadi simbol kerpercayaan pelanggan dan ranking signal pada Google

Pilihan Editor

Changelog: Versi 5.0, Ini Dia Yang Baru Di Blog Irfan.ID

Seperti biasa, untuk membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di blog ini, saya selalu memperbaharui blog agar memberikan pengalaman terbaik bagi pembaca, baik dari segi...

Menginspirasi Selama 5 Tahun, INDOZONE Ubah Sudut Pandang Milenial & Gen Z Baca Berita

Hai generasi santuy...Ya, Kamu... Generasi santuy, jangan lihat kiri-kanan lagi.Hobinya belanja online, cashless,...

#1YearWithGoogleAdsense: Payout Pertama Dan Payout Kedua (Update 27/11/18)

Terhitung hari ini 26 Juli, blog irfan.id telah melakukan kerjasama dengan Google Adsense selama satu tahun. Pada bulan ini pula, blog irfan.id mendapatkan payout...

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google

Sertifikat SSL tidak hanya dapat meningkatkan keamanan pada website, tapi juga menjadi simbol kerpercayaan pelanggan dan ranking signal pada Google

Ditengah melesatnya pertumbuhan internet di dunia, tentu harus diimbangi dengan sistem keamanan juga.

Bagaimana tidak, dengan hanya klik, klik, klik pay, kita bisa dengan mudah membeli produk yang kita inginkan secara online.

- Iklan -

Celah keamanan dalam bertransaksi online ini sering kali dimanfaatkan oleh pencuri data untuk mengambil data pelanggan dari sebuah website.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 26

Oleh karena itu, sebagai pemilik website tentu kita harus melengkapi sistem keamanan demi melindungi pelanggan. Cara yang paling dasar untuk melindungi pelanggan adalah dengan menggunakan SSL certificate.

Jika kamu kurang familiar, Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah file data kecil yang secara digital mengikat kunci kriptografi ke detail organisasi (website). Ketika di instal pada server web, ini mengaktifkan gembok dan protokol https dan memungkinkan koneksi aman dari server web ke browser.

Sekedar informasi, terdapat berbagai jenis website yang dilengkapi dengan ikon khusus yang memperlihatkan tingkat keamanan sebuah website.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 27
Ikon website yang biasa muncul di URL bar browser

Jika kamu sering browsing website dan lihat ada tanda gembok dan ber-https, artinya kamu aman memberikan data ke website tersebut, karena data yang kamu berikan akan langsung masuk ke server pemilik website.

Memang, seberapa penting sih sebuah website memiliki sertfikat SSL? Yuk, lanjut baca!

Pentingnya sertifikat SSL untuk website

Tidak peduli website kamu itu skalanya kecil atau besar, sekedar blog personal atau blog korperasi, setiap website yang ada di muka bumi ini haruslah ber-SSL, ini alasannya:

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 28

1. Meningkatkan keamanan website

Hal paling basic dalam memiliki sertifikat ssl pada website adalah memberikan keamanan lebih pada website yang kita miliki, sehingga data yang mengalir ke website kita langsung tersimpan aman dalam database.

Data seperti kartu kredit, user, password dan lainnya akan tersimpan baik dalam database website yang kita kunjungi.

2. Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan untuk pelanggan

Punya sertifikat ssl tentu meningkatkan kepercayaan pada pelanggan. Ini karena website ber-SSL akan dilengakpi ikon gembok yang artinya website aman.

Ini juga menjadi bukti kalau kamu sebagai pemilik website sangat memperhatikan keamanan data pelanggan kamu.

3. Menguntungkan dari segi SEO

Siapa yang gak mau websitenya ada dihalaman pertama Google? Tentu semua kita pemilik website menginginkan hal tersebut.

Fakta menariknya, jika website dilengkapi dengan ssl certificate, maka peringkat pada halaman Google juga jadi lebih baik.

Coba lihat gambar dibawah ini.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 29
Gambar: https://neilpatel.com/

Gambar diatas saya ambil dari blognya bang Neil Patel, yang memperlihatkan bagaimana Google lebih memprioritaskan situs yang memakai SSL (ber-HTTPS) untuk berada dihalaman pertama.

Kalau mau website berpotensi dimuat dihalaman pertama, maka pakailah sertifikat SSL.

4. Diwajibkan Google

Seperti yang sudah saya bahas poin diatas, Google sangat menyukai website yang punya ssl certificate. Karena itu artinya kita sebagai pemilik website punya tanggung jawab untuk menjaga data pelanggan kita.

Google terang-terangan jika era SSL sudah dimulai sejak 2014 lalu melalui acara Google I/O.

Era Wajib sertifikat SSL di mulai!

Tau gak sih kalau sertifikat SSL merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah blog atau website.

Tidak peduli apa tujuan dan fungsi website kamu di dunia maya, semua website dan blog wajib pakai sertifikat SSL.

Ini bukan saya yang bilang ya… tapi Google sendiri.

Asal tahu saja, dalam sebuah acara Google I/O 2014 lalu, Google mempresentasikan bagaimana pentingnya SSL (HTTPS). Bahkan HTTPS telah menjadi raking signal untuk halaman pencarian Google.

Dalam acara tersebut, Google menyebutkan bahwa data yang sering dikirimkan melalui saluran yang tidak dienkripsi tidak aman, tidak dapat dipercaya, dan mudah disadap.

Kita sebagai pemilik blog dan website tentu harus melindungi keamanan, privasi, dan integritas data pengguna kita.

Bahkan sejak Juli 2018 dengan dirilisnya Chrome 68, situs Non-HTTPS (tidak pakai sertifikat SSL) sekarang diberi label “Not Secure”.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 30

Dalam contoh kasus, kamu bisa lihat situs Bank Mandiri dibawah ini yang dilengkapi dengan SSL certificate dan tentunya memiliki gembok. Semua transkasi aman di website ini.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 31

Beda halnya website dibawah ini, yang tidak memiliki SSL certificate lengkap dengan gembok silang. Bahkan, browser akan langsung memperingati bahaya website tersebut jika kita memasukkan data pribadi disana.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 32

Kalau sudah gini, masih ada alasan untuk tidak pakai sertifikat SSL di website kamu? Jangan sampai deh website kamu di cap tidak aman.

Manfaat yang sudah saya rasakan dari SSL

Saya tentu tidak mengada-ada kalau menulis sebuah artikel, karena apa yang yang saya tulis tentu sudah saya rasakan manfaatnya.

Untuk kamu yang masih ragu bagaimana pentingnya sebuah SSL, saya mau kasih study case bagaimana blog saya ini berhasil tumbuh berkat sertifikat SSL.

Sebagai seorang blogger yang sangat peduli pada teknologi website, saya sudah menggunakan sertifikas SSL sejak pertama kali blog ini dibuat tahun 2016.

Pada masa 2016, sebenarnya SSL ini belum begitu populer. Baru pada tahun 2018 website mulai gemborkan pakai SSL, meskipun gratis.

Statistik dibawah ini adalah perjalanan blog saya dari tahun 2016 ke 2019. Saat ini tidak pakai Jetpack lagi, jadi statistik ini bukan lagi acuan saya.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 33

Berkat menggunakan SSL dan beberapa teknologi website yang penting diaplikasikan, blog saya bisa berada diperingat pertama halaman Google.

Bahkan, kalau dilihat dalam Google Search Console, posisi 1000 keywords rata-rata ada dihalaman pertama dengan posisi 7,7.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 38
Rata-rata tahunan, blog irfan ada di posisi 7.7 dari 1000 keywords

Sudah terbukti bukan? Perlu contoh lain lagi? Sepertinya cukup ya! hehehe

Free SSL saja tidak cukup!

Tapi agak sedikit memalukan sih, sebenarnya blog saya pakai free SSL alias HTTPS yang gratisan. Kejadian ini sama juga dengan banyak website lainnya yang masih mengandalkan sertifikat SSL gratisan untuk melindungi website mereka.

Saya pikir itu sudah cukup, ternyata perkiraan saya salah.

Pakai sertifikat ssl yang gratisan ternyata tidak memaksimalkan kinerja SSL itu sendiri.

Menurut informasi yang saya temukan, ada beberapa perbedaan antara SSL gratis dan SSL berbayar, berikut table perbedaannya:

SSL GratisanSSL Berbayar
Ada HTTPS
Tidak ada bantuan (support)
Tidak ada jaminan (warranty)
Validitas pendek (30-90 hari)
Level DV
Ada HTTPS
Ada bantuan (support)
Ada jaminan (warranty)
Validitas panjang (1-2 tahun)
Level DV, OV, EV

Untuk kamu yang belum tahu, sertifikat SSL itu dibagi jadi 3 kelas seperti pada table dibawah ini:

Domain Validation (DV)DV merupakan jenis sertifikat SSL kelas terbawah, sertifikat ini hanya untuk memastikan bahwa pemesan Sertifikat SSL adalah sebagai pemilik domain, setidaknya dapat mengelola domain terdaftar pada Sertifikat SSL.
Organization Validation (OV)OV merupakan jenis kelas menengah yang cock untuk organisasi dan perusahaan. Validasinya sendiri membutuhkan extra dokumen seperti surat dari organisasi atau legalitas perusahaan.
Extended Validation (EV)EV merupakan sertifikat dengan kasta tertinggi. Validasi datanya hampir sama, pemilik situs harus menyertakan surat legal dari pemerintan dan verikasi lebih lanjut dengan telepon suara.

Meskipun pada level SSL DV baik gratis dan berbayar tingkat keamanannya sama, tapi ada beberapa fitur seperti support dan warranty yang tidak dimiliki SSL gratis.

Akhirnya saya sadar, dengar reputasi blog yang terus meningkat memiliki serifikat SSL berbayar adalah sebuah keharusan. Bukan hanya soal keamanan untuk pembaca saja, tapi juga memberikan komitmen yang serius dengan menggunakan SSL berbayar.

Untungnya niat serius saya menggunakan sertifikat SSL dimudahkan karena bertemu dengan penyedia sertifikat ssl, yaitu SSL Indonesia.

SSL Indonesia merupakan penyedia sertifikat SSL dari berbagai brand ternama di dunia.

SSL Indonesia, penyedia sertifikat SSL terbaik di Indonesia

Mungkin kamu bakal menemukan banyak provider hosting yang menawarkan produk SSL juga, tapi tidak seperti SSL Indonesia.

Hanya fokus pada penjualan sertifikat SSL, SSL Indonesia lebih credible dalam menyediakan sertifikat SSL. Kelebihan inilah yang membuat SSL Indonesia lebih dipercaya dalam menangani pembelian sertifikat SSL.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 39

Sejauh ini, SSL Indonesi telah bekerja sama dengan provider sertifikat SSL Digicert, Symantec, GeoTrust, Sectigo, RapidSSL, dan thawte.

Apapun website yang kamu punya, baik itu blog pribadi, website non-profit organization dan website korporasi sangat cocok untuk Beli SSL di SSL Indonesia. Ini karena SSL Indonesia menyediakan sertifikat SSL dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 70 ribu hingga yang juataan rupiah.

Ada banyak alasan kenapa harus beli SSL di SSL Indonesia, yaitu seperti gambar dibawah ini!

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 40

Dengan melihat 8 alasan diatas tentu merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh provider SSL lainnya.

Tapi itu baru 8 alasan umum saja ya…

Yang perlu kamu ketahui, support-nya dan CSnya SSL Indonesia itu bbuuaaaiikkkkk banget dan responsif banget.

Saya sebagai konsumen sangat puas dengan layanannya. Bagaimana tidak, mereka rela LIVE chat dengan saya dari pagi sampai sore.. ckckckckckkk, maklum saya yang banyak pertanyaan.

Lamanya chat saya dengan CS SSL Indonesia adalah guna untuk instalasi sertifikat SSL yang saya beli.

Jadi, penasaran kan bagaimana cara beli dan pakai sertifikat SSL dari SSL Indonesia? Nih saya kasih tutorialnya.

Cara mudah membeli sertifikat SSL di SSL Indonesia

Teori saja tentu tidak cukup, kalau gak mulai dari sekarang, kapan mau punya sertifikat SSL?

Oleh karena itu, saya sudah punya tekat bulat untuk memakai sertifikat SSL berbayar dari SSL Indonesia. Sekalian mau tunjukkan ke kamu betapa mudahnya beli dan install sertifikat SSL.

Pertama, bukan situs SSL Indonesia, lalu pilih produk yang kamu inginkan. Ingat, ada harga ada barang yaa… semakin mahal sertifikatnya, maka manfaat yang didapat juga pasti besar.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 41

Kedua, setelah melalui pertimbagan, saya pilih sertifikat SSL dari SECTIGO versi DV yang katanya cocok untuk blogger seperti saya. Kamu bisa pilih durasi pembayaran untuk 1 tahun atau 2 tahun, disini saya pilih 1 tahun.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 42

Ketiga, setelah memilih paket dan menentukan durasi, selanjutnya di check out akan terlihat tagihan yang harus dibayarkan dan sudah termasuk PPn. Kalau ada voucher coupon syukur banget pasti hahaha

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 43

Keempat, tambahkan data billing details dan pemilihan metode transfer. Ini proses sekalian buat akun user di SSL Indonesia untuk kelola sertifkat SSL yang kamu beli nanti.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 44

Kelima, setelah invoice keluar, kini saatnya membayar sesuai dengan tagihan yang dimiliki.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 45

Keenam, jika transfer tagihan sudah dilakukan, jangan lupa melalukan konfirmasi pembayaran, agar memudahkan SSL Indonesia melakukan validasi.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 46

Ketujuh, sampai disini, kita bisa duduk santai dulu sambil tunggu sertifikat di aktifkan.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 47

Kedelapan, final step. Jika pembayaran sudah diterima, kamu bisa lakukan pengisian data dengan download Form Excel yang sudah disiapkan.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 48

Untuk mengisi “Check your CSR”, maka butuh akses Cpanel dulu dan mengikuti arahan yang ada pada halaman tersebut. Kamu bisa klik “How do I generate a CSR?” untuk instruksi yang lengkap, sehingga kamu tidak kesusahan.

Jika sudah berhasil mendapatkan kode CSR, maka akan keluar status “CSR successfully checked”

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 49

Sampai disini, kamu tinggal install sertifikat SSL di website kamu.

Oh ya, kalau kamu ada kesulitas saat ini CSR, kamu bisa tanya ke CS SSL Indonesia ya. Mereka aktif LIVE chat mulai jam 9 pagi hingga jam 5:30.

Cara install sertifikat SSL

Untuk dapat menginstall sertifikat SSL, ada 2 cara yang bisa kamu gunakan:

Minta bantuan provider hosting

Cara instan dan gak bikin ribet adalah dengan cara meminta bantuan provider hosting yang kita tempati.

Saya sendiri sudah tanya ke pihak provider hosting tempat blog saya online dan mereka setuju untuk membantu saya install sertifikat SSL.

Install sendiri

Jika provider hosting tidak mau install sertifikat SSL di website kamu. Bisa coba mengikuti tutorial yang telah dibuat oleh SSL Indonesia. Tutorial cara pasang SSL certificate tersebut bisa dilihat pada laman ini.

Tapi sepengalaman saya install sendiri sertifikat SSL, ada banyak tutorial yang diberikan agar kita bisa install sendiri sertifikatnya. jadi, tidak terlalu rumit prosesnya.

Blog saya kini sudah makin secure dan mulai kelihatan high profile, karena sudah di lengkapi site seal (coba geser kursor ke logo dibawah ini), yang bisa kamu akses informasi keterangan sertifikatnya jika diklik.

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 50
Seritifikat SSL dari SSL Indonesia untuk blog irfan.id

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan sertifikat SSL?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dalam memajukan potensi website yang kamu miliki. btw yang mau curhat soal SSL boleh tingkatkan komentar dibawah ini ya, biar kita bisa saling sharing pengalaman beli dan install sertifikat SSL.

- Iklan -
Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 51Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google 52

Terbaru

STEP BY STEP: Cara Beli Tema di Themeforest dan Install ke Blog WordPress

Themeforest membuat proses pembuatan blog/website lebih cepat dengan degain yang manarik dengan harga yang terjangkau.Punya blog atau...

STEP BY STEP: Cara Membuat Blog Dari Nol Hingga Menghasilkan Uang ala blog irfan+

Cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang untuk blogger bisa dibilang gampang-susah. Gampangnya itu waktu buat blog dan sulitnya itu ketika blog...

Tingkatkan Keamanan Website Dengan Sertifikat SSL, Dipercaya Pengunjung dan Dicintai Google

Ditengah melesatnya pertumbuhan internet di dunia, tentu harus diimbangi dengan sistem keamanan juga.Bagaimana tidak, dengan hanya klik, klik,...

Menginspirasi Selama 5 Tahun, INDOZONE Ubah Sudut Pandang Milenial & Gen Z Baca Berita

Hai generasi santuy...Ya, Kamu... Generasi santuy, jangan lihat kiri-kanan lagi.Hobinya belanja online, cashless,...

Membuat Website Loading Cepat Tanpa Skill Coding, Di Cintai Google dan Banyak Rezeki

"Ok Google, Cari tempat wisata terbaik di Indonesia"Mbak Google: "Berikut ini adalah hasil pencarian tempat wisata terbaik di...

Tinggalkan Komentar

Mohon masukkah komentar kamu
Masukkan nama kamu